Cara Mempersiapkan CV Siap Lamar

Selesainya hari raya idul fitri adalah waktu puncak untuk mencari pekerjaan. Saat datangnya kesempatan itu seperti ingin memajukan karier Anda, mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dan menghasilkan lebih banyak uang.

Ini adalah waktu yang sangat kompetitif, jadi pastikan Anda tidak jatuh pada rintangan pertama. Dengan menyiapkan CV Anda sekarang, Anda dapat bersiap untuk kesibukan setelah hari raya idul fitri. Di bawah ini, kami tunjukkan caranya.

Cara Mempersiapkan CV Siap Lamar

Format terbaik untuk digunakan

Perekrut biasanya menggunakan software Applicant Tracking System untuk melakukan penyaringan CV pertama. Itu artinya CV Anda dipindai, dianalisis, dan dipilih atau dibuang sebelum manusia melihatnya.

Jadi saat ini, lebih sulit dari sebelumnya, sangat penting untuk memilih format yang dapat memaksimalkan kesempatan peluang dilihat oleh manusia dan lolos dari software perekrut otomatis.

Cara terbaik untuk menyimpan CV Anda adalah dengan format file Microsoft Word dan PDF. Ini adalah tipe file yang paling umum dan tipe file tersebut dapat dibaca oleh sebagian besar ATS. Jika Anda menyimpan CV Anda sebagai JPG, PNG dan RAR, Anda berisiko memberikan kesalahan pada saat CV diseleksi oleh software ATS.

Jika anda menggunakan Microsoft Word untuk format CV anda, jika bisa gunakan hanya teks hitam, dan juga gunakan font yang tersedia secara luas, seperti Arial atau Calibri. Jangan pernah memasukkan gambar atau kotak teks karena formatnya bisa rusak, ditambah lagi, tampilannya tidak profesional atau rusak dan dapat menunda perekrut menyeleksi CV anda.

Informasi apa yang harus Anda sertakan

Bagian dari CV terpenting yang sudah teruji oleh waktu adalah profil, pengalaman kerja dan keterampilan masih sangat dibutuhkan. Saat bisnis menjadi semakin global dan digital, pastikan Anda juga menyebutkan bahasa apa pun yang dapat Anda gunakan dan aplikasi komputer apa pun yang Anda dapat gunakan.

Prestasi adalah salah satu point yang sering diabaikan, padahal hal tersebut cukup penting untuk membedakan diri Anda dari pelamar lain.

Pikirkan tentang saat-saat di mana Anda mendapatkan keberhasilan di luar pekerjaan Anda. Ini akan menjadi saat-saat di mana Anda menambahkan nilai nyata, penghargaan yang telah Anda menangkan dan manfaat yang telah Anda terima. Masukkan masing-masing pencapaian ini sesuai dengan bagian atau jabatan yang ingin anda lamar. Plus, pastikan Anda mendukung ini dengan angka dan fakta sejelas mungkin.

Misalnya, “peningkatan penjualan sebesar 50% dalam enam bulan” terdengar lebih mengesankan bagi HRD daripada hanya “peningkatan penjualan”.

Kata kunci adalah komponen penting dari CV saat ini. Jangan hanya menganggap perekrut akan memahami tugas dan tanggung jawab berdasarkan jabatan Anda. Bahkan pekerjaan dengan jabatan yang sama dapat sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya.

Pertimbangkan keterampilan utama untuk jabatan yang Anda targetkan dan analisis iklan pekerjaan untuk melihat apa yang diperlukan. Kemudian, pastikan Anda mengisi semua poin yang relevan di CV Anda.

Seorang project manager, misalnya, perlu memasukkan risk management, budget control dan stakeholder management. Anda mungkin berpikir hal ini sudah jelas karena ini berkaitan dengan pekerjaan tersebut, tetapi baik manusia maupun ATS tidak akan tahu Anda memiliki pengalaman ini jika Anda tidak menyorotnya dengan jelas kepada mereka.

Informasi apa yang harus Anda tinggalkan

Bagian minat menjadi kurang umum pada CV. Terutama jika Anda sudah melewati tahap awal karir Anda. Namun, mereka dapat menambahkan sedikit minat dan kepribadian pada CV Anda (Saya pernah menulis CV dan menambahkan Futsal sebagai hobi) mereka jarang menambah nilai khususnya dalam menjelaskan seberapa baik Anda dapat melakukan pekerjaan atau apa itu bermanfaat bagi perusahaan.

Jika Anda berjuang untuk menjaga ruang pada CV Anda, ini akan menjadi hal pertama yang Anda hapus.

Banyak orang masih menambahkan detail pribadi yang berlebihan ke CV mereka. Nomor telepon dan alamat email jelas sangat penting jika Anda mengharapkan perekrut untuk menghubungi Anda.

Detail yang harus Anda hapus

Jika Anda membuat CV sudah beberapa tahun yang lalu, lakukan perubahan informasi dengan baik. Beberapa pekerjaan, kualifikasi, kursus, dan keterampilan Anda mungkin tidak lagi relevan dengan langkah selanjutnya dalam karier Anda. Jadi jangan takut untuk menghapus hal-hal yang sebelumnya Anda anggap penting.

Jika Anda seorang profesional yang lebih berpengalaman, Anda hanya perlu memerinci selama 10 tahun terakhir dalam sejarah karir Anda. Jadi, rangkum semuanya sebelum memperbarui CV anda. Kursus dan kualifikasi tidak relevan yang sudah Anda lakukan sejak dulu juga bisa hilang jika tampaknya agak ketinggalan jaman.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

Pastikan Anda menyesuaikan CV Anda untuk 2019

Ketika Anda senang bahwa CV Anda mencerminkan versi terbaik Anda, jangan berhenti di situ. Gunakan dokumen tersebut sebagai template utama, dan selanjutnya atur agar sesuai dengan setiap iklan pekerjaan yang Anda lamar.

Ini mungkin akan memerlukan sedikit pengulangan kata-kata di bagian profil dan penyesuaian ulang poin-poin di bagian pengalaman profesional. Anda harus segera menyoroti keterampilan anda ke perekrut bahwa apa yang Anda tawarkan selaras dengan persyaratan yang dinyatakan dalam iklan.

Tidak perlu menulis ulang seluruh dokumen, anda hanya perlu membuat kesan pertama yang tepat dengan cara melakukan sedikit perubahan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!