Cara Cerdas Mengelola Gaji UMR Jakarta 2020

Cara Mengelola Gaji UMR kota Jakarta Demi Memenuhi Kebutuhan Harian | Akhir tahun 2019 lalu, Gubernur DKI Jakarta telah menetapkan gaji UMR Jakarta 2020 sebesar 4.2 jutaan. Kenaikan gaji tersebut telah diperhitungkan lewat pertumbuhan ekonomi dan inflansi, namun dirasa kurang mencukupi jika tidak mengetahui cara cerdas mengelolanya.

Alhasil berapapun besaran gaji yang didapat, tentunya Anda akan merasa kurang. Berikut cara cerdas mengelola keuangan agar tetap sejahtera hidup di Jakarta.

Cara Mengelola Gaji UMR kota Jakarta 2020

1. Mengetahui Pentingnya Memiliki Asuransi

Cara Cerdas Mengelola Gaji UMR Jakarta 2020

Kian bertambahnya tahun, masyarakat semakin menyadari pentingnya asuransi sebagai bekal ataupun langkah antisipasi untuk masa depan lebih cerah. Bahkan pemerintah Indonesia telah memiliki program asuransi bernama BPJS, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan setiap masyarakat tanah air.

Sayangnya sebagian pengguna BPJS mengeluhkan bahwa pelayanannya kurang baik, karena harus melalui proses yang panjang. Sebenarnya kondisi ini tidak dapat dihindari, mengingat banyaknya masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan yang sama.

Bukan hanya asuransi kesehatan semata, karena saat ini sudah banyak jenis asuransi demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karenanya, silahkan pilih dengan bijak dan disesuaikan jumlah penghitungan gaji UMR Jakarta 2020.

Jangan pernah menunda memiliki asuransi hanya karena alasan masih muda dan tidak memiliki riwayat kesehatan yang buruk, sebab tidak ada yang mengetahui musibah dapat terjadi.

Selain melakukan antisipasi cerdas dengan memiliki asuransi sesuai kebutuhan, akan lebih baik jika Anda mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan kaya gizi, dan mencukupi kebutuhan air mineral setiap harinya.

2. Membanginya Pos Pengeluaran

Hal utama yang masih gagal dilakukan yaitu disiplin dalam pengelolaan keuangan sejak awal. Dengan artian, Anda harus membagi pos pengeluaran sejak mendapatkan gaji didapatkan.

Agar lebih efektif, silahkan pisahkan berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan harian. Mulai dari makan, minum, telekomunikasi, sewa rumah, hingga transportasi tidak luput dari perhitungan matang.

Sebisa mungkin pastikan biaya harian tidak lebih dari 50% jumlah gaji yang didapatkan. Misalnya Anda mendapatkan gaji UMR Jakarta 2020 yang terhitung 4.2 juta, maka harus menggunakan dana sekitar 2.1 jutaan saja untuk pemenuhan kebutuhan harian saja.

Sebab masih banyak kebutuhan lainnya yang perlu ditutupi, contohnya saja seperti biaya sewa untuk tempat tinggal yang tentunya membutuhkan dana cukup tinggi. Misalnya saja biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa per bulannya mencapai 1.5 jutaan, maka sisanya harus mencukupi kebutuhan lainnya seperti biaya pulsa maupun transportasi.

Namun tidak perlu khawatir isi dompet akan ludes seketika, karena Anda bisa mengakalinya dengan mengontrak dekat tempat kerja untuk menekan pengeluaran dana transportasi. Selain itu, pastikan untuk menghitung pula adanya cicilan yang harus segera dilunasi.

3. Hidup Lebih Hemat

Hari dimana mendapatkan gaji disebut sebagai waktu dimana Anda harus menjadi lebih bijak dalam menggunakannya. Sebab untuk mendapatkan sejumlah gaji yang berada di genggaman, membutuhkan perjuangan yang panjang dan mengorbankan beberapa hal.

Berhentilah untuk menghambur hamburkan uang yang dimiliki, dan beralihlah menjadi hidup lebih hemat sebagai solusinya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai hidup hemat tanpa menyiksa batin. Salah satunya dengan menerapkan hitungan 50% yang difungsikan sebagai biaya hidup, 10% untuk menabung, serta 30% untuk membayarkan cicilan (jika ada). Sedangkan 10% sisanya dapat dimanfaatkan untuk bersenang senang sejenak, agar pikiran kembali segar dan produktifitas pun tetap terjaga.

