8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

Bagaimana Prospek Pekerjaan Jurusan Management? Menentukan jurusan saat kuliah juga akan berkaitan dengan pekerjaan yang nantinya kamu geluti. Itulah mengapa ada banyak calon mahasiswa yang lebih memilih untuk mencari tahu tentang prospek pekerjaan sebuah jurusan.

Apalagi ada banyak jurusan yang begitu digemari, salah satunya jurusan management. Sebenarnya, prospek pekerjaan Jurusan Management itu seperti apa? Untuk mengetahui gambaran lebih jelas, simak dalam ulasan berikut.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Management Dan Menjanjikan

1. Human Resources Department (HRD)

8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

Jurusan management sendiri memiliki peminatan yang beragam dan yang cukup banyak peminat adalah manajemen sumber daya manusia. Dengan peminatan tersebut, maka akan memudahkan kamu untuk memilih pekerjaan nantinya.

Untuk kamu yang mengambil peminatan sumber daya manusia, bisa memiliki peluang untuk masuk di tim HRD. Seperti yang kamu tahu jika tim HRD memang selalu dibutuhkan dalam setiap perusahaan apapun.

Prospek pekerjaan satu ini terbilang cemerlang dan pekerjaannya lebih banyak mengurus internal tentang kepegawaian. Kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik jika tertarik dengan jabatan satu ini.

Karena nantinya kamu harus bertemu dengan banyak orang yang akan dibutuhkan perusahaan tempat kamu bekerja. Pekerjaan jurusan management ini cukup menjanjikan, dengan rata rata gaji mulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 8 juta bagi para pemula.

2. Management Trainee

Prospek pekerjaan untuk jurusan management yang selanjutnya adalah Management Trainee atau yang dikenal dengan MT. Dalam beberapa waktu  terakhir, posisi satu ini memang banyak dibuka oleh berbagai perusahaan.

Baik perusahaan di dalam negeri atau di luar negeri yang berguna untuk mencari bibit unggul dari pekerja. Nantinya kamu akan mengikuti masa pelatihan sekaligus bekerja dengan status karyawan kontrak.

Umumnya akan bekerja dari 1 atau 2 tahun, dimana nantinya akan bekerja di berbagai divisi. Setelah itu akan diadakan evaluasi dan juga penilaian posisi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Apabila dalam prosesnya kamu lolos, maka kamu akan diangkat sebagai karyawan tetap. Dimana kisaran gajinya cukup lumayan, yakni sekitar Rp. 6 juta hingga Rp. 12 juta setiap bulannya. Terlihat menggiurkan meskipun membutuhkan waktu tak sebentar.

3. Business Development

Peluang kerja yang tak kalah menggiurkan untuk kamu jurusan Management adalah Business Development. Nantinya job desc kamu akan terkait dengan pengembangan usaha dari sebuah perusahaan.

Pengembangan ini bisa pada internal maupun eksternal sekalipun. Pekerjaan jurusan Management ini sebenarnya bisa dilamar untuk banyak jurusan. Pekerjaan satu ini memiliki kisaran gaji sekitar Rp. 6 juta sampai Rp. 8 juta untuk fresh graduate.

4. Pengamat dan Praktisi Ekonomi

Untuk kamu yang merupakan jurusan management, juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai seorang pengamat dan juga praktisi ekonomi. Nantinya kamu harus melakukan kajian kajian tentang bidang ekonomi.

Misalnya, kamu mengkaji tentang kebijakan ekonomi, dinamika perekonomian, sistem operasi pasar dan lainnya. Pandangan kamu sebagai seorang pengamat akan dibutuhkan untuk banyak pihak, dari instansi pemerintah hingga perusahaan swasta.

Nantinya hasil dari pandangan kamu akan dijadikan dasar bagi mereka untuk menentukan kebijakan ekonomi pada perusahaannya. Pekerjaan satu ini, sangat cocok untuk kamu yang menyukai penelitian.

Dalam bidang ini dibutuhkan sistem pemikiran yang sistematik, pribadi yang visioner hingga sikap kritis. Dengan begitu kamu bisa menjadi seorang pengamat yang kritis dan bisa memberikan solusi dari permasalah perekonomian yang ada dari hasil kajian.

