2+ Cara Cetak Slip Gaji: Panduan Lengkap

2+ Cara Cetak Slip Gaji: Panduan Lengkap | Halo, pembaca yang budiman! Apakah kamu pernah merasa bingung tentang bagaimana cara mencetak slip gaji? Atau mungkin kamu baru saja mendapat pekerjaan baru dan tidak tahu bagaimana cara mencetak slip gaji yang benar? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian!

Mencetak slip gaji adalah salah satu hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun bisnis.

Slip gaji adalah dokumen yang berisi informasi tentang gaji dan tunjangan yang diterima, potongan-potongan, dan jumlah penghasilan bersih yang diterima setiap bulan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mencetak slip gaji dengan benar.

Dalam artikel ini, saya akan membahas panduan lengkap tentang cara cetak slip gaji. Baik itu mencetak slip gaji secara online maupun manual, saya akan membahas semuanya secara rinci.

Jadi, jangan khawatir jika kamu belum menguasai cara mencetak slip gaji. Dengan mengikuti panduan yang saya berikan, kamu akan menjadi ahli dalam mencetak slip gaji dalam waktu singkat.

Sudah siap? Mari kita mulai belajar cara cetak slip gaji!

Video penjelasan lengkap sudah kami sediakan di akhir artikel..!!

Persiapan Sebelum Mencetak Slip Gaji

Sebelum kamu mencetak slip gaji, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan agar proses pencetakan berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

1. Mengecek Data Slip Gaji yang Harus Dicetak

Pastikan kamu telah menerima slip gaji dari perusahaan tempat kamu bekerja. Periksa data pada slip gaji tersebut, termasuk jumlah gaji, tunjangan, potongan, dan jumlah penghasilan bersih.

Jika terdapat kesalahan, segera hubungi pihak HRD perusahaan untuk memperbaiki data tersebut sebelum mencetak slip gaji.

Mengecek data slip gaji yang harus dicetak adalah salah satu persiapan yang sangat penting sebelum kamu mencetak slip gaji.

Hal ini untuk memastikan bahwa data yang akan dicetak sudah sesuai dan akurat.

a. Periksa Data Slip Gaji yang Disediakan

Pastikan kamu memeriksa data slip gaji yang disediakan oleh perusahaan atau pemberi kerja. Data yang harus dicetak bisa berbeda-beda tergantung pada perusahaan atau pemberi kerja.

Beberapa data yang umumnya harus dicetak pada slip gaji antara lain gaji pokok, tunjangan, potongan, bonus, pajak, dan lain sebagainya.

b. Pastikan Data Sudah Benar

Setelah memeriksa data slip gaji yang disediakan, pastikan bahwa data tersebut sudah benar dan akurat.

Cek setiap kolom yang terdapat pada slip gaji untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau perhitungan.

Jika terdapat kesalahan, segera hubungi bagian HRD atau pemberi kerja untuk memperbaiki data slip gaji tersebut.

c. Verifikasi Kembali Jumlah Gaji yang Diterima

Periksa kembali jumlah gaji yang akan diterima. Pastikan jumlah gaji yang tertera pada slip gaji sama dengan jumlah yang seharusnya diterima.

Hal ini untuk memastikan tidak terjadi kesalahan dalam proses pembayaran gaji.

d. Periksa Periode Gaji yang Dicetak

Pastikan bahwa slip gaji yang akan dicetak sudah sesuai dengan periode gaji yang kamu inginkan.

Beberapa perusahaan atau pemberi kerja memberikan slip gaji per bulan atau per minggu, sehingga kamu harus memastikan slip gaji yang dicetak sesuai dengan periode gaji yang diinginkan.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kamu dapat memastikan data slip gaji yang akan dicetak sudah benar dan akurat. Hal ini akan membantu kamu dalam menghindari kesalahan dan memastikan bahwa slip gaji yang kamu cetak benar dan akurat.

2. Mengecek Ketersediaan Printer dan Kertas Cetak yang Diperlukan

Pastikan printer yang kamu gunakan berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan juga kertas cetak tersedia dan cukup banyak.

