2+ Gaji Dokter Umum dan Tunjangan

Berapa Gaji Dokter Umum? dan Apa saja Tunjangannya? Dokter adalah profesi yang benar-benar mulia, yang bertujuan untuk mengobati dan memeriksa orang sakit.

2+ Gaji Dokter Umum dan Tunjangan

Namun tidak semua orang yang bisa mengobati sakit di tubuh bisa disebut dokter, karena orang yang disebut “dokter” didapat melalui sekolah dan pelatihan khusus sebelum diangkat menjadi dokter.

Dokter nantinya dapat dibagi menjadi 2 yaitu Dokter Umum dan Dokter Spesialis dengan pendidikan sebelum menjadi Dokter Umum atau Dokter Spesialis sama sekali berbeda.

Dimana dokter umum kemudian mempelajari hal yang berbeda-beda, tetapi dokter spesialis mempelajari hanya satu penyakit, seperti. chiropractors, dokter ahli saraf hanya fokus pada itu saja.

Tentu anda sudah mengetahui bahwa seorang dokter memiliki gaji yang fenomenal, maka tidak heran jika banyak orang di Indonesia berharap untuk menjadi seorang dokter.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi besaran gaji dokter umum di Indonesia, karena tentu sudah banyak yang bertanya-tanya.

Dokter umum sendiri, sebagai tenaga kesehatan yang memiliki praktik medis, tidak perlu memiliki spesialisasi medis tertentu.

Mampu memeriksa berbagai jenis masalah kesehatan secara umum dari kelompok usia yang berbeda, sama sekali berbeda dari seorang dokter spesialis yang hanya menangani satu masalah kesehatan atau penyakit.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui tentang gaji dokter umum atau pembayaran yang diterima seorang, Anda dapat membaca pembahasan berikut ini sampai akhir agar Anda mengetahui bahwa gaji dokter umum di Indonesia.

Berapa Gaji Dokter Umum?

Berapa Gaji Dokter Umum

Jika berbicara tentang gaji seseorang yang berkarir sebagai dokter umum di Indonesia, maka gaji yang diterimanya sangat beragam.

Gaji tersebut ditentukan oleh pihak rumah sakit, sehingga dapat dipastikan jumlah yang diterima oleh dokter umum di setiap rumah sakit berbeda-beda.

Gaji DOkter Umum Non PNS

Jumlah gaji yang didapat dokter umum nantinya akan menyesuaikan dengan rumah sakit, jika rumah sakit itu menjadi tempat dinas atau tempat kerja yang besar, maka biasanya bayarannya juga akan tinggi.

Tidak hanya di sana, karena rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta membayar gaji yang berbeda.

Berapa gaji dokter umum Non PNS? Untuk gaji, seorang dokter umum di Indonesia, baik di rumah sakit swasta maupun pemerintah, bisa mencapai 3 hingga 15 juta rupiah atau bahkan lebih.

Gaji dokter umum di Indonesia sendiri tidak semuanya sama.

Dapat dikatakan gaji dokter umum lebih kecil dari pada gaji dokter spesialis karena dokter spesialis hanya memahami suatu masalah kesehatan.

Namun, dokter umum atau spesialis masih merupakan karir atau pekerjaan dengan gaji tinggi dan besar di Indonesia.

Gaji Dokter Umum PNS

Dalam hal penempatan kerja, dokter pegawai negeri sipil biasanya dipekerjakan di institusi kesehatan pemerintah, baik Puskesmas, rumah sakit umum daerah atau rumah sakit pusat.

Namun, berarti dokter PNS juga bisa bekerja secara rangkap di rumah sakit swasta, asalkan dilakukan di luar jam kerja.

Gaji seorang dokter PNS didasarkan pada ketentuan sistem kepegawaian negara. Besarannya juga tergantung pada golongan atau kelompok gaji dan lamanya penugasan.

Gaji pokok dokter pegawai negeri sipil diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Mengutip berbagai sumber, karir dokter umum berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbagi menjadi dua kelompok, yakni golongan 3A dan golongan 3B.

Selisihnya pada nominal gaji pokok, namun pada umumnya lulusan S1 kedokteran akan langsung menempati Kelas III B.

Sebagai PNS, gaji atau penghasilan seorang dokter umum PNS tidak hanya mencakup gaji pokok.

Ada penghasilan lain, yaitu tunjangan. Orang yang menikah menerima tunjangan untuk istri dan anak-anak mereka. Selain itu, ada bonus kinerja yang hampir setara dengan gaji pokok.

