10+ Cara Melamar Kerja lewat WA dan Contoh Pesannya

Bagaimana Cara Melamar Kerja lewat WA? Mengirim lamaran lewat Whatsapp menjadi hal yang biasa saat ini. Di jaman sudah serba canggih ini mampu menjadikan segala hal dapat dijangkau hanya melalui ponsel pintar saja.

Termasuk juga di dalamnya untuk mencari pekerjaan via aplikasi chat Whatsapp. Namun sebelum melakukannya, simak dulu beberapa Cara Melamar Kerja lewat WA berikut ini.

Etika Melamar Kerja Lewat Whatsapp

Etika Melamar Kerja Lewat Whatsapp

Hai, jika kamu ingin mencari pekerjaan lewat Whatsapp, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan agar proses melamar kamu lebih sukses. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa kamu perhatikan:

1. Mencari Informasi Lowongan

Langkah pertama untuk melamar pekerjaan lewat Whatsapp adalah dengan mencari informasi lowongan terlebih dahulu.

Dalam Cara Melamar Kerja lewat WA, etika ini menjadi salah satu hal yang penting. Kamu bisa mengetikkan kata kunci pada mesin pencari atau bergabung dengan grup atau komunitas di media sosial yang memiliki channel lowongan kerja.

2. Pelajari Syarat dan Persyaratan

Setelah mendapatkan informasi tentang perusahaan dan lowongan yang diinginkan, pastikan kamu mempelajari syarat dan persyaratan yang dibutuhkan.

Salah satu hal penting dalam Cara Melamar Kerja lewat WA adalah etika ini. Pastikan kamu sudah memenuhi semua kriteria dan juga memiliki dokumen yang dibutuhkan agar proses melamar kamu lebih mudah.

3. Lengkapkan Dokumen

Jika kamu belum memiliki dokumen yang dibutuhkan, segera lengkapi secepatnya. Jika memang tidak bisa, cari waktu luang untuk bisa menyelesaikan dokumen tersebut.

Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan pekerjaan hanya karena kelengkapan dokumen. Etika ini menjadi bagian dari Cara Melamar Kerja lewat WA yang penting.

4. Hubungi Narahubung

Jika proses melamar memerlukan pesan langsung ke nomor narahubung, pastikan kamu mengirimkan pesan dengan sopan dan jelas. Jangan lupa sertakan dokumen yang dibutuhkan agar proses pendaftaran kamu lebih efektif. Dalam Cara Melamar Kerja lewat WA, etika ini menjadi sebuah tuntutan yang tidak bisa diabaikan.

Dengan memperhatikan etika melamar kerja lewat Whatsapp, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk selalu sopan dan jelas dalam setiap pesan yang kamu kirimkan. Semoga sukses!

Cara Melamar Kerja lewat WA

Cara Melamar Kerja lewat WA

Melamar pekerjaan dapat dilakukan melalui media online, salah satunya melalui WhatsApp. Namun, untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui WA dibutuhkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Berikut ini adalah beberapa tips cara melamar kerja lewat WA yang bisa kamu ikuti.

1. Perhatikan Isi Pesan yang Hendak Dikirimkan

Pastikan isi pesan yang hendak dikirimkan tidak jauh berbeda dengan saat melamar pekerjaan secara langsung. Perhatikan penggunaan kata-kata baku dan sapaan yang sopan.

Hindari penggunaan kata-kata yang disingkat dan tanda baca yang tidak tepat. Hal ini akan membantu pesan yang kamu kirimkan lebih mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Cara Melamar Kerja lewat WA harus dimulai dengan langkah ini.

2. Mengawali Dan Mengakhiri Pesan Secara Sopan

Sebelum masuk ke inti pesan, sampaikan salam terlebih dahulu dan kenalkan diri dengan singkat, berupa nama lengkap dan asal kota. Tambahkan informasi lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh pihak perusahaan, seperti dimana kamu menemukan berita lowongan pekerjaan tersebut.

Lanjutkan dengan kalimat bahwa kamu ingin melamar pekerjaan dan telah memenuhi  persyaratan yang diberikan. Tutup pesan dengan ucapan terima kasih dan harapan untuk diterima di perusahaan tersebut. Ada beberapa langkah penting dalam Cara Melamar Kerja lewat WA, salah satunya adalah ini.

3. Persiapkan Berkas yang Diperlukan

Pastikan semua berkas yang diperlukan sudah dipersiapkan dengan matang, seperti curriculum vitae, ijazah pendidikan terakhir, sertifikat pendukung, foto diri, dan beberapa berkas lain yang disesuaikan dengan permintaan perusahaan.

