20+ Manfaat Gotong Royong di Berbagai Aspek Kehidupan

20+ Manfaat Gotong Royong di Berbagai Aspek Kehidupan | Gotong royong adalah tradisi yang sudah lama dikenal dalam masyarakat Indonesia. Istilah ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti “bekerja sama” atau “saling membantu”.

Dalam kebudayaan Indonesia, gotong royong dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat.

Namun, manfaat gotong royong tidak hanya terbatas pada aspek sosial saja. Gotong royong juga dapat memberikan manfaat dalam aspek ekonomi dan lingkungan.

Artikel ini akan membahas tentang manfaat gotong royong di berbagai aspek kehidupan dan memberikan contoh-contoh dari berbagai daerah di dunia yang menggunakan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

Table of Contents

Apa itu Gotong Royong?

Apa itu Gotong Royong?

Gotong royong adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Istilah ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti “saling membantu” atau “bekerja sama”.

Dalam kebudayaan Indonesia, gotong royong dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat.

Gotong royong sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia. Sejarah gotong royong di Indonesia sangat erat kaitannya dengan kebudayaan masyarakat tradisional.

Gotong royong dalam masyarakat tradisional digunakan untuk berbagai keperluan seperti membangun rumah, menanam padi, atau mengadakan acara-acara keagamaan.

Namun, gotong royong juga dapat ditemukan di masyarakat modern, terutama dalam kegiatan-kegiatan bersifat sosial atau ekonomi.

Seiring perkembangan masyarakat, gotong royong mengalami perubahan dari sekedar kerja sama dalam kegiatan fisik menjadi kerja sama dalam kegiatan intelektual dan ekonomi.

Gotong royong juga diperluas dari lingkup desa menjadi lingkup kecamatan, kabupaten, bahkan nasional.

Sampai saat ini gotong royong tetap menjadi salah satu tradisi yang dihormati dan diapresiasi dalam masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial

Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial

Gotong royong merupakan kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat memberikan manfaat dalam aspek sosial.

1. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial

Meningkatkan rasa solidaritas sosial merupakan salah satu Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial. Kegiatan gotong royong dapat menumbuhkan rasa saling memahami, mempercayai, dan bekerja sama di antara anggota masyarakat yang ikut serta. Hal ini dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial di dalam masyarakat.

2. Menumbuhkan Rasa Kekeluargaan dan Persatuan

Menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persatuan juga salah satu Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial.

Gotong royong dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan persatuan di dalam masyarakat. Hal ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

3. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Sosial

Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial selanjutnya yaitu meningkatkan rasa tanggung jawab sosial.

Gotong royong juga dapat meningkatkan rasa tanggung jawab sosial di dalam masyarakat. Anggota masyarakat yang ikut serta dalam gotong royong akan merasa lebih bertanggung jawab untuk membantu masyarakat dan ikut serta dalam pemecahan masalah sosial yang ada di masyarakat.

4. Membentuk Komunitas yang Lebih Solid

Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial keempat yaitu membetuk komunitas yang lebih solid. Gotong royong dapat membentuk komunitas yang lebih solid dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam kegiatan gotong royong, setiap anggota masyarakat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain, yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan di dalam masyarakat.

5. Membantu dalam Pembangunan Masyarakat dan Meningkatkan Kesejahteraan Sosial

Membantu dalam pembangunan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan sosial merupakan salah satu Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial.

Dalam jangka panjang, gotong royong dapat membantu dalam pembangunan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan sosial.

Hal ini karena gotong royong dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membantu dalam pembangunan masyarakat.

6. Menjadi Sarana untuk Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Kerjasama dan Saling Membantu

Gotong royong dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerja sama dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

7. Menjadi Dasar untuk Menciptakan Masyarakat yang Lebih Adil dan Sejahtera

Gotong royong dapat menjadi dasar untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Sosial ini karena gotong royong dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membantu dalam pembangunan masyarakat.


Selain itu, gotong royong juga dapat menjadi sarana untuk mengatasi masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Kegiatan gotong royong dapat digunakan untuk mengatasi masalah sosial seperti kesenjangan sosial, kesulitan ekonomi, atau masalah lingkungan.

Ini karena gotong royong dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat membantu dalam pemecahan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

Dalam kesimpulannya, gotong royong dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam aspek sosial, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Gotong royong dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membantu dalam pembangunan masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi

Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi

Gotong royong merupakan kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat memberikan manfaat dalam aspek ekonomi.

