Menulis Format CV yang Sesuai dengan Lowongan Kerja

Menulis Format CV yang Sesuai dengan Lowongan Kerja | Apa perbedaan antara resume dan CV? Perbedaan utama antara resume dan curriculum vitae (CV) adalah panjang isinya, apa saja yang termasuk, dan untuk apa masing-masing digunakan. Meskipun keduanya digunakan dalam aplikasi pekerjaan, resume dan CV tidak selalu dapat dipertukarkan.

Menulis Format CV yang Sesuai dengan Lowongan Kerja

Sebagian besar resume berbasis kompetensi, mereka adalah dokumen pemasaran pribadi yang dimaksudkan untuk menunjukkan keterampilan kandidat, prestasi yang menonjol, dan pengalaman kerja yang sesuai dengan lowongan yang dilamar. CV diajukan untuk pekerjaan di bidang akademis, penelitian ilmiah, dan bidang medis, berbasis pada kredensial, memberikan daftar tentang pendidikan, sertifikasi, pengalaman penelitian, serta afiliasi dan keanggotaan profesional.

Apa itu Curriculum Vitae?

Curriculum vitae (CV) memberikan ringkasan pengalaman dan keterampilan Anda. Biasanya, CV untuk kandidat entry-level karena lebih panjang dari resume, setidaknya bisa sampai dua atau tiga halaman. CV untuk kandidat tingkat menengah yang telah mengumpulkan banyak publikasi dan sertifikasi cenderung lebih banyak.

Curriculum vitae (CV) mencakup informasi lengkap tentang latar belakang akademis Anda, termasuk pengalaman bekerja, gelar, penelitian, penghargaan, publikasi, sertifikasi, dan prestasi lainnya. CV karena itu lebih panjang dari resume, dan termasuk lebih banyak informasi, terutama detail yang berkaitan dengan latar belakang akademik dan keahlian seseorang.

Apa isi Curriculum Vitae?

Curriculum vitae (CV) Anda harus mencakup nama Anda, informasi kontak, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman.

Selain dasar-dasar, CV meliputi pengalaman penelitian dan mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, keterampilan profesional dan sertifikasi, penghargaan, dan informasi lain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang Anda, dan kemudian mengaturnya ke dalam kategori.

Meskipun struktur CV fleksibel, bergantung pada keahlian dan pengalaman unik Anda, ada bagian-bagian tertentu yang diharapkan pengusaha untuk lihat di CV Anda.

Berikut adalah bagian yang harus Anda sertakan dalam CV Anda:

1. Nama, jabatan profesional, dan detail kontak

Bagian pertama CV Anda, yang diposisikan di bagian atas halaman, harus berisi nama, jabatan profesional, dan detail kontak Anda. Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh memberi judul CV Anda dengan ‘curriculum vitae’ atau ‘CV’ karena hanya membuang-buang ruang yang berharga. Perlakukan nama Anda sebagai judul saja.

Ketika menulis detail kontak Anda, alamat email dan nomor telepon Anda sangat penting. Saat ini, sudah lazim untuk memasukkan alamat lengkap Anda di CV Anda. Hari ini, Anda hanya perlu memasukan kota dan kabupaten Anda.

Jika ingin, Anda juga dapat memasukkan tautan ke profil LinkedIn Anda di bagian ini, tetapi hanya jika itu terupdate.

2. Profil pribadi

Profil pribadi, juga dikenal sebagai pernyataan pribadi, tujuan karir dan profil profesional, adalah salah satu aspek terpenting dari CV Anda. Ini adalah paragraf pendek yang berada tepat di bawah nama Anda dan detail kontak yang memberi calon pemberi kerja gambaran umum tentang siapa Anda dan apa yang Anda miliki.

Anda harus menyesuaikan profil Anda untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar, dengan menyoroti kualitas spesifik yang cocok dengan Anda untuk peran tersebut. Usahakan agar pernyataan pribadi Anda singkat dan manis, dan tidak lebih dari beberapa kalimat. Untuk memanfaatkan bagian ini sebaik-baiknya, Anda harus mencoba mengatasi hal-hal berikut:

  • Kamu siapa?
  • Apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan?
  • Apakah tujuan karir anda?

