Tantangan Mencari Pekerjaan Bagi Fresh Graduate Di Era New Normal Dan Solusinya

Pandemi Covid 19 memang memberikan banyak dampak dalam kehidupan. Meskipun demikian, kehidupan juga harus tetap berjalan. Lulusan baru juga akan tetap membutuhkan pekerjaan pasca menyelesaikan pendidikannya. Bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan di masa seperti ini. Para fresh graduate di Era New Normal harus menjawab tantangan yang ada. Beberapa tantangan tersebut, bisa disimak dalam ulasan berikut.

Tantangan Serta Solusi Bagi Para Fresh Graduate di New Normal

1. Tekanan Dari Dalam Diri

Tantangan yang pertama berasal dari diri kita sendiri. Bagaimana di era new normal tak hanya harus menjaga kesehatan badan, namun juga menjaga kesehatan mental. Banyak lulusan baru yang akhirnya mengalami gangguan pada mentalnya. Penyebabnya adalah terlalu memberikan tekanan pada diri sendiri. Tekanan ini berasal dari pertanyaan kenapa belum juga mendapatkan panggilan kerja serta rasa malu terhadap teman maupun keluarga.

Daripada kamu membuat diri sendiri dalam tekanan, ada baiknya jika lebih santai. Kamu bisa memanfaatkan waktu selama menunggu untuk hal hal yang lebih berguna. Kondisi saat ini sedang sulit memang, namun bukan berarti kamu menyerah dan berhenti berusaha. Kamu bisa mulai mencari pekerjaan part time untuk menambah pengalaman. Tidak harus sesuai dengan jurusan kamu, tidaklah mengapa siapa tahu akan ada peluang yang menjanjikan.

Tantangan bagi fresh graduate di era new normal ini menjadikan pada lulusan baru untuk lebih proaktif. Segala kesulitan tidak harus dijadikan tekanan yang akan membuat mental terganggu. Selain mencari lowongan part time, kamu juga bisa membuka bisnis kecil kecilan. Saat ini ada banyak bisnis yang tak membutuhkan banyak modal, hanya perlu bermodalkan internet serta smartphone saja. Pastinya kamu akan mendapatkan ilmu baru dari semua hal yang dilakukan.

Buatlah dirimu selalu dalam kondisi yang bahagia dan bersabar menjalani semuanya. Jika memang merasa sedih atau hampir putus asa, berhentilah sebentar saja. Puaskan dirimu untuk meluapkan semua beban yang membelenggu. Setelah itu bangkit lagi dan berusaha untuk memulihkan semangat. Berhubungan dengan orang orang yang memberikan dampak positif juga akan membuat kamu selalu menjadi pribadi dengan vibes yang positif.

2. Pengangguran Semakin Banyak

Tak bisa dipungkiri, adanya Covid membuat perekonomian juga terimbas. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan hingga harus mendapatkan pedihnya PHK. Tantangan utama ini mau tidak mau juga harus diterima oleh para lulusan baru. Kamu tidak hanya bersaing dengan seangkatan, namun juga kakak tingkat hingga mereka yang telah di PHK. Pengangguran yang semakin banyak berarti, persaingan juga akan sangat ketat dan menyesakkan.

Sebagai fresh graduate di era new normal, kamu tidak harus merasa berkecil hati. Tantangan ini harus dihadapi, mau tidak mau, suka tidak suka semuanya harus dibabat habis. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk menjadi lulusan baru yang bisa dilirik, sementara banyak perusahaan besar yang tak membuka recruitment. Yang bisa kamu lakukan adalah lebih proaktif dalam memburu pekerjaan yang sekiranya bisa kamu lakukan.

Gunakan semua platform untuk melamar pekerjaan, dan tetap berhati hati ketika kamu melamar pekerjaan. Penggunaan berbagai platform untuk melamar pekerjaan, juga harus sering sering mengganti CV menjadi lebih baru. Tugas kamu adalah meyakinkan para HR perusahaan dengan CV yang kamu miliki. Jika kamu hanya menggunakan satu CV untuk melamar semua pekerjaan, kesempatan untuk bisa diterima akan lebih sedikit.

