Tips Jadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang

Bagamana Menjadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang? Freelancer adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Jenis pekerjaan ini mulai banyak dimanfaatkan oleh mereka yang tidak ingin bersusah payah pergi jauh dan bisa melakukan pekerjaan dari rumah atau di mana saja.

Freelancer memang memiliki banyak kemudahan, namun persaingannya pun semakin tinggi. Oleh karena itu, tingkat profesionalitas menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan untuk menjadi seorang freelancer.

Tips Menjadi Seorang Freelancer yang Profesional

1. Harus Mengenali Keahlian Diri

Tips Jadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang

Sebelum anda memutuskan untuk terjun langsung dalam bisnis ini, sebaiknya anda mulai kenali dulu passion dan keahlian yang ada pada diri anda. Ada banyak sekali peluang yang bisa mengakomodasi berbagai keahlian seseorang.

Seorang yang memiliki skill yang menjual, bisa dijadikan sebagai salah satu modal utama dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan mengenali potensi dalam diri, maka anda bisa lebih mudah untuk beradaptasi dengan pekerjaan.

Mengenali keahlian dalam diri juga menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan profesionalitas dalam bekerja sehingga lebih memuaskan. Kebanyakan dari para Freelancer ini akan menjalankan profesi mereka berdasarkan keahlian dalam bidang kreatif.

Biasanya pekerjaan yang paling banyak di gaungi adalah penulis, desain, seni, fotografi dan lain sebagainya. Anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan potensi yang ada di dalam diri anda.

2. Memilih Pekerjaan Sesuai Hobi dan Minat

Tips untuk menjadi seorang freelancer selanjutnya adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan minat. Banyak sekali hobi yang telah menghasilkan rupiah misalnya seorang penulis, gamers ataupun vlogger yang sedang banyak digemari sekarang.

Memilih pekerjaan sesuai hobi dan minat tentu akan membantu anda untuk mengembangkan kemampuan yang anda miliki.

Sebuah pepatah mengatakan jika hal yang menyenangkan untuk dilakukan adalah hobi yang dibayar. Selain itu melakukan pekerjaan sesuai dengan hobi dan minat, akan memudahkan anda karena sudah memiliki pengalaman lebih dalam satu tersebut.

Hal ini akan memudahkan anda untuk mengembangkan karir yang sesuai dengan minat dan karir. Apalagi sekarang ini semakin susah untuk menemukan pekerjaan yang benar benar disukai.

3. Mencari Situs Perekrutan

Selanjutnya anda bisa mencari pekerjaan sebagai seorang Freelancer di situs yang terpercaya. Kebanyakan para pemula seringkali terkecoh dengan situs yang sebenarnya menipu.

Bahkan beberapa situs tersebut tidak membayar upah hasil pekerjaannya. Namun tenang saja, karena banyak pula situs pencarian pekerja yang sudah terpercaya menyediakan lowongan pekerjaan untuk para Freelancer.

Dari situs situs tersebut anda bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang anda inginkan. Namun perhatikan jenis pekerjaan dan para perekrut lebih dahulu sebelum menerima atau melamar pekerjaan tersebut.

Selain itu perhatikan pula tingkatan Freelancer yang sedang dicari sehingga anda memiliki peluang yang lebih besar untuk dipekerjakan. Bagi para pemula tentu hal ini sulit untuk dilakukan, namun jangan mudah menyerah untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

4. Mengumpulkan Portofolio

Tips Jadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang

Untuk bisa menarik kepercayaan para rekrutmen, sebagai freelancer anda harus mencantumkan portofolio saat melamar pekerjaan. Pasalnya portofolio ini sangat penting sebagai bukti bahwa anda memag berkompeten di bidangnya.

Selain itu adanya portofolio juga sebagai pengukur seberapa hebat kemampuan yang anda miliki. Sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan pada rekruter yang sedang mencari jasa tertentu.

Sangat disarankan untuk membuat portofolio dengan baik agar dilirik oleh HRD. Anda juga bisa melampirkan hasil kerja anda terdahulu sehingga memiliki nilai tambah. Jika anda belum memiliki pengalaman, maka anda bisa membuat portofolio sendiri.