3. Pengalaman dan riwayat pekerjaan

Bagian riwayat pekerjaan Anda memberi Anda kesempatan untuk menguraikan pekerjaan, magang, dan pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Daftarkan pengalaman Anda dalam urutan kronologis terbalik karena peran Anda saat ini adalah yang paling relevan bagi pemberi kerja.

Saat mendaftarkan setiap posisi pekerjaan, sebutkan jabatan Anda, perusahaan, tanggal Anda bekerja dan kalimat yang merangkum peran tersebut. Kemudian, tunjukkan poin tanggung jawab utama Anda, keterampilan dan pencapaian Anda, dan dukung setiap poin dengan kata kerja dan angka yang kuat untuk mendukung setiap klaim dan menunjukkan dampak Anda.

Ini membantu untuk memilih tugas yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, terutama jika itu daftar panjang. Jika Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun, Anda dapat mengurangi detail peran lama atau yang tidak relevan. Jika Anda memiliki posisi lebih dari 10 tahun yang lalu, Anda dapat menghapusnya.

4. Pendidikan dan kualifikasi

Seperti bagian pengalaman Anda, pendidikan Anda harus terdaftar dalam urutan kronologis terbalik. Sertakan nama institusi dan tanggal Anda di sana, diikuti oleh kualifikasi dan nilai yang Anda capai.

Jika Anda baru saja meninggalkan pendidikan, Anda dapat menulis nama institusi, gelar/jurusan dan nilai yang anda dapatkan.

Jika Anda memiliki penelitian, Anda dapat menulis beberapa judul penelitian, tugas atau proyek yang paling relevan di bawahnya.

Untuk para profesional yang sedikit lebih jauh dalam karir mereka, atau memiliki banyak sertifikat, Anda dapat menuliskan daftar sertifikat yang pernah anda dapatkan pada CV anda, selama itu relefan dengan pekerjaan yang anda lamar.

5. Bagian tambahan

Ada berbagai bagian tambahan yang dapat memperkuat CV Anda dan menyoroti keterampilan Anda. Berikut adalah beberapa yang dapat Anda sertakan jika Anda memiliki kamar:

Keterampilan utama: Jika Anda menulis CV fungsional, atau memiliki beberapa kemampuan yang ingin Anda pamerkan kepada perusahaan, masukkan bagian keterampilan utama di bawah profil pribadi Anda. Anda harus berusaha merinci empat hingga lima kemampuan paling banyak.

Tips Menulis CV

Apakah Anda akan menulis CV atau resume, ada beberapa tips bermanfaat yang harus Anda ikuti.

Cocokkan resume Anda atau CV dengan posisi. Ini paling penting saat menulis resume, tetapi juga berlaku untuk CV. Pastikan bahwa Anda menyoroti pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda yang terkait dengan industri atau pekerjaan tertentu.

Dalam CV, misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang pendidikan, Anda mungkin ingin memasukan pengalaman mengajar Anda di bagian atas CV Anda. Dalam resume, Anda mungkin hanya menyertakan pengalaman kerja yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga dapat memasukkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan di resume atau CV Anda. Ini akan menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda cocok untuk posisi itu.

Gunakan Template. Anda mungkin ingin menggunakan template untuk menyusun resume atau CV Anda. Ini akan membuat CV anda menjadi lebih menarik dan jelas, yang akan membantu pemberi kerja dengan cepat melihat kualifikasi dan pengalaman Anda.

Mengoreksi dan mengedit. Tidak masalah apakah Anda menggunakan CV atau resume, Anda perlu mengedit dokumen Anda secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Pastikan format Anda seragam. misalnya, jika Anda menggunakan poin-poin dalam satu deskripsi pekerjaan, gunakan poin-poin di semua deskripsi pekerjaan Anda.

Cara Menulis CV yang Sukses

Ketahui apa yang harus dimasukkan dan juga cara penyampaian informasi. Cari sampel CV di google agar anda dapat contoh yang akan membantu anda dalam menulis CV, bagian ini akan membantu untuk menulis CV pertama Anda.

Pilih format yang sesuai. Pastikan Anda memilih format curriculum vitae yang sesuai untuk posisi yang Anda lamar. Jika Anda melamar akademik, misalnya, Anda tidak perlu memasukkan informasi pengalaman kerja yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan akademik.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!