Steward KAI adalah: Tugas, Syarat, Benefit dan Cara Mendaftarnya

Steward KAI adalah: Tugas, Syarat, Benefit dan Cara Mendaftarnya | Hai teman-teman penggemar perjalanan kereta api! Apakah kamu pernah penasaran tentang peran dan tanggung jawab seorang steward di PT KAI? Nah, kali ini kita akan menjelajahi lebih dalam tentang dunia yang menarik ini.

Mari kita bayangkan saat kita naik kereta api, kenyamanan dan kerapian yang kita nikmati di sepanjang perjalanan, siapa yang bertanggung jawab atas itu semua? Ya, itulah peran yang dimainkan oleh steward di PT KAI.

Dalam artikel ini, kita akan merambah lebih jauh untuk memahami apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab mereka, serta mengapa peran mereka sangat penting dalam menjaga pengalaman perjalanan kita tetap menyenangkan. Ayo kita mulai petualangan kita untuk memahami lebih dalam tentang steward di PT KAI!

Table of Contents

Steward KAI adalah…

Steward KAI adalah...

Steward KAI adalah seorang pekerja harian lepas yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan kerapian di berbagai area yang dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), seperti stasiun kereta api, peron, kereta api, kafetaria, kios, dan area lain di lingkungan PT KAI.

Tugas utama seorang steward KAI meliputi menyapu, mengepel, membersihkan area, merawat peralatan makan dan minum, mengelola persediaan, serta membantu melayani penumpang jika diperlukan.

Steward KAI memiliki peran penting dalam memastikan pengalaman perjalanan kereta api yang nyaman dan aman bagi para penumpang.

Meskipun mereka bekerja sebagai pekerja harian lepas, namun mereka tetap mendapatkan berbagai benefit seperti upah harian yang kompetitif, BPJS Ketenagakerjaan, pelatihan dasar pelayanan, dan kesempatan untuk mengembangkan karir di perusahaan.

Baca juga: Train Attendant adalah: Fungsi, Tugas, Kualifikasi, Skill dan Tantangan

Tugas dan Tanggung Jawab Steward di PT KAI

1. Menjaga Kebersihan dan Kerapian

Sebagai steward di PT KAI, salah satu tugas utama mereka adalah menjaga kebersihan dan kerapian di berbagai area, seperti stasiun kereta api, peron, kereta api, kafetaria, kios, dan area lain di lingkungan PT KAI.

Mereka bertanggung jawab untuk menyapu, mengepel, dan membersihkan area yang ditugaskan dengan teliti dan rapi. Bahkan, mereka juga harus mengangkat sampah dan membuangnya pada tempatnya agar lingkungan di sekitar stasiun tetap bersih dan nyaman bagi penumpang.

2. Merawat Peralatan Makan dan Minum

Selain menjaga kebersihan di sekitar stasiun, steward di PT KAI juga bertanggung jawab untuk merawat peralatan makan dan minum yang digunakan oleh penumpang.

Mereka harus memastikan bahwa peralatan tersebut selalu dalam kondisi baik dan bersih untuk digunakan oleh penumpang selama perjalanan kereta api.

3. Mengelola Persediaan Bahan Kecil

Bagi mereka yang bekerja di kafetaria atau kios, steward di PT KAI juga memiliki tanggung jawab untuk mengelola persediaan bahan kecil seperti gula, teh, atau kopi.

Mereka harus memastikan bahwa persediaan tersebut selalu mencukupi dan tersedia bagi penumpang yang ingin membeli minuman atau makanan ringan selama perjalanan.

4. Membantu Melayani Penumpang

Di beberapa situasi, steward di PT KAI juga diminta untuk membantu melayani penumpang jika diperlukan. Mereka harus ramah dan siap membantu penumpang dengan memberikan informasi yang diperlukan atau membantu dalam menyelesaikan masalah kecil selama perjalanan.

5. Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Selain tugas-tugas di atas, steward di PT KAI juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area yang mereka tangani. Mereka harus waspada terhadap potensi keadaan darurat dan siap bertindak dengan cepat untuk mengatasi situasi yang tidak diinginkan.

Dengan menjalankan semua tugas dan tanggung jawab ini dengan penuh dedikasi, steward di PT KAI memastikan bahwa pengalaman perjalanan kereta api para penumpang tetap nyaman, aman, dan menyenangkan.

Persyaratan untuk Menjadi Steward di PT KAI Services

Persyaratan untuk Menjadi Steward di PT KAI Services

1. Usia dan Pendidikan

Untuk menjadi seorang steward di PT KAI Services, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama-tama, kamu harus memiliki usia minimal 18 tahun.

Selain itu, kamu juga diharapkan memiliki setidaknya lulusan SMP/SMA sederajat. Persyaratan ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon steward memiliki kedewasaan dan pemahaman yang cukup untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

2. Kondisi Fisik yang Sehat dan Kuat

Sebagai seorang steward, kamu akan sering kali terlibat dalam aktivitas fisik seperti membersihkan area, mengangkat barang, atau berjalan-jalan di sepanjang stasiun.

Oleh karena itu, memiliki kondisi fisik yang sehat dan kuat sangatlah penting. Pastikan kamu dalam keadaan prima untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut tanpa masalah.

3. Penampilan yang Rapi dan Bersih

Sebagai wakil dari PT KAI Services, kamu diharapkan untuk selalu menampilkan diri dengan penampilan yang rapi dan bersih. Hal ini mencerminkan profesionalisme serta meningkatkan kepercayaan pengguna jasa terhadap layanan yang diberikan. Pastikan pakaianmu selalu terawat dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

4. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Sebagai steward, kamu akan berinteraksi dengan berbagai macam orang, termasuk penumpang, rekan kerja, dan supervisor. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik sangatlah penting.

Pastikan kamu bisa menyampaikan informasi dengan jelas dan bisa menjawab pertanyaan dari pengguna jasa dengan baik.

5. Sikap Jujur, Bertanggung Jawab, dan Disiplin

Sebagai seorang steward di PT KAI Services, kamu diharapkan memiliki sikap jujur, bertanggung jawab, dan disiplin dalam menjalankan tugas-tugasmu.

Hal ini mencakup kewajiban untuk mematuhi aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan serta menjaga kepercayaan yang diberikan oleh manajemen.

6. Pengalaman Kerja di Bidang Kebersihan (Diutamakan)

Meskipun tidak selalu menjadi keharusan, memiliki pengalaman kerja di bidang kebersihan dapat menjadi nilai tambah yang besar. Pengalaman ini akan membantumu lebih siap dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari sebagai steward di PT KAI Services.

Dengan memenuhi semua persyaratan ini, kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi seorang steward yang sukses di PT KAI Services. Pastikan untuk memperhatikan setiap detailnya agar proses pendaftaran dan seleksi berjalan dengan lancar.

Benefit yang Didapatkan oleh Steward di PT KAI Services

Benefit yang Didapatkan oleh Steward di PT KAI Services

Sebagai seorang steward di PT KAI Services, tentu saja ada sejumlah benefit yang bisa dinikmati. Benefit ini tidak hanya mencakup kompensasi finansial, tetapi juga berbagai fasilitas dan peluang pengembangan. Mari kita bahas secara rinci apa saja benefit yang bisa dinikmati oleh para steward di PT KAI Services:

1. Upah Harian yang Kompetitif

Salah satu benefit yang paling dinantikan adalah upah harian yang kompetitif. Meskipun menjadi pekerja harian lepas, steward di PT KAI Services mendapatkan kompensasi yang layak untuk setiap hari kerja yang mereka lakukan.

2. BPJS Ketenagakerjaan

Kesejahteraan adalah hal yang penting, dan dengan menjadi seorang steward di PT KAI Services, mereka tercakup dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Ini memberikan perlindungan finansial dalam berbagai situasi, seperti kecelakaan kerja atau kehilangan pekerjaan.

