7 Skill Bekerja di Start Up yang Perlu Anda Kuasai

Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini bisnis startup memang mulai tumbuh di Indonesia. Bisnis satu ini berkembang dalam berbagai jenis mulai dari bidang travelling, kuliner, industri kreatif, dan lain sebagainya. Sehingga untuk bisa menghadapi persaingan dan mampu bertahan dalam bidang usaha yang kompetitif ini, Anda memerlukan skill bekerja di start up. Lantas, apa saja skill tersebut? Yuk simak dalam ulasan ini.

Kemampuan yang Perlu Dikuasai Saat Bekerja di Bisnis Startup

1. Kemampuan Interpersonal untuk Menjalankan Bisnis

Ketika memiliki sebuah bisnis, maka Anda akan berinteraksi dengan orang lain, yang mana interaksi ini merupakan hal yang penting untuk pelaku bisnis startup yang baru membangun bisnis. Sehingga kebutuhan utama yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini adalah bagaimana cara berinteraksi dengan baik. Pada bisnis ini, cara berurusan dengan orang orang adalah suatu hal yang akan menentukan tingkat kesuksesan.

Dalam persaingan bisnis yang ketat, masih ada banyak bisnis di luar sana yang kurang memberikan pelayanan yang baik. Dengan demikian, hal ini bisa menjadi peluang yang besar untuk bisnis Anda. Yang perlu diperhatikan adalah mengembangkan kesabaran, sebab ada beberapa orang yang sulit bisa menyenangkan atau bahkan memahami para konsumen. Perlu diingat, dalam meningkatkan pelayanan yang penting adalah belajar “mendengarkan” dan “memahami”.

2. Kemampuan Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Sebuah bisnis adalah segala hal tentang uang. Meskipun tengah menjalankan bisnis yang tidak terlalu disukai, namun pada dasarnya menghasilkan pendapatan bisa menjadi alasan yang kuat. Untuk itu, memahami angka keuangan dan juga akhir bisnis adalah skill bekerja di start up yang perlu dikuasai. Pasalnya area satu ini sangat penting dan diperlukan dalam sebuah bisnis. Pengetahuan yang perlu dikuasai ini mencakup akuntansi, administrasi dasar, organisasi, dan juga pengetahuan tentang bisnis.

Terdengar sangat banyak yang harus dipelajari, bukan? Tapi memang itulah beberapa pengetahuan yang perlu dikuasai ketika ingin mulai bisnis startup. Jangan cepat mengeluh, yang penting adalah bisa mempelajari semua hal yang perlu untuk diketahui. Di dunia ini tidak ada yang terlahir sebagai “jagoan bisnis”, akan tetapi jagoan bisnis ini belajar dari berbagai kelas formal dan juga informal.

3. Kemampuan Komunikasi

Salah satu rahasia seorang pebisnis sukses dan memiliki kehidupan yang kaya adalah selalu belajar cara berkomunikasi secara efektif. Dimana dalam hal ini, hal yang perlu dilakukan adalah bisa mengomunikasikan sesuatu kepada orang lain dengan cara tertentu. Cara Anda ketika berkomunikasi secara verbal kepada klien yang potensial, bisa menjadi penentu apakah para klien ini memilih bekerjasama saat itu juga ataupun di masa depan.

Skill bekerja di start up ini tidak hanya diperlukan untuk berkomunikasi dengan klien, tetapi juga dengan pengacara, manajer bank, akuntan, pemodal ventura, ataupun perusahaan pinjaman. Yang mana komunikasi ini berguna dalam negosiasi sewa, kontrak atau ketika bekerja dengan kontraktor bangunan, pejabat daerah, pemerintah, pemasok bahkan hingga karyawan. Sebagian mungkin akan sulit dihadapi, sehingga ada miliki kemampuan komunikasi secara verbal dan tertulis.

4. Kepercayaan Diri yang Kuat

Ketika Anda sulit berkembang karena kurang percaya diri, maka bisa dipastikan bahwa bisnis startup yang dibangun akan menjadi sebuah tantangan yang sulit. Oleh karena itu, sangat penting yang namanya menumbuhkan keyakinan ketika membangun diri menjadi seorang yang ahli dan mampu membangun ketrampilan vital lainnya. Akan tetapi juga ada banyak pelaku bisnis yang tidak pernah berhasil melewati tantangan ini, pasalnya mereka tidak memiliki rasa percaya diri.

