Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Bagaimana Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor? Kebimbangan hidup yang sesungguhnya akan dialami pada saat lulus kuliah. Kamu harus memikirkan akan bekerja dimana agar tidak menyandang status pengangguran berlama-lama.

Di era digital yang membuat persaingan kerja semakin ketat, kamu bisa saja tidak langsung diterima pada saat pertama kali mengirimkan lamaran. Namun, tidak ada hal yang tidak mungkin selama kamu mau berusaha. Untuk itu, artikel ini akan mengulas beberapa tips lulus langsung bekerja di kantor.

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

1. Kenali Dan Pahami Diri Sendiri

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengenali dirimu sendiri. Melalui introspeksi diri, tanyakan apa yang kamu inginkan untuk bisa menyalurkan bakatmu.

Pastikan kamu mendahulukan apa yang memang dibutuhkan daripada apa yang diinginkan. Sembari mengintrospeksi diri, ubah beberapa hal dari dalam dirimu yang rasanya bisa menjadi penghambat untuk kesuksesanmu. Bekali dirimu dengan hal – hal positif dan pengetahuan luas.

2. Mengumpulkan Pengalaman Kerja Melalui Program Magang

Bila kamu seorang mahasiswa, usahakan tidak terpaku oleh teori-teori yang diberikan dosen selama mengajar. Hal ini dikarenakan, jika teori tanpa disertai dengan praktik sama saja tidak memiliki fungsi nilai yang berarti.

Sambil menunggu kelulusanmu, kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan mengisinya untuk magang di sebuah perusahaan. Manfaatkan waktu luang ini dengan maksimal. Tunjukkan kemampuanmu kepada perusahaan.

Siapa tahu, perusahaan akan melirik potensi dalam dirimu dan memberi kesempatan untuk direkrut. Magang di sebuah perusahaan dapat memberikanmu simulasi tentang bagaimana situasi dan kondisi dunia kerja.

Sehingga, apabila nanti kamu lulus langsung bekerja, kamu sudah terbiasa dengan tata cara kinerja perusahaan. Ambil pengetahuan penting yang diberikan pihak perusahaan sebagai bekalmu menuju jalan kesuksesan.

3. Melihat Ke segala Sisi

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Sebagai manusia biasa, tentunya kamu tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan bukan? Untuk itu, lihatlah ke segala perspektif dalam memandang pekerjaan.

Cari berbagai sumber yang memungkinkanmu mencari tempat kerja atau magang yang tepat. Kamu bisa menanyakannya kepada beberapa orang yang ahli di bidangnya seperti dosen, alumni sekolah, teman kuliah yang berpengalaman, atau konsultan karir perguruan tinggi.

Hindari membatasi diri dengan berfokus ke satu perspektif saja. Miliki sikap pemikiran yang terbuka agar kamu bisa melihat dan menerima berbagai perspektif yang ada.

Jika kamu tetap bersikukuh pada satu pandangan, hal ini akan berpengaruh pada perkembangan jati dirimu. Berusaha menerima kritikkan, saran, dan sanggahan karena semua itu tidak selalu bersifat buruk. Justru hal itu akan menjadikanmu lebih berkembang.

4. Mengikuti Organisasi Selama Perkuliahan

Selama kamu menyandang status mahasiswa, penting bagimu untuk mendapatkan banyak pengalaman dengan mengikuti organisasi, agar bisa membawamu pada kesempatan lulus langsung bekerja.

Baik itu organisasi di dalam maupun di luar kampus. Alasannya adalah, jika kamu mengikuti organisasi secara tidak langsung kemampuan manajemen, kemampuan berbicara, dan kemampuan memimpin akan terasah secara alamiah.

Kepribadian seseorang akan terlihat manakala ia pernah aktif terlibat dalam suatu organisasi. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana ia menyikapi masalah yang ada dan dari melihat semangatnya untuk bisa mencapai target yang dibutuhkan.

Dengan mengikuti organisasi, secara tidak sadar semangatmu akan terasah. Sehingga setelah lulus kuliah nanti, kamu akan terbiasa aktif mencari kesibukan yang bisa menguntungkan dirimu sendiri.