1. Membantu dalam Pengembangan Ekonomi

Gotong royong dapat membantu dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi ini karena gotong royong dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial, kerja sama, dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membantu dalam pembangunan masyarakat.

2. Pemberdayaan Masyarakat

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana untuk pemberdayaan masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi ini karena gotong royong dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka.

3. Membantu dalam Pemecahan Masalah Ekonomi

Gotong royong dapat membantu dalam pemecahan masalah ekonomi yang ada dalam masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi ini karena gotong royong dapat meningkatkan kerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam masyarakat, yang dapat membantu dalam pemecahan masalah ekonomi seperti kesulitan ekonomi, pengangguran, atau masalah-masalah ekonomi lainnya.

4. Menciptakan Peluang Kerja

Gotong royong dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi ini karena gotong royong dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka dan menciptakan peluang kerja.

5. Menciptakan Usaha Baru

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana untuk menciptakan usaha baru.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi ini karena gotong royong dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka dan menciptakan usaha baru.

7. Membantu dalam Pengembangan Potensi Ekonomi

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu dalam pengembangan potensi ekonomi masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Ekonomi ini karena gotong royong dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi ekonomi yang ada dalam diri mereka.


Dalam kesimpulannya, gotong royong dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam aspek ekonomi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Gotong royong dapat membantu dalam pengembangan ekonomi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, membantu dalam pemecahan masalah ekonomi, menciptakan peluang kerja dan usaha baru, serta membantu

Manfaat Gotong Royong di Aspek Lingkungan

Manfaat Gotong Royong di Aspek Lingkungan

Gotong royong merupakan kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat memberikan manfaat dalam aspek lingkungan.

1. Membantu dalam Pemeliharaan Lingkungan

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu dalam pemeliharaan lingkungan.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Lingkungan ini karena gotong royong dapat meningkatkan kerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam masyarakat, yang dapat membantu dalam pemeliharaan lingkungan seperti membersihkan lingkungan, menanam pohon, atau menjaga kelestarian lingkungan.

2. Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Lingkungan

Gotong royong dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan di dalam masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Lingkungan ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam pemeliharaan lingkungan, sehingga masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya lingkungan.

3. Membantu dalam Pengembangan Lingkungan yang Sehat

Gotong royong dapat membantu dalam pengembangan lingkungan yang sehat. Manfaat Gotong Royong di Aspek Lingkungan ini karena gotong royong dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan, sehingga masyarakat dapat mengembangkan lingkungan yang sehat dan berkualitas.

4. Membantu dalam Penanggulangan Masalah Lingkungan

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu dalam penanggulangan masalah lingkungan yang ada dalam masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Aspek Lingkungan ini karena gotong royong dapat meningkatkan kerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam masyarakat, yang dapat membantu dalam penanggulangan masalah lingkungan seperti polusi udara, polusi air, atau masalah lingkungan lainnya.


Dalam kesimpulannya, gotong royong dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam aspek lingkungan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Gotong royong dapat membantu dalam peliharaan lingkungan, meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan, membantu dalam pengembangan lingkungan yang sehat, dan membantu dalam penanggulangan masalah lingkungan.

Jadi, gotong royong juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mendorong masyarakat dalam memelihara lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Hal ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Sekolah

Manfaat Gotong Royong di Sekolah

Gotong royong merupakan kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat memberikan manfaat dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.

1. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial

Kegiatan gotong royong dapat menumbuhkan rasa saling memahami, mempercayai, dan bekerja sama di antara siswa yang ikut serta. Manfaat Gotong Royong di Sekolah ini dapat meningkatkan rasa solidaritas sosial di dalam kelas dan sekolah.

2. Menumbuhkan Rasa Kekeluargaan dan Persatuan

Gotong royong dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan persatuan di dalam kelas dan sekolah. Manfaat Gotong Royong di Sekolah ini karena dalam gotong royong, setiap siswa bekerja sama dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

3. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Sosial

Gotong royong juga dapat meningkatkan rasa tanggung jawab sosial di dalam kelas dan sekolah. Siswa yang ikut serta dalam gotong royong akan merasa lebih bertanggung jawab untuk membantu teman sekelas dan ikut serta dalam pemecahan masalah yang ada di sekolah.

