Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19, Apakah Pandemi COVID-19 mempersulit pencarian kerja Anda? Ya, sepertinya anda tentu tidak sendirian.

Masa-masa yang belum pernah terjadi ini telah memengaruhi pengusaha dan profesional di seluruh negara. Bahkan, banyak bisnis harus beradaptasi untuk beroperasi dari jarak jauh, dan beberapa harus menutup semuanya.

Sebagai akibatnya, beberapa pengusaha untuk sementara memperlambat upaya perekrutan mereka, sementara yang lain harus belajar untuk melakukan strategi perekrutan mereka secara digital, untuk mematuhi aturan pembatasan jarak sosial.

Tetapi hanya karena COVID-19, muncul beberapa tantangan dalam proses pencarian pekerjaan Anda, Anda tidak boleh menyerah.

Untuk membantu Anda melewati masa-masa yang tidak pasti ini, berikut adalah enam tips utama untuk mencari pekerjaan selama wabah coronavirus.

A. Tips Mencari Pekerjaan Selama Corona Virus

1. Hadiri acara virtual

Hanya karena tidak mungkin lagi untuk menghadiri acara job fair secara langsung, itu tidak berarti mereka tidak ada. Beberapa penyedia sekarang telah melakukan job fair mereka secara online untuk memberikan pengalaman virtual bagi para pencari kerja.

Misalnya relasio job fair yang memiliki acara virtual yang memungkinkan pencari kerja mengakses saran dan peluang karier, serta menonton pembicaraan dari pengusaha dan pemimpin industri.

Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Jadi, masuklah ke situs karier di industri Anda dan daftar sebanyak mungkin event, kursus, dan obrolan langsung.

2. Pertimbangkan industri lain (untuk saat ini)

Jika Anda tidak dapat menemukan peran yang menginspirasi dalam industri Anda, mengapa tidak mempertimbangkan memilih sektor yang berbeda untuk saat ini?

Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Supermarket, gudang, peternakan, dan rumah sakit hanyalah beberapa dari jenis organisasi yang sangat membutuhkan pekerja saat ini.

Ini tidak perlu menjadi jalur karier permanen. Hanya solusi sementara yang memungkinkan Anda untuk terus mendapatkan uang, mengisi celah pada CV Anda dan menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk mengambil peran baru selama pertarungan melawan COVID-19.

Selain menunjukkan kepada calon atasan bahwa Anda memiliki etos kerja yang luar biasa, peran ini juga dapat membekali Anda dengan seperangkat keterampilan yang dapat ditransfer untuk diteriakkan di CV, surat lamaran, dan selama wawancara.

3. Terus tingkatkan CV Anda

Sebagai akibat dari lockdown yang sedang berlangsung, kemungkinan Anda menemukan diri Anda lebih banyak waktu daripada sebelumnya. Jadi mengapa tidak menggunakan ini dengan bijak untuk terus upgrade CV Anda.

Pertimbangkan untuk mengambil kursus online, belajar keterampilan baru atau bahkan memulai hobi baru. Berita baiknya adalah, ada banyak sumber daya gratis atau kursus online gratis di luar sana yang dapat Anda gunakan.

Misalnya, aplikasi seperti Duolingo sangat ideal untuk belajar bahasa baru, sementara kursus online berlimpah di banyak sektor. Selain itu, ada ribuan tutorial YouTube yang tersedia di ujung jari Anda.

4. Mencoba Freelance

Demikian pula, dengan lebih banyak downtime di tangan Anda, sekarang bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk memulai melakukan pekerjaan lepas. Ini akan memberi Anda penghasilan dan pengalaman lebih banyak untuk CV masa depan Anda, ini adalah win-win solution dimasa pandemi ini.

Beberapa contoh pekerjaan lepas yang menguntungkan yang dapat Anda lakukan dari laptop Anda meliputi copywriting, desain web, membuat persentasi, dan pengajaran online (tergantung pada keahlian Anda, tentu saja).

