8 Lowongan Pekerjaan Fresh Graduate Yang Paling Populer dan Untuk Semua Jurusan

Pekerjaan Untuk Lulusan Baru Yang Populer Bagi Semua Jurusan | Ketika seseorang baru saja lulus, umumnya mereka masih memegang teguh idealismenya. Inginnya bekerja di instansi yang bergengsi, gaji tinggi dan sesuai dengan jurusan. Tentunya hal tersebut menjadi keinginan banyak orang. Faktanya sebagai fresh graduate atau lulusan baru, mencari lowongan yang menerima non pengalaman saja sulit. Untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan impian, lowongan pekerjaan yang paling populer berikut bisa dijadikan refrensi. Simak ulasannya.

Pekerjaan Untuk Lulusan Baru Yang Populer Bagi Semua Jurusan

1. Wartawan

Media massa di tanah air kian hari kian menjamur. Banyak media baru entah cetak, ektronik hingga internet bermunculan. Untuk itulah dibutuhkan tenaga pewarna yang baru dan masih fresh. Pekerjaan satu ini cocok untuk kamu yang belum berpengalaman dan menyukai dunia menulis. Selain itu pastikan kamu juga suka petualangan, karena pekerjaan sebagai wartawan akan menjelajah hal baru. Dan tentunya bekerjanya di lapangan tidak di dalam kantor.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu petik jika bekerja sebagai wartawan. Salah satunya kamu bisa berkeliling untuk mencari berita sekaligus mengenal banyak orang. Dengan begitu, kamu memiliki peluang untuk membuka relasi sebanyak banyaknya. Sehingga di masa mendatang kamu bisa mengembangkan karir menjadi lebih mudah. Memang pekerjaan untuk fresh graduate ini gajinya tidak besar, namun tetap menarik untuk dicoba dan cari pengalaman.

2. Pegawai Bank atau Teller

Apakah kamu pernah melamar di bank sebagai teller? Tidak memiliki background di bidang ekonomi dan perbankan juga tetap bisa bekerja di sektor satu ini. Untuk menjadi pegawai bank, ada beberapa skill khusus yang memang dibutuhkan. Namun semua skill tersebut bisa kamu pelajari selama proses training. Sehingga kamu tak perlu kecil hati, jika ingin bekerja di bank peluangnya cukup lebar. Semua jurusan bisa bekerja menjadi pegawai bank atau teller.

Memang untuk pekerjaan ini tidak mementingkan jurusan, namun ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Umumnya lowongan pegawai bank berkaitan dengan tinggi badan hingga IPK. Pastikan kamu memenuhi poin wajibnya jika ingin diterima sebagai pegawai bank. Pegawai bank akan menjadikan kamu memiliki kesempatan mengembangkan karir di dunia perbankan. Gaji pekerjaan ini juga cukup besar umumnya mencapai Rp. 5 juta sampai Rp. 8 jutaan setiap bulan.

3. Sales

Profesi selanjutnya yang terbuka lebar bagi yang baru lulus adalah sales. Tidak memperdulikan jurusan, sales juga biasanya tidak harus lulusan sarjana. Lowongan untuk fresh graduate ini membutuhkan orang orang yang pandai berkomunikasi dan selling product. Kamu akan dituntut untuk menjual dan mendapatkan banyak pelanggan, dengan strategi yang dimiliki perusahaan. Kamu juga harus memenuhi target yang telah ditetapkan.

Jika selama menjadi sales kamu berhasil tembus target, maka jenjang karier kamu akan meningkat. Dalam dunia sales bukan hal aneh jika hanya dalam waktu 1 atau 2 tahun sudah bisa menjadi manager atau team leader. Kemampuan komunikasi yang baik dibutuhkan jika kamu ingin melamar pekerjaan satu ini. Gaji seorang sales umumnya tergantung dari targetnya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang memberlakukan gaji umum dan memberi bonus untuk target.