Jika kertas cetak habis, belilah kertas cetak baru sebelum mencetak slip gaji. Pastikan juga kertas cetak yang kamu gunakan cocok dengan ukuran slip gaji yang akan dicetak.

Mengecek ketersediaan printer dan kertas cetak yang diperlukan adalah salah satu persiapan penting sebelum mencetak slip gaji.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa segala peralatan yang dibutuhkan dalam proses pencetakan siap digunakan dan tidak ada masalah teknis yang mengganggu.

a. Periksa Ketersediaan Printer

Pastikan bahwa printer yang akan digunakan untuk mencetak slip gaji berfungsi dengan baik dan terhubung dengan baik dengan komputer atau laptop yang akan digunakan untuk mencetak.

Pastikan juga printer sudah terinstall dengan driver atau perangkat lunak yang diperlukan untuk mencetak slip gaji.

b. Pastikan Tinta Printer Tidak Habis

Sebelum mencetak slip gaji, pastikan bahwa tinta printer masih tersedia dan tidak habis. Jika tinta printer habis, segera beli atau isi tinta agar proses pencetakan dapat berjalan dengan lancar.

c. Siapkan Kertas Cetak yang Dibutuhkan

Pastikan bahwa kertas cetak yang akan digunakan sudah siap dan tersedia. Gunakan kertas cetak yang berkualitas agar hasil cetakan terlihat jelas dan mudah dibaca.

Jangan lupa untuk memeriksa jenis kertas yang digunakan, karena beberapa printer memiliki jenis kertas tertentu yang harus digunakan.

d. Verifikasi Pengaturan Printer

Pastikan bahwa pengaturan printer sudah sesuai dengan ukuran kertas cetak yang digunakan.

Hal ini akan memastikan bahwa slip gaji yang dicetak sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan tidak terpotong atau terpotong secara tidak sengaja.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kamu dapat memastikan bahwa semua peralatan yang dibutuhkan dalam proses mencetak slip gaji sudah siap digunakan dan tidak ada masalah teknis yang mengganggu.

Hal ini akan membantu kamu dalam menghindari masalah teknis yang dapat menghambat proses mencetak slip gaji.

3. Menyiapkan Software atau Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Mencetak Slip Gaji

Jika kamu mencetak slip gaji secara manual, pastikan kamu memiliki software atau aplikasi pengolah kata atau lembar kerja seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel.

Selain itu, pastikan juga kamu telah mengunduh dan menginstal font yang digunakan dalam slip gaji.

Menyiapkan software atau aplikasi yang dibutuhkan untuk mencetak slip gaji adalah salah satu persiapan penting sebelum mencetak slip gaji.

Hal ini penting dilakukan agar proses mencetak slip gaji bisa berjalan lancar dan efisien. Berikut adalah beberapa sub judul atau poin yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail:

a. Gunakan Aplikasi yang Sesuai

Pastikan bahwa kamu menggunakan aplikasi yang tepat untuk mencetak slip gaji. Beberapa perusahaan menggunakan program atau aplikasi yang khusus untuk mencetak slip gaji, sedangkan yang lain menggunakan program pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs.

Pastikan bahwa kamu telah memahami aplikasi yang akan digunakan dan sudah terbiasa dalam menggunakannya.

b. Verifikasi Data Slip Gaji

Sebelum mencetak slip gaji, pastikan bahwa data slip gaji yang akan dicetak sudah benar dan lengkap.

Periksa apakah semua informasi seperti gaji kotor, gaji bersih, potongan-potongan, dan tunjangan sudah tercatat dengan benar.

Pastikan juga bahwa nama karyawan, nomor rekening bank, dan informasi pribadi lainnya sudah benar.

c. Pilih Ukuran dan Jenis Kertas Cetak

Pilih ukuran dan jenis kertas cetak yang tepat untuk mencetak slip gaji. Beberapa perusahaan menggunakan kertas A4, sedangkan yang lain menggunakan kertas khusus untuk slip gaji.

