Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia?

Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia? Kerja sama sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia karena sifat kerja sama adalah ciri khas dari bangsa Indonesia, yang selalu dengan suka rela membantu sesama dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dalam melakukan suatu kegiatan.

Kerjasama Tim Adalah Pengertian Manfaat dan Menciptakan 1

Kerja sama adalah cara orang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat banyak orang di Indonesia yang bekerja sama untuk membantu satu sama lain dalam melakukan suatu kegiatan.

Kerja sama adalah saat beberapa orang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang baik dengan cara yang efektif dan efisien. Menurut buku yang ditulis oleh Abdul Majir, berjudul “Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21” (2020:12), kerja sama ini didefinisikan sebagai bentuk kerja yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Menurut buku Kerja Sama Pemerintahan Antardesa Bagian 1: Konsep Dasar yang ditulis oleh Riant Nugroho, Firre An Suprapto, SAP., M. Pd (2021:39), kerja sama didefinisikan sebagai adanya kesepakatan antara dua atau lebih pihak yang saling menguntungkan. Penjelasan ini menunjukkan bahwa kerja sama merupakan bentuk dari kerja yang dilakukan oleh beberapa pihak dengan tujuan untuk saling menguntungkan.

Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia?

Kerjasama Tim Adalah Pengertian Manfaat dan Menciptakan 2

Kerja sama adalah bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Hal ini karena kerja sama adalah sifat yang melekat pada bangsa Indonesia, yang selalu dengan suka rela membantu sesama dan bekerja sama dalam melakukan suatu kegiatan.

Dengan adanya kerja sama dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan akan lebih mudah dilakukan dibandingkan jika dilakukan sendiri.

Hal ini seperti yang diungkapkan dalam peribahasa yang terkenal di Indonesia yaitu “ringan sama dijinjing berat sama dipikul” yang berarti bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia harus saling bekerja sama dalam mengatasi masalah.

Baca juga: Apakah Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan?

Alasan Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia

Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia? Sifat kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia karena beberapa alasan, diantaranya:

  1. Kebudayaan gotong royong yang menekankan pada pengertian kerja sama dan saling membantu.
  2. Kebutuhan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang besar dan berat yang tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja.
  3. Keterbatasan sumber daya yang membuat orang harus bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan.
  4. Nilai-nilai kekeluargaan yang kuat di masyarakat Indonesia, yang membuat orang cenderung untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah.
  5. Adanya kesadaran akan pentingnya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kualitas hidup.
  6. Ketergantungan masyarakat terhadap lingkungan yang membutuhkan kerja sama dalam mengatur sumber daya alam.
  7. Kerja sama dalam kebudayaan tradisional seperti dalam budidaya tanaman, pengelolaan hutan, dan pembuatan kerajinan.
  8. Kebudayaan Indonesia yang berbasis komunitas yang mengutamakan partisipasi aktif dalam kegiatan komunitas.
  9. Adanya tradisi-tradisi yang mengutamakan kerja sama, seperti dalam upacara-upacara adat yang membutuhkan kerja sama dari seluruh anggota masyarakat untuk diadakan.
  10. Kerja sama juga dianggap sebagai solusi dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat.

Itulah beberapa alasan mengapa sifat kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia. Kerja sama dianggap sebagai hal yang penting dalam mencapai tujuan bersama, dan merupakan bagian dari kebudayaan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Kerjasama pada Masyarakat Indonesia

Kerjasama Tim Adalah Pengertian Manfaat dan Menciptakan 3

Contoh kerja sama pada masyarakat Indonesia dapat ditemukan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, di antaranya:

  1. Gotong royong dalam membersihkan lingkungan sekitar
  2. Kerja sama dalam pengelolaan sumber daya alam, seperti hutan dan lahan pertanian
  3. Kerja sama dalam pembuatan kerajinan atau produk-produk tradisional
  4. Kerja sama dalam penyelenggaraan upacara adat atau kegiatan keagamaan
  5. Kerja sama dalam pengelolaan usaha atau kegiatan ekonomi bersama
  6. Kerja sama dalam penyelesaian masalah sosial di komunitas.

Itulah beberapa contoh kerja sama yang diterapkan dalam masyarakat Indonesia yang membuktikan bahwa kerja sama adalah bagian penting dari budaya masyarakat Indonesia.

Baca juga: Mengapa Manusia harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kerja sama adalah sifat yang melekat pada masyarakat Indonesia.

Kerja sama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia karena merupakan kepribadian bangsa Indonesia yang secara sukarela menolong kesulitan sesama dan mengerjakan suatu kegiatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama.

Kerja sama diterapkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari seperti gotong royong, pengelolaan sumber daya alam, pembuatan kerajinan, penyelenggaraan upacara adat, pengelolaan usaha, dan penyelesaian masalah sosial di komunitas.

Kerja sama dianggap sebagai solusi dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat.

Sekian artikel berjudul Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia?, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!