Tips Mendapatkan Pekerjaan Freelance untuk Mendapatkan Penghasilan

Bagaimana Mendapatkan Pekerjaan Freelance untuk Mendapatkan Penghasilan? Perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia dalam melakukan banyak hal termasuk mencari pekerjaan. Apalagi saat ini ada banyak pekerjaan freelance yang bisa dipilih untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak orang yang memilih pekerjaan ini, mengingat jam kerjanya yang lebih fleksibel. Bagi anda yang mulai bosan menjadi karyawan kantoran, berikut tips mendapatkan pekerjaan freelance yang bisa anda terapkan.

Tips Mendapatkan Pekerjaan Freelance

1. Mengetahui Passion

Banyak orang yang sering menyepelekan minat dan bakatnya Padahal mengenai passion diri sendiri penting dilakukan untuk memudahkan mendapat kerja freelance. Hal ini dikarenakan seseorang tidak mengenali minat yang anda miliki.

Oleh karena itu, anda perlu mengingat pekerjaan apa yang anda sukai. Misalnya jika anda termasuk orang yang suka membaca novel, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mulai menulis cerita pendek yang menarik.

Jika pandai dalam bidang desain, maka anda bisa mulai mencoba membuka jasa desain. Sedangkan jika menyukai kegiatan fotografi, maka anda bisa mencoba untuk menjadi fotografer.

Apabila masih belum mempunyai peralatan untuk menjadi fotografer, anda bisa meminjam dulu kepada teman anda atau orang orang terdekat. Sebenarnya ada banyak minat dan bakat yang bisa digali, sebagai salah satu tips mendapatkan pekerjaan freelance.

Mungkin saat pertama kali mencoba untuk menawarkan jasa freelance yang sesuai dengan passion membuat anda kurang percaya diri. Namun, jika anda selalu mengupgrade diri dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk berlatih, maka cara mendapatkan pekerjaan freelance akan semakin mudah dilakukan.

Jika anda memang memutuskan untuk menekuni dunia penulisan, sebaiknya perbanyak waktu mengunjungi perpustakaan untuk menambah wawasan anda.

2. Mencoba Pekerjaan yang Sesuai Passion

Setelah mengetahui dan menguasai bakat yang telah anda pilih, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mencoba mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan passion tersebut.

Jika anda memiliki bakat di bidang desain, anda bisa mencoba membantu teman anda yang sedang membuka bisnis dengan membuatkan desain untuknya. Atau anda juga bisa menawarkan jasa fotografi untuk teman anda yang sedang wisuda atau pun menikah.

Intinya anda perlu memulai untuk mengincar proyek yang berhubungan dengan bakat yang dimiliki. Entah itu tulisan, desain maupun fotografi.

Berbagai pekerjaan yang anda lakukan bisa menjadi tips mendapatkan pekerjaan freelance yang paling efektif. Bahkan pekerjaan sederhana seperti membuat poster untuk event tertentu juga bisa menambah citra anda di depan klien nantinya. Termasuk menerjemahkan makalah di bidang akademik.

Tentunya dengan adanya pengalaman dan keahlian ini, anda akan semakin percaya diri untuk mendapatkan proyek dari klien. Pasalnya klien tidak melihat seberapa lama anda pernah bekerja di bidang tersebut.

Namun dengan menjelaskan keahlian yang anda miliki, maka mereka pastinya akan mempertimbangkannya dengan baik. Dengan mengetahui keahlian yang anda miliki, mereka akan semakin percaya menyerahkan pekerjaan untuk anda selesaikan.

3. Membuat Portofolio

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi minat klien untuk mempekerjakan anda yaitu portofolio yang anda miliki. Namun, sayangnya banyak orang yang takut untuk menjadi seorang freelancer lantaran merasa belum memiliki pengalaman yang banyak.

Padahal sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan membuat portofolio. Jadi bukan menjadi masalah jika anda tidak pernah mengerjakan pekerjaan orang lain sebelumnya.

Sayangnya untuk beberapa pekerjaan yang mengharuskan anda untuk menunjukkan bukti, agar anda terlihat lebih profesional. Salah satunya dengan membuat portofolio mengenai pekerjaan yang sedang anda tangani. Kendati demikian, anda bisa membuat portofolio anda sendiri.

