Jurusan Administrasi Perkantoran: Perkuliahan, Mata Kuliah dan Kompentensi

Jurusan Administrasi Perkantoran adalah program studi di perguruan tinggi yang mempelajari bagaimana cara mengelola operasional perusahaan, termasuk pengelolaan administrasi dan kebutuhan perkantoran, serta pengawasan tempat kerja.

Mahasiswa Jurusan Administrasi Perkantoran akan belajar bagaimana mengimplementasikan fungsi-fungsi kantor seperti manajemen, perencanaan, pengawasan, dan pengorganisasian.

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk menyediakan pelayanan yang baik dan membuat klien dan pegawai di kantor merasa nyaman dan senang.

Di Jurusan Administrasi Perkantoran, mahasiswa tidak hanya akan belajar teori, tapi juga akan dibekali keterampilan dan pengalaman dalam mengelola administrasi perkantoran yang baik.

Semua yang dipelajari di departemen ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa dalam hal manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, dan cara berpikir strategis.

Meskipun tampak sepele, Jurusan Administrasi Perkantoran tidak boleh dianggap remeh.

Jurusan ini masih menjadi salah satu pilihan favorit bagi lulusan yang ingin memiliki kompetensi unggul dan bersaing di dunia kerja. Jurusan ini sangat direkomendasikan bagi calon mahasiswa.

Apa itu Jurusan Administrasi Perkantoran?

Apa itu Jurusan Administrasi Perkantoran?

Jurusan Administrasi Perkantoran adalah program studi di universitas yang mempelajari perencanaan anggaran keuangan, pembayaran, dan pemasukan dari suatu kantor atau perusahaan.

Jurusan Administrasi Perkantoran akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam suatu organisasi (perusahaan atau kantor).

Tugas administrasi yang dipelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran meliputi surat menyurat, teknologi informasi, pengelolaan kearsipan, pengetahuan dan keterampilan dalam persuratan, pengelolaan kearsipan, pengetikan 10 jari, pengelolaan perkantoran, teknologi informasi (komputer), dan lain-lain.

Administrasi Perkantoran Gelarnya Apa?

Lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran akan mendapatkan gelar Sarjana Administrasi Perkantoran atau S.AP.

Gelar ini menunjukkan bahwa seseorang telah lulus dari program studi Jurusan Administrasi Perkantoran dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang administrasi perkantoran.

Gelar ini juga menjadi salah satu syarat untuk bekerja di berbagai perusahaan atau organisasi yang membutuhkan pegawai dengan kemampuan administrasi perkantoran.

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Perkantoran

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Perkantoran

Beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih Jurusan Administrasi Perkantoran adalah:

  1. Program studi ini akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola operasional perusahaan, termasuk pengelolaan administrasi dan kebutuhan perkantoran, serta pengawasan tempat kerja.
  2. Jurusan Administrasi Perkantoran masih menjadi salah satu pilihan favorit bagi lulusan yang ingin memiliki kompetensi unggul dan bersaing di dunia kerja.
  3. Selain itu, Jurusan Administrasi Perkantoran juga dapat memberikan bekal kepada mahasiswa dalam hal manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, dan cara berpikir strategis.
  4. Jurusan ini juga akan membekali mahasiswa dengan pengalaman dalam mengelola administrasi perkantoran yang baik.
  5. Meskipun fokus dari Jurusan Administrasi Perkantoran adalah administrasi, jika Anda belajar di jurusan ini, Anda juga akan mendapatkan bekal untuk belajar bahasa asing. Tujuan dari pemberian bahasa asing kepada siswa adalah untuk mempersiapkan mereka menghadapi persaingan global.
  6. Lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran biasanya akan bekerja di kantor. Dengan demikian, Anda dapat menikmati kenyamanan bekerja mulai dari jam kerja reguler dan hari libur, hingga ruang kerja yang nyaman di kantor.

Baca juga: Apa itu Jurusan Manajemen? [Informasi Lengkap]

Dunia Perkuliahan Jurusan Administrasi Perkantoran

Jika Anda memilih Jurusan Administrasi Perkantoran, maka pada semester pertama Anda akan belajar tentang matematika dan teknologi informasi (IT).

Kedua hal ini sangat penting untuk mengelola administrasi di suatu instansi. Sebelum memasuki jurusan ini, pastikan Anda sudah mempersiapkan kemampuan matematika dan komputer Anda.

Setelah itu, siswa juga akan belajar tentang etika. Mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang cara berkomunikasi dan sikap yang baik.

Pembelajaran ini juga mencakup pembekalan kemampuan bahasa asing, cara berpakaian, bersikap, cara berkomunikasi saat rapat, mengangkat telepon, dan masih banyak lagi.