5. Memiliki Relasi yang Luas

Membangun banyak relasi juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Mencari banyak teman hal yang sepele bukan? Namun, nyatanya kamu tidak bisa sembarangan menjalin relasi dengan orang lain.

Dalam memilih teman, bersikaplah selektif dengan menyaring orang – orang yang bisa membawamu ke jalan yang benar dan dapat mendukung impianmu.

Sebaliknya, jika kamu sembarangan dalam memilih relasi, dikhawatirkan kamu akan terjerumus pada jalan yang salah. Dengan memiliki relasi yang luas, kamu bisa mendapatkan banyak informasi lulus langsung bekerja dengan tawaran lowongan pekerjaan.

Hal ini akan membantumu mendapatkan peluang bekerja di tempat yang diinginkan. Memperbanyak relasi bisa kamu dapatkan melalui organisasi di luar maupun di dalam kampus.

6. Membuat Resume Dengan Baik Dan Benar

Tahap selanjutnya untuk bisa diterima kerja adalah dengan membuat resume yang baik dan benar. Dalam membuat resume ini, pastikan kamu menggunakan tata bahasa yang tepat dan sesuai dengan kaidah.

Buat resume dengan sebenar-benarnya, maksudnya jangan menambahkan hal yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Kamu bisa menyertakan informasi seperti pengalaman yang kamu dapatkan saat magang, sehingga mereka lebih tertarik untuk merekrutmu.

7. Bergerak Lebih Gesit

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Jika kamu termasuk orang yang lamban dalam menghadapi suatu kemungkinan yang ada, ubahlah sikap tersebut. Cobalah untuk lebih aktif dan gesit saat mendapatkan kesempatan yang ada di depan mata.

Kesempatan yang baik tidak selalu terjadi dua kali, jadi usahakan menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Kirim lamaran sebanyak mungkin di perusahaan yang berbeda-beda, jangan melewatkan satu pun lowongan di perusahaan.

Perlu untuk diingat, bertindak gesit bukan berarti gegabah untuk bisa mendapatkan kesempatan lulus langsung bekerja. Bersikap aktif dan gesit dalam artian kamu menanggapi kesempatan emas dengan tetap berhati-hati.

Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk mencari lowongan pekerjaan yang ada di internet. Banyak sekali situs – situs yang memberikan informasi seputar lowongan perusahaan yang mungkin cocok dan sesuai dengan passionmu.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

8. Kirim Lamaran Pekerjaan Lebih Awal

Beberapa perusahaan menetapkan batas waktu pada saat mereka mengumumkan lowongannya. Untuk itu, upayakan mengirimkan lamaran lebih awal sebelum tanggal batas waktu yang ditetapkan.

Jika kamu terlalu banyak pertimbangan, pemikiran itu bisa mengacaukan kesempatan ini dan menutup peluang bahkan sebelum kamu diberi kesempatan untuk mengirimkan lamaranmu.

Setelah mengirimkan lamaran lebih awal, kemungkinan kamu akan dipanggil untuk mengikuti tahap selanjutnya. Tahap ini bisa berupa tes tertulis atau wawancara. Apapun bentuk tesnya, kamu harus mengerjakannya semaksimal mungkin.

Beri kesan yang baik pada saat wawancara, yakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang memiliki potensi dan ahli di bidang yang mereka butuhkan.

9. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin Untuk Bekerja

Di langkah terakhir ini, upayakan seluruh tenaga yang kamu miliki. Untuk bisa mewujudkan impian lulus langsung bekerja, bekali dirimu dengan pengetahuan yang luas agar hasil yang kamu peroleh juga maksimal.

Jaga kondisi kesehatanmu agar selalu siap menghadapi tekanan pekerjaan. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu akan membuatmu semangat dalam menjalani hari-hari di tempatmu bekerja.

Kesimpulan

Setelah kamu menyelesaikan perkuliahan, kamu akan dituntut untuk menghadapi dunia kerja yang baru. Tidak bisa dipungkiri, untuk bisa langsung diterima kerja bagi lulusan baru bukan hal yang mudah.

Namun, sesungguhnya tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan. Kuncinya adalah, memiliki kesiapan yang matang dan yakin pada diri sendiri. Sesungguhnya, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Untuk itu, teruslah berusaha sembari berdoa agar apa yang kamu inginkan senantiasa tercapai.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!