4. Membentuk Komunitas yang Lebih Solid

Gotong royong dapat membentuk komunitas yang lebih solid dan meningkatkan kualitas hidup siswa. Dalam kegiatan gotong royong, setiap siswa bekerja sama dan saling membantu satu sama lain, yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan di dalam kelas dan sekolah.

5. Membantu dalam Pembentukan Sikap Positif Siswa

Dalam jangka panjang, gotong royong dapat membantu dalam pembentukan sikap positif siswa. Kegiatan gotong royong dapat menumbuhkan sikap kerja keras, tanggung jawab, kepedulian terhadap lingkungan dan sosial, serta rasa solidaritas sosial yang akan menjadi dasar dalam pembentukan karakter siswa yang positif.

6. Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa

Gotong royong dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Manfaat Gotong Royong di Sekolah ini karena dalam gotong royong, siswa belajar untuk bekerja sama, saling membantu, dan berkoordinasi dengan teman sekelas, yang dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.

7. Membantu dalam Pembelajaran

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran. Manfaat Gotong Royong di Sekolah ini karena gotong royong dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka dan lebih mudah untuk menyerap ilmu pengetahuan.


Dalam kesimpulannya, gotong royong dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah.

Gotong royong dapat menumbuhkan rasa solidaritas sosial, kekeluargaan, persatuan, tanggung jawab sosial, membentuk komunitas yang lebih solid, membantu dalam pembentukan sikap positif siswa, meningkatkan keterampilan sosial siswa, dan membantu dalam pembelajaran.

Manfaat Gotong Royong di Masyarakat

Manfaat Gotong Royong di Masyarakat

Gotong royong merupakan kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat memberikan manfaat dalam masyarakat.

1. Meningkatkan Rasa Persatuan

Gotong royong dapat meningkatkan rasa persatuan di dalam masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Masyarakat ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

2. Menumbuhkan Rasa Kekeluargaan

Gotong royong dapat meningkatkan rasa kekeluargaan di dalam masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Masyarakat ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat saling membantu dan bekerja sama satu sama lain, sehingga masyarakat merasa seperti keluarga.

3. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Sosial

Gotong royong dapat meningkatkan rasa tanggung jawab sosial di dalam masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Masyarakat ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat ikut serta dalam membantu dan bekerja sama satu sama lain, sehingga masyarakat merasa lebih bertanggung jawab terhadap masyarakat.

4. Meningkatkan Solidaritas Sosial

Gotong royong dapat meningkatkan solidaritas sosial di dalam masyarakat. Manfaat Gotong Royong di Masyarakat ini karena dalam gotong royong, setiap anggota masyarakat saling membantu dan bekerja sama satu sama lain, sehingga masyarakat merasa lebih solid dengan masyarakat lainnya.

5. Membantu dalam Pemecahan Masalah Sosial

Gotong royong dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu dalam pemecahan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

Manfaat Gotong Royong di Masyarakat ini karena gotong royong dapat meningkatkan kerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam masyarakat, yang dapat membantu dalam pemecahan masalah sosial seperti masalah kesejahteraan, kriminalitas, atau masalah sosial lainnya.


Dalam kesimpulannya, gotong royong dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Gotong royong dapat meningkatkan rasa persatuan, kekeluargaan, tanggung jawab sosial, solidaritas sosial, dan membantu dalam pemecahan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

Selain itu, gotong royong juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkuat jaringan sosial dalam masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dan damai.

Baca juga: Makna Gotong Royong dalam Kerukunan Masyarakat

Manfaat Gotong Royong di Kantor

Manfaat Gotong Royong di Kantor

Gotong royong merupakan kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat memberikan manfaat dalam dunia kerja khususnya di kantor.

1. Meningkatkan Rasa Solidaritas Kerja

Kegiatan gotong royong dapat menumbuhkan rasa saling memahami, mempercayai, dan bekerja sama di antara karyawan yang ikut serta. Hal ini dapat meningkatkan rasa solidaritas kerja di dalam kantor.

2. Menumbuhkan Rasa Kekeluargaan dan Persatuan

Gotong royong dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan persatuan di dalam kantor. Hal ini karena dalam gotong royong, setiap karyawan bekerja sama dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

3. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Kerja

Gotong royong juga dapat meningkatkan rasa tanggung jawab kerja di dalam kantor. Karyawan yang ikut serta dalam gotong royong akan merasa lebih bertanggung jawab untuk membantu rekan kerja dan ikut serta dalam pemecahan masalah yang ada di kantor.