Pengetahuan ini akan diterapkan secara langsung dalam praktek perkuliahan di laboratorium. Ini akan menyenangkan karena siswa akan bertindak seolah-olah mereka sudah bekerja di dunia nyata.

Pengetahuan seperti ini jarang ditemukan di jurusan lain sehingga mahasiswa yang belajar di Jurusan Administrasi Perkantoran dapat dikatakan sudah mendapatkan paket lengkap.

Selama proses belajar, siswa juga dituntut untuk berpenampilan rapi dan ramah kepada siapapun.

Hal ini bertujuan agar mereka terbiasa memberikan pelayanan publik yang baik kepada klien setelah memasuki dunia kerja nantinya.

Setelah mendapatkan semua keterampilan yang berkaitan dengan ilmu di kampus, mahasiswa di semester akhir akan diberikan kesempatan untuk magang langsung di kantor-kantor yang telah bermitra dengan kampus tempat mereka belajar.

Di sana, mereka akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang tidak akan pernah mereka dapatkan ketika berada di kampus. Oleh karena itu, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Jurusan Administrasi Perkantoran Belajar Apa?

Jurusan Administrasi Perkantoran Belajar Apa?

Materi kuliah di Jurusan Administrasi Perkantoran meliputi Ilmu Administrasi. Dalam kuliah ini, Anda akan belajar tentang dasar-dasar administrasi dan cara mengelola kantor.

Anda juga akan belajar tentang komunikasi dan ekonomi. Pengetahuan tentang ekonomi juga berguna untuk menjadi pegawai kantoran.

Selain itu, Anda juga akan belajar tentang Manajemen, Ergonomi, dan Kesekretariatan. Ergonomi akan mengajarkan tentang interaksi manusia dengan elemen sistem dalam profesinya.

Kesekretariatan tidak hanya akan mempelajari tentang administrasi, tapi juga tentang bagaimana menjadi sekretaris.

Perpajakan juga akan diajarkan untuk mempersiapkan Anda menjadi lulusan Administrasi Perkantoran yang kompeten.

Terakhir, Anda juga akan belajar Bahasa Inggris Bisnis dan Akuntansi. Bahasa Inggris Bisnis akan mengajarkan Anda tentang bahasa Inggris yang dibutuhkan dalam dunia bisnis, sedangkan Akuntansi akan memberikan pengetahuan tentang cara mengelola keuangan suatu perusahaan.

Mata Kuliah Administrasi Perkantoran

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Administrasi Perkantoran :

  • Azas Manajemen
  • Mengetik Elektronik
  • Stenografi
  • Manajemen Perkantoran
  • Akuntansi
  • Praktek Komputer
  • Pengetahuan Kesekretariatan
  • Humas dan Protokol
  • Teknik Penulisan Laporan
  • Hukum Ketenagakerjaan
  • Bahasa Inggris
  • Manajemen Kearsipan
  • Statistik
  • Manajemen Personalia
  • Manajemen Layanan Prima
  • Manajemen Bisnis dan Organisasi
  • Koresponden Bahasa Inggris
  • Korespondensi Bahasa Indonesia
  • Praktik Mengetik dan Simulasi Kantor
  • Manajemen Komplain
  • Hukum Perdagangan Sipil
  • Sistem Perbankan Indonesia

Jadi, jika Anda ingin memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola operasional perusahaan dan memberikan pelayanan publik yang baik, Jurusan Administrasi Perkantoran adalah pilihan yang tepat.

Kompetensi Jurusan Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Tujuan Ciri Fungsi dan Jenis 2

Kompetensi yang dibutuhkan dalam Jurusan Administrasi Perkantoran adalah kemampuan atau keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang administrator perkantoran.

Beberapa kompetensi yang dapat dikembangkan dalam Jurusan Administrasi Perkantoran meliputi:

  1. Administrasi Perkantoran, yaitu kemampuan dalam mengelola dokumen, surat menyurat, dan mengatur jadwal kerja.
  2. Manajemen Perkantoran, yaitu kemampuan dalam mengelola dan mengatur sumber daya manusia, peralatan, dan material yang ada di kantor.
  3. Administrasi Bisnis, yaitu kemampuan dalam mengatur dan mengelola data, informasi, dan dokumen yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.
  4. Teknik Administrasi, yaitu kemampuan dalam menggunakan teknik-teknik administrasi seperti pencatatan, pengarsipan, dan pelaporan.
  5. Teknologi Informasi Perkantoran, yaitu kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi seperti komputer, jaringan, dan perangkat lunak untuk mendukung kegiatan administrasi perkantoran.
  6. Pengelolaan Dokumen, yaitu kemampuan dalam mengelola, menyimpan, dan mengakses dokumen-dokumen penting yang ada di kantor.