Berkas yang dikirimkan harus berbentuk pdf atau foto dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan dokumen ijazah, sertifikat, dan berkas pendukung lainnya harus berupa scanning dengan tampilan warna hitam putih. Langkah ini merupakan bagian dari Cara Melamar Kerja lewat WA yang tidak boleh dilewatkan.

4. Mengirimkan Kelengkapan Berkas yang Dibutuhkan

Cantumkan lampiran berkas yang dibutuhkan bersamaan dengan pesan pertama pada pihak penerima pekerjaan. Pastikan kamu mengirim dokumen yang sesuai dengan permintaan perusahaan dan dokumen penunjang lainnya seperti surat kesehatan atau sertifikat.

Jadikan berkas dalam satu folder dalam handphone ataupun flashdisk agar mudah ditemukan dan digunakan saat kamu membutuhkannya untuk melamar pekerjaan melalui WA atau media online lainnya. Bagi yang ingin mencari pekerjaan lewat WA, langkah ini wajib dilakukan sebagai bagian dari Cara Melamar Kerja lewat WA.

5. Perhatikan Waktu Tepat Pengiriman Pesan Lamaran Pekerjaan

Pastikan kamu mengirimkan pesan pada waktu yang tepat, yaitu pada jam operasional pihak perusahaan, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.

Hindari mengirimkan pesan pada jam istirahat atau diluar jam operasional pada umumnya, seperti diatas jam 5 sore atau saat malam hari. Dengan memperhatikan waktu pengiriman yang tepat, maka pesan yang kamu kirimkan akan lebih mudah diterima dan ditanggapi oleh pihak perusahaan.

6. Jangan Terlalu Sering Mengirimkan Pesan Follow-up

Setelah kamu mengirimkan pesan lamaran pekerjaan, tentu kamu ingin mengetahui respons dari pihak perusahaan. Namun, jangan terlalu sering mengirimkan pesan follow-up yang terkesan memaksa.

Cukup tunggu beberapa hari atau satu minggu saja sebelum kamu mengirimkan pesan follow-up. Jangan sampai kamu terlihat terlalu bernafsu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi langkah ini dalam proses Cara Melamar Kerja lewat WA.

7. Jangan Gunakan Bahasa yang Kurang Tepat

Saat kamu mengirimkan pesan lamaran pekerjaan, pastikan kamu menggunakan bahasa yang sopan dan benar. Jangan gunakan bahasa yang kurang sopan atau bahkan bahasa gaul yang tidak pantas.

Juga, hindari menggunakan emoticon atau emoji yang berlebihan dalam pesan lamaran pekerjaanmu. Hal ini dapat membuat kamu terlihat kurang serius dan tidak profesional. Langkah ini merupakan salah satu unsur penting dari Cara Melamar Kerja lewat WA yang harus diperhatikan.

8. Perhatikan Format dan Tampilan Pesan

Sebelum kamu mengirimkan pesan lamaran pekerjaan, pastikan kamu memperhatikan format dan tampilan pesanmu. Pastikan pesanmu mudah dibaca dan tidak terlalu panjang.

Jangan lupa untuk memisahkan antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya, sehingga pesanmu terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Penting untuk memahami dan melaksanakan langkah ini sebagai bagian dari Cara Melamar Kerja lewat WA.

9. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Jangan lupa untuk memberikan informasi kontak yang jelas pada pesan lamaran pekerjaanmu. Informasikan nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi dengan mudah.

Dengan memberikan informasi kontak yang jelas, kamu akan memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungimu jika mereka membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin mengundangmu untuk wawancara. Dalam Cara Melamar Kerja lewat WA, langkah ini termasuk yang harus dipersiapkan dengan baik.

10. Tetap Profesional

Terakhir, tetaplah profesional dalam setiap pesan lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan. Jangan terlalu santai atau terlalu akrab dengan pihak perusahaan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan jelas dan tepat. Dengan tetap menjaga profesionalisme, kamu akan memberikan kesan yang baik pada pihak perusahaan. Pastikan untuk tidak melewatkan langkah ini ketika melakukan Cara Melamar Kerja lewat WA.

Itulah beberapa tips untuk cara melamar kerja lewat WA. Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam mengirimkan lamaran pekerjaan melalui Whatsapp dan mendapatkan pekerjaan impianmu.

Baca juga: Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

Cara Mengirim Lamaran Lewat WA

Cara Mengirim Lamaran Lewat WA

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara melamar kerja lewat WhatsApp atau yang biasa disebut dengan WA.

