7 Hal Penting yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja

Hal Penting apa yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja? Mencari pekerjaan memang tidak mudah, sehingga anda harus memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Pastikan anda selalu memberikan info yang lengkap terkait diri sendiri serta latar Pendidikan. Informasi yang lengkap jadi salah satu pertimbangan penting bagi recruiter saat melihat curriculum vitae yang dikirimkan ke suatu perusahaan. Dalam CV harus memuat beberapa informasi penting saat mengirimkan lamaran kerja. Yuk cek di sini!

Hal Penting yang Wajib Ada dalam CV Lamaran Kerja

1. Data Pribadi

Hal Penting yang Wajib Ada dalam CV Lamaran Kerja

Salah satu hal utama yang harus anda cantumkan tentu data diri secara lengkap. Data yang lengkap ini membuat recruiter atau HRD perusahaan mudah mengenali anda. Seorang HRD tentu ingin mengetahui lebih dalam calon karyawan yang akan berkontribusi di kantornya. Oleh sebab itu, suatu kesalahan fatal bila anda tidak menuliskan data diri sesuai dengan yang sebenarnya dan secara lengkap. Pastikan tidak ada yang tertinggal untuk dituliskan.

Hal pertama tentang data diri, yaitu nama lengkap dan panggilan bila memang ada. Setelah itu, tambahkan tanggal lahir di riwayat hidup yang menandakan usia anda karena harus sesuai dengan kualifikasi. Tidak lupa untuk memberikan alamat asal dan alamat tinggal anda saat ini agar recruiter mengetahui jarak dari rumah ke kantor. Setelah itu, berikan alamat email agar dapat memeroleh informasi terkait penerimaan atau tahap selanjutnya.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

2. Deskripsi Diri

Kolom ini sering kali diabaikan saat membuat CV, padahal memiliki peran yang sangat penting untuk karier anda ke depannya. Pada kesempatan ini, anda dapat memberikan deskripsi tentang diri sendiri dan jadi kesempatan untuk mempromosikan diri. Tidak perlu panjang, anda cukup menuliskan tiga sampai empat kalimat dengan bahasa yang ringkas serta mudah dipahami oleh orang lain. Pastikan hanya sekitar 200 kata agar tidak terlalu panjang.

Anda dapat menuliskan dengan kata ganti orang pertama atau saya saat menuliskan tentang deskripsi diri. Dalam 200 kata itu, anda dapat menyebutkan diri, latar pendidikan terakhir, dan keahlian yang dimiliki. Tidak lupa mencantumkan pula pengalaman kerja, bila anda pernah bekerja sebelumnya. Serta berikan tujuan anda dalam berkarier agar recruiter melihat sisi lain dari diri anda yang belum tertuang di dalam curriculum vitae.

3. Pendidikan dan Pelatihan

Setiap hal yang anda lakukan dalam beberapa waktu terakhir jadi poin penting dan dapat ditambahkan di dalam daftar riwayat hidup. Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah anda enyam, mulai dari sekolah menengah atas hingga pendidikan formal terakhir. Pastikan Pendidikan formal terakhir relevan dengan bidang anda yang lamar di kantor tersebut. Hal ini sebagai bahan pertimbangan agar pelamar dapat diterima untuk wawancara atau tes awal.

Selain mencantumkan pendidikan formal, anda juga bisa menuliskan pelatihan yang diikuti di CV. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas diri, sehingga memiliki nilai lebih daripada kompetitornya. Tidak lupa untuk memberikan bukti bahwa telah mengikuti pelatihan tersebut, seperti piagam atau sertifikat. Keahlian lain atau softskill sering kali jadi nilai lebih yang membuat pelamar lebih dilirik daripada calon karyawan lain.

4. Pengalaman

Hal Penting yang Wajib Ada dalam CV Lamaran Kerja

Lulus tepat waktu memang sangat penting, mengingat usia produktif seseorang tidaklah lama. Memasuki usia 20 tahunan, anda memiliki tenaga dan pikiran yang masih sangat produktif hingga mampu menghasilkan berbagai karya. Oleh sebab itu, lulusan yang masih berusia 20 tahunan menjadi calon karyawan potensial sehingga lulus tepat waktu jadi salah satu kunci. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang keahlian anda.

