Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier

Bagaimana Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier? Apakah Anda baru saja kehilangan pekerjaan, atau Anda baru saja memutuskan sudah waktunya untuk berubah, beralih industri dapat menawarkan berbagai peluang baru yang menarik.

Satu-satunya tantangan adalah Anda perlu mengubah tujuan CV Anda dan menunjukkan bagaimana pengalaman Anda relevan dengan sektor baru ini.

Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier

Ini bisa terasa seperti proses yang cukup menakutkan, terutama jika Anda sudah lama berada di pekerjaan atau industri yang sama. Tetapi dengan sedikit dedikasi, Anda dapat meningkatkan CV Anda dan mulai meningkatkan keterampilan Anda untuk membawa Anda ke jalur yang benar.

Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier

Dalam panduan ini, kami akan memberikan enam cara agar Anda dapat menggunakan kembali CV untuk sektor baru, sehingga Anda dapat memulai pencarian kerja dan mendapatkan jabatan menarik berikutnya.

1. Identifikasi siapa yang merekrut

Anda perlu menyesuaikan setiap CV yang Anda tulis dengan jabatan dan perusahaan tertentu tempat Anda melamar, apa pun industri yang Anda geluti. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk melihat-lihat dan mencatat siapa yang merekrut adalah hal yang bermanfaat.

Ini juga akan memberi Anda beberapa wawasan tentang jenis pekerjaan yang tersedia di sektor yang Anda pilih dan keterampilan utama yang dicari pemberi kerja.

Ini akan memberi Anda manfaat yang baik untuk menulis CV yang menyoroti keterampilan yang tepat dan membuktikan mengapa Anda akan menjadi aset bagi perusahaan mereka. Meskipun Anda tidak memiliki pengalaman dalam industri tersebut.

2. Nilai dan sorot keterampilan Anda yang dapat ditransfer

Hanya karena Anda pindah ke industri baru, bukan berarti Anda memulai dari awal tanpa keahlian sama sekali. Memiliki seperangkat keterampilan kuat yang dapat ditransfer di dalam diri Anda bisa sama bermanfaatnya.

Faktanya, ini akan menjadi salah satu nilai jual terbesar ketika Anda menggunakan kembali CV Anda untuk berpindah sektor. Keterampilan Anda yang dapat ditransfer membantu untuk menunjukkan apa yang dapat Anda bawa ke peran tersebut; dan bagaimana Anda dapat membantu memajukan bisnis.

Pelajari deskripsi pekerjaan dari peran target baru Anda dan soroti keterampilan terbaik Anda yang dapat ditransfer di seluruh CV Anda. Ini seharusnya hanya mencakup hal-hal yang akan relevan dengan industri baru Anda. Ingat, CV Anda seharusnya hanya satu atau dua halaman A4, jadi Anda tidak punya ruang untuk mencantumkan banyak keahlian yang tidak relevan.

3. Ikuti beberapa kursus

Apakah itu kelas online, atau kelas malam. mengambil kursus yang relevan dapat membantu meningkatkan keterampilan Anda dan mempersiapkan Anda untuk jabatan dalam industri baru. Tidak hanya itu, mengikuti satu atau dua kursus dapat memberi Anda kualifikasi baru untuk ditonjolkan ketika Anda mengubah tujuan CV Anda.

Meskipun saat ini Anda sedang belajar, mencantumkan kursus ini di CV Anda dapat menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk belajar dan Anda selalu mengembangkan keahlian Anda. Ini adalah sifat yang sangat diinginkan oleh pemberi kerja dan bisa menjadi nilai jual yang besar bila Anda belum memiliki pengalaman di industri tersebut.

4. Tulis ulang dari awal

Mencoba untuk mengatur ulang atau menulis ulang CV yang sudah ada sebenarnya bisa lebih sulit, terutama jika Anda beralih ke sektor yang sangat berbeda.

Dalam kasus ini, yang terbaik adalah memulai dari awal. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan CV Anda dengan sektor dan jabatan yang Anda pilih.

Di masa lalu, Anda mungkin telah menempatkan banyak fokus pada riwayat pekerjaan dan bagian pencapaian Anda. Saat Anda menggunakan kembali CV Anda untuk industri baru, penting untuk lebih fokus pada profil pribadi dan bagian keahlian (yang dapat dialihkan).

Karena itu, Anda mungkin ingin memilih struktur yang berbeda dengan yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (Template CV) dan Menulis Surat Lamaran

5. Temukan kembali diri di profil Anda

Seperti yang disebutkan di atas, Anda perlu memberi penekanan pada profil pribadi Anda. Ini adalah hal pertama yang akan dibaca pemberi kerja dan perlu menarik perhatian mereka dan mendorong mereka untuk terus membaca.

Meskipun mungkin tergoda untuk membicarakan mengapa Anda ingin mengubah industri, Anda dapat melakukannya di surat lamaran dan / atau wawancara Anda.

Pernyataan pribadi Anda harus pendek dan manis (sekitar 50-200 kata). Jadi, meskipun Anda mungkin ingin membahas bahwa ini adalah perubahan karier, jangan terpaku pada hal ini.

Sebaliknya, bicarakan tentang minat Anda dan mengapa Anda tertarik dengan jabatan tersebut. Anda juga harus memasukkan beberapa keterampilan utama Anda yang dapat ditransfer dan pencapaian masa lalu yang mengesankan, selama itu relevan dengan peran / industri.

6. Saatnya untuk mengubah CV Anda

Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang jenis peran yang tersedia untuk Anda, Anda dapat mulai menggunakan kembali CV Anda untuk menunjukkan keahlian Anda yang dapat ditransfer; dan menunjukkan kepada calon atasan anda mengapa mereka harus mempekerjakan Anda.

Dan ingat, selalu bermanfaat untuk terus belajar. Jadi, jika Anda merasa CV Anda terlihat sedikit tipis, pertimbangkan untuk mengambil beberapa kursus untuk membantu meningkatkan keahlian dan kualifikasi Anda.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!