5+ Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK, Jangan Salah!

Bagaimana Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK? Kenyataan bahwa jenjang karir Pegawai Negeri Sipil jelas dan pasti, membuat banyak sekali orang yang berbondong-bondong untuk mengikuti tesnya.

Setiap tahunnya seleksi CPNS selalu ramai dan tidak jarang masih banyak yang belum mengetahui aturan pakaian tes CPNS dan PPPK. Agar tak keliru, berikut aturan pakaian peserta CPNS.

Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK

Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK

Aturan pakaian bagi peserta telah dilansir resmi melalui akun sosial media, Twitter milik BKN pada Tahun sebelumnya. Perlu memperhatikan aturan pakaian tes CPNS,

Ketentuan Pakaian Tes CPNS untuk Pria

aturan yang diperuntukkan bagi laki-laki adalah sebagai berikut

  1. Memakai kemeja putih polos dengan lengan panjang dengan cara dimasukkan ke dalam celana.
  2. Celana yang digunakan wajib berwarna hitam dan merupakan jenis celana bahan.
  3. Pastikan pakaian tidak kusut. Dengan hal itu kesan rapi semakin melengkat pada dirimu.
  4. Sepatu fantofel hitam manjadi aturan selanjutnya dengan memakai kaos kaki yang berwarna senada.
  5. Panduan selanjutnya adalah penataan rambut. Saat dalam perjalanan kemungkinan rambut akan berantakan dan kering, sebelum itu terjadi, kamu dapat menggunakan pomade. Syarat utamanya adalah rambut yang ditata secara rapi.

Pastikan kamu memahami aturan Pakaian Tes CPNS dan tidak menggunakan celana yang ketat atau pinsil. Hal ini dapat menimbulkan kesan pertama yang buruk.

Jangan pernah kamu berfikir untuk memakai kaos kaki berwarna lain. Karena memang warna hitam merupakan ketentuannya.

Meskipun berpenampilan dengan kondisi yang segar dan wangi bukan aturan wajib, namun alangkah baiknya jika kamu memastikan tampilanmu sesuai kriteria diatas, selain ketentuan kemeja puti yang rapi, kemeja wajib polos.

Sebagai aturan yang akan menyempurnakan tampilanmu, pastikan kamu tidak membawa banyak barang bawaan karena hal itu akan menganggumu.

Ketentuan Pakaian Tes CPNS untuk Wanita

Berikutnya adalah aturan pakaian tes CPNS wajib bagi perempuan yaitu hampir sama dengan aturan bagi laki laki. Aturan pakaian CPNS untuk wanita adalah sebagai berikut:

  1. Memakai kemeja putih polos dengan lengan panjang dengan cara dimasukkan ke dalam celana.
  2. jika kamu memakai hijab maka hijab yang digunakan berwarna hitam polos.
  3. Bagi peserta perempuan yang berkeinginan untuk tidak mengenakan hijab maka sebaiknya rambut diikat atau dicepol dengan rapi.
  4. Tak hanya itu, apabila kamu ingin memakai rok pastikan terlebih dahulu panjang rok telah melebihi batas lututmu. Aturan wajib penting yang harus diperhatikan adalah pemakaian celana atau rok bagi perempuan juga tidak diperbolehkan berukuran mini atau ketat.
  5. Pastikan pakaian tidak kusut. Dengan hal itu kesan rapi semakin melengkat pada dirimu.
  6. Mengikuti aturan selanjutnya, sepatu yang harus dikenakan adalah sepatu fantofel atau flat shoes berwarna hitam.

Baca juga: 10+ Berkas CPNS yang Harus Dipersiapkan

Aturan Pakaian Peserta Tes CPNS Tambahan

Perlu diingat bahwa tes seleksi CPNS dilakukan pada masa pandemi, sehingga panitia mewajibkan seluruh peserta tes, baik perempuan maupun laki-laki, untuk memakai masker berlapis. Masker harus sesuai dengan standar masker kain atau masker klinis.

