Tips Menghadapi Wawancara Online Agar Lolos Kerja

Tips Menghadapi Wawancara Online Agar Lolos Kerja | Bagi anda yang sedang melamar sebuah pekerjaan, maka ada baiknya untuk mulai mempersiapkan panggilan interview. Pasalnya wawancara akan menentukan lolos tidaknya anda untuk bergabung dalam perusahaan. Di masa seperti sekarang ini tentu banyak sekali perusahaan yang memilih untuk melakukan interview secara online. Nah agar anda bisa menjawab pertanyaan secara maksimal, yuk simak tips wawancara online berikut.

Cara Menghadapi Interview Online Agar Diterima Kerja

1. Memastikan Koneksi Internet Aman

Tips Menghadapi Wawancara Online Agar Lolos Kerja

Salah satu menghadapi wawancara secara online adalah dengan memastikan koneksi internet anda benar benar aman. Artinya pastikan jika internet stabil dan memiliki kecepatan koneksi. Jika jaringan di ruah anda kurang  mendukung, maka anda bisa mencari tempat lain yang memastikan jika koneksi internet benar benar bagus dan stabil. Apabila menggunakan paket data, maka sebaiknya periksa terlebih dahulu ketersediaan kuota internet.

Hal ini tentu aja sangat berguna untuk mengantisipasi jika kuota internet yang anda miliki habis dan anda harus membelinya terlebih dahulu. Tidak hanya itu, ketika melakukan interview secara online maka jangan menggunakan koneksi internet dengan membuka halaman website lain. Jika anda membuka koneksi internet lain, maka koneksi internet akan menjadi lambat dan menganggu proses interview.

2. Mempersiapkan Alat Pendukung

Tips wawancara online yang kedua adalah mempersiapkan alat pendukung seperti handphone, laptop atau pun iPad yang harus digunakan dalam kondisi baik. Anda juga harus memastikan alat komunikasi yang digunakan memiliki baterai yang penuh. Yang tak kalah penting lagi anda harus memiliki aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan wawancara kerja seperti Skype, Zoom dan aplikasi lain yang mendukung.

3. Mempersiapkan Tempat

Jika anda akan melakukan wawancara secara online, maka anda harus menyiapkan tempat untuk melakukan interview. Pastikan jika anda memiliki tempat yang nyaman dan tenang untuk melakukan wawancara. Sebab jika anda berada di tempat yang ramai, maka anda akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Terlebih lagi jika ada banyak sekali gangguan suara dari orang orang disekitar anda yang mengganggu proses interview online.

Anda juga harus mencari tempat dengan mengatur pencahayaan yang tepat. Jangan sampai anda malah membelakangi cahaya sehingga membuat wajah lebih gelap di kamera. Atur terlebih dahulu posisi cahaya yang mendukung sehingga wajah anda akan terlihat lebih jelas saat melakukan wawancara. Jika tidak menemukan posisi yang tepat, maka anda bisa mengakalinya dengan meletakkan dua lampu di depan laptop atau handphone yang anda gunakan.

4. Menggunakan Baju Formal yang Sesuai

Meskipun dilakukan secara online, namun pakaian yang anda kenakan tetap harus diperhatikan. Anda bisa menggunakan pakaian yang formal saat melakukan interview online. Dengan memilih baju formal untuk wawancara, maka pihak interview akan menilai anda sangat profesional. Tips wawancara online satu ini harus anda terapkan agar bisa diterima kerja. Gunakan pakaian kemeja putih dan belezer untuk wanita.

Sedangkan untuk lelaki, anda bisa menggunakan kemeja yang rapi dan bersih dengan perpaduan celana bahan dan dasi. Sebelum proses interview, ada baiknya anda memperhatikan baju yang anda kenakan. Hal ini karena baju akan menentukan identitas dan kepribadian bagi para pemakainnya. Tidak hanya menunjukkan kepribadian, tingkat profesionalitas kerja anda juga akan dinilai dengan memilih baju yang tepat dan sesuai.