Saat ini, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan memudahkan para pencari kerja untuk mengirimkan lamaran melalui aplikasi WhatsApp. Berikut adalah beberapa tips dan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengirimkan lamaran kerja melalui WA.

1. Temukan Perusahaan yang akan Dilamar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari perusahaan atau lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kriteria kamu.

Kamu bisa mencarinya melalui teman atau situs pencarian kerja. Pastikan bahwa perusahaan tersebut menyediakan nomor WA sebagai contact person dan menerima lamaran melalui WA.

2. Siapkan CV

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang cocok, saatnya kamu membuat curriculum vitae atau CV. CV menjadi salah satu bagian terpenting dalam mengirimkan lamaran kerja.

Jika kamu kesulitan dalam membuat CV, kamu bisa mencari contoh CV yang baik dan benar di internet. Pastikan juga kamu menyimpan CV dalam format PDF agar tidak bergeser saat dibuka dari perangkat apapun.

3. Mengirim Lamaran dan Dokumen Pendukung Melalui WA

Setelah membuat CV, kamu juga perlu menyiapkan dokumen pendukung seperti surat lamaran kerja, scan ijazah terakhir, transkrip nilai, SKCK, paspor, dan dokumen lainnya sesuai dengan kebutuhan job description. Pastikan juga kamu sudah memindai dokumen-dokumen tersebut dalam format PDF.

4. Kirim Lamaran via WA

Setelah semuanya sudah siap, kamu bisa mengirimkan lamaran melalui WA. Copy teks surat lamaran kerja yang sudah kamu siapkan dan paste di kotak chat. Lampirkan juga berkas-berkas yang diperlukan seperti CV, SKCK, pas foto, dll. Pastikan kamu sudah mengirimkan lamaran dengan benar dan lengkap.

5. Menunggu dengan Sabar

Setelah mengirimkan lamaran, jangan terus-menerus mengirim pesan ke team HRD/perusahaan untuk menanyakan kabar. Berikan waktu kepada perusahaan untuk menilai kandidat yang paling cocok untuk lowongan pekerjaan tersebut. Tunggu beberapa hari atau minggu untuk menunggu undangan wawancara kerja.

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah cara melamar kerja lewat WA yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk memperhatikan job description dan menyiapkan dokumen pendukung dengan lengkap. Semoga berhasil dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu. Terima kasih!

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA #1

Halo Bapak/Ibu HRD PT ABC,

Saya ingin melamar posisi Marketing Executive yang saat ini tersedia di perusahaan Bapak/Ibu. Saya melihat job description dan merasa bahwa saya memiliki kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Saya memiliki pengalaman bekerja di bidang pemasaran selama 2 tahun dan sudah bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Saya juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bisa bekerja dengan baik dalam tim.

Saya telah menyiapkan CV, surat lamaran kerja, dan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan untuk melamar posisi ini. Apakah Bapak/Ibu bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang proses rekrutmen dan kapan wawancara akan dilakukan?

Terima kasih atas perhatiannya dan saya sangat berharap bisa bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu.

Salam hormat,

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA #2

Halo Bapak/Ibu HRD, perkenalkan nama saya Sarah. Saya sangat tertarik dengan lowongan kerja sebagai Marketing yang tertera di situs web perusahaan. Saya telah melihat deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan dan merasa kualifikasi saya sesuai dengan kriteria tersebut. Apakah saya bisa mengirimkan CV saya melalui WhatsApp?

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA #3

Selamat pagi, Bu HRD. Saya bernama Rizky, dan saya baru saja menemukan lowongan pekerjaan di situs web perusahaan yang menarik perhatian saya. Saya memiliki pengalaman di bidang pemasaran dan penjualan selama tiga tahun terakhir. Apakah saya bisa mengirimkan lamaran kerja saya melalui WhatsApp atau ada email khusus yang harus saya gunakan?

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA #4

Hai, Mas/Mbak HRD. Saya sangat tertarik dengan posisi akuntansi yang sedang dibuka di perusahaan. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dalam bidang akuntansi. Saya akan mengirimkan CV saya melalui WhatsApp, dan saya berharap bisa diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan tim HRD untuk membicarakan lebih lanjut tentang posisi tersebut.

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA #5

Halo, saya Yulianti, dan saya sangat tertarik dengan posisi Desain Grafis yang sedang dibuka di perusahaan. Saya telah mempersiapkan portofolio desain saya dan CV terbaru, dan saya siap mengirimkannya melalui WhatsApp. Saya harap bisa mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini dan berkembang bersama dengan tim desain grafis yang hebat.