Juga, cobalah untuk tidak memakai masker scuba.

Selain diwajibkan memakai masker berlapis, beberapa peserta dilarang memakai perhiasan berlebihan seperti gelang dan kalung.

Ketentuan pakaian peserta CPNS ini berlaku untuk beberapa peserta PPPK.

Harus diingat jangan sampai salah dalam aturan memakai baju ini karena jika salah akan ada ancaman berupa teguran lisan dari Tim Pelaksana Ujian CAT hingga ditolak sebagai calon seleksi.

Jangan lupa untuk membawa ID peserta ujian dan surat keterangan sehat selama ujian.

Pakaian Tes CPNS yang Dilarang Untuk Digunakan

Pakaian tes CPNS yang Dilarang Untuk Digunakan

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh panitia, pakaian peserta tes CPNS harus formal dan rapi.

1. Menggunakan Pakaian Ketat

Pakaian Tes CPNS yang Dilarang yang tidak boleh digunakan saat tes bagi perempuan adalah kemeja dan rok yang ketat atau menunjukkan lekukan tubuh.

bagaimana tidak, berdasarkan survei pada tes CPNS sebelumnya masih ditemui perempuan yang mengenakannya.

2. Rok diatas Lutut atau Rok Mini

Perhatikan cara berpakaian, rok yang digunakan juga tidakdiperbolehkan dengan panjang diatas lutut. Karena hal tersebut tentu melanggar batas ketentuan.

Jika kamu menggunakan rok mini dan ketat, dengan tegas petugas akan menyuruh kamu untuk segera berganti pakaian jika masih ingin mengikuti tes CPNS.

3. Celana Pinsil, Jeans atau Legging

Bagi laki laki, Pakaian Tes CPNS yang tidak diperbolehkan adalah celana pinsil. Celana ini memiliki bahan skinny yang membuat bentuk kaki tercetak secara jelas. Tentunya pemakaian tersebut tidak cocok dengan kebijakan formal yang berlaku.

4. Aksesoris Berlebihan

Selain itu, sebaiknya kamu tidak memakai Aksesoris berlebihan, hal ini menjadi pelengkap dalam aturan pakaian peserta saat tes CPNS.

Baca juga: 5+ Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS

Solusi Saat Mengenakan Pakaian yang Salah

Solusi Saat Mengenakan Pakaian yang Salah

Terkadang banyak masalah yang dialami oleh para peserta, seperti data diri yang tidak ditemukan dan berkas persyaratan yang tidak lengkap.

Namun kesalahan yang satu ini merupakan kesalahan yang fatal terutama saat pertemuan pertama dengan penguji tes dan teman seperjuangan. Kesalahan fatal tersebut adalah salah menggunakan pakaian saat mengikuti tes CPNS.

Seharusnya sebelum tes kamu mencari info seakurat mungkin untuk mendukung kelancaran proses yang akan kamu jalani.

Informasi ini bisa kamu dapatkan melalui internet, kerabat terdekat atau mungkin salah satu temanmu yang mengetahui dan pernah mengikuti tes tersebut. Untuk mengatasi kesalahan Pakaian Tes CPNS, terdapat cara yang dapat kamu coba yaitu.

Meminjam Baju yang Disediakan Panitia CPNS

Sebelum mengetahui cara itu, jika tempat berlangsungnya tes memiliki kebijakan tersendiri maka akan disediakan baju pinjaman bagi beberapa peserta yang tak memakai pakaian sesuai aturan.

Seperti pada tes CPNS di Tahun yang lalu. Pakaian tersebut dapat diambil di bagian help desk di salah satu ruangan tertentu.

Ketika ingin meminjam pakaian tersebut, wajib untuk koordinasi dengan panitia dan mengisi sebuah formulir. Formulir tersebut diisi dengan menyatakan nama lengkap dan nomer peserta yang kamu miliki.

Namun jika nasib malang menimpamu, lebih baik jangan berharap disediakan pakaian oleh pihak penyelenggara.

