Peluang Pekerjaan Jurusan IT atau Informatika Yang Mapan

Bagaimana peluang Pekerjaan Jurusan IT atau Informatika Yang Mapan? Seperti yang kita ketahui bahwa jurusan di perguruan tinggi begitu banyak dan beragam. Kamu bisa menentukan dengan bebas sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Kamu juga bisa menentukan jurusan berdasarkan prospek pekerjaan di masa mendatang yang terbilang menjanjikan dan mapan. Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan IT atau Informatika, berikut beberapa peluang pekerjaan jurusan IT/Informatika yang menjanjikan.

Peluang Pekerjaan Untuk Jurusan IT atau Informatika

1. Analisis Sistem Komputer

Peluang Pekerjaan Jurusan IT atau Informatika Yang Mapan

Seorang yang merupakan lulusan Teknik Informatika atau IT sekalipun, bisa menggeluti pekerjaan yang juga disebut analisis sistem komputer.

Tugas dari pekerjaan ini adalah menganalisa sistem yang nantinya akan digunakan dalam sebuah perusahaan. Seorang analis sistem juga akan memeriksa sistem maupun model bisnis di suatu proyek. Kamu akan melakukan analisa yang berkaitan dengan kebutuhan sistem tersebut.

Kamu juga harus mengembangkan produk serta bisa mengimplementasikan dan juga menguji sistem tersebut. Apabila kamu tertarik untuk menggeluti bidang ini, maka kamu tidak hanya harus menguasai ilmu komputer dan elektronik.

Bahasa Inggris dan juga matematika menjadi pelajaran yang  juga harus kamu kuasai. Tak hanya itu, kamu juga harus memiliki kejelian tinggi dalam mengerjakan semua hal. Gaji yang ditawarkan untuk posisi satu ini terbilang menggiurkan.

2. Game Developer

Seperti yang kita ketahui industri game berkembang dengan begitu pesatnya. Jika kamu seorang lulusan IT atau Informatika kamu bisa menjadi seorang game developer.

Pekerjaan jurusan pekerjaan jurusan IT/informatika ini terbilang memiliki masa depan yang gemilang. Mengingat industri game memang tidak pernah surut dari waktu ke waktu. Apalagi semenjak game juga membanting setir ke game mobile yang lebih mudah dimainkan.

Prospek pekerjaan satu ini hingga kini masih terbuka lebar. Agar  bisa menjadi seorang game developer, kamu harus menguasai bahasa pemrograman sekaligus menguasai algoritmanya.

Seorang game developer umumnya juga orang orang yang mampu berfikir secara kreatif. Karena untuk menghadirkan sebuah game yang seru dan menyenangkan membutuhkan kreativitas yang tinggi. Namun gaji seorang game developer ini terbilang besar dan mapan.

3. Android Developer

Peluang Pekerjaan Jurusan IT atau Informatika Yang Mapan

Tak hanya game saat ini dunia android juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Seorang android developer sendiri merupakan programmer yang mampu untuk menghadirkan sekaligus merancang aplikasi untuk android.

Saat ini seperti yang kamu tahu, ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan beragam fitur maupun kemudahan untuk dipasang di android. Melihat berkembangnya android di tanah air tentunya prospek pekerjaan satu ini masihlah terbuka lebar.

Jika kamu tertarik untuk bisa memiliki profesi satu ini, maka kamu harus menguasai beberapa hal. Mulai dari bahasa pemrograman Kotlin maupun Java. Seorang android developer juga harus mampu untuk berkolaborasi bersama UX designer.

Karena dengan kolaborasi ini nantinya akan mudah membuat aplikasi yang user friendly. Pekerjaan Jurusan IT/Informatika ini terbilang memiliki gaji yang menjanjikan, terutama jika banyak yang menggunakan aplikasi tersebut.

4. Web Desainer

Perkembangan dunia digital makin hari semakin berkembang dengan pesat. Bahkan rasanya tidak akan pas jika tidak memanfaatkan digital untuk bisnis. Salah satu wadah yang bisa digunakan untuk memasarkan bisnis dan cukup efektif adalah Website.

Namun untuk bisa membuat website tidak semua orang bisa melakukannya. Butuh seseorang dengan keahlian khusus agar tampilan website menjadi lebih cantik tetapi juga informatif dan menarik.