4. Membentuk Tim yang Lebih Solid

Gotong royong dapat membentuk tim yang lebih solid dan meningkatkan kualitas kerja karyawan. Dalam kegiatan gotong royong, setiap karyawan bekerja sama dan saling membantu satu sama lain, yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan di dalam kantor.

5. Membantu dalam Pembentukan Sikap Positif Karyawan

Dalam jangka panjang, gotong royong dapat membantu dalam pembentukan sikap positif karyawan. Kegiatan gotong royong dapat menumbuhkan sikap kerja keras, tanggung jawab, dan rasa solidaritas kerja yang akan menjadi dasar dalam pembentukan karakter karyawan yang positif.

6. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Gotong royong dapat meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini karena dalam gotong royong, karyawan belajar untuk bekerja sama, saling membantu, dan berkoordinasi dengan rekan kerja, yang dapat meningkatkan kinerja karyawan.


Dalam kesimpulannya, gotong royong dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam dunia kerja khususnya di kantor.

Gotong royong dapat meningkatkan rasa solidaritas kerja, kekeluargaan, persatuan, tanggung jawab kerja, membentuk tim yang lebih solid, membantu dalam pembentukan sikap positif karyawan, meningkatkan kinerja karyawan dan membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja di kantor.

Selain itu, gotong royong juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama antar karyawan yang akan meningkatkan efektivitas kerja dan menurunkan tingkat stress karyawan.

Baca juga: 55+ Contoh Gotong Royong di Sekolah, Masyarakat, Rumah dan Lainnya

Contoh Kegiatan Gotong Royong dan Manfaatnya

  1. Pembersihan lingkungan – Peningkatan kualitas lingkungan, menurunkan tingkat polusi udara dan air, meningkatkan kesehatan masyarakat, meningkatkan estetika lingkungan, meningkatkan kesadaran lingkungan.
  2. Pembuatan jalan – Peningkatan aksesibilitas, peningkatan efisiensi transportasi, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  3. Pembuatan sarana umum – Peningkatan fasilitas umum, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Penanaman pohon – Meningkatnya oksigen dan penurunan polusi udara, peningkatan estetika lingkungan, peningkatan kesehatan masyarakat.
  5. Penyediaan air bersih – Peningkatan kesehatan masyarakat, penurunan risiko penyakit air, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  6. Pembangunan gedung – Peningkatan fasilitas umum, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  7. Penyediaan fasilitas kesehatan – Peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan aksesibilitas ke fasilitas kesehatan, penurunan risiko penyakit.
  8. Pembuatan taman – Peningkatan estetika lingkungan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, peningkatan kesehatan masyarakat.
  9. Penyediaan fasilitas pendidikan – Peningkatan aksesibilitas pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  10. Pembuatan jembatan – Peningkatan aksesibilitas, peningkatan efisiensi transportasi, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  11. Pembuatan bendungan – Peningkatan pengendalian banjir, peningkatan pemanfaatan air, peningkatan produktivitas pertanian.
  12. Pembuatan gudang – Peningkatan efisiensi penyimpanan, peningkatan keamanan barang, peningkatan produktivitas.
  13. Pembuatan tempat ibadah – Peningkatan aksesibilitas ke tempat ibadah, peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan kesadaran spiritual.
  14. Penyediaan fasilitas olahraga – Peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan kesadaran olahraga.
  15. Penyediaan fasilitas rekreasi – Peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan kesenangan masyarakat, peningkatan kesadaran rekreasi.
  16. Pembuatan jaringan listrik – Peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan produktivitas, peningkatan pemanfaatan teknologi.
  17. Pembuatan jaringan air bersih – Peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan produktivitas.
  18. Penyediaan fasilitas transportasi – Peningkatan aksesibilitas, peningkatan efisiensi transportasi, peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  19. Penyediaan fasilitas telekomunikasi – Peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan produktivitas, peningkatan aksesibilitas informasi.
  20. Penyediaan fasilitas internet – Peningkatan kualitas hidup masyarakat, peningkatan produktivitas, peningkatan aksesibilitas informasi.

Sekian artikel berjudul 20+ Manfaat Gotong Royong di Berbagai Aspek Kehidupan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomoda