Apa itu Teks Eksposisi Perbandingan?

Apa itu Teks Eksposisi Perbandingan? Teks eksposisi perbandingan ini adalah paragraf yang bertujuan memberi informasi atau pengetahuan kepada pembaca dengan membandingkan dua atau lebih hal tentang sebuah obyek.

Jadi, paragraf ini bisa jadi sangat bermanfaat kalau kamu pengen tahu lebih banyak tentang sesuatu dengan cara membandingkannya dengan hal lain yang kamu tahu.

Teks eksposisi perbandingan biasanya menggunakan kata-kata seperti “lebih”, “kurang”, “lebih dari”, “kurang dari”, “mirip dengan”, “berbeda dari”, dan “seperti” untuk membandingkan dua hal yang akan dibahas.

Apa itu Teks Eksposisi Perbandingan?

Apa itu Teks Eksposisi Perbandingan?

Arina Aulia menyatakan dalam buku Teks Prosedur dan Teks Eksposisi (2022) bahwa teks eksposisi perbandingan adalah jenis paragraf eksposisi yang mengandung ide atau gagasan.

Teks ini ditulis dengan membandingkan beberapa hal, dan dapat dikatakan merupakan paragraf yang menjelaskan ide utama dengan menggunakan perbandingan.

Teks eksposisi perbandingan itu tuh kayak paragraf yang berisi ide atau gagasan. Nah, dia ditulis dengan membandingkan beberapa hal.

Jadi, teks eksposisi perbandingan ini bisa dibilang paragraf yang menjelaskan ide utama dengan menggunakan perbandingan.

Baca juga: Teks Eksposisi Adalah: Unsur, Ciri, Struktur, Tujuan dan Jenis

Struktur Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan terdiri dari tiga struktur yang saling terhubung: tesis, argumen, dan penegasan ulang.

Tesis merupakan pendapat yang mengarah kepada topik pembahasan, sementara argumen berisi alasan yang kuat untuk menolak atau mendukung pendapat tesis.

Di bagian akhir, penegasan ulang memberikan ulasan mengenai topik pembahasan yang telah dibahas dalam teks eksposisi perbandingan.

Teks eksposisi memiliki beberapa sudut pandang yang bisa memberikan informasi kepada pembaca. Jika diperlukan, konflik tertentu juga bisa dimasukkan dalam teks eksposisi.

1. Tesis

Tesis dalam struktur teks eksposisi perbandingan merupakan kalimat atau paragraf pertama yang menjelaskan ide atau gagasan utama yang akan dibahas dalam teks.

Tesis merupakan pendapat yang mengarah kepada topik pembahasan, dan harus diajukan dengan jelas dan terperinci.

Tujuan dari tesis adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang apa yang akan dibahas dalam teks, dan memberikan dasar bagi rangkaian argumen yang akan dikemukakan selanjutnya.

Tesis harus diajukan dengan jelas, agar pembaca dapat memahami ide yang akan dibahas dalam teks dengan mudah.

Contoh Tesis:

Dari segi keamanan, mobil sedan lebih unggul dibandingkan dengan mobil hatchback.

2. Rangkaian Argumen

Rangkaian argumen di struktur teks eksposisi perbandingan itu terdiri dari beberapa paragraf yang bahas perbandingan antara dua atau lebih hal yang dibahas di teks.

Tujuannya buat memberikan pemahaman ke pembaca tentang bagaimana dua hal itu beda atau sama, sambil ngasih argumentasi yang kuat buat dukung tesis yang udah disampaikan.

Di bagian ini, penulis harus ngasih beberapa contoh yang dukung perbandingan yang dibahas, sambil bahas secara rinci bagaimana dua hal itu beda atau sama.

Rangkaian argumen harus disampaikan dengan jelas dan terperinci, biar pembaca bisa denger perbandingan yang dibahas di teks dengan gampang.

Contoh Rangkaian Argumen:

  • Mobil sedan memiliki rangka yang lebih kokoh dan kuat, sehingga lebih tahan terhadap benturan dan kerusakan.
  • Mobil sedan juga memiliki sistem keamanan yang lebih lengkap, seperti airbag, rem ABS, dan sistem kendali stabilitas.
  • Mobil hatchback cenderung lebih rentan terhadap kecelakaan, karena memiliki struktur yang lebih ringan dan tidak sekuat mobil sedan.

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang itu tuh kayak paragraf terakhir yang isinya kesimpulan dari perbandingan yang udah dibahas di teks.

Tujuan dari penegasan ulang ini buat ngasih ulasan yang meyakinkan tentang tesis yang udah disampaikan, pake argumentasi yang kuat.

Di bagian ini, penulis harus ngelesain hasil perbandingan yang udah dibahas, dan ngasih penegasan ulang lagi terhadap tesis yang udah disampaikan.

Penegasan ulang harus disampaikan dengan jelas dan meyakinkan, biar pembaca bisa denger kesimpulan dari teks dengan gampang.

Contoh Penegasan Ulang:

Dari perbandingan di atas, jelas bahwa mobil sedan lebih unggul dari segi keamanan dibandingkan dengan mobil hatchback. Rangka yang kuat, sistem keamanan yang lengkap, dan tingkat kerentanan yang lebih rendah membuat mobil sedan lebih aman untuk dikendarai.

Baca juga: 5+ Cara Membuat Teks Eksposisi yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Teks Eksposisi Perbandingan

Ciri-ciri Teks Eksposisi Perbandingan

Berikut ini adalah ciri-ciri teks eksposisi perbandingan:

1. Membandingkan Dua Hal atau Lebih

Teks eksposisi perbandingan selalu membandingkan dua hal atau lebih, dengan tujuan untuk menjelaskan perbedaan atau persamaan antara kedua hal tersebut.

