Tips CV Bagi Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Bagaimana agar CV Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan Pertama? atau anda bingung karena butuh beberapa tips CV Fresh graduate? Menulis CV untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama adalah langkah penting dalam karier Anda.

Jika Anda ingin melangkahkan kaki Anda ketika melamar pekerjaan, Anda perlu menuliskan keahlian khusus dan pengalaman perkerjaan yang relevan sesuai dengan apa yang anda lamar.

Tips CV Bagi Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Masalahnya adalah, ini bisa terasa rumit jika Anda seorang fresh graduate dan Anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja untuk ditampilkan.

Tidak hanya itu, tetapi seringkali keterampilan menulis CV yang sangat penting ini tidak diajarkan secara efektif selama Anda berada di dunia pendidikan.

Tips menulis CV bagi Fresh Graduate

Tapi jangan takut, dalam panduan ini kami akan berbagi dengan Anda, dimana kami akan memberikan 6 tips terbaik kami untuk menulis CV bagi fresh graduate yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama Anda.

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati, luangkan waktu Anda saat menulis CV Anda dan selalu koreksi lamaran Anda beberapa kali sebelum mengirimkan.

1. Gunakan deskripsi pekerjaan untuk membantu

Saat Anda menulis CV apa pun, deskripsi pekerjaan akan menjadi salah satu alat yang paling berguna.

Sebelum Anda mulai menulis, luangkan waktu untuk membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat. Soroti keterampilan, kualifikasi, atau pengalaman utama apa pun yang dicari pemberi kerja. Tentu saja, hanya yang sesuai dengan Anda.

Ini penting karena Anda dapat menyoroti hal itu kemudian menggunakan kata kunci ini di seluruh CV fresh graduate Anda untuk membantu perekrut dengan cepat mengidentifikasi bahwa Anda cocok untuk jabatan tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa mereka hanya akan menghabiskan antara tujuh hingga 10 detik untuk memindai dokumen Anda, jadi mereka harus dapat melihat dengan sangat cepat dan mudah apakah Anda sudah sesuai dengan yang mereka cari.

2. Prioritaskan pendidikan Anda

Ada banyak cara berbeda untuk memformat CV Anda, dan seringkali hal ini bergantung pada posisi Anda dalam karier, industri tempat Anda bekerja, dan latar belakang pendidikan Anda.

Sebagai seorang fresh graduate, Anda mungkin tidak memiliki banyak pengalaman untuk disoroti. Oleh karena itu, seringkali yang terbaik adalah memprioritaskan bagian pendidikan Anda. Oleh karena itu, struktur CV Anda adalah sebagai berikut:

  • Deskripsi tentang diri anda, tunjukan bahwa keahlian yang anda punya sesuai dengan pekerjaan tersebut.
  • Detail kontak
  • Profil pribadi
  • Pendidikan
  • Pengalaman kerja/organisasi
  • Keterampilan dan prestasi
  • Hobi dan ketertarikan

Pastikan untuk membuat daftar jenjang pendidikan yang Anda tempuh dan nilai yang Anda capai. Anda juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjelaskan modul atau kelas apa pun yang Anda ikuti, yang Anda yakini relevan dengan jabatan yang Anda lamar.

3. Sertakan pengalaman kerja apa pun

Anda mungkin pernah bekerja paruh waktu, ikut serta dalam pengalaman organisasi di sekolah, atau bahkan melakukan pekerjaan sukarela di masa lalu.

Semua ini dapat dimasukkan di bawah bagian pengalaman kerja Anda di CV fresh graduate Anda, dan harus digunakan untuk menampilkan keterampilan apa pun yang telah Anda pelajari. Pastikan pengalaman yang anda cantumkan pada CV relevan dengan jabatan yang anda lamar.

Anda harus memberikan nama tempat Anda bekerja dan tanggal Anda bekerja di sana. Kemudian di bawahnya uraikan secara singkat tanggung jawab utama dari jabatan tersebut.

4. Bicarakan tentang hobi dan minat Anda

Bagian hobi dan minat Anda bersifat opsional, tetapi ini bisa sangat membantu jika Anda adalah siswa dengan sedikit pengalaman kerja.