Kebutuhan Lulusan Administrasi Perkantoran di Dunia Kerja

Beberapa kebutuhan yang dimiliki oleh lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran di dunia kerja adalah:

  1. Pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola operasional perusahaan, termasuk pengelolaan administrasi dan kebutuhan perkantoran, serta pengawasan tempat kerja.
  2. Kemampuan dalam hal manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, dan cara berpikir strategis.
  3. Pengalaman dalam mengelola administrasi perkantoran yang baik.
  4. Kemampuan bahasa asing.
  5. Kemampuan berkomunikasi dan sikap yang baik.
  6. Kemampuan berpakaian, bersikap, dan berkomunikasi saat rapat.
  7. Kemampuan menangani telepon.
  8. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang nyaman dan profesional.

Manfaat Mengambil Jurusan Administrasi Perkantoran

Manfaat Mengambil Jurusan Administrasi Perkantoran

Ada beberapa manfaat yang dapat didapatkan jika Anda memilih Jurusan Administrasi Perkantoran, di antaranya:

  1. Anda akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai pekerjaan di sebuah organisasi atau perusahaan.
  2. Anda akan belajar tentang cara mengelola kantor dengan efektif dan efisien, serta cara menyajikan informasi secara akurat dan teratur.
  3. Anda juga akan mempelajari cara berkomunikasi yang efektif, serta cara berpakaian dan bersikap yang profesional di tempat kerja.
  4. Anda akan dibekali dengan pengetahuan tentang bahasa asing, sehingga Anda dapat bersaing di era globalisasi ini.
  5. Anda juga akan diberikan kesempatan untuk magang di kantor-kantor yang telah bermitra dengan kampus tempat Anda belajar. Ini akan memberikan pengalaman langsung dan membantu Anda mengenal dunia kerja lebih dekat.
  6. Lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran juga memiliki peluang yang baik untuk bekerja di berbagai perusahaan atau organisasi yang membutuhkan pegawai dengan kemampuan administrasi perkantoran.

Universitas yang ada Jurusan Administrasi Perkantoran

Beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan Jurusan Administrasi Perkantoran adalah:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  7. Universitas Brawijaya (UB)
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  9. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  10. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Kebanyakan universitas terkemuka di Indonesia menawarkan program studi Jurusan Administrasi Perkantoran.

Namun, Anda juga bisa mencari universitas lain yang menawarkan program studi ini dengan mencari informasi di internet atau menghubungi pihak universitas yang bersangkutan.

Kesimpulan

Jurusan Administrasi Perkantoran merupakan salah satu program studi di perguruan tinggi yang mempelajari tentang pengelolaan operasional perusahaan, termasuk administrasi, kebutuhan perkantoran, pengawasan, dan pengorganisasian tempat kerja.

Mahasiswa di jurusan ini akan diajarkan tentang cara mengimplementasikan fungsi-fungsi di dalam sebuah kantor, sehingga pelayanan yang diberikan kantor menjadi lebih baik dan membuat klien dan karyawan merasa nyaman.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali keterampilan dan pengalaman tata kelola administrasi perkantoran yang baik.

Karena jurusan ini memberikan banyak bekal yang dibutuhkan di dunia kerja, jurusan ini sering menjadi pilihan bagi lulusan yang ingin bekerja di bidang administrasi perkantoran.

Apakah Kuliah di Jurusan Administrasi Perkantoran Terasa Membosankan?

Ini tergantung dari minat dan kemampuan masing-masing individu.

Beberapa orang mungkin menemukan materi kuliah di jurusan ini menarik dan bermanfaat, sementara orang lain mungkin merasa bosan dengan materi yang diajarkan.

Namun, jika Anda memilih Jurusan Administrasi Perkantoran karena Anda memiliki minat dan passion di bidang ini, maka kemungkinan besar Anda tidak akan merasa bosan.

Apakah Jurusan Administrasi Perkantoran itu Susah?

Sebagai program studi di perguruan tinggi, Jurusan Administrasi Perkantoran memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda bagi setiap mahasiswa.

Beberapa mahasiswa mungkin menemukan mata kuliah di jurusan ini cukup mudah, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan.

Tergantung dari kemampuan dan kemauan setiap mahasiswa untuk belajar dan memahami materi yang diajarkan. Namun, jika Anda tertarik dengan bidang administrasi perkantoran dan bersedia belajar dengan tekun, Anda dapat mengatasi kesulitan di jurusan ini.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.