Brimob Adalah: Sejarah, Tugas, dan Fungsi

Brimob Adalah: Sejarah, Tugas, dan Fungsi | Apa itu Brimob? Ini adalah pertanyaan yang sangat populer. Mungkin ada yang belum terlalu tahu apa itu Brimob yang merupakan bagian dari organisasi Polri.

Brimob Adalah: Sejarah, Tugas, dan Fungsi

Korps Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah unit (Korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru Tua.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Brimob, baca informasi di bawah ini.

Apa itu Brimob? Brimob Adalah…

Brimob adalah singkatan dari Brigade Mobile. Brimob disebut Korps Brimob atau Korps Brigade Mobile. D

ikutip dari laman resmi Korps Brimob, Korps Brimob adalah satuan khusus kepolisian yang bekerja untuk menghadapi teror Kamtibmas yang berintensitas tinggi.

Satuan tertua dalam organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berdiri pada 14 November 1946.

Pada 14 November 1961 bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sakanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil (Korps Brimob).

Brimob berperan penting bagi negara dan bangsa dalam menjaga keamanan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai teror dan isu keamanan seperti gerakan radikal pembawa senjata, aksi terorisme dan pengamanan pada demonstrasi yang mengganggu.

Sebagai pilar utama kepolisian dalam memberantas kejahatan dengan intensitas tinggi, Korps Brimob harus siap menghadapi tugas teror dan masalah keamanan yang masih muncul.

Sejarah Brimob

Sejarah Brimob

Korps Brimob dikenal sebagai satuan khusus Polri yang menangani teror Kamtibmas dengan intensitas tinggi. Korps Brimob tentunya memiliki sejarah tersendiri. Seperti dikutip dari situs resminya, berikut sejarah singkat Brimob.

Sejarah Brimob sendiri sebagai cikal bakal organisasi yang didirikan Jepang ini telah banyak mengalami pergantian nama. Dimulai dari Tokubetsu Keisatsu Tai, Polisi Istimewa, Mobrig (Mobil Brigade) dan Brimob (Brigade Mobil), peran Brimob mulai terlihat pada saat Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada 8 Maret 1942.

Singkat kata, setelah masa kemerdekaan Indonesia dan selama lebih dari satu tahun, pada tanggal 14 November 1946, Organisasi Polisi Istimewa yang disebut-sebut sebagai cikal bakal berdirinya Polri menggabungkan seluruh Satuan Polisi Istimewa, Barisan Polisi Istimewa dan Pasukan Polisi istimewa menjadi Mobile Brigade (Mobrig) atau saat ini populer dengan sebutan Brigade Mobile (Brimob).

Berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan oleh Y.M. Menteri Kepala Kepolisian Negara No. Pol. 23 /61/ tanggal 12 Agustus 1961 ditetapkan tanggal 14 November 1961 sebagai Hari Brimob ke-16.

Saat itu, Presiden Republik Indonesia secara resmi mengubah nama satuan ini dari Mobile Brigade menjadi Brimob. Perubahan nama tersebut dilakukan untuk menyelaraskan nama Brigade Mobil (Brimob) yang diatur dengan aturan bahasa Indonesia.

Tugas Brimob

Tugas Brimob

Seperti disebutkan sebelumnya, tugas utama Brimob adalah membangun dan mengerahkan kemampuan untuk menangani masalah ketertiban dan keamanan masyarakat dengan intensitas tinggi dan tugas lain sebagai bagian dari pekerjaan mendasar Polri dalam rencana pemeliharaan keamanan dalam negeri.

Tugas Brimob Polri, sebagai unit terakhir dari kepolisian yang secara khusus menangani kejahatan dengan intensitas tinggi dalam peralihan nomenklatur dan literatur, dirinci dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 2017.

Peran Brimob adalah melakukan manuver baik secara individu maupun kelompok dengan menggunakan kekuatan gerak, tembak dan tangkap untuk membatasi gerak, melumpuhkan pelaku kejahatan dan saksi, menangkap dan memberikan bukti dengan mendukung, memperlengkapi satuan polisi yang ada, melindungi, memperkuat dan mengganti satuan kepolisian yang ada.

Fungsi Brimob

Fungsi Brimob

Saat ini, Brimob Polri memimpin beberapa pasukan. Diantaranya adalah Pasukan Gegana, Pasukan Pelopor, Satuan Intelijen dan Resimen IV Demlat.

Secara umum, fungsi Brimob adalah untuk menjaga keamanan dalam negeri, terutama yang tingkat tinggi, dan menyelamatkan masyarakat umum. Dalam menjalankan perannya perlu didukung kemampuan khusus dari beberapa anggota Brimob.

Demikian informasi tentang Brimob Adalah: Sejarah, Tugas, dan Fungsi. Dengan demikian, Brimob adalah satuan khusus Polri yang bekerja untuk mengatasi teror Kamtibmas yang berintensitas tinggi.

Brimob dibawah siapa?

Hingga saat ini, Brimob berkekuatan kurang lebih 30.000 personel, ditempatkan secara terpusat di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat dan di bawah Polda masing-masing provinsi.

Apa bedanya Polisi dan Brimob?

Secara struktural, Brimob merupakan anggota atau bagian integral dari Polri. Brimob sering disebut sebagai satuan elit dalam kepolisian

{ "@context": "https://schema.org", "@type": "FAQPage", "mainEntity": [ { "@type": "Question", "name": "Brimob dibawah siapa?", "acceptedAnswer": { "@type": "Answer", "text": "Hingga saat ini, Brimob berkekuatan kurang lebih 30.000 personel, ditempatkan secara terpusat di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat dan di bawah Polda masing-masing provinsi." } } , { "@type": "Question", "name": "Apa bedanya Polisi dan Brimob?", "acceptedAnswer": { "@type": "Answer", "text": "Secara struktural, Brimob merupakan anggota atau bagian integral dari Polri. Brimob sering disebut sebagai satuan elit dalam kepolisian" } } ] }
Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!