Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja

Bagaimana Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja? Tes psikotes adalah salah satu tahap seleksi yang kerap diberikan untuk seleksi kerja. Banyak orang yang merasa perlu untuk mencari cara agar lolos dari tes psikotes yang diberikan.

Tes seleksi ini bisa dikatakan gampang – gampang susah, karena faktanya banyak orang yang tidak lolos dalam tahap ini. Namun anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan mengulas tips mengerjakan psikotes untuk membantu menghadapi tes seleksi kerja dan lolos dengan mudah.

Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja

1. Optimis dan percaya diri

Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja

Tips pertama yang harus anda perhatikan yaitu memiliki sikap optimis dan percaya diri. Untuk dapat melalui psikotes, anda perlu kesiapan fisik dan mental yang kuat agar yakin dengan semua pilihan jawaban.

Kepercayaan diri yang tinggi akan memberikan sugesti yang positif kepada alam bawah sadar, sehingga Anda akan merasa lebih optimis. Setelah selesai mengerjakan semua soal, anda harus yakin semua jawaban tersebut benar

Dengan perhitungan dan kesiapan yang matang, anda bisa mengumpulkan lembar kerja tes kepada penguji dengan perasaan penuh percaya diri. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu baik sebelum mengerjakan ataupun saat mengumpulkan.

Dengan ini, anda akan dimudahkan untuk mengerjakan soal. Namun jika anda tidak memiliki rasa percaya diri dan optimisme, maka Anda akan kerap merasa kesulitan.

2. Memperbanyak Berlatih Soal-Soal Psikotes

Tips yang kedua adalah memperbanyak latihan soal psikotes hingga mengingat semua model – model soal. Dengan tips mengerjakan psikotes ini, anda akan lebih mudah mengerjakan karena sudah mempelajari soal-soal yang memiliki kemiripan model.

Pada dasarnya banyak soal psikotes yang memiliki bentuk sama, hanya saja soal – soal ini cenderung dibedakan di pertanyaan serta penyelesaiannya.

Meskipun semua inti soal psikotes sama, tidak ada salahnya untuk memperbanyak latihan soal hingga anda menguasainya. Di era digital ini, anda bisa mendapatkan latihan soal psikotes dengan mudah.

Jika belum merasa puas, ada banyak sekali ragam dan macam buku psikotes yang dijual di toko buku. Cara ini juga akan membantu anda menyelesaikan contoh soal psikotes dengan model yang bervariasi.

3. Menguasai tes Logika Aritmatika

Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja

Di soal psikotes pasti ada soal logika aritmatika. Tes ini membutuhkan logika yang kuat dan penalaran yang maksimal. anda hanya perlu memahami pola – pola soal dengan kecenderungan tertentu dalam wujud deretan angka.

Untuk mengerjakan tes semacam ini, usahakan jangan terpaku pada pilihan pertama dan kedua. Pastikan melihat secara keseluruhan, karena pola bisa berupa urutan, lompatan, hingga pengelompokan.

Anda perlu mengingat keterbatasan waktu yang diberikan. Jangan terpaku dengan satu soal yang membuat anda merasa kesulitan.

Tips mengerjakan psikotes ini adalah mengerjakan yang paling mudah terlebih dahulu agar waktu yang tersisa lebih banyak. Anda bisa melatih kemampuan melalui buku-buku tes SPMB dengan materi deret aritmatika, khususnya yang membahas deret ukur dengan deret hitung

Baca juga: Contoh Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan

4. Tes Logika Penalaran

Namanya saja tes logika penalaran, tentunya anda membutuhkan logika dan penalaran yang kuat untuk menyelesaikannya. Tes ini hampir sama dengan ujian aritmatika.

Anda bisa pahami pola tertentu dengan cara melakukan prediksi terhadap pola tersebut. Anda harus lebih berkonsentrasi, berhati-hati, dan ekstra teliti. Jangan tertipu pada satu jawaban yang menurut anda benar sebelum membaca semua pilihan jawaban.

Bentuk dari soalan ini kerap menjebak karena semua pilihan jawaban hampir serupa. Tips mengerjakan soal ini adalah, anda harus putuskan pilihan jawaban yang terbenar dari semua jawaban.

