Flowchart Sistem Penggajian Karyawan (Studi Kasus)

Flowchart Sistem Penggajian Karyawan (Studi Kasus) | Sistem penggajian merupakan salah satu aspek penting dalam perusahaan, karena penggajian yang tepat waktu dan akurat akan mempengaruhi kinerja dan motivasi karyawan. Oleh karena itu, perlu adanya sistem penggajian yang baik dan efisien untuk memastikan bahwa semua proses terkait penggajian dapat berjalan dengan lancar.

Salah satu contoh sistem penggajian yang dapat diaplikasikan dalam sebuah perusahaan adalah sistem penggajian S&S. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai flowchart sistem penggajian S&S.

Catatan: Artikel ini hanya mengulas garis besar dari Flowchart Sistem Penggajian Karyawan (Studi Kasus Perusahaan S&S), untuk penjelasan lebih detail sudah kami sertakan video di akhir artikel

Pihak yang Terlibat dalam Kasus Perusahaan S&S

Pihak yang Terlibat dalam Kasus Perusahaan S&S

Dalam kasus perusahaan S&S, terdapat beberapa pihak yang terlibat. Pihak-pihak tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pegawai atau karyawan
  2. Aston sebagai bagian buku besar
  3. Susan sebagai manajemen
  4. Departemen sumber daya manusia
  5. Manager setiap departemen
  6. Staff administrasi bagian penggajian
  7. Staf administrasi bagian utang

Bagian yang Terlibat dalam Sistem Penggajian Perusahaan S&S

Sistem penggajian S&S terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

1. Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

Bagian ini bertugas untuk mengisi form perubahan pegawai, mencarikan pegawai baru untuk menempati beberapa posisi yang diperlukan, memberikan kartu kerja pegawai baru untuk staff administrasi hutang atau accountable, dan menghasilkan laporan ringkasan gaji.

2. Bagian Administrasi Keuangan

Bagian ini bertugas untuk menyiapkan cek pembayaran, memperbaiki pegawai jika ada perubahan, melakukan pengajian, dan membuat laporan penggajian secara detail agar secara kronologis yang pernah.

3. Bagian Manajemen

Bagian ini bertugas untuk menerima setiap dokumen asli, menerima file pembayaran gaji, menerima laporan ringkasan gaji ke-14, meninjau bagian informasi, menyetujui serta menyalurkan informasi tersebut, dan membuat laporan pembayaran maupun pajak.

Flowchart Sistem Penggajian Karyawan Perusahaan S&S

Flowchart Sistem Penggajian Karyawan Perusahaan S&S

Berikut ini adalah penjelasan Flowchart Sistem Penggajian Karyawan Perusahaan S&S secara singkat:

Catatan: Penjelasan secara detail kami berikan pada akhir artikel dalam bentuk Video

1. Pemrosesan Data Karyawan

Pada tahap ini, data karyawan akan dimasukkan ke dalam database perusahaan. Data ini mencakup informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, email, tanggal bergabung, jabatan, gaji pokok, dan status pekerjaan. Data ini harus diperbarui secara berkala, terutama jika ada perubahan pada status karyawan.

2. Pemrosesan Kehadiran

Pada tahap ini, sistem akan memproses kehadiran karyawan pada setiap periode penggajian. Data ini mencakup absensi, jam kerja, cuti, izin, sakit, dan sebagainya. Informasi ini akan digunakan untuk menghitung gaji karyawan.

3. Pengolahan Gaji

Pada tahap ini, sistem akan menghitung gaji karyawan berdasarkan data kehadiran dan data karyawan.

Gaji karyawan bisa mencakup gaji pokok, tunjangan, bonus, dan lain-lain. Sistem juga akan menghitung potongan seperti pajak, iuran pensiun, dan iuran kesehatan.

4. Pengecekan

Pada tahap ini, sistem akan melakukan pemeriksaan terhadap data yang dihasilkan, termasuk gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan. Tujuan dari tahap ini adalah untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan akurat dan sesuai dengan peraturan perusahaan dan undang-undang yang berlaku.

5. Pembayaran

Setelah pengolahan dan pengecekan, gaji karyawan akan dibayarkan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank atau cek gaji. Data pembayaran akan direkam ke dalam sistem penggajian.

6. Laporan

Flowchart Sistem Penggajian Karyawan Perusahaan S&S

Pada tahap ini, sistem akan menghasilkan laporan penggajian seperti daftar gaji, laporan pajak, dan laporan lain yang diperlukan.

Laporan ini akan membantu manajemen perusahaan untuk memantau biaya penggajian dan mengambil keputusan yang tepat untuk mengelola keuangan perusahaan.

Dengan sistem penggajian yang terstruktur dan terotomatisasi, perusahaan dapat memastikan akurasi dan keamanan data, mempercepat pengolahan gaji, dan meminimalkan kesalahan manusia dalam penghitungan gaji.

Keuntungan dari Sistem Penggajian Perusahaan S&S

Terdapat beberapa keuntungan dari sistem penggajian S&S, antara lain:

1. Perbankan

Sistem ini dapat memudahkan dalam pembuatan kartu waktu kerja daftar atau register kompetensi dalam waktu lalu setiap masing-masing pegawai.

2. Laporan

Sistem ini memberikan kemudahan dalam hal laporan penggajian dan pajak, dengan penyusunan laporan yang sistematis dan efisien.

3. Pengarsipan Dokumen Pegawai

Sistem ini juga memudahkan dalam pengarsipan dokumen pegawai, dengan pengelompokan berdasarkan abjad tanggal dan nomor.

Berikut video Flowchart Sistem Penggajian Karyawan (Studi Kasus perusahaan S&S)

Kesimpulan

Sistem penggajian S&S merupakan sistem penggajian yang efisien dan dapat memudahkan dalam pengolahan data penggajian, serta mempermudah dalam pengarsipan dokumen pegawai.

Dengan adanya flowchart dari sistem penggajian S&S, diharapkan perusahaan dapat mengimplementasikan sistem penggajian yang baik.

Sekian artikel berjudul Flowchart Sistem Penggajian Karyawan (Studi Kasus), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!