Tetap Aman saat Mencari Pekerjaan Online

Tetap Aman saat Mencari Pekerjaan Online, Mengambil langkah selanjutnya dalam karier Anda adalah sesuatu yang menyenangkan. Jadi tidak mengherankan bahwa banyak pencari kerja tertarik untuk langsung melamar secara online dan mendapatkan peluang besar berikutnya.

Bahkan, pekerja semakin banyak menggunakan situs pencari pekerjaan online, jejaring sosial dan mesin pencari dalam pencarian mereka untuk menemukan pekerjaan mereka selanjutnya.

Sayangnya, era digital ini telah membuka banyak penipuan, para pencari kerja yang tidak curiga menjadi korban penipuan kerja online. Dan siapa yang bisa menyalahkan mereka? Terutama ketika mereka bersembunyi, di antara posting pekerjaan asli.

Penelitian

Penelitian terbaru yang kami lakukan mengungkapkan bahwa mayoritas (72,1%) pencari pekerjaan mengakui bahwa mereka tidak tahu dan tidak akan mengenali tanda-tanda penipuan pada pekerjaan. Dan yang mengkhawatirkan 71,3% dari mereka akan menganggap bahwa pekerjaan apa pun yang diposting online adalah posting yang sah.

Terlebih lagi, 98% mengatakan bahwa meskipun mereka curiga terhadap iklan pekerjaan, mereka tetap akan melamar.

Kurangnya pendidikan seputar penipuan semacam ini bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa kandidat menjadi korban penipuan ini. 93,2% kandidat akan menerima pekerjaan yang tidak tedapat proses wawancarai. Plus, 54,8% tidak akan memeriksa keaslian alamat web tempat mereka akan bekerja sebelum melamar. Ini menyoroti seberapa banyak pendidikan yang kita butuhkan tentang masalah ini.

Kesadaran akan penipuan kerja online dan trik yang digunakan penjahat untuk mengeksekusi korban ini sangat penting untuk memerangi kejahatan semacam ini. Para pencari pekerjaan harus waspada dalam menemukan tanda-tanda penipuan dan pastikan bahwa mereka hanya menggunakan situs yang paling dipercaya.

Kami memilah secara manual untuk memastikan setiap posting pekerjaan benar adanya. Namun, ada platform lain yang digunakan penipu untuk memikat korban mereka. Jadi, sangat penting bagi para pencari pekerjaan untuk mengetahui tentang risiko penipuan pekerjaan online. Saran kami adalah menggunakan situs yang bermitra dengan perusahaan, karena kemitraan ini menunjukkan bahwa mereka mengambil langkah-langkah proaktif untuk melawan scammers.

Tips Aman saat Mencari Pekerjaan Online

Tetap Aman saat Mencari Pekerjaan Online

Tetapi jika Anda tidak yakin bagaimana cara menemukan penipuan pekerjaan, jangan panik! Berikut adalah hal-hal utama yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan online.

Cara menemukan penipuan

Meskipun penipuan pekerjaan dapat membuat anda khawatir, ada baiknya untuk mengetahui bahwa ada beberapa cara mengenali penipuan. Setelah dididik tentang jenis-jenis kejahatan ini dan bagaimana cara menemukannya, Anda bisa lebih mengerti dan lebih aman ketika mencari pekerjaan online.

Jika Anda masih khawatir tentang suatu posting, Anda dapat menemukan situs-situs yang bermitra dengan perusahaan akan membuat anda percaya bahwa lowongan tersebut asli, untuk memastikan keamanan dan ketenangan pikiran. Inilah beberapa hal yang harus Anda pikirkan ketika membaca posting pekerjaan.

Pertimbangkan detail kontak

Salah satu cara terbaik untuk menemukan penipuan pekerjaan adalah dengan melihat rincian kontak dan nama perusahaan yang disediakan. Bagaimana mereka meminta Anda untuk menghubungi mereka, apakah itu dengan nomor telepon atau alamat email? Apakah nama dan alamat perusahaan tersebut asli?