Baca juga: Cara Menjadi Content Writer

5. Perluas dan libatkan jaringan Anda

Mencoba untuk terus mengembangkan jaringan Anda, karena Anda tidak pernah tahu kapan seseorang mungkin menjangkau Anda dengan peluang yang menarik.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghadiri acara dan bertemu orang secara langsung, Anda dapat terus terlibat dengan dan memperluas jaringan Anda secara online.

Jadi, gunakan LinkedIn dan forum untuk memposting artikel, berbagi ide, dan mengomentari konten dari orang lain di industri Anda. Anda juga dapat terlibat dengan merek dan perusahaan favorit Anda melalui platform media sosial seperti Twitter dan Facebook.

6. Terus melamar selama COVID-19

Ini bisa terasa kecil hati ketika Anda belum mendapatkan banyak panggilan, terutama jika kompetisi sangat berat. Tetapi penting bahwa Anda terus menerapkan dan menjaga momentum.

Ini tidak hanya akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi juga berarti Anda akan berada di jangkauan pemberi kerja begitu pandemi ini selesai, maka banyak orang mulai meningkatkan upaya perekrutan mereka sekali lagi.

B. Tips Cepat Bekerja di Saat Wabah Corona

Wabah corona telah menjadi pukulan besar bagi semua negara di dunia. Banyaknya kegiatan ekonomi yang vakum dan terhenti membuat laju perekonomian menjadi stagnan.

Kita juga merasakan dampak dari wabah korona di Indonesia. Sejak pemberlakuan social distancing dan terakhir PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, banyak perusahaan yang akhirnya menghentikan aktivitasnya bahkan memberhentikan karyawannya.

Banyak industri yang terpukul cukup keras, dan bisa dibilang mati suri. Sebagai

Industri pariwisata, meliputi maskapai penerbangan, transportasi, hotel, tiket dan penyedia jasa pariwisata. Kemudian industri hiburan, keuangan, manufaktur dan industri ritel.

Tetapi apakah itu berarti tidak mungkin mencari pekerjaan di saat hampir semua industri terkena dampak virus corona?

Tentu saja tidak. Seperti kata pepatah, selalu ada peluang di tengah kesulitan. Selalu ada jalan bagi mereka yang terus berjuang.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan baru, baik karena Anda adalah fresh graduate atau mungkin karyawan yang cuti tidak dibayar, di-PHK, dan di-PHK karena virus corona, lima tips berikut ini akan membantu Anda. mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi ini.

1. Pelajari Sektor Industri Yang Tidak Terdampak

Banyak yang bilang, hampir semua sektor industri babak belur saat ini. Namun faktanya, setidaknya ada delapan sektor industri yang cenderung naik selama wabah corona ini. Industri tersebut adalah:

  • Tekstil dan produksi tekstil.
  • Bahan kimia dan farmasi serta peralatan medis
  • Makanan dan minuman
  • Elektronik
  • Telekomunikasi
  • Logistik
  • Pertanian
  • UKM

Industri-industri di atas masih berproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Ini berarti bahwa perusahaan-perusahaan ini kemungkinan besar akan terus beroperasi dan membutuhkan tambahan tenaga kerja baru untuk mengakomodasi permintaan pasar.

Dan ini berarti kesempatan Anda untuk mencoba keberuntungan Anda dan mendapatkan pekerjaan di salah satu sektor ini.

2. Gali Informasi Perusahaan

Dari sektor industri ini, tugas Anda selanjutnya adalah mencari daftar perusahaan yang bergerak di industri tersebut. Anda akan menggunakan perusahaan-perusahaan ini sebagai target untuk melamar pekerjaan.

Jika Anda sudah menemukan beberapa perusahaan yang mungkin sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, gali dan cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan tersebut: latar belakang perusahaan, bidang pekerjaan yang ada, lokasi perusahaan dan kantor, hingga contact person untuk departemen HR di sana.

Anda dapat menemukan daftar perusahaan-perusahaan ini di internet. Untuk perusahaan besar yang terdaftar di bursa, lihat di sini, atau daftar perusahaan di Kementerian Perindustrian, atau di direktori perusahaan Indonesia.

Anda juga dapat mencari daftar perusahaan ini di sumber lain. Intinya, jadilah cerdas dan kreatif.