Pastikan juga bahwa kertas cetak yang digunakan sesuai dengan pengaturan printer yang digunakan.

d. Verifikasi Pengaturan Halaman

Pastikan bahwa pengaturan halaman dalam software atau aplikasi yang digunakan sudah sesuai dengan ukuran kertas cetak yang digunakan.

Hal ini akan memastikan bahwa slip gaji yang dicetak sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan tidak terpotong atau terpotong secara tidak sengaja.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kamu dapat memastikan bahwa software atau aplikasi yang dibutuhkan untuk mencetak slip gaji sudah siap digunakan dan kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar.

Hal ini akan membantu kamu dalam menghindari masalah teknis yang dapat menghambat proses mencetak slip gaji.

Dengan melakukan persiapan-persiapan tersebut, kamu akan lebih siap dalam mencetak slip gaji. Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan dengan mencetak slip gaji secara online atau manual, yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Cara Cetak Slip Gaji Secara Online

Catatan: Kami menganggap anda sudah mempunyai akses HRIS (Human Resource Information System)

Mencetak slip gaji secara online dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat mencetak slip gaji secara online:

1. Masuk ke Portal atau Website HRD Perusahaan

Untuk mencetak slip gaji secara online, kamu perlu masuk ke portal atau website HRD perusahaan. Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password untuk dapat masuk ke dalam portal atau website tersebut.

Masuk ke portal atau website HRD perusahaan adalah langkah awal yang harus dilakukan jika ingin mencetak slip gaji secara online.

Namun, sebelum itu pastikan Anda telah memiliki akun yang diberikan oleh HRD perusahaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser di komputer atau perangkat seluler Anda dan ketik alamat website HRD perusahaan pada kolom pencarian.
  2. Setelah halaman terbuka, cari opsi untuk login dengan menggunakan akun yang telah diberikan oleh HRD. Biasanya terdapat opsi “Login” atau “Masuk” yang terletak di sudut kanan atas halaman.
  3. Masukkan username dan password akun Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan informasi yang benar agar tidak terjadi masalah pada proses selanjutnya.
  4. Setelah berhasil login, pilih menu yang menyediakan opsi untuk mencetak slip gaji. Opsi tersebut biasanya terdapat pada menu yang terkait dengan karyawan atau gaji.
  5. Pilih periode waktu yang diinginkan untuk mencetak slip gaji, dan pastikan informasi yang ditampilkan benar dan sesuai dengan yang diharapkan.
  6. Setelah itu, pilih opsi untuk mencetak slip gaji dan pastikan Anda telah mempersiapkan printer serta kertas yang diperlukan. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar komputer atau perangkat seluler Anda untuk menyelesaikan proses pencetakan slip gaji secara online.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan berhasil mencetak slip gaji secara online dengan mudah dan cepat.

Pastikan Anda telah memeriksa kembali data slip gaji yang akan dicetak dan juga memastikan ketersediaan printer serta kertas cetak yang diperlukan sebelum melakukan proses cetak slip gaji secara online.

2. Cari dan Pilih Slip Gaji yang akan Dicetak

Setelah berhasil masuk ke portal atau website HRD perusahaan, cari dan pilih slip gaji yang ingin dicetak. Slip gaji biasanya tersedia dalam format PDF atau Excel.

Jika slip gaji tersedia dalam format PDF, pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi pembaca PDF seperti Adobe Acrobat Reader.

