Lamaran Kerja Itu Apa Saja? Simak Penjelasannya

Lamaran Kerja Itu Apa Saja? Hai, sahabat pencari kerja! Apakah kamu sedang mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan? Salah satu hal yang tidak bisa diabaikan saat mencari pekerjaan adalah membuat lamaran kerja yang lengkap dan terstruktur dengan baik.

Namun, tahukah kamu bahwa lamaran kerja tidak hanya terdiri dari surat lamaran saja? Ada beberapa berkas penting yang harus kamu siapkan untuk melengkapi lamaran kerjamu.

Sebelumnya kita sudah membuat 10+ Contoh Berkas Lamaran Kerja Lengkap, artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan “Lamaran Kerja Itu Apa Saja?”

Di artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang berkas-berkas apa saja yang harus disertakan dalam lamaran kerja. Mari simak bersama-sama, ya!

CV atau Curriculum Vitae

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Setelah mengetahui bahwa lamaran kerja tidak hanya terdiri dari surat lamaran saja, mari kita mulai pembahasannya dari berkas pertama yang harus kamu siapkan, yaitu CV atau Curriculum Vitae.

Pengertian CV

CV atau Curriculum Vitae merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang riwayat hidup seseorang secara detail. Dokumen ini berfungsi untuk memberikan gambaran lengkap tentang diri kamu kepada calon employer.

Tujuan CV

Tujuan dibuatnya CV adalah untuk membantu employer dalam mempertimbangkan apakah kamu memenuhi kualifikasi untuk posisi yang ditawarkan. Dalam CV, kamu dapat menunjukkan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang kamu miliki.

Bagian-bagian CV yang Perlu Disertakan

Agar CV kamu dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang diri kamu, berikut beberapa bagian yang perlu disertakan dalam CV:

  • Data diri, yaitu nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email.
  • Pendidikan, mulai dari pendidikan terakhir yang kamu tempuh.
  • Pengalaman kerja, mulai dari pengalaman kerja terbaru sampai yang terlama.
  • Keterampilan yang kamu miliki, seperti bahasa asing, penggunaan software, dan lain-lain.
  • Penghargaan atau sertifikat yang kamu pernah dapatkan.

Ingat, penting untuk membuat CV yang singkat, padat, dan jelas agar employer mudah memahami profil diri kamu.

Jangan lupa untuk memperbarui CV kamu secara berkala agar tetap up-to-date dengan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan terbaru yang kamu miliki. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan!

Ijazah

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Berikutnya, berkas yang harus kamu siapkan untuk melengkapi lamaran kerja adalah ijazah.

Pengertian Ijazah

Ijazah adalah sebuah dokumen resmi yang diterbitkan oleh institusi pendidikan yang menyatakan bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan di institusi tersebut.

Tujuan Ijazah dalam Lamaran Kerja

Ijazah memiliki peran yang penting dalam lamaran kerja karena dokumen ini menunjukkan bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan di institusi tertentu dan memiliki kemampuan dalam bidang tertentu.

Hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi employer dalam mempertimbangkan kamu sebagai calon karyawan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyertakan Ijazah dalam Lamaran Kerja

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyertakan ijazah dalam lamaran kerja adalah:

  • Pastikan bahwa ijazah yang kamu sertakan adalah asli dan tidak palsu.
  • Pastikan bahwa ijazah tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang kamu lamar.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir oleh institusi pendidikan atau notaris.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kamu Belum Mendapatkan Ijazah?

Jika kamu belum mendapatkan ijazah karena masih menyelesaikan pendidikan, kamu dapat menyertakan transkrip nilai sementara atau surat keterangan lulus dari institusi pendidikan yang bersangkutan.

Ingat, ijazah yang asli sangat penting dalam lamaran kerja, jadi pastikan kamu menyiapkan ijazah dengan baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan!

Transkrip Nilai

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Setelah ijazah, dokumen berikutnya yang juga penting untuk kamu siapkan dalam lamaran kerja adalah transkrip nilai.

Pengertian Transkrip Nilai

Transkrip nilai adalah dokumen resmi yang memuat informasi tentang nilai-nilai yang kamu dapatkan selama menempuh pendidikan di institusi tertentu.

Tujuan Transkrip Nilai dalam Lamaran Kerja

Transkrip nilai dapat menjadi bukti bahwa kamu memiliki kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang kamu lamar.

