Tips Menghadapi Undangan Interview Kerja Online

Tips Menghadapi Undangan Interview Kerja Online | Tidak hanya karena pandemi, kamu yang mencari pekerjaan di luar kota maupun luar negeri akan akrab dengan interview secara online. Di era serba canggih seperti saat ini memang tak perlu pusing memikirkan jarak maupun kendala lainnya. Wawancara secara online maka sama dengan video call  sehingga tetap membutuhkan persiapan. Tips wawancara online berikut, diharapkan bisa membantu kamu. Selengkapnya simak ulasannya.

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Secara Online

1. Tetap Menggunakan Pakaian Formal

Tips Menghadapi Undangan Interview Kerja Online

Meskipun kamu tidak langsung datang ke tempat wawancara seperti biasanya, kamu tetap harus menggunakan pakaian yang formal. Tujuannya tentunya untuk menunjukkan sikap profesional maupun keseriusan kamu. Bukan berarti karena tidak bertatap muka, kamu tidak mempersiapkan apapun terutama soal penampilan. Apalagi dalam hal ini kamu juga akan bertatap muka lewat media yang artinya nantinya akan terlihat meskipun tak secara kesuluruhan.

Bayangkan saja, jika yang melakukan wawancara menggunakan pakaian yang formal. Sementara kamu menggunakan pakaian santai, tentunya akan memberikan kesan yang tidak baik. Sehingga ada baiknya kamu juga tetap bersiap dalam penampilan. Bagi para kaum hawa, tidak ada salahnya memoleskan sedikit make up agar terlihat segar. Begitu juga dengan kaum adam yang bisa menata rambut atau persiapan menunjang penampilan kamu.

2. Memastikan Jika Koneksi Internet Lancar

Yang tak kalah penting dalam menyiapkan wawancara online adalah koneksi internet. Gangguan koneksi internet akan mengganggu jalannya interview kamu. Apabila kamu ragu dengan koneksi internet di rumah, kamu bisa mencari tempat yang memang koneksinya jempolan. Jika pengaruh ketidak stabilan internet karena provider, maka kamu bisa beralih pada provider yang akan menjamin kestabilan internetnya.

Bagi kamu yang mengandalkan data, pastikan jika kuota internet mencukupi. Apabila dirasa mepet, kamu bisa segera mengisi ulang kuota kamu. Sebenarnya tidak hanya koneksi internet, pastikan alat alat atau perangkat yang dibutuhkan juga sudah disiapkan. Seperti baterai yang telah terisi penuh, aplikasi online yang digunakan dan lain sebagainya. Hal ini tidak boleh disepelekan dan dianggap enteng, kamu harus benar benar memperhatikannya.

3. Persiapkan Tempat Yang Menunjang

Apabila pakaian dan internet kamu sudah disiapkan, maka tempat untuk melakukan interview harus diperhatikan. Proses persiapan tepat dimaksudkan, ketika kamu sedang melakukan wawancara, tidak ada yang mengganggu. Seperti suara yang ribut, atau orang yang riwa riwi di belakang kamu. Apalagi jika kamu berada di rumah yang ada anak anak, maka kamu harus mengkondisikan selama kamu sedang melakukan wawancara online.

Jika tidak bisa melakukan wawancara di rumah, kamu bisa mencari tempat yang memang dirasa lebih aman dan nyaman. Pastikan jika tempat tersebut jauh dari kebisingan, orang lalu lalang dan gangguan lainnya. Namun juga perhatian soal koneksi internet tidak terganggu di tempat tersebut. Background juga harus kamu perhatikan, pemilihan background yang bisa dijadikan pilihan adalah warna polos, atau background yang tak membuat salah fokus.

4. Pencahayaan Yang Bagus

Karena nantinya kamu menggunakan perangkat selama wawancara, maka pencahayaan juga menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. Kamu tentunya tahu, pencahayaan dasar mengambil foto seperti backlight. Pencahayaan ini akan membuat wajah kamu tidak terlihat, karena sumbernya dari belakang. Pastikan wajah kamu tidak terlihat gelap di kamera perangkat kamu, tujuannya agar pewawancara bisa melihat dengan jelas.