Cara bersenang senang setiap orang tentunya berbeda, ada pula yang hanya melakukannya dengan berburu kuliner lezat, berlibur ke tempat baru, ataupun sekedar nongkrong cantik bersama dengan sahabat tercinta. Namun akan lebih bijak untuk tidak menghabiskan 10% dana tersebut, dan alihkan untuk memenuhi kebutuhan yang jauh lebih penting.

Dijamin menerapkan disiplin keuangan ini, membuat Anda terhindari dari hutang piutang.

4. Menabung Terlebih Dahulu Sebelum Berbelanja

Cara Cerdas Mengelola Gaji UMR Jakarta 2020

Usai mendapatkan gaji, merupakan waktu yang tepat untuk berbelanja dan berburu barang yang diinginkan sejak jauh hari. Namun pastikan dapat menahan diri agar tidak gelap mata semata, karena penting menabung setidaknya sejumlah 10% dari jumlah gaji UMR Jakarta 2020 yang didapatkan.

Tabungan tersebut akan sangat membantu Anda ketika membutuhkan biaya darurat tanpa diduga sebelumnya. Umumnya dana tabungan yang berhasil dikumpulkan dapat diandalkan ketika terdapat kebutuhan mendadak entah itu sakit ataupun hendak pulang kampung.

Bahkan dalam praktek perencanaan keuangannya sendiri, rasio ideal khusus untuk dana darurat yaitu 3 kali hingga 6 kali pengeluaran Anda per bulannya. Dengan cara ini, dapat menghindarkan Anda dari sifat boros karena kurang mampu mengelola keuangan sendiri.

Misalnya saja jika mengeluarkan dana sekitar 3.5 juta per bulannya, setidaknya Anda harus memiliki dana darurat sekitar 10.5 juta.

Apabila dalam keadaan tertentu yang memaksa Anda menggunakan dana darurat tersbut, pastikan untuk mengembalikannya kembali sejumlah dengan dana yang diambil sebelumnya. Dengan begitu, tabungan akan terus bertambah tanpa menunjukkan pengurangan.

5. Sisakan Dana untuk Investasi

Apabila kebutuhan dana darurat telah terpenuhi sempurna, dapat dipastikan jika keuangan kondisi keuangan cukup sehat. Setelah kebutuhan tabungan cukup terpenuhi, tampaknya melakukan investasi adalah keputusan tepat untuk dilakukan.

Investasi ini akan sangat berguna bagi kebutuhan masa depan entah itu untuk melanjutkan pendidikan, menikah, ataupun membeli hunian pribadi sendiri.

Dalam kondisi ini, tidak ada salahnya melakukan investasi sekitar 10% dari jumlah gaji UMR Jakarta 2020. Namun perlu digaris bawahi, bahwa penting untuk mengetahui jenis investasi yang aman dan mampu mendatangkan keuntungan terutama bagi para pemula.

Contoh jenis investasi yang bisa dipilih seperti emas, yang dikenal dengan nilai ekonomis tinggi dan cenderung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain emas, masih banyak jenis inverstasi lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Oleh karenanya, mulailah untuk mempelajari setiap jenisnya untuk mendapatkan investasi terbaik dan mampu mendatangkan segudang keuntungan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek sekalipun.

Apabila Anda pertama kali melakukan investasi, tidak ada salahnya berguru pada mereka yang sudah paham untuk mendapatkan bimbingan.

6. Menambah Penghasilan Lewat Usaha Sampingan

Dibandingkan kota lainnya, bisa dikatakan bahwa Jakarta menyimpan segudang potensi dan kesempatan yang cukup lebar. Disinilah tugas Anda bagaimana agar kesempatan dan potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal, sebagai usaha sampingan terbaik untuk mendapatkan pundi pundi pendapatan tambahan.

Hal ini perlu dilakukan, karena tidak semua pendapatan utama dapat memenuh kebutuhan harian.

Tidak mengendalkan gaji UMR Jakarta 2020 merupakan pilihan tepat terutama hidup di Jakarta. Jenis usaha sampingan yang ditawarkan pun cukup beragam seperti menjadi mitra objek online, membuka usaha kecil kecilan yang menawarkan kuliner lezat, hingga toko online yang menjajakan aneka kebutuhan harian.

Cobalah geluti usaha sampingan tersebut dengan baik dan serius, dijamin Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat.

Sebagian masyarakat menganggap bahwa kota besar seperti jakarta, memiliki besaran gaji yang dapat mencukupi kebutuhan sehari hari. Sayangnya masih banyak yang tidak menyadari bahwa jumlah kebutuhan disana juga cukup tinggi, sehingga penting untuk mengetahui cara tepat mengelolanya agar hidup sejahtera.

Mulai dari hidup lebih hemat, menabung, hingga menambah penghasilan lewat usaha sampingan perlu dilakukan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!