15 Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

15 Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik | Saat ini banyak orang yang mencari tempat kursus digital marketing yang gratis, terjangkau dan berkualitas.

Hal ini disebabkan oleh tren pemasaran yang lebih modern saat ini. Transformasi digital membuat banyak pemilik bisnis, pemasar dan orang yang ingin bekerja di dunia pemasaran harus mengerti tentang digital marketing.

Digital marketing merupakan salah satu bidang yang sedang berkembang pesat saat ini. Banyak pemilik bisnis, pemasar, dan individu yang ingin bekerja di dunia pemasaran yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dalam hal digital marketing.

Akan tetapi, belajar digital marketing seringkali dianggap mahal dan tidak terjangkau. Namun, tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak sekali tempat kursus digital marketing yang gratis dan berkualitas yang dapat Anda ikuti.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi 15 tempat kursus digital marketing gratis terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Anda dalam hal digital marketing.

Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Dalam era digital saat ini, pemasaran digital menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan bisnis. Namun, menguasai teknik dan strategi pemasaran digital tidaklah mudah.

Sehingga, banyak orang yang berusaha untuk belajar dan meningkatkan keahlian dalam bidang ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti kursus digital marketing gratis.

Dalam penjelasan ini, kami akan memberikan rekomendasi tempat kursus digital marketing gratis terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan keahlian dan pengetahuan dalam bidang pemasaran digital.

1. Google Digital Garage

Google Digital Garage Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Kursus ini ditawarkan oleh Google dan mencakup berbagai topik seperti pemasaran digital, analitik web, e-commerce, dan lainnya.

Kursus ini dapat diikuti secara gratis dan tersedia dalam berbagai bahasa. Google Digital Garage menyediakan kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli Google dan dapat diakses melalui website digitalgarage.withgoogle.com.

Kursus ini cocok untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman yang ingin belajar lebih dalam tentang digital marketing.

2. Hubspot Academy

Ini adalah platform yang menyediakan berbagai kursus digital marketing, termasuk pemasaran digital, inbound marketing, email marketing, dan lainnya.

Kursus ini ditawarkan secara gratis dan dapat diikuti kapan saja. Kursus ini dikembangkan oleh para ahli Hubspot dan menyediakan sertifikat setelah selesai mengikuti kursus.

3. Coursera

Coursera Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Platform ini menyediakan berbagai kursus digital marketing dari universitas top di seluruh dunia. Beberapa kursus yang ditawarkan termasuk Digital Marketing Specialization dari University of Illinois at Urbana-Champaign, dan Digital Media and Marketing Strategies dari University of California, Davis.

Kursus ini dikembangkan oleh para ahli dari universitas terkemuka dan menyediakan sertifikat setelah selesai mengikuti kursus.

4. Khan Academy

Khan Academy menyediakan kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti oleh siapa saja. Kursus ini mencakup berbagai topik seperti SEO, e-commerce, dan pemasaran digital.

Kursus ini dikembangkan oleh para ahli Khan Academy dan dapat diakses melalui website khanacademy.org.

5. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Facebook menawarkan kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin belajar tentang pemasaran di media sosial.

Kursus ini mencakup berbagai topik seperti pemasaran di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Kursus ini dikembangkan oleh para ahli Facebook dan dapat diakses melalui website blueprint.fb.com.

6. Skillshare

Skillshare menyediakan berbagai kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti oleh siapa saja. Kursus ini mencakup berbagai topik seperti SEO, pemasaran di media sosial, dan pembuatan konten.

Kursus ini dikembangkan oleh para ahli Skillshare dan dapat diakses melalui website skillshare.com

7. edX

edX Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Platform ini menyediakan berbagai kursus digital marketing gratis dari universitas top di seluruh dunia.

Beberapa kursus yang ditawarkan termasuk Digital Marketing dari Wharton School of the University of Pennsylvania dan Introduction to Digital Marketing dari University of Virginia.

Kursus ini dikembangkan oleh para ahli dari universitas terkemuka dan menyediakan sertifikat setelah selesai mengikuti kursus. Platform ini dapat diakses melalui website edx.org

8. Udemy

Platform ini menyediakan berbagai kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti oleh siapa saja. Kursus ini mencakup berbagai topik seperti SEO, pemasaran di media sosial, dan pembuatan konten. Kursus ini dikembangkan oleh para ahli Udemy dan dapat diakses melalui website udemy.com

9. OpenSesame

OpenSesame Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

OpenSesame menyediakan berbagai kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti oleh siapa saja.

Kursus ini mencakup berbagai topik seperti SEO, pemasaran di media sosial, dan pembuatan konten.

Platform ini menyediakan kursus yang dikembangkan oleh para ahli dari berbagai perusahaan dan institusi. Kursus ini dapat diakses melalui website opensesame.com

10. Codecademy

Codecademy menyediakan kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin belajar tentang pemasaran di media sosial.

Kursus ini mencakup berbagai topik seperti pemasaran di Facebook, Instagram, dan Twitter. Kursus ini dikembangkan oleh para ahli Codecademy dan dapat diakses melalui website codecademy.com.

11. Twitter Flight School

Twitter Flight School Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Twitter Flight School adalah platform belajar digital marketing yang mungkin tidak terlalu dikenal oleh banyak orang. Namun, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan kampanye

Twitter Marketing, maka Twitter Flight School merupakan pilihan yang tepat. Platform ini dikembangkan oleh Twitter dan khusus menyediakan kursus digital marketing yang berfokus pada Twitter Marketing dan Twitter Ads.

Ada berbagai topik materi yang dapat Anda pilih, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat lanjutan, dan semua kursus ini dapat diikuti secara gratis.

12. eMarketing Institute

eMarketing Institute adalah platform belajar digital marketing yang berbeda dari yang lain. Platform ini tidak menyediakan kursus secara tradisional, namun memfasilitasi para calon pemasar untuk belajar melalui e-book digital marketing yang telah disediakan oleh eMarketing Institute.

13. Ahrefs Academy

Ahrefs Academy Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Ahrefs Academy adalah platform kursus digital marketing gratis yang dikembangkan oleh Ahrefs, sebuah perusahaan yang menyediakan alat analisis backlink dan SEO.

Platform ini menyediakan berbagai kursus yang dikembangkan oleh para ahli Ahrefs dan difokuskan pada topik SEO, content marketing, dan pemasaran di media sosial.

Kursus yang tersedia dapat diakses secara gratis dan dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam hal digital marketing. Ahrefs Academy dapat diakses melalui website ahrefs.com/academy.

14. Google Analytics Academy

Google Analytics Academy adalah platform kursus digital marketing gratis yang dikembangkan oleh Google.

Platform ini menyediakan berbagai kursus yang difokuskan pada analisis web dan pemasaran digital, termasuk kursus tentang Google Analytics dan Tag Manager.

Kursus yang tersedia dapat diakses secara gratis dan dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam analisis web dan pemasaran digital. Google Analytics Academy dapat diakses melalui website analytics.google.com/analytics/academy.

15. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

LinkedIn Learning adalah platform kursus digital marketing gratis yang dikembangkan oleh LinkedIn.

Platform ini menyediakan berbagai kursus yang dikembangkan oleh para ahli dari berbagai perusahaan dan industri yang mencakup topik seperti pemasaran digital, pemasaran di media sosial, analisis web, dan banyak lagi.

Kursus ini dapat diakses secara gratis oleh semua pengguna LinkedIn dan juga memberikan sertifikat setelah selesai mengikuti kursus. LinkedIn Learning dapat diakses melalui website linkedin.com/learning.

Baca juga: 10 Jenis Pelatihan Digital Marketing untuk Fresh Graduate

Topik Pembelajaran Kursus Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam meningkatkan bisnis saat ini.

Jadi, menguasai teknik dan strategi pemasaran digital tidaklah mudah. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk belajar dan meningkatkan keahlian dalam bidang ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti kursus digital marketing.

Dalam penjelasan ini, kami akan menjelaskan topik-topik pembelajaran yang sering diajarkan dalam kursus digital marketing, mulai dari pemasaran di media sosial, SEO, email marketing, analisis web, hingga pembuatan konten dan pemasaran afiliasi.

Dengan mengetahui topik-topik tersebut, Anda dapat lebih mudah menemukan kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam belajar digital marketing.

1. Pemasaran di Media Sosial

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan strategi pemasaran di media sosial, membuat konten yang menarik dan relevan untuk audiens yang dituju, mengelola akun media sosial, meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens, analisis hasil pemasaran di media sosial, dan mengukur ROI (Return on Investment) dari kampanye pemasaran di media sosial.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti optimasi konten, backlink, keyword research, teknik On-page dan Off-page SEO, analisis lalu lintas situs web, dan meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari.

3. Email Marketing

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan strategi pemasaran email, membuat konten email yang menarik dan relevan, mengelola daftar email, segmentasi audiens, analisis hasil pemasaran email, dan meningkatkan tingkat opeine rate dan klik melalui.

4. Analisis Web

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti menggunakan alat analisis web seperti Google Analytics, menganalisis data untuk meningkatkan strategi pemasaran, mengukur kinerja situs web dan meningkatkan konversi.

5. Pembuatan Konten

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan strategi pembuatan konten, teknik penulisan, optimasi konten untuk SEO, dan meningkatkan engagement dengan audiens.

6. Pemasaran Afiliasi dan Pemasaran Influencer

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti cara bekerja sama dengan afiliasi atau influencer, mengelola kampanye pemasaran, analisis hasil pemasaran, dan meningkatkan ROI.

7. Pemasaran di Google dan Iklan

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan konten iklan, optimasi kampanye iklan, analisis hasil iklan, dan meningkatkan ROI dari kampanye iklan di Google dan platform iklan lainnya.

8. Branding dan Reputasi Digital

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan strategi branding, membangun dan menjaga reputasi digital, manajemen krisis dan reputasi, dan analisis hasil branding.

9. Pemasaran di Video dan Image

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan strategi pemasaran video dan image, membuat konten video dan image yang menarik dan relevan, mengelola kampanye pemasaran di platform video dan image, dan meningkatkan engagement dan ROI.

10. Pemasaran Mobile dan Aplikasi

Kursus Digital Marketing ini mencakup topik seperti pembuatan strategi pemasaran mobile dan aplikasi, optimasi konten untuk perangkat mobile dan aplikasi, analisis hasil pemasaran mobile dan aplikasi, dan meningkatkan ROI dari kampanye pemasaran mobile dan aplikasi.

Setiap kursus dapat mencakup topik yang berbeda-beda tergantung pada fokus kursus dan tujuan pelatihan.

Namun, dari topik-topik di atas, diharapkan dapat memberikan gambaran umum tentang apa yang dapat dipelajari dalam kursus digital marketing gratis.

Sekian artikel berjudul 15 Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.