Dan disinilah peranan kamu akan dibutuhkan untuk bisa membuat website sesuai kebutuhan. Kamu juga diharuskan mendesain website yang begitu mudah untuk digunakan.

Namun untuk bisa bekerja di bidang ini, maka kamu harus menguasai beberapa hal. Mulai dari mengerti Front End Web Developer hingga UX researcher. Di Indonesia sendiri ada banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Gaji yang bisa kamu raup juga terbilang besar dan menggiurkan.

5. Admin Data Base

Pekerjaan Jurusan IT/Informatika yang cukup menjanjikan untuk kamu lulusan Informatika adalah Admin Database. Tugas pekerjaan ini adalah mengurusi perawatan serta pengembangan database maupun basis data.

Dengan adanya database maka data data yang ada di sebuah instansi maupun perusahaan akan mudah untuk dirancang dan dirawat. Tak hanya itu, data website tersebut juga akan lebih mudah diakses untuk khalayak umum yang membutuhkan informasinya.

Selain itu, Admin Data Base juga memiliki tugas untuk mengatur hak akses masing masing pengguna. Tanggung Jawab admin database memang terbilang besar dan cukup riskan.

Sebab semua data harus kamu jaga dari pencurian pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan tanggung jawab sebesar itu, wajar jika gaji yang ditawarkan untuk posisi ini terbilang besar. Untuk bisa meraih posisi ini, pastikan kamu memenuhi semua kriterianya.

6. Growth Hacker

Peluang Pekerjaan Jurusan IT atau Informatika Yang Mapan

Apakah kamu sebelumnya pernah mendengar Growth Hacker atau yang juga disebut dengan peretas pertumbuhan. Nama ini ditujukan untuk mereka orang orang yang ahli dalam teknik SEO, analisis situs, pemasaran konten hingga melakukan konten.

Seperti yang kamu ketahui jika mencari uang dengan sistem  digital menjadi yang masih banyak dilakukan. Dengan begitu Pekerjaan Jurusan IT/Informatika satu ini begitu dibutuhkan.

Dalam dunia digital marketing, memang sangat membutuhkan strategi sekaligus pemasaran yang efektif. Terutama untuk bisnis bisnis yang masih berkembang, karena pemasaran melalui digital mau tidak mau memang memiliki peranan yang penting.

Pekerjaan yang bergelut dalam bidang jasa ini hingga kini masih terbuka lebar. Sebelum kamu memutuskan untuk terjun dalam pekerjaan ini, sebaiknya kamu sudah menguasai teknik dasar dari Growth Hacker ini.

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji diatas UMR Bandung 2020

7. Tenaga Pengajar IT

Apakah kamu tertarik terjun dalam dunia pendidikan? Meskipun jurusan kamu berhubungan dengan komputer dan teman temannya, kamu tetap bisa menjadi seorang pengajar.

Hal ini bisa dilakukan jika kamu memang sudah mahir dan cukup menguasai ilmu yang kamu peroleh. Tidak ada salahnya untuk menjadi tenaga pengajar bidang IT. Kamu bisa menjadi guru maupun dosen, pekerjaan ini juga akan sekaligus sebagai transfer semua ilmu IT kamu kepada murid kamu.

Agar ilmu yang kamu miliki semakin baik, maka alangkah baiknya jika kamu menambah masa studi. Kamu bisa mengambil S2 yang nantinya akan membuat kamu menjadi tenaga pendidik yang lebih baik dari segi ilmu.

Kamu juga mesti mengasah beberapa hal dasar yang bertujuan agar ilmu kamu tersalurkan dengan baik. Yang  jelas  Pekerjaan Jurusan IT/Informatika satu ini, cukup menarik untuk dilakukan. Gaji yang ditawarkan juga terbilang mumpuni dan mapan.

Beberapa pekerjaan untuk jurusan IT atau Informatika tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk mengasah berbagai skill, baik hard maupun soft untuk membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik.

Apalagi saat ini persaingan dalam dunia kerja begitu ketat, maka kamu harus mengunggulkan kualitas diri kamu. Dengan begitu kamu bisa memiliki peluang yang cukup besar demi pekerjaan impian di bidang yang kamu inginkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!