Tips Lolos Diterima Magang di Perusahaan Besar

Kata magang atau yang disebut juga sebagai kerja praktik sudah tidak asing lagi bagi kalangan mahasiswa. Biasanya magang merupakan salah satu syarat kelulusan menjadi seorang sarjana. Magang juga menjadi langkah awal mahasiswa sebelum terjun di dunia kerja.

Melalui magang, mahasiswa berkesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan yang didambakan. Oleh karena itu, inilah delapan tips diterima magang yang bisa kamu terapkan.

Tips Lolos Diterima Magang di Perusahaan Besar

1. Mencari Tahu Lebih Dalam Perusahaan Yang Membuka Program Magang

Tips Lolos Diterima Magang di Perusahaan Besar

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar program magang, sebaiknya kamu mengetahui perusahaan apa saja yang sedang membuka kesempatan magang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu mengenali lebih dalam perusahaan dan persiapkan yang dibutuhkan.

Apabila kamu belum memenuhi syarat, maka kamu bisa mencoba untuk melengkapi persyaratanmu agar diterima di perusahaan yang kamu minati.

Meskipun perusahaan yang kamu inginkan tidak sedang membuka program magang, bukan berarti kamu harus menyerah dan patah semangat. Jangan ragu untuk menghubungi perusahaan yang diminati secara langsung, dan tanya apakah perusahaan tersebut membuka kerja praktik atau tidak.

Kemudian, tunjukkan keseriusanmu dalam perusahaan tersebut dengan menjelaskan kenapa kamu ingin mengikuti program tersebut.

2. Menggunakan Layanan Konsultasi di Kampus

Jika kampus atau institusi mengadakan kerja praktik, tentunya pihak kampus dan dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai program magang untuk mahasiswa. Gunakan kesempatan ini untuk mencari tahu lebih dalam mengenai program tersebut.

Cari waktu luangmu dan pergi konsultasi untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum mengikuti magang. Tips diterima magang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kamu.

Baik itu untuk menambah pengalaman di CV atau mengasah keterampilan kamu sebelum terjun di dunia kerja. Selain itu, ini akan sangat bermanfaat untuk kamu di kemudian hari.

Kamu juga bisa menanyakan dan mendapatkan informasi tentang perusahaan-perusahaan sekitarnya yang sedang membuka lowongan magang. Jadi jangan menyia-nyiakan kesempatan konsultasi yang tersedia di kampus untuk mendapatkan informasi yang berguna.

3. Memanfaatkan Teknologi Semaksimal Mungkin

Tips Lolos Diterima Magang di Perusahaan Besar

Di era yang sudah serba digital ini, tidak ada salahnya kalau kamu menggunakan kecanggihan teknologi yang sudah berkembang pesat. Salah satu kemudahan yang bisa diperoleh adalah efisiensi dan informasi yang tidak terbatas.

Dari segi efisiensi, cara ini lebih mudah dari pada menghubungi perusahaan satu per satu. Hal ini membuat sebagian orang memanfaatkan website seperti Zonamagang, Studentjob, LinkedIn, atau yang lain.

4. Mempersiapkan Berkas Yang Dibutuhkan Dengan Rapi

Meskipun kamu mendaftar program magang, CV dan portofolio tetap dibutuhkan untuk sebagai persyaratan. Karena itu, kamu harus kreatif dan membuat dokumen tersebut semenarik mungkin namun tidak berlebihan.

Kamu juga bisa menggunakan tips diterima magang dengan menyesuaikan CV serta portofolio terhadap profil perusahaan yang dituju. Sebagai contoh, persiapkan lamaran magang melalui email dengan membuat cover letter yang baik.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang membutuhkan dan meminta surat keterangan dari pihak kampus. Hal ini bertujuan untuk menyatakan kamu adalah mahasiswa dari kampus yang sedang melaksanakan program magang.

Akan lebih baik persiapkan kelengkapan berkas jauh – jauh hari, agar tidak ada yang terlupakan. Persiapkan sebaik dan serapi mungkin semua berkas untuk diterima di perusahaan yang kamu minati.