Dokumen ini juga dapat membantu employer untuk mengevaluasi kemampuan akademik kamu dan membandingkannya dengan kandidat lainnya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyertakan Transkrip Nilai dalam Lamaran Kerja

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyertakan transkrip nilai dalam lamaran kerja adalah:

  • Pastikan bahwa transkrip nilai yang kamu sertakan adalah asli dan tidak palsu.
  • Pastikan bahwa transkrip nilai tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang kamu lamar.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan fotokopi transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh institusi pendidikan atau notaris.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kamu Belum Mendapatkan Transkrip Nilai?

Jika kamu belum mendapatkan transkrip nilai karena masih menyelesaikan pendidikan, kamu dapat meminta surat keterangan nilai sementara dari institusi pendidikan yang bersangkutan.

Pastikan kamu menyiapkan transkrip nilai dengan baik dan benar agar dapat memperkuat lamaran kerja kamu. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mencari pekerjaan yang diinginkan!

Surat Lamaran Kerja

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting dalam lamaran kerja. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai surat lamaran kerja.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat formal yang berisi pengenalan diri, maksud dan tujuan melamar pekerjaan, serta informasi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki.

Tujuan Surat Lamaran Kerja

Tujuan dari surat lamaran kerja adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki, sehingga employer dapat mempertimbangkan kamu sebagai kandidat yang potensial untuk posisi yang kamu lamar.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja adalah:

  • Pastikan bahwa surat lamaran kerja tersebut ditulis dengan baik dan rapi.
  • Cantumkan informasi yang relevan dan spesifik tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki.
  • Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang dapat merusak kesan profesionalisme.
  • Jangan lupa untuk menyertakan kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon atau email.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Struktur surat lamaran kerja terdiri dari:

  • Pembukaan: berisi tentang pengenalan diri dan tujuan kamu melamar pekerjaan.
  • Tubuh surat: berisi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki.
  • Penutup: berisi tentang kesimpulan dan ucapan terima kasih.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang dapat kamu jadikan referensi dalam menulis surat lamaran kerja kamu sendiri.

Dear Bapak/Ibu HRD,

Saya, [nama lengkap], dengan ini mengajukan lamaran kerja untuk posisi [nama posisi] yang tertera pada iklan lowongan pekerjaan di [nama perusahaan]. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Saya lulus dari [nama perguruan tinggi] dengan gelar sarjana [nama jurusan]. Selama di kampus, saya aktif mengikuti kegiatan organisasi dan menjadi anggota tim debat. Setelah lulus, saya bekerja di [nama perusahaan] sebagai [nama posisi] selama 2 tahun. Selama bekerja, saya telah terlibat dalam beberapa proyek besar dan berhasil mencapai target yang ditetapkan.

Saya percaya bahwa pengalaman dan keterampilan yang saya miliki dapat menjadi nilai tambah bagi [nama perusahaan]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim yang berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama.

Terlampir, saya sertakan CV, transkrip nilai, dan pas foto terbaru. Saya siap untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang diperlukan dan dapat dihubungi melalui nomor telepon atau email yang tertera di bawah ini.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat

[nama lengkap]

Pas Foto Terbaru

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Pas foto terbaru juga merupakan salah satu berkas yang wajib disertakan dalam lamaran kerja. Pas foto terbaru ini berfungsi untuk memberikan gambaran visual tentang penampilan Anda kepada perusahaan yang Anda lamar.

Dalam memilih pas foto terbaru, pastikan foto tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pas foto terbaru untuk lamaran kerja adalah:

Ukuran Pas Foto

Pastikan ukuran pas foto yang Anda pilih sesuai dengan standar ukuran yang berlaku. Umumnya, ukuran pas foto yang digunakan dalam lamaran kerja adalah 4 x 6 cm.

Warna Latar Belakang

Pastikan warna latar belakang pas foto Anda adalah warna yang netral, seperti putih atau abu-abu. Hindari penggunaan latar belakang yang terlalu ramai atau mencolok, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas foto.

Pakaian yang Digunakan

Pilihlah pakaian yang rapi dan sopan ketika mengambil foto. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu mencolok atau terlalu kasual, karena hal tersebut dapat memberikan kesan yang kurang profesional.

Ekspresi Wajah

Pastikan ekspresi wajah Anda dalam foto terlihat ramah dan sopan. Hindari penggunaan ekspresi yang terlalu serius atau terlalu ceria, karena hal tersebut dapat memberikan kesan yang tidak sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh perusahaan.