Karena pada dasarnya sebelum akan mengikuti tes, kamu dianggap telah memahami segala prosedur yang berlaku.  Hal lain yang dapat kamu lakukan yaitu mencari pinjaman selagi batas waktu diberikan.

Oleh karena itu penting untuk datang sebelum waktu tes dimulai. Kunci utamanya adalah membaca dan cermat dalam pengumuman dan persyaratan pelaksanannya.

Perhatikan Informasi Tambahan dari Panitia CPNS

Perhatikan Informasi Tambahan dari Panitia CPNS

Setelah mengetahui aturan Pakaian Tes CPNS, terdapat aturan tambahan bagi peserta tes CPNS adalah Informasi pengumuman terkait penerimaan dapat kamu akses melalui situs lama resmi milik Badan Ketenagakerjaan Nasional yang berakitan dengan masing masing instansi terkait.

Setelah pengumuman dilakukan, maka tahapan selanjutnya yang dapat kamu persiapkan adalah tahap Seleksi Kompetensi Bidang.

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebelum menghadapi tes SKD, antara lainnya yaitu survey lokasi tes, berlatih dengan berbagai soal sesuai dengan pembahasan, saat tes berlangsung kamu harus datang lebih awal, mendahulukan pengerjaan soal yang mudah, mengatur waktu dengan tepat, mengecek semua jawaban barangkali ada soal yang terlewatkan.

Penentu kelulusan dalam bagian Seleksi Kompetensi Dasar dengan perolehan nilai peserta yang sama, maka akan diambil berdasarkan nilai tertinggi yang didapat dari hasil tes Karakteristik Pribadi, Intelegensia Umum dan yang terakhir adalah  Wawasan Kebangsaan. Namun tak semua peserta tes mampu sampai ke tahap seleksi selanjutnya.

Hal ini berdasarkan fakta jika tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) memiliki beberapa ketentuan. Berdasarkan ketetapan dalam Peraturan Menteri, telah dijelaskan formasi yang dibutuhkan untuk PNS.

Berkaitan dengan hal ini, maka peserta yang mampu mengikuti tes SKB hanya sesuai kebutuhan jumlah formasi yang diperlukan.

Kamu harus memastikan telah melakukan yang terbaik karena ketentuan tersebut berlaku didalam semua instansi.

Janganlah berpuas diri saat lolos tes passing grade, karena setelah itu kamu wajib untuk mencapai nilai setinggi-tingginya. Info akurat lainnya bagi kamu adalah berdoa dengan bekerja keras.

Pada faktanya sebagian peserta menganggap remeh tentang tes tes yang berlaku. Sikap percaya diri yang kamu miliki harus semakin dikembangkan terutama dalam menghadapi berbagai tahapan yang akan melelahkan. Tak ketinggalan, pastikan pula kesehatanmu sedang dalam kondisi prima.

Meluangkan waktu khusus untuk dirimu sendiri memberikan banyak manfaat. Dengan itu kamu bisa mempersiapkan segala hal dengan matang. Tak melulu soal pakaian, kamu bisa menyiapkan persiapan pakaian, persyaratan, dan lain lainnya. Pastikan waktu yang tepat agar kamu tidak terlambat saat hari tes dilakukan.

Lebih jelas mengenai Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK, bisa melihat video dibawah ini.

Sekian artikel berjudul 5+ Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK, Jangan Salah!, semoga bermanfaat.

Tes cpns pakai baju apa?

Peserta CPNS wajib berpakaian rapi, sopan dan bersepatu. T-shirt, jeans dan sandal tidak diperbolehkan

Tes cpns pakai sepatu apa?

Peserta diwajibkan memakai sepatu tertutup berwarna hitam, baik untuk peserta perempuan maupun laki-laki.

Apakah Tes CPNS harus pakai Kaos kaki?

Agar lebih terlihat rapih, anda dapat memakai kaos kaki yang berwarna hitam.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!