Magang Adalah: Tujuan, Jenis & Cara Diterima Magang

Magang Adalah: Tujuan, Jenis & Cara Diterima Magang | Bagi Anda mahasiswa atau sekolah menengah atas, Anda mungkin akan melakukan apa yang dikenal sebagai magang atau internship.

Magang Adalah: Tujuan, Jenis & Cara Diterima Magang

Tidak sedikit universitas atau sekolah yang mewajibkan magang sebagai syarat wajib untuk melengkapi berkas kelulusan.

Selain itu, tuntutan dunia kerja yang semakin meningkat membuat magang menjadi penting.

Untuk informasi lebih lengkap, baca Pengertian dan Pedoman Sukses Magang di bawah ini.

Magang Adalah, Arti Magang, Apa itu Magang…

Magang adalah proses mentransfer pengetahuan atau keterampilan dari dunia pendidikan ke dunia kerja, di mana peserta pelatihan dapat memahami mekanisme kerja dunia profesional yang sebenarnya.

Apa itu magang? Menurut undang-undang, magang adalah bagian dari pelatihan profesional yang dilakukan di suatu perusahaan.

Dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 21 – 30 UU tersebut.

Selain itu, magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009 yang membahas secara rinci pelatihan ini di dalam negeri.

Mungkin biasa bagi siswa SMK lebih mengenal dengan istilah magang dengan istilah Praktek Kerja Lapang (PKL).

Pelatihan ini biasanya dilakukan oleh beberapa mahasiswa, dan juga diwajibkan dan direkomendasikan oleh beberapa universitas agar mahasiswa dapat memasuki dunia kerja dengan lebih kompeten.

Saat ini ada program magang mahasiswa bersertifikat lainnya. Salah satunya adalah Program Magang Merdeka dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Melalui program ini, mahasiswa diberikan kesempatan yang luas untuk mempersiapkan diri memasuki dunia karir yang diciptakan bersama dengan dunia kerja.

Jika Anda mengikuti program ini, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, yang tentunya akan menguntungkan Anda dalam pekerjaan nantinya.

Selain pengalaman memecahkan masalah, selama magang yang disponsori Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anda akan menerima panduan lengkap dan komprehensif, disertai dengan sertifikasi industri, sampai uang saku dan biaya hidup.

Tentunya akan banyak pilihan dan persaingan untuk mengikuti Program Kampus Merdeka. Jadi persiapkan dari sekarang, ya!

Tujuan Magang

 apa itu magang

Intinya, orientasi utama magang merupakan jembatan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Dalam program ini, Anda akan mencari berbagai manfaat yang benar-benar dapat memberi Anda keunggulan saat memulai pencarian kerja setelah lulus. Contohnya seperti ini:

1. Implementasi Pengetahuan pada Pekerjaan

Tujuan magang adalah untuk mengimplementasi pengetahuan pada pekerjaan. Di beberapa bidang studi, pengetahuan teoritis yang diperoleh di universitas terkadang tidak mencukupi.

Anda belum belajar bagaimana menerapkan pengetahuan ini pada aktivitas kerja yang nyata dan bermanfaat. Program magang memberi Anda kesempatan maksimal untuk mempelajarinya.

2. Meningkatkan Hard Skill

Selanjutnya tujuan magang adalah meningkatkan Hard Skill. Ada beberapa keterampilan dan pengetahuan yang ingin Anda jelajahi selama magang.

Anda tidak hanya memperolehnya melalui pelatihan, tetapi juga mempraktikkannya segera di bawah bimbingan profesional. Langkah ini jelas efektif untuk meningkatkan kemampuan Anda.

3. Pelajari Berbagai Soft Skill

Tujuan magang selanjutnya yaitu mempelajari berbagai soft skill.

Selain hard skill yang dijelaskan di atas, Anda akan mempelajari sejumlah besar soft skill secara langsung dan efisien.

Pidato, negosiasi dan manajemen waktu tentu akan diasah selama magang. Anda juga dapat meningkatkan berbagai soft skill lainnya tergantung dari jenis tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang Anda jalani.