Manfaatkan kesempatan ini untuk membicarakan kegiatan ekstrakurikuler atau hobi yang Anda lakukan di rumah yang mungkin relevan dengan jabatan tersebut.

Anda dapat menggunakan ini untuk lebih mendemonstrasikan keterampilan Anda yang dapat ditransfer dan keterampilan lain yang telah Anda pelajari dari mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Baca juga: 7 Trik Agar Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate atau Non Pengalaman

5. Jangan berbohong atau membesar-besarkan

Anda mungkin tergoda untuk berbohong atau melebih-lebihkan untuk membantu Anda menemukan pekerjaan pertama Anda, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja atau nilai Anda lebih rendah dari yang diharapkan.

Tetapi ini adalah kesalahan besar dan Anda tidak boleh melakukannya. Kebenaran akan selalu terungkap pada akhirnya dan ini dapat menyebabkan masalah bagi Anda dan beberapa wawancara yang sangat canggung di masa mendatang.

Jadi, yang terbaik adalah selalu jujur.

6. Ikuti aturan pemformatan dasar

Last but not least, Anda perlu memastikan Anda sudah menggunakan format dasar CV dengan benar sehingga mudah bagi perekrut untuk memindai dan mencerna informasi. Beberapa aturan utama dalam memformat CV Anda adalah:

  • CV Anda tidak boleh lebih dari dua halaman A4, sebagai fresh graduate Anda mungkin dapat membuat hanya satu halaman.
  • Gunakan sub-judul dan poin-poin untuk membantu memecah informasi dan membuatnya lebih mudah dibaca
  • Jangan gunakan font yang mengganggu dan jangan membuatnya terlalu besar atau kecil (Ariel ukuran 12 atau Times New Roman bisa membantu)
  • Jangan gunakan margin kecil untuk mengisi halaman dengan teks, ingat spasi juga penting

Sudah pahamkah anda dalam pembuatan CV Bagi Fresh Graduate?

0%

Apakah deskripsi pekerjaan dapat membantu dalam pembuatan CV?

Correct! Wrong!

Sebelum Anda mulai menulis, luangkan waktu untuk membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat. Soroti keterampilan, kualifikasi, atau pengalaman utama apa pun yang dicari pemberi kerja. Tentu saja, hanya yang sesuai dengan Anda.

Apa yang Harus Menjadi Prioritas Jika Tidak Mempunyai Pengalaman Kerja?

Correct! Wrong!

Anda mungkin tidak memiliki banyak pengalaman untuk disoroti. Oleh karena itu, seringkali yang terbaik adalah memprioritaskan bagian pendidikan Anda.

Apa Bisa Menyertakan Pengalaman Kerja apa pun?

Correct! Wrong!

Anda mungkin pernah bekerja paruh waktu, ikut serta dalam pengalaman organisasi di sekolah, atau bahkan melakukan pekerjaan sukarela di masa lalu. Pastikan pengalaman yang anda cantumkan pada CV relevan dengan jabatan yang anda lamar.

Apakah kita boleh berbohong atau membesar-besarkan pada CV?

Correct! Wrong!

Kebenaran akan selalu terungkap pada akhirnya dan ini dapat menyebabkan masalah bagi Anda dan beberapa wawancara yang sangat canggung di masa mendatang.

Mana yang Termasuk aturan pemformatan dasar pada CV?

Correct! Wrong!

Anda perlu memastikan Anda sudah menggunakan format dasar CV dengan benar sehingga mudah bagi perekrut untuk memindai dan mencerna informasi.

Apakah Bisa Mencantumkan tentang hobi dan minat?

Correct! Wrong!

Manfaatkan kesempatan ini untuk membicarakan kegiatan ekstrakurikuler atau hobi yang Anda lakukan di rumah yang mungkin relevan dengan jabatan tersebut.

CV Bagi Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama
Anda sudah memahami dasar pembuatan CV bagi Fresh Graduate

Selamat Anda sudah memahami dasar pembuatan CV bagi Fresh Graduate
Anda masih perlu memahami dasar pembuatan CV bagi Fresh Graduate

Anda masih perlu memahami dasar pembuatan CV bagi Fresh Graduate, yuk baca lagii...

Share your Results:

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!