5. Dosen

8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

Bagi kamu yang ingin bekerja dalam bidang pendidikan, maka kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai dosen. Hanya saja, untuk menjadi pengajar kamu harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

Persyaratan pekerjaan jurusan management ini bahkan sudah menjadi ketetapan dari pemerintah. Tujuannya tentu agar pendidikan yang ada di Indonesia semakin berkualitas dan berkembang ke depannya. Menjadi dosen juga membutuhkan skill yang mumpuni.

Semakin berpengalaman, maka kamu akan bisa mendapatkan prospek yang bagus dan terjamin. Kamu juga harus memiliki skill dan juga pengalaman yang nantinya bisa kamu ajarkan kepada anak didikmu di bangku kuliah.

Komunikasi juga perlu diasah agar ketika bertatap muka kamu bisa menyampaikan ilmu dengan baik. Gaji seorang dosen bisa dikatakan cukup mumpuni, berada di kisaran Rp. 8 juta hingga Rp. 20 juta tergantung dari tempat mengajar dan pengalaman.

6. Bagian Operasional

Dalam sebuah perusahaan bagian operasional juga menjadi posisi yang begitu dibutuhkan. Sebab dari divisi inilah nantinya operasional di dalam perusahaan bisa berjalan dengan baik.

Mulai dari urusan pengembangan, praktik bisnis, sampai berbagai aktivitas yang  berhubungan dengan operasional akan menjadi tugas kamu. Untuk bisa bekerja di bidang ini, kamu harus mengerti dan memahami seluk beluk dari sebuah sistem operasional perusahaan.

Pekerjaan satu ini memang akan memiliki cakupan yang cukup luas. Perusahaan yang membutuhkan bagian ini bisa berupa perusahaan jasa hingga pabrik sekalipun.

Nanti kamu bisa memilih yang sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Tidak hanya berpengalaman, pekerjaan jurusan management ini  juga akan mendapatkan gaji yang terbilang cukup. Seorang staf operasional bisa mendapatkan gaji di angka Rp. 6 juta hingga Rp. 8 juta untuk level seorang pemula.

Baca juga: 7 Trik Agar Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate atau Non Pengalaman

7. Pengusaha

8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

Jika kamu tidak ingin bekerja sebagai karyawan, kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha. Sebenarnya hampir semua jurusan bisa bekerja sebagai pengusaha. Dan memang keinginan menjadi pengusaha dimiliki oleh hampir setiap orang.

Menjadi pengusaha memang terlihat menggiurkan karena pendapatannya yang bahkan bisa berlipat. Tetapi untuk menjadi pengusaha, kamu harus melihat peluang yang jelas sekaligus tetap tangguh untuk menjalankan usaha yang ada.

Saat ini sudah banyak pengusaha yang berangkat dari UMKM hingga akhirnya menjadi orang yang sukses. Kisah kisah sukses mereka bisa dijadikan sebagai motivasi untuk kamu yang ingin bergelut dengan usaha sendiri.

Awalnya memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, tetapi ketika sudah besar keuntungan yang didapatkan bisa berlipat. Menariknya, kamu bisa membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran dengan bekerja di tempat kamu.

8. Konsultan

Bagi kamu yang suka bertemu dengan orang baru, pekerjaan jurusan management berikut bisa kamu coba. Seorang konsultan akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bertemu dengan klien dan membantu para klien untuk memberikan solusi pada masalah yang dihadapi.

Untuk mendapatkan gaji yang mumpuni, kamu perlu menjadi seorang konsultan senior lebih dahulu. Konsultan senior yang sudah bekerja di atas 5 tahun lebih bisa memiliki gaji Rp. 15 juta sampai Rp. 50 juta.

Sebenarnya masih ada banyak prospek pekerjaan yang bagus untuk kamu lulusan manajemen. Tapi beberapa yang telah disebabkan merupakan yang paling banyak dilakoni dan juga memiliki gaji yang lumayan.

Sebagai seorang fresh graduate kamu harus memiliki skill mumpuni agar bisa memenangkan persaingan yang ketat. Dengan melihat prospeknya kamu sudah bisa menyiapkan skill untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang diinginkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!