Sebelum Menulis Lamaran Kerja, Ini Hal Yang Perlu Anda Persiapkan

Menulis lamaran kerja bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan. Pasalnya, ada beberapa hal yang sebelumnya harus anda persiapkan terlebih dahulu. Sehingga nantinya anda bisa diterima bekerja di perusahaan yang anda inginkan. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelumnya. Penasaran seperti apa saja? Maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Ketika Ingin Melamar Kerja

1. Dengan Memperbanyak Pengalaman Kerja

Di jaman sekarang mencari kerja bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu, sebelum anda terjun dalam dunia kerja, sebaiknya anda bisa menambah pengalaman yang akan membuat anda memiliki bidang yang anda kuasai. Untuk itu, bagi anda yang masih berstatus fresh graduates atau baru saja lulus, maka ada baiknya anda mulai melamar pekerjaan lepas atau freelance terlebih dahulu.

Hal tersebut dapat anda lakukan sebelum menulis lamaran kerja di perusahaan yang anda inginkan. Dengan memperdalam pengalaman anda di dalam bekerja maka perusahaan nantinya akan bisa untuk mengukur kemampuan yang anda milki. Hal ini juga akan mempengaruhi rasa gugup ketika anda melamar pekerjaan. Untuk itu, pengalaman adalah salah satu hal yang perlu anda persiapkan sebelum melamar kerja.

2. Meningkatkan Kemampuan Yang Anda Miliki

Selain menambah pengalaman kerja, rasanya tak lengkap jika tidak dibarengi dengan peningkatan kemampuan yang anda miliki. Untuk itu, pastikan anda untuk memiliki kemampuan yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang anda lamar. Apabila anda memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan ataupun keterampilan yang anda punya, maka anda pun tak boleh ragu untuk mulai belajar.

Sehingga nantinya kemampuan baru yang anda miliki akan bisa digunakan untuk melamar pekerjaan yang anda inginkan. Anda pun bisa dengan mengikuti berbagai macam kursus yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan anda lamar. Nantinya, anda pun akan bisa untuk menuliskan pada lamaran kerja tentang kursus yang diambil tersebut. Selain itu, anda pun juga bisa belajar pada teman dengan profesi yang sama untuk bisa mengajari anda.

3. Jangan Terlalu Bangga Akan CV yang Anda Miliki

Jika anda memiliki banyak pengalaman atau prestasi akademik yang tertuang di dalam CV, maka anda pun jangan langsung berbangga hati. Hal ini dikarenakan tak jarang banyak perusahaan yang tidak benar benar membaca CV yang anda kirimkan. Terlebih lagi, ketika CV tersebut tidak sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang anda lamar. Untuk itu, lebih baik anda berfokus kepada jenis pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman anda.

4. Jangan Terlalu Memikirkan Gaji

Untuk anda yang merupakan fresh graduate atau lulusan baru, maka anda pun jangan terlalu sering untuk membahas tentang gaji. Hal ini dikarenakan akan mampu untuk memperkecil peluang anda untuk diterima kerja. Untuk itu, anda bisa membicarakannya ketika memang pewawancara sedang menanyakan hal tersebut. Jangan sekali pun akan ngotot untuk meminta gaji sesuai dengan yang anda inginkan.

Pasalnya, hal tersebut akan membuat perusahaan memiliki nilai yang buruk kepada anda. tak menutup kemungkinan nantinya anda akan di black list atau tidak termasuk dalam daftar pelamar yang akan diterima. Untuk itu, meskipun anda telah menulis lamaran kerja dengan bagus, namun apabila anda melakukan hal tersebut maka tak segan segan perusahaan pun akan mencoret anda dari daftar karyawan yang akan diterima.

5. Dengan Mempersiapkan Diri Ketika Wawancara

Ketika anda melamar pekerjaan, maka perusahaan yang tertarik dengan profil atau berkas yang anda kirimkan pastinya akan memanggil anda untuk tahap wawancara. Tentu saja, hal ini merupakan momen yang tidak bisa anda biarkan begitu saja. Untuk itu, anda pun perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sehingga nantinya anda akan bisa menimbulkan kesan yang baik kepada perusahaan yang anda lamar.

Ketika proses wawancara sering kali perusahaan akan menanyakan berbagai jenis pertanyaan yang terkesan tidak nyambung. Namun, untuk menghadapi hal tersebut maka anda tidak perlu gugup dan bingung. Sehingga anda pun perlu untuk menyiapkan mental sejak awal dengan matang. Hal ini akan menghindaran anda dari terjadinya hal buruk yang tidak diinginkan ketika proses wawancara.

6. Dengan Membuat Personal Branding

Di dalam menulis lamaran kerja, maka anda pun perlu untuk memiliki personal branding akan diri anda sendiri. Hal ini merupakan salah satu faktor penting agar anda nantinya diterima bekerja di dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, anda bisa membuat personal branding sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Anda bisa dengan membuat diri anda seprofesional mungkn.

Sehingga nantinya banyak orang yang memang akan mengakui kemampuan yang anda miliki. Di jaman digital yang serba canggih ini, maka anda pun juga bisa untuk memanfaatkan kekuatan media sosial. Dimana terdapat aplikasi yakni LinkedIn yang mampu untuk memperkuat personal branding yang anda miliki. Dengan menggunakan hal tersebut akan membuat anda semakin terlihat profesional.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Mitra Infoparama

7. Dengan Memberikan Dokumen ke Perusahaan yang Anda Lamar Secara Lengkap

Ketika anda sedang melamar pekerjaan, tentu saja anda pun harus menyerahkan dokumen. Untuk itu, sebelum mengirimnya maka bisa dipastikan bahwa anda mengirimkan dokumen yang lengkap dan benar. Selain itu, anda pun juga bisa untuk memberikan dokumen yang akan membuat perusahaan menjadi tertarik untuk memperkerjakan anda. Untuk itu, anda pun bisa menyerahkan lembar portofolio yang berisi tentang pengalaman anda.

8. Dengan Mencari Tahu Lebih Lanjut Tentang Perusahaan

Sebelum anda menuliskan lamaran kerja ke perusahaan yang ingin anda untuk lamar, maka sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Untuk itu, hal ini dapat anda lakukan dengan meriset dan juga memperdalam mengenai hal apa saja yang ada di dalam perusahaan tersebut. Ada banyak hal yang bisa anda riset, mulai dari jenjang karir di perusahaan tersebut hingga lingkungan kerja.

Untuk itu, hal tersebut pun dapat anda tanyakan kepada seseorang yang memang pernah bekerja di tempat itu. Sehingga nantinya anda akan mendapatkan informasi yang lebih dalam tentang perusahaan yang anda lamar tersebut. Selain itu, anda pun juga bisa untuk membuka situs resmi mengenai perusahaan yang akan anda masuki. Hal ini akan menjadi salah satu cara untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan yang anda ingin untuk masuki.

Itulah beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum melamar pekerjaan. Hal tersebut merupakan hal mendasar. Sehingga nantinya anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang anda impikan. Untuk itu, anda pun sebaiknya mempelajari terlebih dahulu hal hal tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa meminimalisir kejadian yang bisa menjadi penyebab anda tidak diterima bekerja. Untuk itu, persiapan yang matang adalah hal yang sangat penting.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!