Jika Anda dihubungi melalui email, ada dua jenis alamat yang harus diwaspadai yang seharusnya memunculkan tanda bahaya. Pertama, Anda harus mencari siapa pun yang menggunakan alamat email pribadi seperti [email protected]. Kedua, Anda harus menghindari alamat acak seperti [email protected]

Jika Anda melamar melalui perusahaan atau bisnis yang sah, manajer perekrutan atau perekrut akan menghubungi Anda melalui alamat perusahaan, jadi jika dihadapkan dengan email pribadi atau yang tampaknya dibuat-buat, waspadalah terhadap penipuan.

Demikian pula, Anda harus mencari nomor telepon yang cerdik. Jika Anda tidak mengenali kode area atau sepertinya nomor pribadi, lakukan pencarian internet. Cukup sering orang melaporkan nomor penipuan di forum, sehingga nomor tersebut dapat muncul pada salah satunya.

Anda juga dapat menemukan daftar nomor pribadi, dan tarif yang mereka kenakan per menit. Sekali lagi, manajer perekrut akan menggunakan nomor telepon perusahaan atau kode area yang dapat dikenali saat menghubungi Anda. Jadi lakukan riset untuk menghindari mereka menjebak Anda.

Akhirnya, jika nama atau alamat perusahaan terasa aneh bagi Anda, periksa secara online. Jika Anda tidak dapat menemukan apa pun tentang perusahaan secara online, atau perusahaan tidak dapat ditemukan di alamat itu, maka kemungkinan besar ini adalah penipuan.

Rincian kontak adalah salah satu yang dapat anda periksa apakah itu penipuan atau tidak, jadi cerdas dan lakukan penelitian. Itu bisa berubah menjadi posting pekerjaan yang sah, tetapi jika ada sesuatu yang tidak beres, periksa dulu.

Baca juga: Tips Mencari Pekerjaan Selama COVID-19

Mereka tidak memiliki identitas online

Saat ini setiap perusahaan profesional memiliki identitas online dan memahami pentingnya memiliki platform media sosial. Anda harus melakukan pencarian perusahaan di internet sebelum melamar pekerjaan apa pun, dan melihat-lihat situs web dan profil media sosial mereka.

Jika tidak ada tanda-tanda online, ini adalah tanda yang cukup besar bahwa lowongan pekerjaan itu mungkin scam. Anda bahkan mungkin cukup beruntung untuk menemukan forum online yang memperingatkan Anda terhadap perusahaan, oleh orang lain yang telah ditipu oleh mereka sebelumnya.

Mereka menawarkan gaji yang tidak realistis

Sayangnya, jika tampaknya bagus untuk menjadi kenyataan – mungkin memang benar. Meskipun Anda mungkin ingin percaya bahwa itulah penghasilan Anda yang sebenarnya jika Anda menemukan uraian pekerjaan yang menawarkan gaji konyol kepada Anda, luangkan waktu sejenak untuk memikirkannya secara realistis.

Seringkali penipuan ini disebut sebagai “Anda dapat menghasilkan Rp. 500.000.000 setahun”, tetapi gagal menyebutkan bahwa Anda bekerja berdasarkan komisi dan tidak memiliki gaji tetap, dalam hal ini Anda harus bekerja 24/7 untuk mendapatkan apa pun yang mendekati itu.

Posting pekerjaan profesional akan sering menunjukkan gaji tetapi tidak fokus pada itu, tidak mungkin disebutkan lebih dari satu kali. Jadi, jika Anda menemukan posting yang terus-menerus berbicara tentang potensi penghasilan Anda dan menghasilkan uang besar, Anda harus berhati-hati.

Iklan ditulis dengan buruk

Ejaan dan tata bahasa sangat penting dalam posting pekerjaan resmi, mereka tidak dibuat dengan cepat untuk diposting secara online. Mereka ditulis dengan hati-hati, dibuktikan dan ditandatangani sebelum mereka sampai ke situs web. Jadi, jika Anda menemukan iklan pekerjaan dengan tata bahasa yang buruk, itu bisa menjadi tanda bahwa ini telah diterjemahkan dengan buruk melalui internet.

