Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19, Apakah Pandemi COVID-19 mempersulit pencarian kerja Anda? Ya, sepertinya anda tentu tidak sendirian.

Masa-masa yang belum pernah terjadi ini telah memengaruhi pengusaha dan profesional di seluruh negara. Bahkan, banyak bisnis harus beradaptasi untuk beroperasi dari jarak jauh, dan beberapa harus menutup semuanya.

Sebagai akibatnya, beberapa pengusaha untuk sementara memperlambat upaya perekrutan mereka, sementara yang lain harus belajar untuk melakukan strategi perekrutan mereka secara digital, untuk mematuhi aturan pembatasan jarak sosial.

Tetapi hanya karena COVID-19, muncul beberapa tantangan dalam proses pencarian pekerjaan Anda, Anda tidak boleh menyerah.

Untuk membantu Anda melewati masa-masa yang tidak pasti ini, berikut adalah enam tips utama untuk mencari pekerjaan selama wabah coronavirus.

Tips Mencari Pekerjaan Selama Corona Virus

Hadiri acara virtual

Hanya karena tidak mungkin lagi untuk menghadiri acara job fair secara langsung, itu tidak berarti mereka tidak ada. Beberapa penyedia sekarang telah melakukan job fair mereka secara online untuk memberikan pengalaman virtual bagi para pencari kerja.

Misalnya relasio job fair yang memiliki acara virtual yang memungkinkan pencari kerja mengakses saran dan peluang karier, serta menonton pembicaraan dari pengusaha dan pemimpin industri.

Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Jadi, masuklah ke situs karier di industri Anda dan daftar sebanyak mungkin event, kursus, dan obrolan langsung.

Pertimbangkan industri lain (untuk saat ini)

Jika Anda tidak dapat menemukan peran yang menginspirasi dalam industri Anda, mengapa tidak mempertimbangkan memilih sektor yang berbeda untuk saat ini?

Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Supermarket, gudang, peternakan, dan rumah sakit hanyalah beberapa dari jenis organisasi yang sangat membutuhkan pekerja saat ini.

Ini tidak perlu menjadi jalur karier permanen. Hanya solusi sementara yang memungkinkan Anda untuk terus mendapatkan uang, mengisi celah pada CV Anda dan menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk mengambil peran baru selama pertarungan melawan COVID-19.

Selain menunjukkan kepada calon atasan bahwa Anda memiliki etos kerja yang luar biasa, peran ini juga dapat membekali Anda dengan seperangkat keterampilan yang dapat ditransfer untuk diteriakkan di CV, surat lamaran, dan selama wawancara.

Terus tingkatkan CV Anda

Sebagai akibat dari lockdown yang sedang berlangsung, kemungkinan Anda menemukan diri Anda lebih banyak waktu daripada sebelumnya. Jadi mengapa tidak menggunakan ini dengan bijak untuk terus upgrade CV Anda.

Pertimbangkan untuk mengambil kursus online, belajar keterampilan baru atau bahkan memulai hobi baru. Berita baiknya adalah, ada banyak sumber daya gratis atau kursus online gratis di luar sana yang dapat Anda gunakan.

Misalnya, aplikasi seperti Duolingo sangat ideal untuk belajar bahasa baru, sementara kursus online berlimpah di banyak sektor. Selain itu, ada ribuan tutorial YouTube yang tersedia di ujung jari Anda.

Mencoba Freelance

Demikian pula, dengan lebih banyak downtime di tangan Anda, sekarang bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk memulai melakukan pekerjaan lepas. Ini akan memberi Anda penghasilan dan pengalaman lebih banyak untuk CV masa depan Anda, ini adalah win-win solution dimasa pandemi ini.

Beberapa contoh pekerjaan lepas yang menguntungkan yang dapat Anda lakukan dari laptop Anda meliputi copywriting, desain web, membuat persentasi, dan pengajaran online (tergantung pada keahlian Anda, tentu saja).

Baca juga: Cara Menjadi Content Writer

Perluas dan libatkan jaringan Anda

Mencoba untuk terus mengembangkan jaringan Anda, karena Anda tidak pernah tahu kapan seseorang mungkin menjangkau Anda dengan peluang yang menarik.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghadiri acara dan bertemu orang secara langsung, Anda dapat terus terlibat dengan dan memperluas jaringan Anda secara online.

Jadi, gunakan LinkedIn dan forum untuk memposting artikel, berbagi ide, dan mengomentari konten dari orang lain di industri Anda. Anda juga dapat terlibat dengan merek dan perusahaan favorit Anda melalui platform media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Terus melamar selama COVID-19

Ini bisa terasa kecil hati ketika Anda belum mendapatkan banyak panggilan, terutama jika kompetisi sangat berat. Tetapi penting bahwa Anda terus menerapkan dan menjaga momentum.

Ini tidak hanya akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi juga berarti Anda akan berada di jangkauan pemberi kerja begitu pandemi ini selesai, maka banyak orang mulai meningkatkan upaya perekrutan mereka sekali lagi.

Apakah Anda siap untuk proses pencarian pekerjaan yang berbeda?

Pada akhirnya, pencarian pekerjaan Anda akan sedikit berbeda sekarang. Namun, ada beberapa cara Anda dapat terus meningkatkan kemampuan kerja Anda dan mencari peran impian Anda.

Perlu diingat bahwa semua orang telah dipengaruhi oleh COVID-19 dan peraturan selanjutnya. Jadi, mungkin perlu waktu lebih lama dari biasanya bagi perusahaan untuk kembali kepada Anda, dan Anda mungkin harus mengambil bagian dalam wawancara telepon atau video.

Dengan menggunakan enam tips kami di atas, Anda dapat meningkatkan CV Anda dan melanjutkan pencarian kerja Anda meskipun ada ketidakpastian.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!