Rasa kurang percaya diri ini bisa muncul ketika harus menghabiskan banyak waktu untuk bekerja sendiri, sehingga tidak perlu berfikir negatif untuk mengalihkan perhatian. Bahkan terkadang, ketika pelaku bisnis menghadapi masalah ini akan sangat sulit untuk termotivasi. Namun jangan khawatir, sebab ada banyak alat, konselor, dan juga kursus yang bagus untuk bisa membantu mengatasi masalah dalam menguasai skill bekerja di start up satu ini.

5. Kemampuan Dalam Bidang Teknologi

Saat ini, bisnis sudah harus bersifat digital dan canggih secara teknologi. Dikarenakan waktu merupakan komoditas yang sangat penting, maka tidak mengherankan jika saat ini sudah banyak yang memilih menggunakan alat yang praktis dan efisien seperti email. Seperti yang diketahui, bahwa saat ini cenderung lebih banyak memilih email daripada telepon sebagai media komunikasi.

Kebanyakan konsumen gemar mencari produk atau jasa ketika malam hari melalui internet, sehingga memiliki situs web yang dirancang dengan baik dan bisa menarik dapat menjadi alat pemasaran yang penting. Anda tidak diharuskan menjual melalui internet, akan tetapi website bisa menggambarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis sekaligus dapat memberikan informasi yang diinginkan oleh konsumen.

6. Kemampuan Teknis Kelola Bisnis

7 Skill Bekerja di Start Up yang Perlu Anda Kuasai

Siapa yang bisa memiliki bisnis startup? Siapa saja bisa membangun bisnis startup, akan tetapi membangun startup tanpa adanya pengetahuan teknis mengenai bisnis hanya akan menghancurkan bisnis tersebut. Oleh karena itu, memiliki kemampuan teknis mengelola bisnis merupakan skill bekerja di start up yang wajib dikuasai. Pasalnya sebagai pelaku bisnis, Anda memiliki tanggung jawab untuk bisa memberikan pelayanan terbaik dengan cara yang profesional.

Sehingga sangat disarankan jangan memulai bisnis sebelum memiliki ketrampilan yang diperlukan. Ada baiknya bisnis dimulai ketika sudah bisa mengembangkan kemampuan terbaik. Yang mana kemampuan ini bisa diperluas melalui pelatihan ataupun secara otodidak. Yang paling penting adalah jangan sampai berhenti mengikuti perkembangan teknologi di bidang bisnis yang digeluti. Tidak ada salahnya jika Anda hadir pada seminar atau pameran untuk menambah pengetahuan.

Jika sudah memiliki kemampuan ini, maka pelanggan bisnis akan melihat Anda sebagai seorang pakar atau ahli. Selain itu, pelanggan juga akan menaruh kepercayaan kepada kemampuan tersebut. Sehingga ada baiknya jangan sampai mengecewakan pelanggan. Yang perlu ditekankan dalam bisnis startup adalah, harus menjadi ahlinya di bidang tersebut. Di dunia startup yang penuh dengan persaingan, maka keahlian inilah yang bisa dijadikan keunggulan.

Baca juga: 8 Lowongan Pekerjaan Fresh Graduate Yang Paling Populer dan Untuk Semua Jurusan

7. Kemampuan Marketing

Memiliki kemampuan dalam pemasaran produk atau jasa merupakan skill bekerja di start up yang sangat penting dan perlu untuk dikuasai. Pasalnya marketing mengacu kepada berbagai strategi yang bisa digunakan untuk menjangkau pelanggan potensial, dan memberikan informasi mengenai produk atau jasa kepada mereka. Marketing yang efektif mencangkup pada penggunaan ketrampilan komunikasi, serta mengetahui cara mendefinisikan dan menargetkan pasar.

Itulah beberapa kemampuan yang perlu dikuasai ketika ingin bekerja ataupun membangun bisnis startup. Yang mana kemampuan tersebut tentunya sangat penting dan juga dibutuhkan untuk bisa bersaing dan bertahan di tengah ketatnya persaingan dengan startup lain. Namun perlu diketahui, tentunya keahlian ini haruslah sesuai dengan karakter dan juga kebutuhan masing masing individu. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda dalam menghadapi persaingan di bisnis startup.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!