Gaji Dokter Umum Golongan III (Lulusan S1 sampai S3)

  • IIIA: Rp2.579.400 – Rp4.236.400
  • IIIB: Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • IIIC: Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • IIID: Rp2.920.800 – Rp4.797.000

Gaji Dokter Umum Golongan IV

  • IVA: Rp3.044.300 – Rp5.000.000
  • IVB: Rp3.173.100 – Rp5.211.500
  • IVC: Rp3.307.300 – Rp5.431.900
  • IVD: Rp3.447.200 – Rp5.661.700
  • IVE: Rp3.593.100 – Rp5.901.200

Gaji Dokter Umum Puskesmas

Gaji dokter umum di pukesmas pada umumnya memiliki penghasilan sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Baca juga: 4 Gaji Dokter Bedah Perbulan dan Tunjangan

Tunjangan Dokter Umum Non PNS

Berapa Gaji Dokter Umum

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu penghasilan selain gaji yang akan Anda dapatkan jika bekerja sebagai dokter umum Non PNS, seperti:

  1. Asuransi Kesehatan
  2. Rencana pensiun dan jenjang karir yang jelas
  3. Pelatihan pengembangan diri
  4. Pengembangan karir bagi karyawan
  5. Dan fasilitas lainnya

Baca juga: 5+ Gaji Dokter Hewan dan Tunjangan

Tunjangan Dokter Umum PNS

Dokter Umum akan mendapatkan tunjangan lainnya di luar Tukin. Salah satunya adalah

1. Tunjangan Istri atau Suami

tunjangan untuk istri atau suami. Tunjangan ini sebesar 5% dari gaji pokok.

Namun, jika kedua pasangan adalah pegawai negeri, tunjangan hanya diberikan kepada salah satu dari mereka, dengan mengacu pada gaji pokok yang lebih tinggi.

2. Tunjangan Anak

Tunjangan selanjutnya adalah tunjangan anak yang ditetapkan sebesar 2% dari gaji pokok setiap anak, dengan jumlah anak maksimal 3 orang.

Syarat untuk mendapatkan tunjangan adalah bahwa anak tersebut berusia di bawah 18 tahun, belum menikah dan tidak memiliki penghasilan sendiri.

3. Tunjangan Makan

PNS berhak mendapatkan tunjangan makan sebesar:

  • Rp37.000 untuk Golongan III
  • Rp41.000 untuk Golongan IV.

Pekerjaan Dokter Umum

Berapa Gaji Dokter Umum

Selain itu, seorang dokter umum juga harus mau bekerja sama atau bertindak sesuai dengan tingkat kemampuan yang harus diberikan oleh seorang dokter umum.

Berikut adalah kemampuan atau peran yang perlu dipahami dokter umum:

  • Memiliki kemampuan anamnesis yang kuat dalam mewawancarai banyak pasien dengan baik tentang suatu penyakit. Ini memiliki tujuan untuk mengetahui penyakit pasien.
  • Memberikan vaksinasi dan perawatan segera ketika pasien sakit kritis.
  • Pemeriksaan fisik secara umum adalah salah satu cara untuk mengetahui obat yang tepat.
  • Memberikan beberapa obat sesuai dengan penyakit pasien.
  • Memberikan pasien dan ajak mereka untuk menjalani gaya hidup sehat dan melakukan perawatan kesehatan yang baik.
  • Bertanggung jawab memberikan rujukan pasien untuk dapat melanjutkan ke dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut.
  • Dan ada banyak kemampuan lain yang perlu dipahami dan dilakukan oleh dokter umum.

Penutup

Jelas bahwa gaji dokter umum bervariasi untuk setiap rumah sakit.

Nantinya, dokter harus berkomitmen untuk mengelola sumber daya dan fasilitas di lingkungan kerja dan harus bersedia memberikan atau memberikan bantuan kepada pasien yang memiliki masalah atau sedang menderita suatu penyakit.

Akhirnya selesai juga dalam memberikan informasi mengenai gaji dokter umum di indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang membutuhkan atau sekedar menambah wawasan mengenai berapa gaji dokter umum.

Sekian artikel berjudul 2+ Gaji Dokter Umum dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Berapa gaji dokter umum yang baru lulus?

Gaji pokok dokter umum dan PNS hanya golongan III A atau di bawah 5-10 tahun, sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 4,2 juta.

Berapa gaji dokter umum di klinik?

Dokter umum di beberapa klinik dan rumah sakit, mereka dapat memperoleh 3-8 juta tergantung pada jam terbang.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!