5. Melakukan Simulasi Interview Terlebih Dahulu

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika akan melakukan interview adalah melakukan simulasi interview sebelum proses wawancara. Anda bisa berlatih dengan teman anda melalui sebuah aplikasi Skype. Ajaklah teman untuk menjadi seorang interviewer dan memberikan pertanyaan seputar interview. Setelah itu anda bisa meminta teman untuk mengevaluasi kekurangan selama proses interview yang dilakukan sebelumnya.

Melakukan simulasi wawancara juga akan mempersiapkan mental serta kelancaran saat berbicara dan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Sehingga anda tidak akan blank dan bisa menjawab semua pertanyaan dengan mudah dan tepat. Yang tak kalah penting tips wawancara online adalah dengan terus berlatih untuk berbicara lancar di depan para interviewer sehingga, akan terlihat menyakinkan dan memiliki peluang besar untuk diterima kerja.

6. Memastikan Melihat ke Arah Kamera Bukan Monitor

Tips selanjutnya adalah memastikan jika anda melihat ke arah kamera bukan ke monitor. Sebab seringkali orang hanya berfokus menatap lawan bicara di monitor bukan di kamera. Oleh karenanya anda harus memastikan jika melihat ke arah kamera saat interviewer melakukan wawancara. Tips ini sangat berguna untuk mencegah kesalahpahaman saat melakukan komunikasi.

Terlebih lagi anda akan dinilai sangat tidak sopan dan tidak menghargai kepada yang mungkin dipikirkan oleh para interviewer. Anda bisa melakukan simulasi wawancara dengan teman dan mematikan jika anda menatap bagian kamera. Melihat ke arah kamera juga akan membuat di pewawancara melihat anda sebagai sosok yang sangat profesional dalam bekerja.

7. Memperlihatkan Rasa Antusias dan Bersemangat

Tunjukkan rasa antusias dan bersemangat saat akan melakukan interview online. Dengan begitu, anda secara tidak langsung akan memberikan kesan baik dan bersahabat. Sehingga pewawancara tidak akan meremehkan percakapan interview yang dilakukan. Tunjukkan wajah yang ceria dan tetap tersenyum ramah sebagai tips wawancara online. Selain itu gerakkan kepala dengan mengangguk sebagai tanda bahwa anda mendengarkan dan memahami dengan baik pertanyaan yang diajukan.

8. Memperlihatkan Wajah yang Segar dan Menarik

Cara untuk melakukan interview selanjutnya adalah menampilkan wajah yang segar dan menarik. Caranya adalah dengan meluangkan waktu beberapa jam untuk berdandan dan bersiap siap terlebih dahulu sebelum melakukan interview. Untuk perempuan anda bisa menggunakan makeup dan merias rambut agar terlihat rapi dan sedap dipandang ketika interview. Sedangkan untuk laki laki, maka pastikan jika anda mengatur rambut dengan sangat rapi.

Oleh karenanya pastikan jika wajah anda segar dan tidak terlihat seperti bangun tidur. Sebab jika wajah anda terlihat masam, para interview akan menilai anda sebagai orang yang tidak profesional. Bahkan kemungkinan terburuknya para interviewer ini akan mengurungkan niat untuk melakukan wawancara dengan anda. Oleh karenanya anda harus mulai melakukan persiapan penampilan yang matang untuk melakukan interview.

Baca juga: Tips Menghadapi Undangan Interview Kerja Online

9. Pastikan Selalu Fokus dengan Interview

Fokus adalah salah satu kunci utama ketika sedang melakukan interview. Tidak hanya fokus untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang diajukan, namun juga fokus terhadap proses wawancara itu sendiri. Hindarilah untuk membuka halaman website saat melakukan interview. Selain akan menganggu koneksi internet, membuka website juga akan mengganggu konsentrasi anda. Untuk itu sebagainya tips wawancara online selanjutnya adalah meluangkan 1 hingga 3 jam untuk interview.

Melakukan wawancara secara online tentu akan terasa berbeda dengan wawancara pada umumnya. Anda harus memiliki persiapan yang lebih untuk bisa melalui sesi wawancara tersebut dengan lancar. Yang tak kalah penting pastikan jika koneksi internet anda stabil sehingga tidak akan terputus saat melakukan wawancara. Dengan melakukan tips tersebut maka wawancara online anda akan berjalan lancar.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!