Setelah masuk ke portal atau website HRD perusahaan, langkah selanjutnya untuk mencetak slip gaji secara online adalah dengan mencari dan memilih slip gaji yang akan dicetak. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya:

  1. Setelah masuk ke halaman dashboard portal HRD, cari menu atau pilihan yang mengarah ke slip gaji. Biasanya, menu tersebut berada di bagian pemberitahuan atau pengumuman terbaru.
  2. Setelah menemukan menu atau pilihan slip gaji, klik menu tersebut dan tunggu hingga halaman slip gaji terbuka. Biasanya, slip gaji akan ditampilkan dalam format PDF.
  3. Pilih slip gaji yang ingin dicetak. Jika perusahaan memiliki sistem yang menyediakan slip gaji untuk beberapa bulan sekaligus, pastikan untuk memilih slip gaji yang sesuai dengan bulan yang diinginkan.
  4. Setelah memilih slip gaji yang akan dicetak, pastikan untuk memeriksa kembali data slip gaji tersebut. Periksa apakah nama, tanggal, dan jumlah gaji sudah sesuai dengan data pribadi dan pekerjaan Anda. Jika terdapat kesalahan, segera hubungi bagian HRD untuk memperbaikinya.

Setelah memeriksa dan memilih slip gaji yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mencetak slip gaji tersebut.

3. Verifikasi Data pada Slip Gaji

Sebelum mencetak slip gaji, pastikan data yang tertera pada slip gaji sudah benar dan sesuai dengan data yang kamu miliki.

Jika terdapat kesalahan, segera hubungi pihak HRD perusahaan untuk memperbaiki data tersebut sebelum mencetak slip gaji.

Setelah memilih slip gaji yang ingin dicetak, langkah selanjutnya adalah memverifikasi data pada slip gaji tersebut sebelum mencetak.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa data pada slip gaji sudah benar dan tidak terjadi kesalahan dalam penginputan data. Beberapa hal yang perlu diperiksa pada slip gaji adalah:

  1. Nama dan identitas karyawan: Pastikan nama dan identitas karyawan pada slip gaji sudah benar dan sesuai dengan data yang tercatat di perusahaan.
  2. Periode gaji: Pastikan periode gaji pada slip gaji sudah benar, baik itu periode gaji bulan ini ataupun periode gaji bulan sebelumnya.
  3. Komponen gaji: Pastikan jumlah gaji pada setiap komponen gaji sudah benar. Beberapa komponen gaji yang perlu diperiksa antara lain gaji pokok, tunjangan, potongan, dan bonus.
  4. Pajak dan potongan: Pastikan jumlah pajak dan potongan pada slip gaji sudah sesuai dengan ketentuan perpajakan dan peraturan perusahaan.
  5. Total gaji: Pastikan jumlah total gaji pada slip gaji sudah benar, termasuk jumlah gaji bersih yang akan diterima karyawan setelah dipotong pajak dan potongan lainnya.

Dengan memverifikasi data pada slip gaji sebelum mencetak, Anda dapat memastikan bahwa data yang tercetak sudah benar dan akurat.

Jika terdapat kesalahan data pada slip gaji, segera laporkan ke bagian HRD atau bagian terkait di perusahaan untuk segera diperbaiki.

4. Cetak Slip Gaji

Setelah memverifikasi data pada slip gaji, kamu dapat langsung mencetak slip gaji dengan menekan tombol “Print” atau “Cetak” pada tampilan slip gaji. Pastikan printer yang digunakan terhubung dengan jaringan internet dan siap digunakan.

Setelah Anda memverifikasi data slip gaji yang akan dicetak, langkah selanjutnya adalah mencetak slip gaji. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencetak slip gaji secara online:

  1. Pastikan printer terhubung ke komputer dan dalam keadaan siap untuk digunakan.
  2. Klik tombol “Cetak” atau “Print” yang biasanya terletak di bagian bawah slip gaji atau di sampingnya.
  3. Jika muncul jendela dialog “Print”, pastikan bahwa printer yang dipilih adalah printer yang Anda gunakan dan jumlah kertas yang akan dicetak adalah jumlah yang benar.
  4. Klik tombol “OK” atau “Cetak” untuk memulai proses pencetakan.
  5. Tunggu hingga proses pencetakan selesai. Jika slip gaji terdiri dari beberapa halaman, pastikan bahwa semua halaman telah tercetak dengan sempurna.

