Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Bagaimana Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan? Memiliki pekerjaan adalah dambaan bagi semua orang. Setelah lulus sekolah dan kuliah, hampir semua orang melamar pekerjaan.

Hal ini membuat semakin banyak pelamar kerja saling bersaing. Tak jarang pula, proses mencari pekerjaan menimbulkan rasa tertekan. Tak perlu khawatir, ada beberapa tips bagi para pelamar kerja yang perlu di praktikkan. Berikut penjelasan delapan cara mendapatkan kerja agar cepat diterima.

Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

1. Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi Yang Sudah Ada

Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Di jaman yang serba cepat dan efisien ini, tentunya sangat memudahkan untuk melamar kerja. Hal ini berkebalikan saat internet belum sepesat dan secanggih ini. Jika dahulu, melamar pekerjaan dilakukan secara langsung di perusahaan.

Namun saat ini, dengan kecanggihan teknologi yang sudah ada, melamar pekerjaan terasa lebih mudah. Hanya dengan memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet kamu bisa apply pekerjaan.

Maka dari itu, memanfaatkan internet semaksimal mungkin untuk mencari pekerjaan bisa mempermudahmu. Sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan di bidang apapun.

Sebagai contoh, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan Linkedln. Kebanyakan situs lowongan pekerjaan tersebut juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di smarthphone kamu.

2. Menghadiri Acara Job Fair Yang Ada

Selain melamar pekerjaan melalui online, kamu juga bisa menghadiri job fair yang akan memberikan banyak informasi lowongan pekerjaan. Biasanya, puluhan hingga ratusan peluang lowongan pekerjaan akan ditawarkan pada saat event tersebut.

Gunakan cara mendapatkan kerja ini untuk mendapatkan peluang lebih besar lagi. Bahkan tak jarang, seleksi calon karyawan juga dilakukan selama acara berlangsung atau disebut dengan walk interview.

Biasanya, acara ini diselenggarakan di hall atau aula yang siap menampung ratusan hingga ribuan calon pelamar kerja dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menghadiri job fair dengan membawa sekaligus beberapa CV dan surat lamaran pekerjaan untuk mempermudah proses melamar kerja.

Jadi, saat acara berlangsung di hari tersebut, kamu bisa sekalian melamar kerja sesuai dengan bidang yang kamu tekuni dan kuasai.

3. Memperluas Koneksi Pertemanan

Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Tidak hanya usaha untuk melamar kerja secara langsung dan online yang bisa membuatmu sukses mendapatkan pekerjaan. Memiliki koneksi yang luas akan memiliki banyak manfaat, salah satunya jika saat membutuhkan pekerjaan.

Dengan memiliki banyak kenalan akan sangat membantu dalam mempermudah dan memperoleh informasi terkait lowongan yang ada. Bahkan tak jarang mereka sendiri yang menawarkan suatu pekerjaan.

Dengan memiliki koneksi seperti ini, kamu akan memperoleh banyak informasi tentang kebutuhan tenaga kerja tambahan di suatu perusahaan. Bukan hanya dari jenis pekerjaannya saja, akan tetapi juga dari segi upah ataupun kelebihan serta kekurangan dari pekerjaan tersebut.

Selain itu, cara mendapatkan kerja ini tentunya akan mengurangi tingkat persaingan yang ada. Kamu juga akan lebih mudah dan cepat untuk memperoleh pekerjaan.

4. Melamar Pekerjaan Secara Online

Selain memperoleh informasi terkait lowongan pekerjaan secara online, sekarang banyak perusahaan yang menerapkan apply CV secara online. CV akan dikirim ke alamat emai perusahaan yang nantinya akan langsung diseleksi oleh Pihak HRD.

Dengan adanya sistem perekrutan ini, tentunya akan membawa keuntungan. Selain tak perlu untuk mengunjungi satu persatu pihak perusahaan, kamu juga bisa mengirim ke banyak alamat email dengan singkat

5. Memastikan Data Pada CV Sudah Lengkap dan Jelas

Tak sedikit para pelamar kerja yang mengabaikan data-data yang perlu dicantumkan pada CV. Kebanyakan dari mereka hanya mencantumkan data pribadi yang umum saja.

Padahal semakin lengkap kamu mencantumkan data pada CV, maka kamu akan memiliki peluang yang lebih besar di terima di perusahaan yang kamu inginkan. Data yang wajib kamu pastikan ada pada CV bukan hanya data pribadi dan alamat rumahmu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah melengkapi data di CVmu sefaktual mungkin. Cara mendapatkan kerja ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat kepribadianmu dengan ringkas tapi menarik.

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah Pendidikan yang sudah kamu tempuh untuk menunjukkan kompetensimu melamar pekerjaan di perusahaan. Yang terakhir, sertakan pengalaman kerja, keahlian, prestasi, organisasi dan pelatihan untuk menambah datamu.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (Template CV) dan Menulis Surat Lamaran

6. Membuat CV Yang Baik dan Menarik

Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Setelah kamu memperhatikan poin – poin penting untuk melengkapi CV yang akan dibuat, persiapkan CV yang menarik. Karena hal yang paling penting saat melamar pekerjaan adalah Curriculum Vitae.

Bukan hanya isinya saja yang diperhatikan perusahaan, tetapi juga desain pada CV. Untuk membuatnya, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek supaya CV mu baik dan yang pasti menarik saat HRD meninjau dokumen lamaran pekerjaanmu.

Maka dari itu, poin penting yang harus kamu perhatikan adalah template yang rapi, pemilihan huruf yang tepat, dan kombinasi warna yang bagus. Dengan begitu kamu bisa membuat CV yang jelas dibaca dan pastinya menarik.

Jika kamu merasa kesulitan untuk membuat CV, tak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali jasa pembuatan CV baik secara offline atau online sebagai cara mendapatkan kerja.

Bahkan penyediaan jasa layanan pembuatan CV tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengerjaan. Paling cepat sehari dan paling lama akan memakan waktu sekitar dua atau tiga hari.

Kalaupun kamu tidak mau mengeluarkan uang tapi ingin membuat CV yang menarik, kamu bisa download template di internet. Jangan khawatir untuk desain yang ada karena banyak sekali pilihannya dengan gratis.

7. Menunjukkan Keahlian Yang Kamu Miliki Dengan Membawa Bukti Konkret

Memiliki suatu kelebihan saat melamar pekerjaan akan menambah poin tersendiri untukmu. Biasanya, keahlian yang dimiliki pelamar kerja akan menjadi salah satu pertimbangan diterimanya atau tidaknya kamu untuk bekerja di perusahaan yang dilamar.

Jangan ragu untuk menuliskan keahlian yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang bagus, jangan lupa tunjukan bukti konkretnya.

8. Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah Bahasa

Surat lamaran juga menjadi salah satu poin terpenting sebagai cara mendapatkan kerja untuk di terima di perusahaan. Sayangnya, banyak sekali fresh graduate yang tidak menyertakan surat lamaran pada saat apply CV ke perusahaan.

Padahal surat lamaran ini bersifat resmi dan harus ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Isi surat lamaran terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri, maksud surat lamaran dan lampiran berkas yang kamu miliki.

Kesimpulan

Melamar pekerjaan memang tidak mudah. Selain membutuhkan proses yang panjang, usahamu juga akan menentukan keberhasilan dari pekerjaan yang kamu lamar.

Oleh karena itu, perhatikan poin – poin penting seperti membuat CV yang menarik, memastikan data dirimu lengkap tertulis di CV, membuat surat lamaran yang baik, hingga memperluas koneksi pertemananmu akan membantumu mendapatkan pekerjaan lebih mudah dan cepat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!