8 Tips Mudah Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

Bersaing dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama bagi pencari kerja yang baru saja lulus sekolah atau istilahnya fresh graduate. Hal ini dikarenakan para fresh graduate dianggap belum memiliki pengalaman, sedangkan perusahaan mencari yang berpengalaman. Untuk itu, fresh graduate membutuhkan tips mencari kerja. Yuk simak tips tersebut dalam ulasan ini.

8 Tips Mencari Kerja yang Perlu Diketahui Para Fresh Graduate

Tips Mudah Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

1. Jangan Terburu Buru

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan kerja setelah lulus sekolah ialah jangan terburu buru. Sebab orang yang terburu buru, biasanya justru tidak akan fokus dengan apa yang ingin dicapai. Untuk itu, ada baiknya bersikap tenang dan persiapkan semua dengan baik, mulai dari surat lamaran, CV, serta dokumen pendukung lain. Jika kamu  menemukan lowongan yang tepat dan sesuai kriteria, jangan buru buru mengirim lamaran.

Memang tidak ada salahnya mencoba, tetapi akan jauh lebih baik jika lamaran tersebut disiapkan dengan matang. Sehingga nanti, perusahaan juga akan mempertimbangkan dengan baik lamaran yang telah dimasukkan. Hal yang dikerjakan dengan buru buru, maka akan terlihat berantakan dan tidak rapi. Selain persiapkan dokumen dengan lengkap, jangan lupa untuk mencari informasi terlebih dulu mengenai perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin ingin melamar di tempat itu.

2. Perbaiki CV

Curriculum Vitae atau lebih dikenal dengan CV adalah bagian penting yang tidak boleh disepelekan dan dilewatkan dalam tips mencari kerja ini. Pasalnya, CV ini nantinya akan berisikan mengenai data diri lengkap, pendidikan, keahlian, pengalaman, dan prestasi. Biar lebih menarik, ada baiknya CV ini lebih padat dan didesain sebaik mungkin. Tidak ada salahnya membuat CV sekreatif mungkin, dengan begitu perusahaan akan melihat usaha kamu dalam melamar kerja.

Dengan memiliki CV yang lebih baik dan disiapkan dengan sebaik mungkin, maka akan ada kemungkinan bisa dipanggil untuk tahap selanjutnya karena perusahaan tertarik dengan CV tersebut. Selain itu, perlu diketahui bahwa CV yang baik juga dapat menjelaskan bagaimana kepribadian dan keahlian yang  kamu miliki. Sehingga, tidak mengherankan jika CV dianggap penting di dunia kerja.

3. Ikut Job Fair

Agar cepat dan mudah mendapatkan pekerjaan, maka sering sering update dan mengikuti job fair. Pasalnya di acara tersebut, biasanya akan ada banyak peluang kerja dengan bidang dan bagian yang berbeda beda. Akan tetapi persaingan di job fair ini akan menjadi lebih berat, sebab ada banyak pelamar yang juga menggunakan cara tersebut. Untuk itu ikuti tips mencari kerja ini, yakni jangan minder dan patah semangat.

Di acara job fair ini, kamu juga sekalian bisa mencari informasi tentang kualifikasi apa aja yang dibutuhkan agar bisa diterima di perusahaan. Selain itu mungkin saja juga bisa bertemu dengan kenalan baru, sehingga bisa membuat jaringan menjadi lebih luas dan besar. jika datang ke job fair, jangan lupa untuk membawa surat lamaran beserta dokumen pendukung lain untuk melamar kerja. Di acara tersebut jangan hanya satu perusahaan saja, Lebih banyak lebih bagus. Tak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

4. Kirim Lamaran Lewat Email

Di era yang serba digital ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan email sebagai salah satu sarana lamaran kerja. Kirim email, biasanya juga digunakan oleh perusahaan untuk menyeleksi pelamar. Yang mana dengan melihat bagaimana tata cara pelamar tersebut mengirimkan lamaran kerja. Biasanya yang dilihat oleh perusahaan dari lamaran lewat email adalah alamat email, subject email, isi body email, dan lampiran email.