3. Pelatihan Dasar Pelayanan

PT KAI Services memahami pentingnya pelatihan dalam meningkatkan kualitas layanan. Oleh karena itu, para steward akan mendapatkan pelatihan dasar pelayanan yang akan membantu mereka dalam berinteraksi dengan penumpang dengan lebih baik.

4. Sertifikat Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan, para steward akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka telah melewati pelatihan dasar pelayanan. Sertifikat ini bisa menjadi modal berharga untuk karir mereka di masa depan.

5. Kesempatan Pengembangan Karir

Meskipun menjadi pekerja harian lepas, ada kesempatan untuk mengembangkan karir di PT KAI Services. Dengan kinerja yang baik dan dedikasi yang tinggi, para steward memiliki kesempatan untuk dipertimbangkan untuk posisi yang lebih tinggi atau bahkan menjadi karyawan tetap di perusahaan ini.

Dengan berbagai benefit yang ditawarkan, menjadi seorang steward di PT KAI Services tidak hanya memberikan pengalaman kerja yang berharga, tetapi juga memastikan kesejahteraan dan kesempatan pengembangan yang baik bagi para pekerjanya.

Cara Mendaftar sebagai Steward di PT KAI Services

Cara Mendaftar sebagai Steward di PT KAI Services

1. Kunjungi Website Resmi PT KAI Services

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi website resmi PT KAI Services di https://karir.reska.id/lowongan. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan posisi “Steward (Daily Worker)”.

2. Baca Informasi Lowongan dengan Seksama

Setelah memilih posisi yang diinginkan, luangkan waktu untuk membaca informasi lowongan dengan seksama. Pastikan untuk memahami persyaratan, tugas, dan tanggung jawab yang dibutuhkan untuk posisi steward di PT KAI Services.

3. Klik “Daftar” Jika Memenuhi Persyaratan

Jika kamu yakin memenuhi persyaratan yang tercantum dalam lowongan, klik tombol “Daftar” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

4. Isi Formulir Pendaftaran dengan Lengkap dan Benar

Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar sesuai dengan informasi yang diminta. Pastikan tidak ada informasi yang terlewatkan dan semuanya terisi dengan akurat.

5. Unggah Dokumen yang Diperlukan

Sertakan dokumen-dokumen yang diminta seperti KTP, ijazah, dan dokumen pendukung lainnya. Pastikan untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

6. Submit Formulir Pendaftaran

Setelah semua informasi dan dokumen terisi dengan lengkap, klik tombol “Submit” atau “Kirim” untuk mengirimkan formulir pendaftaran.

7. Tunggu Proses Seleksi dan Pengumuman Hasil

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, tunggulah proses seleksi yang akan dilakukan oleh PT KAI Services. Pastikan untuk memeriksa secara berkala informasi terkait pengumuman hasil seleksi.

8. Antisipasi Wawancara Jika Diperlukan

Jika kamu lolos seleksi administrasi, kemungkinan kamu akan dipanggil untuk mengikuti tahap wawancara. Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi wawancara ini, tunjukkan sikap yang profesional dan kompeten.

9. Terima atau Evaluasi Hasil Seleksi

Jika diterima, selamat! Persiapkan diri untuk memulai perjalanan baru sebagai seorang steward di PT KAI Services. Jika tidak, jangan berkecil hati, evaluasilah kembali pengalaman dan keterampilanmu untuk meningkatkan peluang di kesempatan berikutnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan proses pendaftaran sebagai steward di PT KAI Services dapat berjalan lancar dan memberikan kesempatan bagi para calon untuk bergabung dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan perjalanan kereta api.

Tips untuk Meningkatkan Peluang Diterima sebagai Steward di PT KAI Services

1. Perhatikan Persyaratan dengan Seksama

Pastikan untuk membaca persyaratan yang tercantum dalam lowongan dengan teliti. Pastikan kamu memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk posisi steward di PT KAI Services.

2. Persiapkan Dokumen dengan Baik

Siapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti KTP, ijazah, dan sertifikat pendukung lainnya. Pastikan dokumen-dokumen tersebut lengkap dan dalam kondisi yang baik sebelum diunggah.

3. Isi Formulir Pendaftaran dengan Teliti

Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap dan akurat. Pastikan tidak ada informasi yang terlewatkan atau salah isi. Periksa kembali sebelum mengirimkan formulir.

4. Tunjukkan Motivasi dan Antusiasme

Tunjukkan motivasi dan antusiasme yang tinggi dalam menghadapi proses seleksi. Berikan alasan yang kuat mengapa kamu tertarik untuk menjadi seorang steward di PT KAI Services.

5. Tunjukkan Keterampilan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam pekerjaan sebagai steward. Tunjukkan bahwa kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah dalam berinteraksi dengan orang lain.

6. Demonstrasikan Etos Kerja yang Baik

Etos kerja yang baik sangat dihargai oleh pihak PT KAI Services. Tunjukkan bahwa kamu memiliki disiplin, tanggung jawab, dan kemauan untuk bekerja keras dalam menjalankan tugas sebagai seorang steward.

7. Siapkan Dirimu untuk Wawancara

Jika kamu lolos tahap seleksi administrasi, persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi wawancara. Berlatihlah menjawab pertanyaan-pertanyaan umum terkait pekerjaan steward dan tunjukkan kemampuanmu dengan percaya diri.

8. Berpenampilan Rapi dan Bersih

Penampilan yang rapi dan bersih merupakan hal yang penting dalam pekerjaan sebagai steward. Pastikan kamu berpakaian sopan dan rapi saat mengikuti proses seleksi.

9. Jadilah Proaktif dalam Mencari Informasi

Selalu pantau informasi terkait proses seleksi dan pengumuman hasil. Jika ada pertanyaan atau ketidakjelasan, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak yang berwenang.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan peluangmu untuk diterima sebagai steward di PT KAI Services dapat meningkat. Tetap semangat dan percaya diri dalam menghadapi proses seleksi!

Kesimpulan

Dalam kesimpulan ini, kita telah menjelajahi peran dan tanggung jawab seorang steward di PT KAI Services secara mendalam. Steward memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan, kenyamanan, dan kerapian di berbagai area seperti stasiun kereta api, peron, kereta api, kafetaria, dan kios.

Mereka bertanggung jawab untuk menyapu, mengepel, membersihkan area, merawat peralatan makan dan minum, mengelola persediaan, dan membantu melayani penumpang.

Untuk menjadi steward, seseorang harus memenuhi persyaratan seperti memiliki pendidikan minimal SMP/SMA, fisik yang sehat, kemampuan komunikasi yang baik, dan memiliki pengalaman kerja di bidang kebersihan diutamakan.

Meskipun sebagai pekerja harian lepas, steward di PT KAI Services mendapatkan berbagai benefit seperti upah harian yang kompetitif, BPJS Ketenagakerjaan, pelatihan dasar pelayanan, serta kesempatan untuk mengembangkan karir di perusahaan.

Proses pendaftaran sebagai steward di PT KAI Services dapat dilakukan melalui website resmi perusahaan. Penting untuk memperhatikan semua instruksi dan persyaratan yang tercantum dalam lowongan, serta menunjukkan motivasi, kemampuan, dan etos kerja yang baik selama proses seleksi.

Dengan mengikuti tips untuk meningkatkan peluang diterima sebagai steward, diharapkan para calon karyawan dapat berhasil memperoleh posisi yang diinginkan di PT KAI Services. Jadi, mari kita dukung dan apresiasi peran steward dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan kereta api kita.

Sekian artikel berjudul Steward KAI adalah: Tugas, Syarat, Benefit dan Cara Mendaftarnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.