3. Gunakan Linkedin Secara Maksimal

Salah satu media sosial yang memiliki kekuatan besar untuk memperluas jaringan dan meningkatkan potensi mendapatkan pekerjaan adalah Linkedin. Media sosial ini berbeda dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Saat pertama kali membuat akun, Anda diharuskan membuat semacam curriculum vitae sebagai bagian dari profil Anda. Posting dan konten di Linkedin sebagian besar adalah hal-hal profesional, termasuk info pengembangan perusahaan.

Yang menarik adalah banyak perekrut dan staf yang secara khusus mencari pekerjaan. Mereka umumnya mencari calon profesional untuk direkrut dengan sistem jemput bola dengan melihat profil mereka dan langsung menghubungi target mereka.

Beberapa perekrut yang memiliki nama terkadang juga menginformasikan kepada masyarakat bahwa mereka sedang mencari tenaga kerja baru.

Selain itu, dengan mengikuti tips kedua di atas, Anda juga dapat menemukan informasi tentang perusahaan yang Anda daftarkan di sini.

Kini banyak perusahaan juga yang berkomunikasi melalui platform media sosial ini. Dari akun Linkedin perusahaan, Anda juga bisa mendapatkan informasi jika perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan.

Jika Anda belum memiliki akun LinkedIn, inilah saat yang tepat untuk membuat dan mengoptimalkannya.

4. Gunakan Jaringan dan Relasi Anda

Networking sangat berguna di masa pandemi seperti ini. Rajin-rajinlah menghubungi dan menyapa orang-orang di jaringan atau lingkaran Anda. Dari mereka Anda bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan, peluang bisnis, atau peluang lainnya.

Itulah mengapa penting untuk terus mengembangkan jaringan ini. Caranya dengan aktif di media sosial dan berpartisipasi dalam forum dan grup diskusi, termasuk lowongan pekerjaan. Perluas lingkaran sosial Anda dengan mencoba bergabung dengan grup di luar industri pekerjaan Anda saat ini.

Semakin aktif Anda, semakin banyak orang yang akan terhubung dengan Anda, dan semakin banyak peluang dan peluang yang dapat Anda raih.

5. Menyiapkan Surat Lamaran dan CV

Terakhir, tentunya yang harus Anda persiapkan dengan baik adalah surat lamaran kerja dan curriculum vitae tertentu.

Cobalah untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik dan memiliki nilai jual di mata HRD berdasarkan daftar perusahaan yang telah Anda daftarkan dan cari informasinya. Buat juga CV yang informatif dan menarik secara visual.

Ingat, tulis informasi di CV dengan jujur. Jika Anda telah diberhentikan karena perusahaan terkena dampak wabah korona, tulislah yang sebenarnya.

Anda tidak perlu malu atau putus asa. Sebaliknya, tunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan dan keterampilan khusus serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan.

Dengan cara ini, semoga peluang Anda untuk dipanggil wawancara dan diterima bekerja lebih besar.

Itulah kurang lebih lima tips untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan baru di tengah masa sulit pandemi ini. Percaya bahwa di balik setiap kesulitan pasti ada jalan dan kemudahan.

Selalu ada hikmah dan berkah dibalik setiap musibah. Selama kita percaya, tidak ada yang tidak mungkin. Tetap semangat dan stay safe ya teman-teman.

C. Mencari Kerja Sebelum Covid-19 VS saat Covid-19

Pada akhirnya, pencarian pekerjaan Anda akan sedikit berbeda sekarang. Namun, ada beberapa cara Anda dapat terus meningkatkan kemampuan kerja Anda dan mencari peran impian Anda.

Perlu diingat bahwa semua orang telah dipengaruhi oleh COVID-19 dan peraturan selanjutnya. Jadi, mungkin perlu waktu lebih lama dari biasanya bagi perusahaan untuk kembali kepada Anda, dan Anda mungkin harus mengambil bagian dalam wawancara telepon atau video.

Dengan menggunakan enam tips kami di atas, Anda dapat meningkatkan CV Anda dan melanjutkan pencarian kerja Anda meskipun ada ketidakpastian.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!