Memiliki pengalaman yang lebih selalu jadi nilai yang unggul daripada hanya sekadar kuliah atau mengenyam Pendidikan formal. Bagi lulusan baru, anda dapat menuliskan pengalaman mengikuti organisasi di dalam CV. Bila anda telah bekerja sebelumnya, tuliskan tempat anda bekerja sebelumnya agar dapat menunjang posisi yang diinginkan di kantor baru tersebut. Pengalaman ini memungkinkan recruiter untuk memberikan nilai lebih pada tiap kandidat.

5. Keahlian Tambahan

Di era industri 4.0, manusia dituntut lebih cerdas dan terampil agar memiliki nilai lebih daripada orang lain. Bila anda masih di masa kuliah, sebaiknya pergunakan waktu sebaik mungkin agar memiliki keahlian tambahan untuk menunjang diri. Recruiter akan melihat anda sebagai orang yang potensial bila bisa memberikan sumbangsih lebih daripada kandidat lainnya. Oleh sebab itu, tuliskanlah keahlian tambahan di daftar riwayat hidup.

Keahlian tambahan yang menunjang profesi cukup beragam, seperti kemampuan berbahasa asing. Dapat berbicara bahasa Inggris secara aktif dan pasif tentu jadi salah satu nilai lebih. Bila anda dapat berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya pun dapat dicantumkan. Selain itu, para pelamar juga bisa mengasah keterampilan komputer seperti mengoperasikan aplikasi tertentu. Pastikan anda juga menjelaskan aplikasi yang telah dikuasai dengan baik.

6. Prestasi

Tidak hanya memiliki keahlian tambahan, setiap orang tentu memiliki pencapaian yang sangat memuaskan. Anda dapat mencantumkan prestasi yang pernah diperoleh semasa kuliah atau bekerja. Selama kurang lebih dua tahun terakhir, anda telah melakukan hal hal yang memuaskan sehingga memiliki pencapaian tertentu. Di CV anda, berikan keterangan tentang prestasi yang telah diperoleh dan bisa dibuktikan dengan sertifikat atau piagam.

Prestasi yang dicapai bisa yang mendukung profesi yang sedang anda lamar atau berkaitan dengan pendidikan anda sebelumnya. Bila anda pernah bekerja sebelumnya, berikan pencapaian yang pernah diperoleh di dalam curriculum vitae. Dengan begitu, recruiter dapat mengetahui kapasitas calon kandidat yang akan masuk di kantornya. Hal ini jadi salah satu bahan pertimbangan anda akan masuk atau lolos ke tahap selanjutnya.

7. Referensi

Daftar riwayat hidup telah ditulis dengan baik dan menarik sehingga mudah dibaca oleh HRD perusahaan. Anda dapat menutup paparan daftar riwayat hidup ini dengan memberi atau menambahkan kontak referensi. Berikan beberapa nama yang mengenal anda dengan baik, sehingga bisa menjelaskan pribadi anda secara personal ataupun profesional. Bisa dari teman atau rekan kerja yang pernah bekerja sama dengan anda sebelumnya.

Agar memudahkan recruiter untuk menghubungi, anda dapat memberikan info yang jelas terkait kontak di referensi. Berikan nama lengkap, jabatan, serta perusahaan tempat mereka bekerja. Tidak lupa untuk memberikan nomor telepon dan alamat email di dalam CV. Anda dapat memberikan 3 nama yang berbeda agar dapat memberikan keterangan yang lebih jelas pada HRD perusahaan. Kontak ini dapat menambah nilai anda di mata para recruiter.

Lulusan baru dari suatu perguruan tinggi memang sulit bila harus memulai suatu usaha, bila tidak didukung modal yang besar. Oleh sebab itu, banyak yang memiliki mencari pekerjaan dengan melihat lowongan kerja secara online dan offline. Lamaran kerja tentu juga harus diberi daftar riwayat hidup agar recruiter bisa melihat kapasitas anda. Anda 7 hal yang harus anda cantumkan, yaitu data diri, deskripsi diri, Pendidikan, pengalaman, keahlian, prestasi, dan referensi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!