Jika terdapat kesalahan atau masalah pada slip gaji yang dicetak, segera hubungi bagian HRD perusahaan untuk mendapatkan penjelasan dan solusi yang tepat. Selain itu, pastikan Anda menyimpan salinan slip gaji yang telah dicetak dengan baik dan aman untuk keperluan masa depan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mencetak slip gaji secara online dengan mudah dan cepat.

Namun, jika kamu mengalami kesulitan dalam mencetak slip gaji secara online, kamu dapat meminta bantuan dari pihak HRD perusahaan atau mencetak slip gaji secara manual, yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Cara Cetak Slip Gaji Secara Manual

Mencetak slip gaji secara manual dapat dilakukan jika kamu mengalami kesulitan dalam mencetak slip gaji secara online atau jika slip gaji tidak tersedia dalam format digital. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat mencetak slip gaji secara manual:

1. Persiapkan Kertas

Pertama-tama, persiapkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak slip gaji. Pilih kertas yang memiliki kualitas baik dan sesuai dengan ukuran slip gaji yang akan dicetak.

Saat mencetak slip gaji secara manual, persiapan yang matang juga sangat penting. Salah satu hal yang perlu disiapkan adalah kertas.

Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan kertas untuk mencetak slip gaji secara manual:

a. Gunakan kertas yang sesuai

Pastikan kertas yang digunakan untuk mencetak slip gaji sesuai dengan jenis dan ukuran yang direkomendasikan oleh perusahaan Anda.

Misalnya, jika perusahaan merekomendasikan kertas ukuran A4, pastikan kertas yang digunakan juga berukuran A4. Ini akan membantu memastikan bahwa slip gaji dicetak dengan ukuran yang benar dan mudah dibaca.

b. Kualitas kertas yang baik

Pilih kertas yang memiliki kualitas yang baik, agar tulisan pada slip gaji tercetak dengan jelas dan tidak kabur.

Kualitas kertas yang buruk dapat membuat tulisan menjadi buram dan sulit dibaca, yang dapat menyebabkan kesalahan dalam membaca jumlah gaji yang tertera pada slip gaji.

c. Jumlah kertas yang cukup

Pastikan Anda memiliki jumlah kertas yang cukup untuk mencetak semua slip gaji yang diperlukan. Sebaiknya persiapkan beberapa kertas tambahan sebagai cadangan, untuk mengantisipasi kesalahan saat mencetak.

d. Bersihkan printer

Sebelum mencetak slip gaji, pastikan printer yang digunakan dalam kondisi bersih dan bekerja dengan baik.

Bersihkan printer dari debu dan kotoran yang menempel pada bagian dalam printer, agar tidak mengganggu hasil cetakan.

Dengan mempersiapkan kertas dengan baik, Anda dapat memastikan slip gaji dicetak dengan jelas dan mudah dibaca.

2. Unduh atau Minta Salinan Slip Gaji

Jika slip gaji tersedia dalam format digital, unduh dan simpan slip gaji tersebut ke dalam perangkat komputer atau laptop.

Namun, jika slip gaji tidak tersedia dalam format digital, minta salinan slip gaji kepada pihak HRD perusahaan.

Jika Anda tidak dapat mencetak slip gaji secara online, Anda bisa meminta salinan slip gaji dari HRD atau mengunduh slip gaji dari email atau portal yang disediakan oleh perusahaan. Berikut adalah cara untuk mengunduh atau meminta salinan slip gaji:

a. Hubungi bagian HRD atau atasan Anda

Jika Anda tidak dapat mencetak slip gaji karena masalah teknis atau keterbatasan akses, hubungi bagian HRD atau atasan Anda untuk meminta bantuan. Mereka dapat membantu Anda mengunduh atau mencetak salinan slip gaji Anda.

b. Cek email Anda

Beberapa perusahaan mengirimkan salinan slip gaji melalui email. Cek email Anda untuk melihat apakah ada email yang berisi salinan slip gaji. Jika ada, unduh file tersebut ke komputer Anda.

c. Akses portal perusahaan

Beberapa perusahaan memiliki portal karyawan yang memungkinkan karyawan mengunduh salinan slip gaji mereka.