Di era New Normal, jumlah lowongan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pelamar. Banyak orang orang yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan penipuan. Banyak penipuan berkedok lamaran pekerjaan. Untuk itu selain harus meyakinkan para HR dengan kemampuan, kamu juga harus benar benar mengecek lowongan tersebut. Jangan main kirim lamaran sesuka hati. Menjadi fresh graduate di era new normal bukan berarti melupakan keamanan mencari pekerjaan.

3. Tidak Ada Lagi Batasan Ilmu

Tantangan yang selanjutnya harus dijawab para lulusan baru adalah batasan ilmu yang semakin tipis. Artinya semua orang bisa belajar apapun tanpa melihat dan mengenal backgroundnya. Banyak waktu luang karena orang orang akan berada di rumah lebih lama. Kamu tidak akan tahu jika ternyata diam diam semua orang memanfaatkan waktu untuk belajar. Bahkan apa yang kamu anggap kamu kuasai ternyata bukanlah hal yang istimewa.

Padahal kamu belajar hal tersebut hingga bertahun tahun. Untuk itu, kamu tidak boleh berpuas diri dengan ilmu yang saat ini kamu miliki. Banyak perusahaan yang lebih menyukai karyawan yang serba bisa. Maka langkah yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan ini adalah terus belajar dan meningkatkan skill kamu. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk belajar banyak hal di sela sela waktu luang dan menunggu panggilan kerja kamu.

Apalagi sebagai seorang fresh graduate di era new normal, kamu tentunya belum memiliki banyak pengalaman. Yang bisa dilakukan tentunya belajar banyak hal, yang kira kira akan selalu dibutuhkan dalam dunia kerja. Seperti misalnya mengasah kemampuan berbahasa asing, bisa menggunakan software desain, menulis hingga skill lainnya yang bisa dipelajari secara otodidak. Dengan begitu kamu akan menjadi fresh graduate yang lebih unggul dibandingkan lainnya.

Baca juga: 7 Trik Agar Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate atau Non Pengalaman

4. Beradaptasi Dengan Baik

Di Era New Normal segalanya berubah, dan terkadang manusia sedikit kaget dengan perubahan tersebut. apalagi ketika perubahan tersebut terlalu mendadak dan terkesan memaksa kita untuk melakukannya. Namun hal ini rupanya juga menjadi tantangan bagi para fresh graduate. Kamu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan baik terhadap keadaan baru ini. Sebenarnya bukan hanya kamu, namun hampir semua orang sedang beradaptasi.

Jika sebelumnya kamu bisa mencari pekerjaan dengan langsung datang, kini kamu harus mengenal berbagai aplikasi serta platform untuk mencari pekerjaan. Apabila mendapatkan panggilan interview, mau tidak mau juga harus menggunakan wawancara online. Melek teknologi menjadi solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi new normal ini. Kamu harus beradaptasi dengan penggunaan teknologi dalam setiap hal terkait mencari pekerjaan.

Kamu bisa memanfaatkan Linkedln dan plalform lainnya sebagai etalase yang bisa dipamerkan kepada para HR. Membangun koneksi secara online ini akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Nantinya jika benar diterima, kamu juga harus tetap bekerja secara online. Itu artinya perangkat bekerja, internet dan lain sebagainya harus benar benar diperhatikan. Untuk fresh graduate di era new normal hal ini memang bukanlah hal yang mudah.

Itulah beberapa tantangan yang harus dihadapi dan dijawab oleh para fresh graduate. Kamu tidak boleh terlena dan puas dengan ilmu yang kamu miliki. Jika memiliki waktu luang, maka saatnya kamu belajar banyak hal untuk menambah nilai jual dalam diri kamu. Saat ini mencari ilmu bisa dilakukan di mana saja tidak harus pendidikan formal. Tak hanya belajar, kamu juga harus pandai mengelola agar tetap sehat jiwa raga agar bisa bertahan di pandemi ini.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!