4. Adaptasi dengan Dunia Kerja

Tujuan selanjutnya dari magang adalah perlunya adaptasi dengan dunia kerja.

Ritme dunia kerja sangat berbeda dengan ritme studi sekolah dan universitas.

Tidak sedikit fresh graduate yang cukup kewalahan untuk beradaptasi saat mulai bekerja. Program magang memberi Anda kesempatan untuk beradaptasi dengan lebih nyaman dan bertahap.

5. Memudahkan Karir sebagai Fresh Graduate

Tujuan magang terakhir yaitu memudahkan karir sebagai fresh graduate.

Setelah lulus kuliah, mencari pekerjaan akan cukup sulit karena persaingan yang tinggi dan minimnya pengalaman.

Namun, lebih baik menjadi lulusan baru dengan pengalaman magang yang tercantum di CV Anda.

Peluang Anda untuk direkrut meningkat. Ada jaringan yang Anda buat selama magang yang juga dapat membantu Anda membuka jalur karier yang baik.

Baca juga: Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

Tips Lolos Diterima Magang di Perusahaan Besar

Kata magang atau yang disebut juga sebagai kerja praktik sudah tidak asing lagi bagi kalangan mahasiswa. Biasanya magang merupakan salah satu syarat kelulusan menjadi seorang sarjana. Magang juga menjadi langkah awal mahasiswa sebelum terjun di dunia kerja.

Melalui magang, mahasiswa berkesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan yang didambakan. Oleh karena itu, inilah delapan tips diterima magang yang bisa kamu terapkan.

1. Mencari Tahu Lebih Dalam Perusahaan Yang Membuka Program Magang

 arti magang

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar program magang, sebaiknya kamu mengetahui perusahaan apa saja yang sedang membuka kesempatan magang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu mengenali lebih dalam perusahaan dan persiapkan yang dibutuhkan.

Apabila kamu belum memenuhi syarat, maka kamu bisa mencoba untuk melengkapi persyaratanmu agar diterima di perusahaan yang kamu minati.

Meskipun perusahaan yang kamu inginkan tidak sedang membuka program magang, bukan berarti kamu harus menyerah dan patah semangat. Jangan ragu untuk menghubungi perusahaan yang diminati secara langsung, dan tanya apakah perusahaan tersebut membuka kerja praktik atau tidak.

Kemudian, tunjukkan keseriusanmu dalam perusahaan tersebut dengan menjelaskan kenapa kamu ingin mengikuti program tersebut.

2. Menggunakan Layanan Konsultasi di Kampus

Jika kampus atau institusi mengadakan kerja praktik, tentunya pihak kampus dan dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai program magang untuk mahasiswa. Gunakan kesempatan ini untuk mencari tahu lebih dalam mengenai program tersebut.

Cari waktu luangmu dan pergi konsultasi untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum mengikuti magang. Tips diterima magang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kamu.

Baik itu untuk menambah pengalaman di CV atau mengasah keterampilan kamu sebelum terjun di dunia kerja. Selain itu, ini akan sangat bermanfaat untuk kamu di kemudian hari.

Kamu juga bisa menanyakan dan mendapatkan informasi tentang perusahaan-perusahaan sekitarnya yang sedang membuka lowongan magang. Jadi jangan menyia-nyiakan kesempatan konsultasi yang tersedia di kampus untuk mendapatkan informasi yang berguna.

3. Memanfaatkan Teknologi Semaksimal Mungkin

Tips Lolos Diterima Magang di Perusahaan Besar

Di era yang sudah serba digital ini, tidak ada salahnya kalau kamu menggunakan kecanggihan teknologi yang sudah berkembang pesat. Salah satu kemudahan yang bisa diperoleh adalah efisiensi dan informasi yang tidak terbatas.

Dari segi efisiensi, cara ini lebih mudah dari pada menghubungi perusahaan satu per satu. Hal ini membuat sebagian orang memanfaatkan website seperti Zonamagang, Studentjob, LinkedIn, atau yang lain.