Akses portal perusahaan dan cari opsi untuk mengunduh slip gaji Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh file tersebut.

d. Cetak slip gaji

Setelah Anda mengunduh atau mendapatkan salinan slip gaji, siapkan kertas dan cetak slip gaji Anda menggunakan printer.

Pastikan kertas yang digunakan adalah kertas ukuran A4 atau Letter dan berkualitas baik agar hasil cetakan menjadi jelas dan mudah dibaca.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengunduh atau meminta salinan slip gaji Anda dari HRD atau mengakses portal perusahaan, dan mencetak slip gaji secara manual menggunakan printer.

Pastikan untuk selalu mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku di perusahaan Anda terkait dengan proses cetak slip gaji.

3. Buka File Slip Gaji

Jika slip gaji tersedia dalam format digital, buka file slip gaji menggunakan aplikasi pembaca PDF seperti Adobe Acrobat Reader. Pastikan slip gaji yang dibuka memiliki ukuran yang sesuai dengan kertas yang akan digunakan.

Untuk mencetak slip gaji secara manual, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka file slip gaji yang telah diunduh atau diterima dari HRD perusahaan.

File slip gaji dapat berupa file PDF atau file Excel, tergantung dari kebijakan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat membantu dalam membuka file slip gaji:

  1. Pastikan software yang dibutuhkan sudah terinstall di komputer. Jika file slip gaji dalam bentuk PDF, pastikan software pembaca PDF seperti Adobe Reader sudah terinstall. Jika file slip gaji dalam bentuk Excel, pastikan Microsoft Office atau software serupa sudah terinstall.
  2. Buka file slip gaji dengan mengklik dua kali pada file tersebut atau klik kanan dan pilih “Open” atau “Buka”.
  3. Jika file slip gaji dalam bentuk Excel, pastikan untuk memeriksa dan memahami setiap kolom dan baris pada sheet slip gaji agar tidak terjadi kesalahan dalam mencetak slip gaji.
  4. Pastikan ukuran kertas yang digunakan sesuai dengan ukuran kertas pada file slip gaji, jika tidak dapat mengubah ukuran kertas pada software atau aplikasi yang digunakan untuk membuka file slip gaji.

Setelah membuka file slip gaji, Anda sudah siap untuk mencetak slip gaji secara manual. Pastikan untuk memeriksa kembali data slip gaji sebelum dicetak agar tidak terjadi kesalahan pada data yang dicetak.

4. Verifikasi Data pada Slip Gaji

Sebelum mencetak slip gaji, pastikan data yang tertera pada slip gaji sudah benar dan sesuai dengan data yang kamu miliki.

Jika terdapat kesalahan, segera hubungi pihak HRD perusahaan untuk memperbaiki data tersebut sebelum mencetak slip gaji.

Setelah membuka file slip gaji, langkah selanjutnya sebelum mencetak adalah memverifikasi data pada slip gaji tersebut.

Pastikan bahwa data yang tertera di slip gaji sudah benar dan sesuai dengan informasi yang seharusnya muncul di slip gaji.

Periksa informasi-informasi penting seperti nama karyawan, gaji, tunjangan, potongan, dan lain-lain.

Jika ditemukan kesalahan pada data slip gaji, sebaiknya segera laporkan ke bagian HRD atau ke atasan langsung untuk dilakukan perbaikan data yang diperlukan.

Ini akan mencegah terjadinya kesalahan atau kekeliruan yang dapat mempengaruhi penghasilan Anda di masa mendatang.

Setelah Anda memverifikasi data pada slip gaji, pastikan bahwa printer dan kertas sudah siap untuk mencetak slip gaji tersebut.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah kertas yang digunakan sudah cukup atau tidak, dan pastikan juga bahwa tinta printer masih mencukupi untuk mencetak slip gaji dengan kualitas yang baik. Setelah semuanya siap, barulah Anda dapat melanjutkan ke tahap mencetak slip gaji.

5. Cetak Slip Gaji

Setelah memverifikasi data pada slip gaji, kamu dapat mencetak slip gaji dengan menggunakan printer.

