Fresh Graduate Wajib Tahu 7 Tips Memilih Pekerjaan Yang Tepat

Beberapa fresh graduate memang memiliki ambisi dan impian tentang pekerjaan yang mereka inginkan. Akan tetapi, sering kali lowongan yang tersedia tidak sesuai dari segi tugas atau salary yang ditawarkan. Olah karena itu, tidak jarang para lulusan baru ini salah memilih profesi dan berakhir dengan terpaksa dalam lingkungan tersebut. Ada baiknya anda memperhatikan tips memilih pekerjaan yang tepat pada ulasan berikut ini agar sesuai dengan skill yang anda miliki.

Cara Jitu Memilih suatu Pekerjaan

1. Minat dan Kemampuan

Kemampuan yang dimiliki memang menjadi salah satu penunjang anda dalam bekerja dan tentu saja menjadi pertimbangan yang penting saat memilih profesi. Hal ini sangat penting diketahui karena bekerja tanpa kemampuan tentu akan menyulitkan anda selama prosesnya. Seorang kandidat karyawan tentu juga dilihat dari kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hal ini menjadi pertimbangan karena berhubungan dengan kualitas kerja.

Tidak hanya kemampuan, anda juga harus memiliki minat di bidang tersebut. Kemampuan yang anda miliki tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan keinginan dalam bekerja. Seseorang dapat berkembang jika minat dalam suatu bidang pekerjaan. Jika tidak ada minat, anda akan kesulitan dan bermasalah saat bekerja. Tentu saja dampaknya sangat panjang dan buruk, salah satu contohnya kejiwaan yang berujung stres dan kualitas kerja yang buruk atau tidak meningkat.

2. Suasana di Tempat Kerja

Jika anda sudah bekerja, waktu yang banyak dihabiskan tentu di lokasi kerja. Oleh karena itu, sangat penting memiliki suasana yang nyaman di tempat kerja. Tips memilih pekerjaan satu ini dapat membuat anda lebih nyaman saat bekerja dan tentu hasil yang diperoleh lebih maksimal. Tidak hanya tempat yang nyaman, anda juga harus memiliki teman yang bersahabat di tempat kerja. Itulah kunci kenyamanan di tempat kerja yang harus anda perhatikan dengan baik.

Selain memiliki tempat kerja yang nyaman, komunikasi di tempat baru tersebut juga harus anda bangun dengan baik. Kunci menemukan kenyamanan tentu dapat berkomunikasi dengan baik, seperti antar teman ataupun dengan atasan. Alasan memilih profesi atau bertahan di suatu lokasi kerja harus memperhatikan tiga hal penting tersebut. Jika anda merasa tidak nyaman, maka sering kali merasa tertekan dan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang maksimal.

3. Gaji yang Diperoleh

Setiap orang tentu ingin pekerjaan yang layak dengan gaji yang cukup tinggi karena di masa ini kebutuhan terus bertambah dan harganya pun tidak murah. Oleh karena itu, banyak orang yang terlena dengan pekerjaan yang digaji dengan nominal cukup besar. Akan tetapi, anda juga harus menyadari bahwa gaji yang tinggi juga diimbangi dengan risiko dan tanggung jawab yang besar. Banyak orang yang tidak menyadarinya, sehingga menyesal dengan pilihannya saat itu.

Pada saat kali pertama masuk kerja, perhatikan penawaran gaji yang diberikan, tugas dan risiko yang harus dihadapi agar siap sejak awal. Pastikan gaji yang diterima sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda miliki. Tips memilih pekerjaan satu ini menuntut anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga anda akan memeroleh hak yang sesuai. Di era milenial ini banyak sekali soft skill yang dapat anda asah agar memenuhi suatu posisi di perusahaan tersebut.

