Cara Menjadi Content Writer

Apakah Anda seseorang yang suka membaca blog, situs web, dan berbagai jenis konten online lainnya? Bagaimana dengan menulisnya? Jika Anda seorang pemikir kreatif yang dapat menulis dengan baik maka menjadi seorang Penulis Konten mungkin menjadi jalur karier yang menyenangkan dan bermanfaat bagi Anda.

Cara Menjadi Content Writer

Dengan peluang untuk bekerja dengan agensi, tim pemasaran internal atau bahkan sebagai freelancer, Content Writer adalah pekerjaan yang memberikan banyak peluang menarik.

Apa yang Dilakukan Seorang Content Writer?

Content Writer adalah profesional kreatif yang menulis untuk situs web, blog, media sosial, whitepaper, ebooks, dan banyak platform lainnya.

Penulis bekerja dengan cara memahami opini mereka dan menemukan sumber informasi terbaik. Pekerjaan tersebut perlu berkomunikasi dan terlibat dengan pelanggan, membantu bisnis untuk mencapai tujuan tertentu.

Pendapatan yang didapatkan Content Writer?

Rata-rata, seorang Content Writer mendapat gaji tahunan sebesar Rp. 60jt- Rp. 180jt di Indonesia. Namun, pendapatan sangat berbeda tergantung pada peraturan kerja individu dan industri.

Jika penulis dipekerjakan dalam suatu organisasi, mereka kemungkinan akan dibayar dengan gaji tetap. Namun, jika mereka bekerja berdasarkan wiraswasta / freelance, mereka akan dibayar tergantung pada jumlah pekerjaan yang mereka lakukan dan jumlah uang yang mereka dapatkan tergantung perkerjaan.

Bagaimana Saya Memulai Sebagai Content Writer?

Tidak ada satu set jalan menjadi Content Writer. Namun, memiliki portofolio online dari pekerjaan Anda adalah langkah pertama yang penting untuk menarik pengusaha atau klien.

Portofolio Anda harus mencakup semua contoh terbaik dari karya tulis Anda. Ini bisa berupa posting dari blog Anda, menjadi penulis di blog lain atau apa pun yang menunjukkan kemampuan Anda untuk menulis secara kreatif.

Beberapa penulis mulai dengan gelar sarjana dalam bahasa Indonesia, Jurnalisme atau Komunikasi. Yang lain datang dari latar belakang bisnis atau pemasaran. Dalam peran pekerjaan ini, pengalaman dan kemampuan yang terbukti untuk menulis dengan baik sering dianggap sebagai atau bahkan lebih penting daripada kualifikasi.

Banyak Content Writer memulai pada posisi entry-level dalam agensi pemasaran atau tim pemasaran internal dalam suatu organisasi. Anda mungkin juga dapat memulai dalam peran yang sama, seperti Pemasaran atau Asisten Media Sosial, sebelum memutuskan bahwa menulis konten adalah sesuatu spesialisasi yang anda inginkan.

Keterampilan apa yang Dibutuhkan Content Writer?

Salah satu keterampilan utama yang dibutuhkan oleh setiap content writer adalah kemampuan untuk menulis dalam berbagai gaya. Anda harus dapat memahami dan meniru nada merek dan menyusun tulisan Anda agar sesuai dengan format yang berbeda.

Sebagai seorang penulis, mungkin bermanfaat juga bagi Anda untuk berspesialisasi dalam beberapa tema utama. Apa yang Anda sukai dari menulis? mode, kecantikan, olahraga atau mungkin teknologi? Setelah Anda memutuskan subjek spesialis Anda, Anda dapat mulai mencari klien atau perusahaan di industri itu.

Sementara banyak penulis memiliki spesialis yang disukai, dengan mengembangkan keterampilan yang baik, content writer harus dapat menulis tentang berbagai tema tanpa menjadi ahli dalam topik tersebut.

Content writer harus memiliki pemahaman tentang dunia digital. Lagi pula, konten Anda sedang digunakan secara online untuk mempromosikan merek. Anda harus memiliki pengetahuan tentang Search Engine Optimisation, yang digunakan untuk membantu pembaca menemukan konten Anda. Selain itu, mempelajari dasar-dasar WordPress dan pengkodean bahasa seperti HTML atau CSS akan membantu Anda untuk lebih unggul dalam persaingan.

Baca juga: 8 Skill ini Dibutuhkan dalam Pekerjaan Pemasaran

Apa yang dilakukan Content Writer  Sehari-hari?

Sebagai seorang Content writer, Anda dapat menghabiskan sebagian besar hari Anda dengan menulis. Namun, Anda juga diharapkan menghabiskan waktu dengan ide-ide konten baru untuk klien, menghadiri pertemuan proyek, mempresentasikan ide-ide Anda dan merencanakan konten untuk masa depan.

Penting untuk merasa nyaman bekerja sendirian maupun sebagai bagian dari tim. Sementara mencari ide dan menulis konten cenderung sebagian besar tugas personal, jika Anda bekerja sebagai karyawan di suatu organisasi, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk memantulkan ide dari tim Anda. Bahkan sebagai pekerja lepas, Anda akan menghabiskan waktu bekerja dengan klien dan membangun jejaring untuk menemukan prospek baru.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!