Pastikan printer yang digunakan memiliki tinta dan kertas yang cukup, serta terhubung dengan perangkat komputer atau laptop yang digunakan.

Setelah semua persiapan telah dilakukan dan data slip gaji sudah diverifikasi, langkah terakhir adalah mencetak slip gaji secara manual. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencetak slip gaji:

  1. Klik tombol “Print” atau “Cetak” pada aplikasi atau software yang digunakan untuk membuka file slip gaji.
  2. Pastikan printer sudah terhubung dengan komputer dan dalam keadaan siap digunakan. Jika tidak, periksa kembali koneksi printer dan pastikan printer sudah dinyalakan.
  3. Pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak slip gaji. Jika ada lebih dari satu printer yang terhubung, pastikan printer yang digunakan sudah dipilih dengan benar.
  4. Pilih ukuran kertas yang sesuai dengan slip gaji yang akan dicetak. Sebagian besar slip gaji dicetak pada kertas ukuran A4.
  5. Pastikan jumlah kertas yang cukup tersedia dalam printer untuk mencetak semua halaman slip gaji. Jika tidak, tambahkan kertas baru ke dalam printer.
  6. Setelah semuanya sudah siap, klik tombol “Print” atau “Cetak” untuk mulai mencetak slip gaji.

Pastikan bahwa setiap langkah telah diikuti dengan benar untuk menghindari kesalahan dan memastikan slip gaji dicetak dengan baik.

Setelah selesai mencetak, pastikan slip gaji diletakkan dengan aman dan dirahasiakan agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mencetak slip gaji secara manual dengan mudah.

Namun, penting untuk diingat bahwa mencetak slip gaji secara manual membutuhkan waktu dan tenaga lebih dibandingkan dengan mencetak slip gaji secara online. Oleh karena itu, jika memungkinkan, sebaiknya mencetak slip gaji secara online untuk lebih efisien dan praktis.

Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas

Jika sebelumnya anda sudah melihat artikel Slip Gaji Excel: Cara Membuat dan Mengolahnya, anda bisa melewati cara ini.

Catatan: Jika dirasa kurang jelas, anda bisa langsung melihat video tutorialnya di akhir artikel ini.

1. Siapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • Siapkan data karyawan yang akan digunakan untuk membuat slip gaji.
    Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas Siapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan
  • Buat 2 tabel dengan judul kolom yang unik untuk mencetak 2 slip gaji dalam satu lembar kertas.

2. Buat Judul Kolom yang Unik

  • Blok judul kolom yang akan dicopy dan drag ke kanan untuk menambahkan kolom baru.
  • Berikan nomor pada kolom yang baru.
  • Ulangi proses yang sama hingga judul kolom pada tabel kedua menjadi unik.

3. Masukkan Data Karyawan

  • Siapkan data karyawan dan masukkan ke dalam tabel yang sudah dibuat.
    Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas Masukkan Data Karyawan
  • Untuk rumus, cukup salin dan tempelkan pada tabel.

4. Buka Program Microsoft Word

  • Buka program Microsoft Word dan ubah orientasinya dari Potret menjadi Landscape.
    Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas Buka Program Microsoft Word
  • Rubah pilihan kolom menjadi 2 kolom.
  • Copy dan paste tabel pada kolom pertama dan kedua.

5. Tambahkan Garis Pemisah

Agar tidak bingung antara kolom pertama dan kedua, tambahkan garis pemisah pada bagian tengah.

Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas Tambahkan Garis Pemisah

6. Beri Nama pada Seluruh Tabel

Kembali ke program Excel dan beri nama pada seluruh tabel.

7. Pilih Menu Mailing pada Program Microsoft Word

  • Pilih menu mailing pada program Microsoft Word dan gunakan file yang disimpan sebagai sumber data.
    Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas Pilih Menu Mailing pada Program Microsoft Word
  • Pilih data gaji yang sudah diberi nama sebelumnya dan klik OK.

