Bersiap Hadapi Wawancara Kerja, Berikut 7 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan

Apa hal yang perlu kamu lakukan agar bersiap hadapi wawancara kerja?  Interview merupakan tahapan penting yang harus kamu lakukan ketika ingin melamar pekerjaan. Pada umumnya, ketika tahapan ini nantinya kamu akan diminta untuk menceritakan tentang pengalaman, kemampuan dan juga kelebihan yang kamu miliki. Proses ini sering kali terlihat sederhana, namun terdapat beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan sebelum melakukan proses wawancara. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Interview

1. Dengan Memberikan Kesan Positif

Sebelum anda mulai untuk melakukan interview, maka tentu saja akan banyak hal yang perlu untuk anda persiapkan. Muali dari pakaian yang rapi, latihan untuk tanya jawab hingga mempersiapkan gestur tubuh yang pas. Namun, ada hal lain yang juga perlu untuk anda miliki ketika berhadapan dengan interviewer yakni dengan memberikan kesan dan aura yang positif. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi proses tanya jawab yang kamu lakukan dengan HRD.

Dengan memiliki sifat positif tentu saja akan membuat kamu menjadi lebih dekat satu langkah dengan pekerjaan impianmu. Selain itu, memiliki kesan yang positif ketika sedang melakukan proses wawancara akan bisa memberikan pengaruh dan penilaian orang terhadap kepribadian yang kamu milik. Untuk itu, kamu pun bisa mengisi percakapan dengan hal hal yang positif dan optimis.

2. Perhatikan Body Languange

Gestur tubuh atau body language juga menjadi salah satu faktor penting yang wajib untuk anda perhatikan. Untuk itu, anda pun sebisa mungkin mengendalikan dan mempersiapkan mental yang kamu miliki sebaik mungkin. Salah satu gestur tubuh yang terlihat ketika proses interview adalah cara menjabat tangan. Pasalnya, hal ini adalah gerakan pertama yang kamu lakukan ketika sedang proses interview.

Untuk itu, kamu pun sebaiknya tidak memiliki sifat ragu ragu ketika ingin menjabat tangan HRD. Kamu bisa menggunakan gestur tubuh yang tegas, sehingga nantinya hal tersebut memberikan kesan bahwa kamu merupakan pribadi yang memiliki jiwa tegas dan mampu bekerja dengan tidak ragu ragu. Kamu pun juga jangan lupa untuk menatap mata lawan bicara. Pasalnya, kontak mata juga menjadi salah satu gestur tubuh yang perlu untuk kamu perhatikan.

3. Memiliki Penampilan yang Rapi dan Sikap yang Sopan

Selain itu, ketika kamu melakukan wawancara memiliki penampilan yang rapi dapat menjadi nilai tambah. Untuk itu, ketika kamu menghadiri interview maka hal pertama yang akan dilihat pastinya adalah penampilanmu. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mampu untuk menunjang portofolio maupun CV yang kamu persiapkan. Meskipun bukan menjadi penentu dari hasil interview, namun hal ini akan memberikan kesan yang baik dan mempengaruhi penilaian terhadap pribadi kamu.

Untuk itu, kamu pun perlu untuk menyesuaikan pakaian yang kamu kenakan dengan posisi yang dilamar. Bagi anda yang melamar di perusahaan yang bersifat formal seperti perbankan, maka kamu pun bisa menggunakan setelan berupa kemeja, celana kain bahkan dasi dan juga sepatu pantofel. Sedangkan untuk kamu yang melamar di perusahaan kreatif, maka kamu pun bisa memakai baju yang kasual namun tetap menampilkan kesan yang rapi.

4. Dengan Datang Tepat Waktu

Hal lain yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin menghadiri wawancara adalah kamu perlu memiliki sikap on time atau tepat waktu. Untuk itu, kamu pun bisa datang 15 hingga 20 menit sebelum jadwal interview dimulai. Dengan begitu, maka kamu pun akan lebih memiliki waktu untuk mempersiapkan hal lain. Datang secara tepat waktu, juga akan bisa memperlihatkan sisi disiplin di depan interviewer.