Misalnya jika anda ingin menjadi seorang penulis lepas, maka anda harus mencantumkan portofolio berupa tulisan. Atau jika anda ingin menjadi desain grafis lepas, maka anda juga bisa mencantumkan karya desain terbaik yang anda buat.

5. Tunggu Hasil Penerimaan

Setelah anda mendaftar beberapa lowongan pekerjaan maka langkah selanjutnya adalah menunggu hasil pengumuman. Biasanya waktu untuk hasil pengumuman ini berbeda beda.

Ada yang akan dikabari seminggu setelah mendaftar atau beberapa bulan setelah menyerahkan lamaran pekerjaan. Oleh karenanya anda harus tetap bersabar untuk menunggu hasil pengumuman diterima atau tidaknya

Daripada terus menunggu, anda bisa mencoba untuk mendaftar lowongan freelancer lainnya. Dengan banyak mendaftarkan diri, maka anda akan memiliki banyak peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Jangan pernah menyerah ataupun putus asa ketika anda gagal mendaftar sekali. Karena pahitnya kegagalan saat mendaftar akan hilang setelah anda berhasil mendapatkan satu pekerjaan.

6. Melakukan Pekerjaan dengan Baik

Jika anda diterima kerja sebagai seorang pekerja lepas di suatu perusahaan, maka anda harus memberikan kinerja yang memuaskan.

Pasalnya jika anda tidak memberikan pekerjaan yang memuaskan, akan banyak sekali komplain dan anda akan mendapatkan julukan sebagai pekerja yang tidak profesional. Oleh karenanya anda harus mengerjakan pekerjaan dengan semaksimal mungkin.

Jika anda mampu melakukan pekerjaan dengan baik, maka para perekrut akan merasa puas dengan hasil kerja anda. Sehingga bisa saja nanti para perektur akan menggunakan jasa anda untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk branding diri sehingga meningkatkan kualitas dan profesionalitas anda dalam bekerja. Hal ini tentu menjadi poin penting sehingga akan memudahkan anda untuk mendaftar pekerjaan di tempat lain.

7. Mengumpulkan Karya Terbaik

Tips Jadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang

Jika anda sudah banyak terjun dalam bidang freelancer tentunya anda memiliki banyak sekali karya terbaik. Anda harus mengumpulkan karya karya tersebut untuk menaikkan personal branding dalam diri anda.

Bagi seorang pekerja lepas tentu mengumpulkan karya yang terbaik adalah hal utama yang harus dimiliki. Dengan karya yang sudah anda buat untuk suatu perusahaan, maka anda memiliki tiket khusus untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih besar.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pekerjaan Freelance untuk Mendapatkan Penghasilan

8. Membangun Pertemanan

Bagi seorang pekerja lepas jaringan adalah salah satu harta yang paling berharga untuk bisa membangun karir. Dari membangun sebuah jaringan, maka anda bisa menjalin hubungan dengan orang lain, sehingga mereka bisa menghubungi dan meminta bantuan anda.

Oleh karenanya anda harus menciptakan citra yang bagus di depan mereka dengan cara menjaga tutur kata dan tingkah laku.

Anda juga bisa menyampaikan keahlian anda dengan menyampaikan kepada teman dekat. Hal ini sangat penting untuk memberi tahu informasi tentang pekerjaan anda. Karena tidak menutup kemungkinan jika orang lain akan membutuhkan jasa yang anda tawarkan.

Sebagai seorang freelancer pemula, tentu hal ini sangat penting sekali. Membangun sebuah relasi juga akan membentuk personal branding secara tidak sadar.

Kesimpulan

Jika anda melakukan beberapa tips tersebut, maka anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat.

Menjadi seorang pekerja lepas berarti anda harus mulai giat untuk membuat karya dan membangun relasi sebanyak banyaknya. Yang paling penting jangan pernah menyerah untuk mencoba mendaftar di beberapa situs website yang terpercaya. Sehingga anda bisa menambah pengalaman dan menjadi pekerja lepas yang profesional.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!