Tentunya portofolio yang ditampilkan dapat disesuaikan dengan proyek yang memang sedang anda incar. Nantinya portofolio ini dapat ditampilkan di sosial media untuk ditunjukkan klien.

Misalnya jika anda ingin mencari job menulis, maka anda bisa menulis tulisan yang anda sukai. Atau jika ingin mendapatkan pekerjaan desain, maka anda bisa membuat desain yang anda sukai baik itu berupa poster, logo maupun undangan.

Untuk mendapatkan referensi, anda bisa mencari contoh baik di majalah, koran maupun di media sosial. Buat semenarik mungkin, agar orang lain semakin berminat untuk menggunakan jasa freelance anda.

Baca juga: Bosan Menganggur? Ini Cara Mencari Pekerjaan di Era New Normal

4. Menawarkan Jasa Ke Orang Lain

Setelah membuat portofolio, maka sudah saatnya anda melakukan promosi dengan menawarkan jasa kepada orang lain. Anda bisa memulainya dengan memberi tahu kepada orang orang terdekat seperti kerabat maupun teman.

Promosi seperti ini dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Bahkan anda juga bisa menawarkannya kepada orang yang baru anda kenal. Mengingat semua orang bisa menjadi salah satu klien anda di masa depan.

Biasanya orang akan lebih percaya ketika yang memberikan rekomendasi tersebut adalah orang orang terdekat. Jadi dengan memberi tahu kepada teman anda, mereka bisa saja meneruskannya kepada orang lain yang membutuhkan.

Anda juga bisa mencari orang yang tepat yang memang membutuhkan keahlian yang anda miliki. Memang awalnya anda akan merasa kurang percaya diri, namun lambat laun anda justru akan ketagihan melakukannya.

Apalagi jika anda mengupayakan pengerjaan yang lebih maksimal, sehingga klien anda puas. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan anda di kemudian hari.

Selain menawarkan jasa kepada orang orang terdekat, anda juga bisa mempromosikan keahlian yang dimiliki melalui media sosial, mulai dari facebook, instagram hingga twitter. Menerapkan tips mendapatkan pekerjaan freelance ini membuka peluang klien yang lebih banyak.

5. Manfaatkan Teknologi yang Ada

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sayang untuk dilewatkan begitu saja. Penggunaan internet bisa mempermudah anda dalam memperoleh pekerjaan freelance.

Saat ini ada banyak situs freelance yang bisa anda manfaatkan untuk menawarkan diri, agar lebih cepat mencari job beberapa diantaranya sribulancer dan freelancer. Sayangnya untuk mendapatkan job di situs tersebut tergolong cukup sulit.

Pasalnya, ada banyak orang yang sudah berpengalaman juga ikut bersaing untuk mendapatkan proyek yang diincar. Kendati demikian, anda tetap bisa mendapatkan proyek tersebut namun dengan catatan gaji yang diberikan lebih murah dibandingkan pada umumnya.

Selain menawarkan jasa melalui situs freelance, anda juga bisa membuat website khusus yang menampilkan portofolio yang dapat menarik minat para klien.

Selain itu, anda juga bisa mencoba cara lain yaitu dengan mencari email orang yang sedang membutuhkan jasa anda. Selanjutnya, anda bisa menulis informasi seputar jasa anda, sebagai salah satu tips mendapatkan pekerjaan freelance.

Pastikan agar anda membuatnya lebih menarik, sehingga bisa mendorong orang tersebut untuk menggunakan jasa anda. Di bagian akhir email, anda bisa menambahkan kontak, untuk mempermudah klien menghubungi anda.

Meskipun pekerjaan freelance sering dianggap remeh oleh sebagian orang, namun bukan berarti bahwa anda tidak bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Jika sering mengasah skill yang anda miliki setiap waktu, bisa dipastikan anda semakin ahli dalam bidang tersebut.

Dengan demikian, semakin membuka peluang anda untuk mendapatkan gaji yang tinggi. Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan pekerjaan freelance membutuhkan usaha yang lebih banyak.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!