4. Mempersiapkan Berkas Yang Dibutuhkan Dengan Rapi

Meskipun kamu mendaftar program magang, CV dan portofolio tetap dibutuhkan untuk sebagai persyaratan. Karena itu, kamu harus kreatif dan membuat dokumen tersebut semenarik mungkin namun tidak berlebihan.

Kamu juga bisa menggunakan tips diterima magang dengan menyesuaikan CV serta portofolio terhadap profil perusahaan yang dituju. Sebagai contoh, persiapkan lamaran magang melalui email dengan membuat cover letter yang baik.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang membutuhkan dan meminta surat keterangan dari pihak kampus. Hal ini bertujuan untuk menyatakan kamu adalah mahasiswa dari kampus yang sedang melaksanakan program magang.

Akan lebih baik persiapkan kelengkapan berkas jauh – jauh hari, agar tidak ada yang terlupakan. Persiapkan sebaik dan serapi mungkin semua berkas untuk diterima di perusahaan yang kamu minati.

5. Mengenal Orang Dalam Perusahaan

Mengenal orang dalam yang dimaksud dalam hal ini bukan berarti negatif. Akan tetapi, jika kamu tertarik untuk magang di perusahaan tertentu kamu bisa mulai dengan menjalin pertemanan dengan salah satu anggotanya.

Misalnya, ada teman sekelas atau kakak senior yang bekerja di perusahaan tersebut, kamu bisa menanyakan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar praktik kerja di perusahaan tersebut.

Tips diterima magang yang satu ini akan memberikan informasi terkait yang mungkin tidak dipublikasikan secara luas. Mulai dari informasi persyaratan yang harus dilengkapi, peluang untuk diterima magang, hingga informasi yang membuat kamu tahu tentang perusahaan lain di sekitarnya.

Selain bisa mendapatkan info soal pekerjaan, kamu juga bisa direkomendasikan oleh temanmu untuk masuk di perusahaan tersebut.

6. Melakukan Follow Up Lamaran Kamu

Setelah kamu mempersiapkan berkas yang kamu butuhkan, cobalah untuk mengikuti perkembangan lamaran yang kamu kirimkan. Tidak berhenti hanya dengan mengirim berkas saja, akan tetapi kamu harus mengikuti informasi lamaran kamu.

Baik melalui email atau datang langsung ke perusahaan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mencari informasi kotak salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Tujuan dari langkah tersebut adalah untuk memastikan lamaranmu diterima dan dibaca oleh HRD perusahaan yang kamu minati. Dengan follow up ini, kamu bisa mengetahui berkasmu sudah dibaca atau menanyakan kepastian untuk pengumuman penerimaan calon karyawan magang secara rinci.

Misalnya menanyakan penerimaan karyawan magang akan diumumkan secara pribadi atau umum, memalui media sosial, sms, website maupun email.

7. Melakukan Interview

Jika mendapat panggilan interview, tips diterima magang selanjutnya adalah memperhatikan beberapa poin penting dan jangan langsung senang dulu. Karena panggilan tersebut tidak menandakan bahwa kamu sudah diterima.

Masih ada proses yang selanjutnya yang harus kamu lewati. Proses seleksi ini bisanya disebut dengan interview atau wawancara mengenai pribadi dan tujuan dari lamaran yang kamu kirimkan.

Untuk itu, jangan meremehkan proses seleksi ini. Tahap inilah yang bisa menentukan apakah kamu layak untuk diterima di perusahaan atau tidak.

Saat interview sampaikan juga kenapa kamu punya keinginan kuat untuk praktik kerja di perusahaan tersebut. Pada dasarnya, percaya diri dan yakin bahwa kamu pantas untuk diterima di perusahaan adalah kunci sukses saat melakukan interview.