Dalam alamat email, maka akan dilihat apakah nama email tersebut profesional atau tidak. Kemudian untuk subject email, ada baiknya diisi dan jangan sampai dikosongi. Sebab perusahaan biasanya sudah mencantumkan subject email pada lowongan pekerjaan yang mereka sebarkan. Sedangkan untuk isi body email, maka bisa diisi dengan ucapan pengantar lamaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5. Perbanyak Portofolio

Tips mencari kerja yang perlu diketahui oleh fresh graduate selanjutnya adalah, perbanyak portofolio. Pasalnya, portofolio juga penting dan harus dipersiapkan untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dari calon perusahaan. Dari hal ini, perusahaan juga bisa menilai keahlian yang dimiliki pelamar apakah sesuai dengan bidang yang dikerjakan atau tidak. Memperbanyak portofolio juga baik untuk mengasah kemampuan yang dimiliki agar lebih ahli.

6. Manfaatkan website Lokal dan Media Sosial

Lowongan kerja biasanya juga akan diinformasikan perusahaan di banyak website lowongan pekerjaan dan juga sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan juga group Whatsapp. Setiap harinya pasti akan ada banyak perusahaan yang memasang lowongan pekerjaan. Untuk itu, selalu update dan kunjungi website lokal ataupun media sosial. Jangan lupa untuk aktif mencari informasi seputar lowongan kerja.

Biasanya di sosial media seperti Instagram atau Twitter akan ada akun yang khusus memposting lowongan kerja. Sedangkan di Facebook, maka bisa memanfaatkan komunitas dan group yang di dalamnya sering membahas dan membagikan informasi seputar lowongan kerja. Dengan demikian, tips mencari kerja agar cepat mendapatkan pekerjaan impian adalah memanfaatkan adanya website dan media sosial.

Baca juga: Latihan Menjawab Test Wawancara dan Contoh Pertanyaannya

7. Tunjukkan Keahlian yang Dimiliki

Perusahaan akan tertarik ketika mengetahui keahlian yang dimiliki oleh para pelamarnya. Untuk itu, agar cepat mendapatkan pekerjaan jangan sampai lupa dalam mencantumkan keahlian apa yang kamu miliki pada bagian CV ataupun perkenalan diri. Pasalnya dengan mencantumkan keahlian, bisa menjadi langkah awal yang bagus agar dilirik oleh perusahaan. Perusahaan tak segan segan lho melewati CV yang tidak mencantumkan kelebihan apa yang dimiliki oleh pelamar.

Selain itu, perusahaan akan lebih mempertimbangkan CV pelamar yang memiliki keahlian unik dalam pekerjaan. Apalagi jika keahlian tersebut dapat membantu produktivitas kamu saat bekerja. Bisa saja setelah mengirim lamaran kerja, kamu langsung mendapatkan panggilan dari perusahaan di tahap selanjutnya. Jadi, sebaiknya isi dengan benar CV dan jangan sampai lupa tidak mencantumkan keahlian yang dimiliki.

8. Perluas Jaringan

Jika ingin cepat mendapat pekerjaan setelah lulus sekolah, maka tips mencari kerja yang tepat adalah memperluas jaringan pertemanan. Untuk itu, jangan malu bertanya kepada teman, saudara, atau kerabat mengenai lowongan kerja untuk fresh graduate. Pasalnya dengan cara ini, akan bisa mendapatkan informasi lowongan yang lebih beragam dan banyak. Mungkin saja salah satu lowongan tersebut sesuai dengan yang dicari. Selain itu, jangan lupa juga minta bantuan alumni yang sudah bekerja.

Itulah beberapa tips yang diperlukan oleh para fresh graduate yang ingin segera mendapatkan pekerjaan. Seperti yang diketahui bahwa mencari pekerjaan tidaklah semudah membalik telapak tangan, apalagi untuk para fresh graduate. Untuk itu, diharapkan dengan adanya ulasan ini bisa membantu para fresh graduate dalam menghadapi ketatnya persaingan di dunia pencari kerja. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!