Sumber Informasi Peluang Usaha Data Primer & Sekunder
Salah satu yang termasuk sumber informasi peluang usaha data primer adalah Langsung dari Pelanggan, Konsumen, Pembeli itu sendiri. Sedangkan Sumber Informasi Peluang Usaha Data Sekunder yaitu dari data statistik.
Seseorang yang menjalankan bisnis atau usaha harus melihat peluang usaha sebagai langkah menuju kesuksesan usaha atau bisnis yang sekarang dijalankan.
Peluang usaha ini dapat dilihat dari berbagai sumber, salah satunya data primer. Yang termasuk sumber informasi peluang usaha data primer adalah data informasi yang diperoleh langsung dari sumber yang telah diperoleh, salah satunya melalui wawancara dengan narasumber aslinya.
Peluang usaha sendiri memainkan peran besar dalam transformasi dan pengembangan bisnis atau usaha Anda.
Dilihat dari pemahamannya, peluang usaha adalah upaya memanfaatkan peluang yang muncul dari berbagai informasi dan sumber daya yang berguna untuk mewujudkan misi dan visi yang dimiliki seseorang.
Table of Contents
Sumber Informasi Peluang Usaha
Informasi peluang usaha sebagai data yang dibutuhkan untuk perkembangan usaha atau bisnis memegang peranan penting, sehingga pencarian sumber informasi peluang usaha harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak berubah menjadi informasi yang salah, yang justru berujung pada kerugian.
Informasi peluang usaha harus lengkap, andal, dan aktif dalam jangka waktu tertentu. Sumber informasi peluang usaha berasal dari sumber-sumber berikut, misalnya:
- Hasil riset pasar
- konsumen atau pelanggan
- Media informasi atau berita
- Ringkasan hasil penjualan dan pemasaran
- Posisi perusahaan di pasar
- Internal bisnis
- Lokasi atau wilayah pemasaran
Dalam pencarian informasi peluang usaha dapat diperoleh melalui dua jalur yaitu sumber data informasi primer dan sumber data informasi sekunder.
Sumber informasi peluang usaha dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
- Sumber informasi primer
- Sumber informasi sekunder
Manfaat Informasi Peluang Usaha
Informasi peluang usaha sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis atau pengusaha guna mencapai suatu tujuan tertentu dari suatu usaha atau bisnis yaitu kesuksesan.
Informasi peluang bisnis umumnya berguna untuk pengembangan dan kemajuan bisnis, pembaruan atau perubahan bisnis yang didorong ke arah yang lebih dekat dengan kesuksesan. Secara khusus, manfaat informasi peluang bisnis, antara lain:
- Menggali informasi dan materi peluang usaha dari berbagai sumber
- Membantu dalam pengambilan keputusan ketika mengidentifikasi peluang usaha
- Meningkatkan produktivitas usaha dari peluang usaha yang diperoleh
- Manfaatkan peluang usaha yang tepat
- Membuat dan kembangkan ide dan strategi baru yang menambah nilai bisnis
Baca juga: 10+ Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal & Internal
Yang Termasuk Sumber Informasi Peluang Usaha Data Primer Adalah…
Maka sumber data primer untuk informasi peluang usaha adalah sebagai berikut.
1. Langsung dari Pelanggan, Konsumen, Pembeli itu sendiri
Informasi yang diterima langsung dari konsumen, pelanggan atau pembeli tentang keluhan, saran, permintaan pasar, dll.
2. Langsung dari Dealer, Broker atau Pedagang Perantara
Yang termasuk sumber informasi peluang usaha data primer adalah langsung dari dealer, broker atau pedagang perantara.
Informasi peluang usaha penjual, perantara atau pedagang lain yang juga menjual produk Anda terkait dengan peluang yang ada, kondisi, mekanisme kerja atau mekanisme pemasaran dan distribusi, penentuan nilai jual produk dan risiko pasar, dll.
3. Langsung dari Penjualnya Sendiri
Informasi dari data penawaran dan permintaan tentang produk bisnis Anda dalam jangka waktu tertentu.
4. Informasi Data Perusahaan bagian Marketing atau Pemasaran
Yang termasuk sumber informasi peluang usaha data primer adalah Adalah informasi data Perusahaan dari bagian marketing atau pemasaran.
Penting untuk mengumpulkan data informasi primer, baik sebelum menjalankan usaha maupun setelah menjalankan usaha, untuk digunakan sebagai data pendukung pengembangan usaha Anda.
Untuk memperoleh informasi dari sumber-sumber di atas, dengan cara sebagai berikut:
- Ajukan pertanyaan atau wawancara langsung
- Mengumpulkan data dari laporan hasil pemasaran yang dilakukan oleh tim perusahaan Anda selama jangka waktu tertentu
- Observasi terhadap objek fisik, peristiwa atau kejadian tertentu, aktivitas, dan lain-lain
- Mencari informasi dari berbagai sumber, seperti media elektronik dan media digital
- Melakukan tes atau eksperimen terkait respon pasar dan minat terhadap produk bisnis yang Anda pasarkan
Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa yang termasuk Sumber Informasi Peluang Usaha Data Primer adalah yang terkait langsung dengan perusahaan atau produk bisnis Anda, atau yang terkena langsung dengan kondisi pasar yang diperlukan untuk perubahan dan perkembangan usaha atau bisnis.
Baca juga: Untuk Mencapai Peluang Usaha Diperlukan Perencanaan Usaha
Yang Termasuk Sumber Informasi Peluang Usaha Data Sekunder Adalah…
- Dari dokumen internal wirausaha
- Dari pemerintah
- Dari data kantor statistik
- Dari Asosiasi Pedagang
- Oleh KADIN (Kamar Dagang dan Industri)
- Dari media massa
Sekian artikel berjudul Sumber Informasi Peluang Usaha Data Primer & Sekunder, semoga bermanfaat.