Baca juga: Jenis Magang Untuk Kesiapan Masuk Dunia Kerja

8. Menunjukkan Keahlian Saat Proses Interview

Saat proses wawancara, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari menunjukkan keahlian hingga sikapmu saat interview. Misalnya, sikap beradaptasi yang mudah. Perekrut akan tertarik jika kamu terlihat luwes dan tidak kaku untuk menerima masukan dari atasan.

Selanjutnya, tunjukkan kamu berminat terhadap program magang yang kamu tuju dengan belajar dan mencari tahu wawasan yang berkaitan dengan bidang itu.

Selain tips diterima magang tersebut, memiliki pengetahuan luas juga diperlukan saat proses ini. Sebagai contoh, jika kamu melamar di kantor berita, buktikan kalau kamu mengikuti perkembangan nasional maupun internasional dengan baik.

Begitu pula di bidang lain agar kamu tidak dianggap kurang up-to-date. Yang terakhir adalah mau mendengarkan. Kemampuan ini akan membuatmu mudah menyesuaikan diri untuk bekerja sama dengan orang lain.

Jika kamu melakukan beberapa tips tersebut, maka kamu bisa lebih mudah untuk mempersiapkan lamaran magang. Bahkan kamu bisa memperbesar peluang untuk memasuki perusahaan yang kamu minati sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Mempersiapkan berkas persyaratan hingga keahlian kamu, akan memudahkan proses penerimaan program yang kamu pilih. Yang paling penting adalah jangan pantang menyerah dan percaya pada kemampuanmu.

Jenis Magang Untuk Persiapan Menghadapi Dunia Kerja

Ada Berapa Jenis Magang Untuk Kesiapan Masuk Dunia Kerja? Di era digital ini, sebagian besar perusahaan merekrut pegawainya dengan membuka praktik kerja atau PPL.

PPL yang juga dikenal dengan magang, menjadi salah satu kegiatan atau program yang penting bagi mahasiswa.

PPL sudah menjadi poin penting bagi para mahasiswa agar lebih siap dengan kondisi terkini dunia kerja.

Untuk mengetahui jenis praktik kerja yang bisa membantu anda lebih siap di dunia kerja, berikut ulasan lengkapnya.

1. Praktik Kerja Industri/ Lapangan

Jenis Magang Untuk Kesiapan Masuk Dunia Kerja

Jenis pertama yang sering kita dengar dari magang Adalah PKL atau Praktik Kerja Lapangan.

PKL atau praktik kerja lapangan merupakan salah satu bentuk sistematika antara program pendidikan di sekolah dan program pendapatan ilmu dunia kerja di tingkat keahlian tertentu.

Anda bisa mendapatkan berbagai macam pengetahuan yang tidak didapatkan di sekolah melalui program kerja ini.

Tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan para siswa dan mahasiswa tentang dunia usaha atau bisnis yang berfokus pada keahlian.

Program pengalaman lapangan yang satu ini biasanya difokuskan bagi mereka yang baru lulus dari sekolah, baik itu sekolah menengah ataupun perguruan tinggi.

Sebenarnya program ini juga hampir mirip dengan apprenticeship (dual education), namun yang membedakan adalah tidak semua sekolah menjalankan program praktik kerja ini.

Hal ini dikarenakan, waktu yang harus ditempuh untuk kompetensi magang adalah selama 6 bulan.

2. One The Job Training

Jenis magang kedua yaitu One the Job Training. OJT atau one the job training adalah program pengalaman kerja yang dijalankan untuk mengembangkan suatu kemampuan tertentu.

Program ini didasarkan pada tugas sesungguhnya dan bukan menjalankan tugas yang disimulasikan.

Salah satu keuntungan program pengalaman kerja ini adalah anda dapat menciptakan hubungan kerja sama antara karyawan satu dengan lainnya sehingga dapat mempermudah kinerja yang Anda lakukan.

3. Program Apprenticeship

Jenis Magang Untuk Kesiapan Masuk Dunia Kerja

Jenis ketiga dari magang adalah Program Apprenticeship.