Contoh Chat Melamar Pekerjaan Lewat WA #6

Selamat siang, Bapak/Ibu HRD. Saya ingin melamar posisi sebagai Asisten Administrasi yang tertera di situs web perusahaan. Saya memiliki pengalaman administrasi selama dua tahun dan siap memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan. Apakah saya bisa mengirimkan CV dan dokumen pendukung lainnya melalui WhatsApp atau perlu menggunakan email khusus?

Semoga contoh kata-kata melamar pekerjaan lewat WA tersebut dapat membantu Anda dalam mengirimkan lamaran kerja dan mendapatkan pekerjaan impian.

Contoh Surat Lamaran Kerja via WhatsApp

Di bawah ini adalah contoh teks melamar pekerjaan melalui WhatsApp yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Selamat mencoba dan mendapatkan pekerjaan ya! Jangan lupa sertakan juga CV Anda.

1. Contoh teks lamaran kerja via WA

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth

Manajer HRD PT Mencari Cinta Sejati
Jl. Buah Batu, Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari social media instagram tanggal 02 Januari 2022, PT Mencari Cinta Sejati membuka lowongan pekerjaan di bidang Marketing. Dengan surat pengantar ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai staf pemasaran di perusahaan yang Anda pimpin.

Informasi data diri:

Nama : Budi Surya
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 12 Juni 1997
Jenis kelamin laki-laki
Pendidikan terakhir: D3 Manajemen
Alamat: Jl. Asia Afrika, Bandung
Telepon/HP: 0812 345 678

Saat ini saya dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik. Saya juga memiliki pengalaman dalam pemasaran dan penjualan selama 2 tahun dan telah meningkatkan penjualan sebesar 30%. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang fasih, dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data pribadi saya sebagai berikut:

– Ukuran foto 3 x 4
– Fotokopi KTP
– Daftar Riwayat Hidup
– Fotocopy Ijazah Terakhir
– Fotokopi SKCK
– Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara agar saya dapat menjelaskan secara detail tentang potensi dan kemampuan saya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Budi Surya

2. Contoh Lamaran Kerja Fresh Graduate dikirim via WA

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth
Bapak/Ibu Pimpinan
PT Loker Pintar
Jl. Sukajadi
Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Hendrik Alna
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 18 Juli 1994
Pendidikan Terakhir: S1
Alamat: Jl. Gegerkalong No 1, Bandung
Telepon (HP): 0854663525255
Email : [email protected]
Status: Belum Menikah

Berdasarkan informasi lowongan kerja dari Linkedin pada tanggal 15 Maret 2021, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai content creator di PT Loker Pintar. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Ijazah S1 yang dilegalisir
3. Fotokopi Transkrip
4. Fotokopi kursus dan sertifikat pelatihan
5. Foto Terbaru
6. Fotokopi SKCK

Demikian surat lamaran ini disampaikan. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan wawancara. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami

Hendrik Alna

Hal yang Dilakukan Setelah Melamar Kerja lewat Whatsapp

Hal yang Dilakukan Setelah Melamar Kerja lewat Whatsapp

Persoalan melamar pekerjaan ini tidak hanya sebatas pengiriman berkas dan pesan lamaran pekerjaan saja, melainkan juga melihat hal yang perlu dilakukan setelah melamar pekerjaan.

Diantaranya seperti menunggu balasan dengan sabar, dan hindari mengirimkan pesan atau bertanya berkali kali karena hal tersebut dianggap mengganggu kinerja pihak penerima karyawan.

Untuk mengisi waktu luang tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai waktu untuk mengirimkan lowongan pekerjaan di tempat berbeda, bisa melalui Whatsapp ataupun media lainnya.

Dengan begitu, kamu tidak akan terus menerus memikirkan akan balasan dari pihak penerima karyawan yang sudah kamu lamar sebelumnya.

Jika kamu sudah mengetahui pengumuman penerimaan dan dinyatakan belum berhasil untuk lolos ke tahap berikutnya, tetaplah bersikap profesional seperti mengucapkan terimakasih atas jawabannya.

Sebab hal ini juga termasuk dalam Cara Melamar Kerja lewat WA yang sesuai dengan etika.

Itulah penjelasan seputar tata cara mengirim pekerjaan dan hal yang harus dilakukan setelah kamu mendapatkan jawaban atau pengumuman dari lowongan pekerjaan terbaru.

Dari informasi yang telah dijelaskan, diharapkan kamu lebih mengerti dengan cara melamar pekerjaan yang baik dan benar. Yakni dengan mengedepankan etika serta aturan kesopanan yang seharusnya dilakukan.

Sekian artikel berjudul 10+ Cara Melamar Kerja lewat WA dan Contoh Pesannya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.