Jika sulit, kerjakan yang termudah terlebih dahulu agar tidak menyita waktu tes. Setelah semua soalan ini terjawab, anda bisa mengevaluasi seluruh jawaban. Bisa jadi, anda memilih jawaban yang tidak tepat.

5. Mengetahui kunci memecahkan soal Analog Verbal Test

Tips mengerjakan psikotes untuk soalan jenis ini adalah mengasah kemampuan berpikir logis. Tes ini berisikan tentang antonim, sinonim, dan analog dari suatu kata yang dipertanyakan.

Kemampuan logika yang kuat dibutuhkan untuk memilih jawaban yang paling benar. Jika anda memiliki masalah terhadap logika dan konsentrasi, anda bisa mempelajarinya melalui aplikasi antonim dan sinonim kata secara daring.

Salah satu contoh pertanyaan yang keluar adalah “wanita : kebaya” atau “pria:…” untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus memahami kart pertama terlebih dahulu. Kebaya merupakan sebuah baju.

Jadi untuk jawabannya adalah baju. Sesuaikan saja kalimat pertama dengan kedua. Beberapa soal relatif sama dan berulang, jadi tips yang perlu Anda tahu adalah memahami pola model soal tersebut.

6. Menguasai Soal Army Alpha Intelegence

Soal ini umumnya memiliki 12 soal yang terdiri dari kombinasi deretan angka dan bentuk. Masing-masing soal lanjutannya berkaitan satu sama lain.

Soal ini di berikan untuk mengetahui sejauh mana daya tangkap anda dalam menerima instruksi dengan cepat dan tepat. Anda hanya perlu berkonsentrasi mengenai apa yang dipertanyakan narator karena mereka tidak akan mengulanginya.

Tips mengerjakan psikotes ini adalah jangan terlalu cepat menjawab, pikirkan terlebih dahulu jawaban yang paling cepat. Karena kecepatan juga tidak menentukan ketepatan jawaban.

Belajarlah mengingat hal – hal sepele agar nanti ketika narator bertanya, anda bisa mengingat jawaban sesuai dengan pengalaman. Bersikaplah tenang agar semua berhasil terjawab dengan cepat dan tepat.

7. EPPS (Question Of Edwards Personal Preference Schedule)

Tes ini berisi beberapa soal yang mencerminkan dan cocok dengan kepribadian yang Anda miliki. Terlihat sepele bukan? Namun anda tidak bisa sembarangan mengisi soal ini.

Tujuan dari diberikannya soal ini adalah untuk mengetahui kepribadian Anda, khususnya kebutuhan, motivasi, dan motif seseorang. Jangan mengisi soal ini dengan tidak sesuaian diri. Jika anda berbohong, akan terlihat oleh narator.

Soal ini sering diremehkan dan digampangkan oleh peserta tes. Namun, sebenarnya jawaban yang diberikan cukup menjebak. Mayoritas soal yang diberikan terbilang cukup sulit.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa soal pertanyaan yang bisa anda nalar dengan mudah. Jawablah semua soal yang paling sesuai dengan pribadi anda sehingga para penguji menilai anda sebagai orang berkompeten.

8. Pauli/ Kraeplien

Tips mengerjakan psikotes yang terakhir adalah untuk ujian pauli, soal ini berisikan beberapa gugus angka yang tersusun rapi secara membujur. Yang perlukan anda adalah menjumlahkan kedua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu.

Melalui tes ini, anda akan diukur sejauh mana ketahanan, konsistensi, serta kemampuan penyesuaian diri yang cepat. Untuk menyelesaikannya, usahakan menjumlahkan masing-masing angka dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Kesimpulan

Lolos dalam tahap seleksi psikotes merupakan impian seseorang. Setelah lolos tahap ini, anda bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Untuk menyelesaikannya pun sebenarnya tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu berlatih mengerjakan berbagai tes psikotes. Tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam tes, agar Anda lebih siap dan mengerti pola. Setelah mengerti pola soal, anda akan dengan mudah mengerjakannya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!