Proses PPL ini terbilang memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan untuk menyiapkan peserta calon karyawan yang berkompeten di bidangnya harus lebih selektif.

Arti magang dari PPL yaitu Program ini juga di khususkan bagi para pelajar yang baru lulus, baik itu sekolah menengah maupun perguruan tinggi.

Beberapa sekolah mungkin sudah bekerja sama untuk melaksanakan program pengalaman kerja lapangan dengan industri atau perusahaan terkait.

Pelaksanaan program ini menerapkan sistem kurikulum seperti training. Para calon karyawan biasanya mendapat penugasan dan pelatihan serta pengetahuan melalui kelas teori praktik.

Program ini juga bisa disebut dengan pelatihan formal, karena target dari kurikulumnya adalah mendapatkan kompetensi bagi para calon karyawan.

Setelah lulus program ini, biasanya para peserta akan diberikan kualifikasi atau sertifikat SKKNI.

4. Magang dengan kualifikasi Job Instruction

Arti magang dari program yang satu ini yaitu memberikan petunjuk pekerjaan secara langsung mengenai prosedur dan teknis kerja pada perusahaan.

Pada program ini, pelatih akan menjelaskan tata cara pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan urutan kerja di perusahaan.

Kelebihannya adalah kemampuan anda akan lebih maju dan terasah melalui program ini, sehingga anda semakin siap menghadapi dunia kerja dengan maksimal.

Selain itu, program ini ijinkan peserta untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan keahlian dan peminatan. Sehingga anda bisa menikmati pekerjaan tersebut.

Di akhir pelatihan, anda akan diberi kesempatan untuk mengutarakan umpan balik.

Sebagai contoh, anda akan ditanya bagaimana para pelatih menguji peserta calon karyawan dan bagaimana kemampuan mereka dalam menguasai pengetahuan perusahaan.

5. Program Job Rotations

Arti magang dari program ini memiliki tujuan untuk memperluas latar belakang dan kemampuan calon karyawan dalam bidang bisnis.

Para pelatih akan memberikan pengetahuan mengenai tata cara mengelola bidang bisnis beserta cara dan keterampilan untuk manajemen.

Dalam program ini anda akan dibekali berbagai macam pengetahuan di bidang organisasi bisnis yang merupakan nilai plus tersendiri.

Tujuan lain dari program ini adalah memberi variasi karyawan tetap maupun magang dengan program keterampilan yang masih terkait dengan pekerjaan.

Selama penugasan ini, peserta praktik kerja akan diawasi oleh pihak departemen secara langsung agar program menjadi lebih efektif.

Para karyawan akan mendapat pengalaman kerja di luar kemampuan agar bisa menerima pengalaman lebih banyak dan mempelajari banyak hal.

6. Program Internship

Jenis Magang Untuk Kesiapan Masuk Dunia Kerja

Arti magang dari program internship adalah salah satu program kerja lapangan yang memiliki teknisi penyesuaian ketersediaan lowongan.

Biasanya perusahaan akan memberikan informasi di sosial media jika mereka sedang membutuhkan karyawan baru.

Setelah merekrut seseorang yang menurut perusahaan tepat, mereka akan melakukan program praktik kerja. Tujuannya adalah memberi simulasi bagi calon karyawan mengenai prosedur kerja perusahaan.

Program kerja lapangan ini biasanya memiliki waktu pelaksanaan antara tiga sampai enam bulan. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan kinerja karyawan yang baru bukan?

Untuk itu, penilaian program ini didasarkan pada secepat mana anda beradaptasi dan menguasai kinerja perusahaan dengan baik.

Anda pun akan menjadi lebih mahir karena kemampuan anda terasah dengan baik melalui program ini.

7. Dual education / Pendidikan Ganda

Merupakan program kerja lapangan yang sudah direncanakan saat masih berstatus siswa atau mahasiswa.

Program ini berbasis kerja dan belajar yang umumnya ada pada sekolah menengah kejuruan sesuai dengan jurusannya terkait.