4. Customer Service

Memiliki kemampuan public speaking yang baik memang akan memudahkan kamu bekerja. Seperti lowongan yang banyak dibuka untuk lulusan baru satu ini, customer service. Tugas kamu adalah mendengar, memberikan tanggapan sekaligus menyampaikan pertanyaan  dari pelanggan ke yang bersangkutan. Hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan produk membutuhkan customer service, untuk mengatasi berbagai hal terkait dengan customer.

Apabila kamu tertarik mencoba pekerjaan untuk fresh graduate ini, maka kamu harus memiliki kemampuan problem solving yang layak. Selain itu juga dibutuhkan orang yang bisa berkomunikasi dengan baik, secara lisan maupun text dan juga memiliki penampilan yang menarik. Jika kamu sudah memenuhi semua kriteria tersebut, maka kamu bisa segera melamar pekerjaan ini. Kisaran gajinya lumayan, kisaran di angka Rp. 4 jutaan sampai Rp. 6 jutaan.

5. Agen Asuransi

Lowongan untuk agen asuransi begitu melimpah dan sebagian besar menerima yan baru saja lulus. Namun agen asuransi seringkali dipandang sebelah mata, padahal prospek dan pendapatannya cukup menjanjikan. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik. Sehingga kamu bisa menarik banyak orang untuk bergabung dengan asuransi kamu. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini cukup menggiurkan.

6. Account Executive

Account Executive menjadi salah satu lowongan yang juga banyak berseliweran. Account Executive atau yang dikenal AE memiliki tugas layaknya sales pada tim marketing. Persyaratan yang dibuka untuk posisi umumnya yang baru lulus dari berbagai macam juruan. AE juga bertugas untuk melakukan pendekatan dengan banyak perusahaan agar bisa terjalin kerjasama. Peran AE ini akan berbeda di masing masing bidang perusahaan.

Misalnya di indutri media, AE akan bertugas untuk meyakinkan perusaahaan agar memasang iklan pada media tersebut. untuk masuk dalam dunia kerja ini, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi sekaligus negosiasi. Sebagai fresh graduate bukan tak mungkin mendapatkan kemampuan ini. Selain itu kebanyakan AE akan memberikan syarat untuk penampilan yang menarik. Sebab nantinya kamu harus bertemu dengan banyak klien sehingga penampilan harus menunjang.

7. Staff Administrasi

Posisi administrasi juga menjadi salah satu yang banyak kamu temui. Nantinya seorang staff administrai harus mengurus berbagai berkas serta form yang akan dibutuhkan perusahaan. Untuk memegang jabatan satu ini, kamu harus memiliki sifat tekun dan teliti. Sebab tidak semua orang bisa sabar untuk mengambil job desc satu ini. Staff Administrasi memang lebih banyak membutuhkan yang jurusanya sesuai, tetapi tak sedikit pula yang membuka untuk semua jurusan.

Bukan hanya untuk lulusan sarjana  saja, bahkan untuk kamu yang tamatan sekolah menengah juga bisa terbuka lebar. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan satu ini cukup menjanjikan. Meskipun memang membutuhkan waktu agar kamu bisa mendapatkan gaji yang baik. Kamu yang suka dengan keteraturan dan paham dengan pemberkasan bisa mencoba pekerjaan satu ini. Jenjang karir yang ditawarkan juga cukup menggiurkan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Fresh Graduate Kesulitan Mendapatkan Kerja

8. Konten Kreatif

Maraknya media sosial dan media massa, membutuhkan tenaga kerja yang kreatif dan inovatif. Menjadikan lowongan pekerjaan konten kreatif juga bertebaran. Umumnya mereka mencari fresh graduate untuk bergabung dalam tim kreatif ini. Dan pekerjaan yang akan kamu lakukan beragam, mulai dari penulis hingga menjadi videografer bahkan produser. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan satu ini cukup tinggi dan menjanjikan.

Dengan mengintip beberapa lowongan yang sering muncul, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan kamu dalam berkarir. Jika skill kamu mumpuni, tak ada salahnya untuk mencoba mengirimkan lamaran pekerjaan. Patokan gajinya mungkin akan berbeda untuk masing masing daerah. Namun siapa tahu, dengan merintis dari awal kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sudah diidam idamkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!