8. Insert Merge File

  • Pada bagian Insert merge file, beri nama pada kolom yang aktif
    Cara Cetak 2 Slip Gaji dalam Satu Lembar Kertas Insert Merge File
  • Ulangi proses yang sama pada kolom berikutnya.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat mencetak 2 slip gaji dalam satu lembar kertas dengan mudah dan efisien.
  • Cara ini dapat menghemat biaya dan meminimalisir penggunaan kertas pada perusahaan.

Tips dan Trik Mencetak Slip Gaji

Sebagai karyawan, mencetak slip gaji merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan setiap bulannya.

Namun, proses mencetak slip gaji seringkali dianggap remeh dan hanya dianggap sebagai pekerjaan rutin yang mudah.

Padahal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses cetak slip gaji dapat berjalan lancar dan hasil cetakannya pun menjadi lebih baik.

Jadi, dalam bagian ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk memudahkan Anda dalam mencetak slip gaji.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, diharapkan proses cetak slip gaji akan menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Jika kamu akan mencetak slip gaji secara online, pastikan koneksi internet yang digunakan stabil dan cepat. Hal ini akan memastikan proses unduhan dan pencetakan slip gaji berjalan lancar tanpa terputus-putus.

2. Periksa Setelan Printer

Sebelum mencetak slip gaji, pastikan setelan printer yang digunakan sudah benar. Periksa jenis kertas yang digunakan, ukuran kertas, serta orientasi kertas yang dipilih. Pastikan setelan tersebut sesuai dengan slip gaji yang akan dicetak agar hasil cetakan menjadi maksimal.

3. Cek Tinta Printer

Pastikan tinta pada printer sudah cukup dan tidak habis. Hal ini akan memastikan hasil cetakan tidak pucat atau bahkan tidak terlihat. Jika tinta printer hampir habis, sebaiknya isi ulang tinta terlebih dahulu sebelum mencetak slip gaji.

4. Perhatikan Ukuran Slip Gaji

Perhatikan ukuran slip gaji yang akan dicetak. Pastikan ukuran slip gaji dan kertas yang digunakan sesuai untuk menghindari slip gaji terpotong atau terpotong tidak pada bagian yang tepat.

5. Simpan Salinan Slip Gaji

Setelah mencetak slip gaji, sebaiknya simpan salinan slip gaji tersebut di tempat yang aman dan mudah diakses. Ini berguna sebagai bukti penghasilan dan bisa kamu gunakan sebagai referensi di masa depan.

Dengan memperhatikan tips dan trik tersebut, kamu dapat mencetak slip gaji secara efisien dan menghasilkan cetakan yang berkualitas. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kamu dalam mencetak slip gaji.

Kesimpulan

Setelah memahami panduan lengkap cara cetak slip gaji, dapat disimpulkan bahwa terdapat dua metode yang dapat dilakukan, yaitu cara cetak slip gaji secara online dan secara manual.

Jika menggunakan cara online, pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa koneksi internet dan mempersiapkan software atau aplikasi yang dibutuhkan.

Kemudian, masuk ke portal atau website HRD perusahaan, cari dan pilih slip gaji yang akan dicetak, verifikasi data yang tertera pada slip gaji, dan cetak slip gaji tersebut.

Sementara itu, jika menggunakan cara manual, pastikan terlebih dahulu bahwa kertas yang digunakan sudah cukup dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya, unduh atau minta salinan slip gaji, buka file slip gaji tersebut, verifikasi data yang tertera pada slip gaji, dan terakhir, cetak slip gaji dengan menggunakan printer.

Melakukan cetak slip gaji merupakan hal yang penting karena slip gaji dibutuhkan sebagai bukti pendapatan dan penghasilan karyawan.

Dengan memahami panduan lengkap ini, diharapkan karyawan dapat dengan mudah dan cepat melakukan cetak slip gaji dengan benar dan akurat, sehingga tidak terjadi kesalahan pada data yang tertera pada slip gaji.

Sekian artikel berjudul 2+ Cara Cetak Slip Gaji: Panduan Lengkap, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.