Program magang dilakukan untuk melatih dan mengasah kemampuan sesuai dengan jurusan yang diambil. Program kerja ini bisa berupa kerja di perusahaan ataupun pembelajaran teoritis di sekolah.

Pendidikan Sistem Ganda/ PSG dilaksanakan dengan tujuan memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh seseorang yang ahli di bidangnya.

Tanpa adanya program ini, anda tidak akan mengetahui bagaimana kondisi dan situasi mengenai dunia kerja.

Selain itu, tanpa adanya program PSG, pihak perusahaan juga tidak bisa mengetahui mana tenaga kerja yang profesional dan mana tenaga kerja yang hanya ahli di satu bidang saja. Hal ini akan merugikan kedua belah pihak.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Fresh Graduate Kesulitan Mendapatkan Kerja

8. Internship Abroad

Program ini menawarkan para mahasiswa untuk kerja lapangan di luar negeri. Dewasa ini, banyak sekali orang-orang yang menyukai kerja di luar negeri.

Selain bisa mendapatkan pengalaman kerja, anda juga bisa belajar banyak hal yang tidak ada di negara asal.

Anda akan mengalami berbagai macam pengalaman baru yang nantinya akan menjadikan anda lebih maju. Namun untuk mengikuti program kerja lapangan di luar negeri tidaklah mudah.

Anda harus siap menghadapi persaingan ketat untuk lolos seleksi kerja lapangan atau magang ke luar negeri.

Anda juga tidak boleh sembarangan daftar praktik kerja ke luar negeri tanpa pertimbangan yang matang.

Sekarang ini banyak sekali situs abal-abal yang menawarkan pekerjaan ke luar negeri, anda harus hati-hati.

Cari informasi mendalam mengenai situs tersebut. Jangan sampai Anda dirugikan dengan pengalaman kerja ini.

Melalui program pengalaman kerja lapangan, anda bisa mengetahui gambaran situasi dan kondisi tentang dunia pekerjaan.

Setiap perusahaan juga pastinya akan mencari karyawan yang terbaik agar perusahaannya semakin berkembang.

Program praktik kerja memiliki keuntungan yang baik bagi, diantaranya adalah bisa lebih memahami profesi, bisa mempraktikkan keahlian, memperbanyak relasi, dan masih banyak yang lainnya.

Sekian artikel berjudul Magang Adalah: Tujuan, Jenis & Cara Diterima Magang, semoga bermanfaat.

Apakah magang di gaji?

Lebih tepatnya uang saku, Menurut Pasal 22 ayat (2) Undang-Undang Ketenagakerjaan, peserta magang berhak atas uang saku dan/atau uang perjalanan, asuransi sosial bagi karyawan dan, setelah menyelesaikan magang mendapatkan sertifikat magang.

Apakah PKL dan magang itu sama?

PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah nama lain dari magang. Seperti namanya, beberapa mahasiswa program magang perlu mencari perusahaan tempat magang akan dilaksanakan. Secara umum durasi kegiatan bisa 1 sampai 2 bulan

Berapa lama jam magang?

Pada umumnya, perusahaan yang mempekerjakan pekerja magang akan menyamakan waktu kerja pekerja magang dengan pekerja lainnya, yaitu 8 jam per hari. Namun, tidak ada peraturan waktu kerja untuk pegawai magang.

Apakah magang wajib untuk mahasiswa?

Program magang di sejumlah perguruan tinggi dikenal dengan istilah PKL (Praktek Kerja Lapangan). Tujuannya tentu untuk mengenalkan para siswa dengan suasana dunia kerja. Untuk itu, PKL menjadi mata kuliah wajib di sejumlah perguruan tinggi. Artinya setiap mahasiswa harus melalui tahapan magang.

Apa bedanya training dan magang?

Bila pelatihan untuk magang, terutama dilakukan untuk tujuan akademis, dengan kelompok sasaran yang berasal dari luar perusahaan, berbeda dengan job training yang biasanya digunakan sebagai sistem pelatihan karyawan tetap.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!