Syarat IPK Minimal CPNS untuk Lulusan D3, S1 dan S2

Syarat IPK Minimal CPNS untuk Lulusan D3, S1 dan S2 | Sebuah kisah tentang seorang lulusan yang bercita-cita ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ia sangat bersemangat dan bertekad untuk mengejar impiannya tersebut, namun ia sadar bahwa untuk mendaftar sebagai CPNS, ia harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal yang ditentukan. Ia harus memiliki IPK minimal 2,75 untuk lulusan Diploma 3 (DIII) dan Sarjana (S1), dan 3,00 untuk lulusan Magister (S2).

Ia pun bertekad untuk meningkatkan IPK-nya sehingga memenuhi syarat tersebut dan akhirnya dapat mendaftar sebagai CPNS.

Apa itu IPK?

Apa itu IPK?

IPK adalah sebuah angka rata-rata yang digunakan untuk mengukur prestasi akademis seseorang. IPK dihitung dengan menjumlahkan seluruh nilai yang didapat dari mata kuliah yang diambil dan dibagi dengan jumlah sks yang diambil.

Nilai yang diperoleh dari setiap mata kuliah didapat dari nilai kehadiran, tugas, presentasi, nilai dosen, UTS, dan UAS.

Semakin aktif seseorang dalam kelas, semakin tinggi nilai yang diperoleh. Nilai tertinggi yang bisa didapat adalah A+ dengan jumlah point yang tinggi dan skala nilai tertinggi adalah 4.0.

Apakah IPK Penting bagi Tes CPNS?

IPK diperhitungkan saat tes CPNS sebagai salah satu faktor dalam pemilihan calon pegawai negeri sipil.

IPK minimal yang dibutuhkan untuk mengikuti tes ini ditentukan oleh pemerintah dan bisa berbeda-beda tergantung jenjang atau posisi yang dilamar.

Namun IPK bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan, pemerintah juga akan menilai kemampuan, pengalaman dan kualifikasi lain dari calon pegawai.

Apakah CPNS ada Minimal IPK?

Apakah CPNS ada Minimal IPK?

Untuk bisa menjadi CPNS, kamu harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah memiliki IPK minimal yang ditentukan.

Biasanya IPK minimal yang ditentukan adalah 2.75 untuk lulusan D3 dan S1, dan 3.00 untuk lulusan S2. Namun, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah mengubah IPK minimal menjadi 3.00 untuk D3 dan S1.

Persyaratan ini bisa berubah-ubah setiap tahun dan ditentukan oleh instansi atau lembaga yang mengadakan seleksi CPNS.

Syarat IPK Minimal CPNS

Syarat IPK minimal yang harus dipenuhi oleh calon pegawai negeri sipil (CPNS) ditentukan oleh pemerintah setiap tahunnya dan dapat berubah-ubah.

Namun pada umumnya IPK minimal yang ditentukan adalah IPK 2.75 untuk lulusan D3, IPK 3.00 untuk lulusan S1 dan IPK 3.20 untuk lulusan S2.

Jenjang PendidikanIPK
Diploma 32,75 skala 4.0
Sarjana Strata Satu (S1)3,0 skala 4,0
Magister (S2))3,20 skala 4,0

Ini hanyalah syarat minimal, tetapi biasanya instansi atau lembaga yang mengadakan seleksi CPNS juga akan menentukan syarat IPK tersendiri.

Sehingga sebaiknya selalu cek syarat yang ditentukan oleh instansi atau lembaga yang akan kamu ikuti seleksinya.

Berapa IPK Minimal CPNS Guru?

IPK minimal CPNS guru adalah 3.00 untuk S1 dan IPK 3.20 untuk lulusan S2. Namun, pastikan untuk memeriksa dengan sumber yang terpercaya untuk informasi terbaru tentang persyaratan IPK minimal, karena persyaratan ini mungkin berubah dari waktu ke waktu.

Berapa IPK Minimal CPNS Perawat?

Berapa IPK Minimal CPNS Perawat?

IPK minimal CPNS perawat tidak ada standar pastinya, karena setiap pemerintah daerah atau instansi yang membuka lowongan CPNS perawat dapat memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Namun, biasanya IPK minimal yang dibutuhkan untuk melamar CPNS perawat adalah sekitar 2.75-3.00.

Namun, pastikan untuk memeriksa dengan sumber yang terpercaya untuk informasi terbaru tentang persyaratan IPK minimal, karena persyaratan ini mungkin berubah dari waktu ke waktu.

Baca juga: Nilai Passing Grade CPNS Sesuai Permenpan RB

Apakah IPK Kurang dari 2.75 Bisa Daftar CPNS?

Untuk bisa menjadi CPNS, kamu harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh pemerintah.

Salah satunya adalah memiliki IPK minimal yang ditentukan. Biasanya IPK minimal yang ditentukan adalah 2.75.

Jika kamu memiliki IPK kurang dari 2.75, maka kamu tidak akan diperbolehkan untuk mendaftar CPNS.

Namun, kamu harus selalu cek persyaratan yang ditentukan pemerintah pada saat daftar CPNS, karena pemerintah bisa saja mengubah persyaratan.

Instansi CPNS yang Memerlukan IPK Tinggi

Syarat IPK Minimal CPNS perlu diperhatikan, beberapa instansi PNS yang memerlukan IPK tinggi dari calon pegawainya antara lain:

  • Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
  • Kementerian Keuangan
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Kementerian Pertahanan
  • Kementerian Luar Negeri
  • Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  • Badan Kepegawaian Negara
  • Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
  • Lembaga Administrasi Negara yang berbasis ilmu pengetahuan
  • Pemerintah Daerah yang membutuhkan pegawai dengan latar belakang pendidikan yang tinggi

IPK tinggi dianggap penting oleh PNS karena diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang lebih kompleks dan kritis serta dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Namun perlu diingat bahwa IPK tinggi bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan dalam proses rekrutmen, kualifikasi, pengalaman, kemampuan, dan sikap kerja juga merupakan faktor penting yang dipertimbangkan.

Sekian artikel berjudul Syarat IPK Minimal CPNS untuk Lulusan D3, S1 dan S2, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!