Demikian pula, Anda akan menemukan kesalahan pengejaan berulang. Ini bukan untuk mengatakan bahwa jika Anda menemukan pos profesional dengan satu kesalahan ejaan, Anda harus menghapusnya. Bagaimanapun, kita hanya manusia, dan kesalahan bisa terjadi. Tetapi sadarilah iklan yang ditulis dengan buruk, terstruktur buruk dengan banyak kesalahan pengejaan, ini adalah kemungkinan indikator penipuan.

Tidak perlu pengalaman

Tentu saja ada beberapa pekerjaan di luar sana yang membutuhkan sedikit atau tidak ada pengalaman, tetapi sebagian besar dari ini setidaknya akan meminta “Dapat mengoperasikan komputer” atau keterampilan dasar yang dapat ditransfer. Beberapa perusahaan dan perekrut mungkin menawarkan pekerjaan di mana Anda tidak perlu banyak pengalaman. Tetapi, mereka akan sering menyebutnya sebagai ‘entry level’ atau sesuatu yang lebih profesional.

Tanyakan pada diri Anda sendiri, majikan macam apa yang akan mengambil siapa saja, dan tidak meminta pengalaman apa pun? Tidak banyak! Jadi, jika Anda melihat iklan pekerjaan yang menyatakan ‘tidak perlu pengalaman’ hati-hati, karena ini sering merupakan tanda penipuan.

Mereka menawarkan pekerjaan tanpa wawancara

Sekali lagi, akan ada beberapa perusahaan yang dapat menawarkan pekerjaan tanpa wawancara formal, tetapi ini sangat jarang. Perusahaan profesional mungkin tidak selalu meminta Anda untuk bertemu langsung, tetapi dalam situasi ini, mereka akan sering meminta wawancara telepon atau video.

Karena wawancara adalah bagian penting dari proses rekrutmen, Anda harus berhati-hati terhadap pos yang menawarkan pekerjaan tanpa perlu diwawancarai, karena tidak mungkin nyata.

Mereka meminta Anda uang

Tidak ada lamaran pekerjaan yang meminta Anda untuk memberikan uang, jadi jika Anda menemukan bahwa lowongan pekerjaan meminta Anda membayar apa pun, Anda harus melakukan riset. Perusahaan profesional sangat tidak mungkin meminta uang kepada Anda, terutama dalam deskripsi pekerjaan.

Anda harus berhati-hati jika ada yang meminta sejumlah uang. Jadilah cerdas dan waspada sebelum Anda berpisah dengan uang tunai Anda.

Scammers sering menipu calon dengan meminta uang untuk membayar travel. Perusahaan profesional mungkin meminta Anda untuk membayar perjalanan secara pribadi, tetapi sangat jarang mereka akan melakukannya, apalagi jika sudah bekerja sama dengan beberapa jasa perjalanan.

Jika kebetulan lokasi test jauh akan membuat segalanya lebih mudah bagi para penipu ini. tiket perjalanan akan menjadi modus bagi mereka, jadi jika Anda menemukan iklan meminta dana untuk test, Anda bisa yakin itu scam.

Singkatnya

Pencarian pekerjaan online bisa efektif, jadi jangan biarkan penipu membuat Anda lengah. Anda hanya perlu paham ketika melamar secara online. Lihatlah keabsahan situs yang Anda gunakan, dan cobalah untuk tetap berpegang pada alamat resmi perusahaan, untuk keamanan ekstra. Jika Anda tidak yakin tentang sebuah posting, minta akun resmi perusahaan Anda untuk memeriksanya.

Ingatlah point penting yang kami sebutkan di artikel ini saat Anda melamar pekerjaan online. Jika Anda selalu memiliki ini di belakang pikiran Anda, melihat penipuan pekerjaan palsu akan menjadi lebih mudah. Jika Anda curiga tentang iklan pekerjaan, berhati-hatilah untuk tidak mengeluarkan uang tunai atau detail pribadi Anda, kenyataannya adalah ada banyak pekerjaan yang resmi di luar sana.

Dan, jika Anda tidak yakin akan suatu posting atau Anda melihat tanda-tanda penipuan, mungkin yang terbaik adalah menghindarinya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!