Untuk lebih nyaman, ada baiknya sebelum waktunya wawancara kamu mencoba terlebih dahulu. Apakah pencahayaan sudah baik atau perlu pindah tempat lagi. Solusi lainnya yang juga bisa dilakukan adalah duduk dekat dengan jendela. Atau bisa juga menggunakan lampu tambahan agar tak gelap. Intinya pastikan wajah kamu terlihat dengan jelas dan baik selama melakukan wawancara online. Mempersiapkan lebih awal lebih baik daripada mengurangi penilaian.

5. Fokus Pada Interview

Ketika kamu sedang wawancara secara online, maka ada baiknya kamu hanya fokus pada interview yang sedang berjalan. Tidak melakukan kegiatan yang tidak penting seperti memainkan smartphone maupun membuka tab serta halaman lainnya. Selain membuat konsentrasi terganggu, kamu juga akan membuat jaringan internet bisa terhambat. Relakan saja waktu beberapa saat ke depan hanya untuk melakukan interview online ini.

Saat menjawab pertanyaan, usahakan selalu melihat ke kamera. Seakan akan kamu sedang melihat mata sang lawan pembicara. Hal ini penting untuk diingat, sebab jika kamu melihat ke arah lain bisa dianggap tidak sopan atau bahkan tidak menghargai. Fokus kepada pewawancara tidak hanya bisa meningkatkan kesan sang interviewer, namun juga membuat kamu mudah menjawab pertanyaan. Sebab kamu menyimak semua yang ditanyakan kepadamu.

Baca juga: Bersiap Hadapi Wawancara Kerja, Berikut 7 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan

6. Tunjukkan Antusias Kamu

Meskipun hanya terhubung melalui perangkat, kamu tetap harus menunjukkan antusiasme dan semangat. Dengan memberikan kesan tersebut, maka kamu juga menunjukkan kesan bersahabat. Nantinya dalam wawancara online ini, pewawancara tidak akan meremehkan setiap percakapan yang ada. Tersenyum ramah, dan bersemangat juga akan memberi kesan jika kamu memang sudah menanti interview ini serta tertarik dengan pekerjaan tersebut.

7. Berlatih Interview

Kamu juga perlu untuk berlatih agar selama interview kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik. Memanfaatkan internet, kamu juga bisa mencari tahu pertanyaan pertanyaan yang biasanya ditanyakan. Terutama pertanyaan yang menjebak, kerap kali membuat gugup. Jika kamu memiliki banyak persiapan yang baik, maka akan rasa percaya diri tersebut juga akan di tangan. Setelah itu, kamu bisa mencoba berbicara di depan cermin.

Atau meminta bantuan keluarga maupun teman dekat untuk menanyakan beberapa pertanyaan. Dengan begitu, teman kamu bisa memberikan masukan. Apakah posisi duduk, sikap bahkan intonasi suara sudah tepat. Ada banyak hal memang yang harus diperhatikan ketika akan melakukan interview sekalipun tidak secara langsung. Setelah menyiapkan semuanya, jangan lupa untuk perbanyak doa dan meminta restu orang tua.

8. Membuat Rencana Ketika Koneksi Internet Putus

Untuk membuat interview kamu sempurna, maka kamu juga harus menyiapkan hal hal di luar perkiraan. Salah satunya adalah putusnya jaringan internet yang bisa saja terjadi. Pertama tama janganlah merasa panik ketika hal ini terjadi. Memang tidak bisa memprediksi, namun menyiapkan kemungkinan terburuk bukanlah ide yang buruk. Dan untuk menyiasati hal ini adalah dengan mencatat nomer maupun email dari pewawancara.

Ketika tiba tiba internet terputus, kamu bisa menghubungi mereka. Dengan begitu mereka akan menilai jika kamu sudah berusaha dan berinisiatif. Kamu juga akan dinilai sebagai pribadi yang tanggap, pantang menyerah dan kreatif. Berusaha terlebih dahulu, barulah sisanya serahkan pada sang Maha. Semoga saja hasil wawancara online tersebut tidak mengecewakan.

Tidak hanya wawancara secara langsung, secara online juga membutuhkan persiapan yang matang. Apalagi jika pihak perusahaan tersebut sudah menginformasikan jauh jauh hari. Mempelajari tentang perusahaan, sikap, pertanyaan hingga hal berkaitan teknis tetap harus dilakukan. Dengan menyiapkan senjata, maka langkah selanjutnya adalah berdoa agar kamu bisa diterima di perusahaan tersebut.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!