5. Mengenal Orang Dalam Perusahaan

Mengenal orang dalam yang dimaksud dalam hal ini bukan berarti negatif. Akan tetapi, jika kamu tertarik untuk magang di perusahaan tertentu kamu bisa mulai dengan menjalin pertemanan dengan salah satu anggotanya.

Misalnya, ada teman sekelas atau kakak senior yang bekerja di perusahaan tersebut, kamu bisa menanyakan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar praktik kerja di perusahaan tersebut.

Tips diterima magang yang satu ini akan memberikan informasi terkait yang mungkin tidak dipublikasikan secara luas. Mulai dari informasi persyaratan yang harus dilengkapi, peluang untuk diterima magang, hingga informasi yang membuat kamu tahu tentang perusahaan lain di sekitarnya.

Selain bisa mendapatkan info soal pekerjaan, kamu juga bisa direkomendasikan oleh temanmu untuk masuk di perusahaan tersebut.

6. Melakukan Follow Up Lamaran Kamu

Setelah kamu mempersiapkan berkas yang kamu butuhkan, cobalah untuk mengikuti perkembangan lamaran yang kamu kirimkan. Tidak berhenti hanya dengan mengirim berkas saja, akan tetapi kamu harus mengikuti informasi lamaran kamu.

Baik melalui email atau datang langsung ke perusahaan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mencari informasi kotak salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Tujuan dari langkah tersebut adalah untuk memastikan lamaranmu diterima dan dibaca oleh HRD perusahaan yang kamu minati. Dengan follow up ini, kamu bisa mengetahui berkasmu sudah dibaca atau menanyakan kepastian untuk pengumuman penerimaan calon karyawan magang secara rinci.

Misalnya menanyakan penerimaan karyawan magang akan diumumkan secara pribadi atau umum, memalui media sosial, sms, website maupun email.

7. Melakukan Interview

Jika mendapat panggilan interview, tips diterima magang selanjutnya adalah memperhatikan beberapa poin penting dan jangan langsung senang dulu. Karena panggilan tersebut tidak menandakan bahwa kamu sudah diterima.

Masih ada proses yang selanjutnya yang harus kamu lewati. Proses seleksi ini bisanya disebut dengan interview atau wawancara mengenai pribadi dan tujuan dari lamaran yang kamu kirimkan.

Untuk itu, jangan meremehkan proses seleksi ini. Tahap inilah yang bisa menentukan apakah kamu layak untuk diterima di perusahaan atau tidak.

Saat interview sampaikan juga kenapa kamu punya keinginan kuat untuk praktik kerja di perusahaan tersebut. Pada dasarnya, percaya diri dan yakin bahwa kamu pantas untuk diterima di perusahaan adalah kunci sukses saat melakukan interview.

Baca juga: Jenis Magang Untuk Kesiapan Masuk Dunia Kerja

8. Menunjukkan Keahlian Saat Proses Interview

Saat proses wawancara, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari menunjukkan keahlian hingga sikapmu saat interview. Misalnya, sikap beradaptasi yang mudah. Perekrut akan tertarik jika kamu terlihat luwes dan tidak kaku untuk menerima masukan dari atasan.

Selanjutnya, tunjukkan kamu berminat terhadap program magang yang kamu tuju dengan belajar dan mencari tahu wawasan yang berkaitan dengan bidang itu.

Selain tips diterima magang tersebut, memiliki pengetahuan luas juga diperlukan saat proses ini. Sebagai contoh, jika kamu melamar di kantor berita, buktikan kalau kamu mengikuti perkembangan nasional maupun internasional dengan baik.

Begitu pula di bidang lain agar kamu tidak dianggap kurang up-to-date. Yang terakhir adalah mau mendengarkan. Kemampuan ini akan membuatmu mudah menyesuaikan diri untuk bekerja sama dengan orang lain.

Jika kamu melakukan beberapa tips tersebut, maka kamu bisa lebih mudah untuk mempersiapkan lamaran magang. Bahkan kamu bisa memperbesar peluang untuk memasuki perusahaan yang kamu minati sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Mempersiapkan berkas persyaratan hingga keahlian kamu, akan memudahkan proses penerimaan program yang kamu pilih. Yang paling penting adalah jangan pantang menyerah dan percaya pada kemampuanmu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!