Ketika kamu datang lebih awal maka nantinya kamu pun bisa menggunakan waktu tersebut untuk menyiapkan CV, merapikan penampilan hingga memahami bahan interview dengan lebih dalam. Selain itu, hal ini juga akan membuat pikiran menjadi tenang. Sehingga kamu pun tidak menjadi gugup ketika memulai proses interview. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu poin yang bisa anda lakukan sebelum datang untuk interview.

5. Dengan Menggali Informasi Mengenai Posisi dan Perusahaan yang akan dituju

Poin ini merupakan hal penting yang perlu kamu pelajari sebelum melakukan interview. Terkadang hal ini menjadi faktor yang sering kali dilupakan oleh banyak orang. Untuk itu, jangan sampai ketika kamu tiba di tempat interview dengan kepala kosong dan tidak tahu apa apa. Kamu pun bisa mulai menggali informasi dan mencari tahu mengenai perusahaan ataupun posisi yang akan kamu ambil.

Untuk itu, sebaiknya, kamu telah mempersiapkan hal ini terlebih dahulu sebelum datang untuk melakukan wawancara. Sehingga nantinya ketika pertanyaan tentang perusahaan ataupun posisi yang kamu lamar ditanyakan oleh HRD, maka hal tersebut akan bisa kamu jawab dengan mudah. Dengan memiliki pengetahuan mengenai perusahaan yang akan kamu lamar, menunjukkan bahwa kamu memang serius untuk bekerja di tempat tersebut.

6. Dengan Mempersiapkan Dokumen untuk Menunjang Penampilan

Proses interview dapat menjadi hal yang mendebarkan ketika kamu tidak mempersiapkannya dengan maksimal. Untuk itu, ketika kamu ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, maka kamu pun perlu untuk menyiapkan hal penunjang yang dapat menjadi nilai tambah. Mulai dari CV, portofolio, hingga dokumen penunjang lainnya.

Buatlah CV semenarik mungkin, sehingga hal tersebut akan membuat HRD menjadi tertarik untuk melajutkan sesi interview. Berikan informasi informasi yang dapat menonjolkan kemampuan di posisi yang kamu lamar. Terutama bagi kamu yang terjun di industri kreatif, maka CV akan menjadi salah satu hal yang dilihat. Selain itu, kamu pun juga perlu untuk menyiapkan dokumen penunjang sebagai bukti dan penguat informasi yang ada di CV kamu.

Baca juga: 7 Tips Memikat HRD Saat Wawancara Kerja Agar Lancar Menjawab Setiap Pertanyaan

7. Dengan Menyiapkan Jawaban yang Sekiranya Akan Ditanyakan

Sebagai pelamar kerja, maka ada beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui ketika akan melakukan proses wawancara. Salah satunya adalah dengan menyiapkan beberapa jawaban yang sekiranya akan ditanyakan saat interview. Pada umumnya, HRD akan menanyakan tentang pengalaman bekerja di tempat sebelumnya. Namun, apabila anda baru pertama kali melamar pekerjaan, maka nantinya akan berfokus tentang pertanyaan terkait kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, di dalam interview juga sering kali menanyakan tentang masa depan yang akan kamu jalani dalam beberapa tahun mendatang. Dengan begitu, perusahaan pun akan mengetahui bagaimana nantinya kamu bisa berkontribusi di dalam pekerjaan yang kamu lamar. Untuk itu, kamu pun bisa menyiapkan beberapa jawaban yang sekiranya akan ditanyakan ketika proses interview berlangsung.

Dengan menyiapkan diri dengan lebih matang dan siap di dalam proses interview, tentu saja akan mempengaruhi hasil yang akan didapatkan. Untuk itu, meskipun terlihat sepele akan tetapi dengan melakukan persiapan yang tepat, maka hal tersebut akan bisa memberikan pengaruh yang besar. Sehingga nantinya kamu pun akan bisa lebih rileks dan juga tidak gugup ketika sedang berbicara secara langsung di hadapan HRD.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!