2. Menjelaskan Perbedaan atau Persamaan

Teks eksposisi membandingkan tidak hanya membandingkan dua hal, tetapi juga menjelaskan secara rinci bagaimana dua hal tersebut berbeda atau sama.

3. Menggunakan Kata-kata yang Tepat

Teks eksposisi perbandingan menggunakan kata-kata yang tepat dan jelas, seperti “lebih unggul,” “lebih rendah,” “lebih tinggi,” dll, untuk menjelaskan perbedaan atau persamaan antara dua hal.

4. Menggunakan Kalimat yang Jelas

Teks eksposisi membandingkan menggunakan kalimat yang jelas dan terperinci, sehingga pembaca dapat memahami perbandingan yang dibahas dengan mudah.

5. Menggunakan Argumentasi yang Kuat

Teks eksposisi perbandingan menggunakan argumentasi yang kuat dan meyakinkan, untuk mendukung perbandingan yang dibahas. Hal ini dapat berupa fakta, data, atau contoh-contoh yang mendukung perbandingan tersebut.

6. Menggunakan Tesis

Teks eksposisi membandingkan memiliki tesis yang menjelaskan ide atau gagasan utama yang akan dibahas dalam teks. Tesis merupakan pendapat yang mengarah kepada topik pembahasan, dan harus diajukan dengan jelas dan terperinci.

7. Memiliki Struktur

Teks eksposisi perbandingan memiliki struktur yang terdiri dari tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Ketiga struktur tersebut akan saling berhubungan dari sudut pandang yang berbeda.

8. Memiliki Tujuan Memberikan Informasi

Teks eksposisi membandingkan memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang perbandingan yang dibahas, serta memberikan argumentasi yang kuat untuk mendukung tesis yang telah diajukan.

Fungsi Teks Eksposisi Perbandingan

Fungsi Teks Eksposisi Perbandingan

Berikut ini adalah beberapa fungsi teks eksposisi perbandingan:

1. Memberikan Informasi

Teks eksposisi perbandingan berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang dua hal yang dibandingkan, serta menjelaskan perbedaan atau persamaan antara kedua hal tersebut.

2. Membantu Pemahaman

Teks eksposisi membandingkan membantu pembaca untuk memahami dua hal yang dibandingkan dengan lebih baik, dengan memberikan informasi yang terperinci dan menggunakan argumentasi yang kuat.

3. Memudahkan Pemilihan

Teks eksposisi perbandingan dapat membantu pembaca untuk membuat pilihan yang tepat, dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang dua hal yang dibandingkan.

4. Meningkatkan Wawasan

Teks eksposisi membandingkan dapat meningkatkan wawasan pembaca tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang komprehensif dan menggunakan argumentasi yang kuat.

5. Menambah Pengetahuan

Teks eksposisi perbandingan dapat menambah pengetahuan pembaca tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang komprehensif dan menggunakan argumentasi yang kuat.

6. Meningkatkan Kemampuan Analisis

Teks eksposisi membandingkan dapat meningkatkan kemampuan pembaca dalam menganalisis dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang terperinci dan menggunakan argumentasi yang kuat.

7. Menyajikan Perspektif yang Lebih Luas

Teks eksposisi perbandingan dapat menyajikan perspektif yang lebih luas tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang komprehensif dan menggunakan argumentasi yang kuat.

8. Mendorong Pembaca untuk Memikirkan Secara Kritis

Teks eksposisi membandingkan dapat mendorong pembaca untuk memikirkan secara kritis tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang terperinci dan menggunakan argumentasi yang kuat.

Baca juga: 5+ Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Beserta Strukturnya

Kapan Teks Eksposisi Perbandingan Dibuat?

Kapan Teks Eksposisi Perbandingan Dibuat?

Teks eksposisi perbandingan dapat dibuat dalam berbagai situasi, di antaranya:

1. Ketika ingin Membandingkan Dua Hal yang Berbeda

Teks eksposisi membandingkan dapat dibuat ketika seseorang ingin membandingkan dua hal yang berbeda, seperti dua produk, dua teknologi, dua ide, dll.

2. Ketika ingin Mengungkap Perbedaan atau Persamaan

Teks eksposisi perbandingan dapat dibuat ketika seseorang ingin mengungkap perbedaan atau persamaan antara dua hal, seperti dua sistem politik, dua agama, dua teknologi, dll.

3. Ketika ingin Memberikan Informasi kepada Pembaca

Teks eksposisi membandingkan dapat dibuat ketika seseorang ingin memberikan informasi kepada pembaca tentang dua hal yang dibandingkan, seperti dua produk, dua teknologi, dll.

4. Ketika ingin Membantu Pembaca Membuat Keputusan

Teks eksposisi perbandingan dapat dibuat ketika seseorang ingin membantu pembaca membuat keputusan, dengan memberikan informasi yang terperinci dan menggunakan argumentasi yang kuat.

5. Ketika ingin Meningkatkan Wawasan Pembaca

Teks eksposisi membandingkan dapat dibuat ketika seseorang ingin meningkatkan wawasan pembaca tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang komprehensif dan menggunakan argumentasi yang kuat.

6. Ketika ingin Menambah Pengetahuan Pembaca

Teks eksposisi perbandingan dapat dibuat ketika seseorang ingin menambah pengetahuan pembaca tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang komprehensif dan menggunakan argumentasi yang kuat.

7. Ketika ingin Mendorong Pembaca untuk Memikirkan secara Kritis

Teks eksposisi membandingkan dapat dibuat ketika seseorang ingin mendorong pembaca untuk memikirkan secara kritis tentang dua hal yang dibandingkan, dengan memberikan informasi yang terperinci dan menggunakan argumentasi yang kuat.

Sekian artikel berjudul Apa itu Teks Eksposisi Perbandingan?, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.