Dalam mengunggah pas foto terbaru dalam lamaran kerja, pastikan file foto tersebut memiliki ukuran yang sesuai dan dapat dibaca dengan baik oleh pihak perusahaan.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan foto yang benar-benar terbaru, sehingga dapat memberikan gambaran yang akurat tentang penampilan Anda saat ini.

Portofolio

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Selain CV, surat lamaran kerja, ijazah, transkrip nilai, pas foto terbaru, dan identitas pribadi, terdapat satu hal lagi yang mungkin perlu Anda siapkan saat melamar pekerjaan, yaitu portofolio.

Apa itu portofolio? Secara sederhana, portofolio adalah kumpulan contoh karya atau proyek yang pernah Anda kerjakan. Portofolio bisa berupa berbagai macam format, seperti website, dokumen fisik, atau bahkan video.

Pentingnya portofolio dalam lamaran kerja adalah untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kemampuan dan pengalaman kerja Anda.

Dalam portofolio, biasanya terdapat contoh-contoh proyek yang pernah Anda kerjakan, seperti desain grafis, penulisan artikel, atau proyek-proyek yang terkait dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar.

Untuk membuat portofolio yang baik, pastikan untuk memilih contoh-contoh proyek yang berkualitas dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Selain itu, cantumkan juga penjelasan tentang setiap proyek yang Anda sertakan dalam portofolio, serta bagaimana proyek tersebut dapat menunjukkan kemampuan dan pengalaman kerja Anda.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi dan media sosial, portofolio juga bisa diunggah secara online, seperti pada platform LinkedIn, Instagram, atau bahkan website pribadi Anda. Namun, pastikan bahwa portofolio yang Anda buat mudah diakses dan memiliki tampilan yang profesional.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan portofolio yang berkualitas dan relevan saat melamar pekerjaan.

Hal ini dapat membantu Anda membedakan diri dari kandidat lain dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Identitas Pribadi

Lamaran Kerja Itu Apa Saja?

Selain dokumen-dokumen di atas, identitas pribadi juga merupakan hal yang penting untuk disertakan dalam berkas lamaran kerja.

Identitas pribadi yang dimaksud meliputi informasi diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email.

Nama Lengkap

Pada bagian ini, Anda harus mencantumkan nama lengkap Anda secara jelas dan lengkap tanpa singkatan. Pastikan penulisan nama Anda sesuai dengan identitas resmi yang dimiliki seperti KTP.

Tempat dan Tanggal Lahir

Informasi tempat dan tanggal lahir juga penting untuk disertakan dalam berkas lamaran kerja. Pemberian informasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai usia dan latar belakang Anda.

Alamat Lengkap

Penulisan alamat lengkap bertujuan untuk memberikan informasi tempat tinggal Anda. Pastikan alamat yang dicantumkan jelas dan mudah dipahami serta mencantumkan kode pos.

Nomor Telepon

Penulisan nomor telepon sangat penting karena ini merupakan sarana bagi perusahaan untuk menghubungi Anda dalam rangka wawancara atau tahap seleksi lainnya. Pastikan nomor telepon yang dicantumkan aktif dan mudah dihubungi.

Alamat Email

Sama halnya dengan nomor telepon, email juga menjadi sarana komunikasi antara perusahaan dan pelamar kerja.

Pastikan email yang digunakan profesional dan mudah diingat. Hindari menggunakan alamat email yang terkesan asal-asalan atau tidak sopan.

Dalam mencantumkan identitas pribadi, pastikan seluruh informasi yang disertakan akurat dan sesuai dengan identitas resmi yang Anda miliki.

Informasi yang tidak akurat dapat menimbulkan kesan negatif pada perusahaan dan mengurangi peluang Anda untuk diterima bekerja.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu kamu siapkan saat membuat lamaran kerja. Tentunya hal-hal tersebut sangat penting untuk memberikan gambaran yang lengkap dan akurat tentang diri kamu kepada perusahaan yang kamu lamar.

Dengan begitu, perusahaan dapat menilai seberapa cocok kamu dengan posisi yang mereka tawarkan.

Namun, jangan lupa bahwa selain persiapan berkas lamaran yang baik, kamu juga perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menghadapi proses seleksi kerja.

Jangan pernah ragu untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kamu agar lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja.

Semoga artikel “Lamaran Kerja Itu Apa Saja” ini dapat memberikan panduan yang berguna bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.