Baca juga: Latihan Menjawab Test Wawancara dan Contoh Pertanyaannya

4. Stabilitas Pekerjaan

Memerhatikan stabilitas pekerjaan memang sangat penting sebelum bekerja di suatu posisi. Pastikan anda telah mempelajari sektor bisnis yang terus bertahan bahkan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini selaras dengan kebutuhan masyarakat yang terus ada dari zaman ke zaman, sehingga perusahaan yang anda pilih tidak akan koleps. Selain itu, hal ini juga sangat penting agar anda tidak mengalami PHK karena perusahaan tersebut tidak lagi eksis atau dibutuhkan.

Tidak ada perusahaan yang dapat diprediksi akan bertahan berapa lama, tetapi anda dapat meminimalisasi dan memperkirakan mengenai jangka waktunya. Dengan begitu, kondisi dan masa depan anda di perusahaan itu dapat terjamin hingga beberapa waktu atau tahun ke depan. Dari tips memilih pekerjaan satu ini, anda juga diminta untuk juga melihat stabilitas perusahaan. Tidak hanya berfokus pada gaji besar yang ditawarkan serta minat yang dimiliki.

5. Pengembangan Diri

Setiap orang tentu ingin berkembang agar menjadi pribadi yang lebih baik. Hal inilah yang harus menjadi pertimbangan anda dan tidak sembarangan dalam memilih perusahaan. Tidak semua perusahaan menyediakan training atau pengembangan diri kepada calon pegawai. Jika anda menemukan perusahaan yang memberikan kesempatan itu, maka menjadi suatu hal yang menguntungkan. Akan tetapi, hal itu juga harus diimbangi dengan rasa ingin berkembang dari diri sendiri.

Pada waktu awal, anda telah diberi training untuk menjajaki tuntutan dari perusahan dan skill yang harus dimiliki. Setelah itu, tentu harus diimbangi dengan rasa ingin belajar yang terus menerus. Sikap inilah yang membuat anda terus belajar, sehingga tips memilih pekerjaan ini menjadi sangat penting karena perusahaan memberikan wadah bagi karyawan untuk menjadi lebih baik. Informasi inilah yang harus anda dapatkan secara detail, sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

6. Pahami Aturan Kerja yang Ditetapkan

Setiap perusahaan memiliki aturan atau otonomi untuk mengatur karyawannya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memahaminya sebelum menerima pekerjaan tersebut. Ada kemungkinan beberapa kebijakan tidak selaras dengan anda, sehingga harus mulai adaptasi. Akan tetapi, hal itu dapat diatasi dengan mengetahui aturan yang berlaku dan tentukan apakah anda dapat bekerja di tempat itu. Perhatikan aturan kerja, seperti jadwal kerja, cuti yang ada, dan lain lain.

7. Reputasi Perusahaan

Sering kali poin ini diabaikan karena banyak yang beranggapan bahwa reputasi tidak penting. Di era ini setiap orang membutuhkan reputasi yang baik, begitu pula dengan perusahaan tempat anda bekerja. Reputasi yang baik dapat menunjang seluruh karyawan yang bekerja di sana. Tidak hanya itu, perusahaan dengan reputasi baik dapat menunjang anda berkembang, bahkan anda juga akan memiliki berbagai pengalaman dan kesempatan kerja yang lebih luas.

Pekerjaan anda saat ini juga menunjang CV anda untuk bekerja di jenjang yang lebih tinggi, sehingga nilai plus dari perusahaan bereputasi tinggi ini sangat tinggi. Dari segi rasa percaya diri juga menjadi lebih tinggi. Melalui tips memilih pekerjaan ini, anda harus mulai mencari tahu reputasi perusahaan yang anda lamar agar mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih baik. Informasi tersebut dapat anda peroleh dari profil perusahaan, review di internet, atau lainnya.

Memiliki ambisi untuk suatu jabatan atau profesi memang sangat penting agar anda memiliki target yang ingin dicapai. Akan tetapi, beberapa hal memang tidak sesuai dengan keinginan atau dihadapkan pada pilihan yang sulit. Memilih suatu pekerjaan, sebaiknya melihat beberapa hal seperti minat dan kemampuan, suasana di tempat kerja, gaji yang diperoleh, stabilitas pekerjaan, pengembangan diri, pahami aturan kerja yang berlaku, dan reputasi perusahaan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!