Kapan Harus Menghapus Pekerjaan Sebelumnya dari CV?

Kapan Harus Menghapus Pekerjaan Sebelumnya dari CV? Pada hari-hari awal karier Anda, Anda mungkin merasa sulit untuk mengidentifikasi keterampilan dan pengalaman yang cukup untuk dibicarakan.

Namun, saat Anda membuat kemajuan yang signifikan di dunia kerja, Anda mungkin ingin meninjau kembali beberapa posisi yang sebelumnya Anda soroti.

Kapan Harus Menghapus Pekerjaan Sebelumnya dari CV?

Lagi pula, jika Anda tidak memikirkan dengan cermat posisi mana yang akan dimasukkan, Anda bisa berakhir dengan CV yang terlalu panjang dan juga kurang fokus dan merendahkan kemampuan Anda.

Baca terus untuk mengetahui kapan Anda harus menghapus pekerjaan dari CV Anda.

Kapan Harus Menghapus Pekerjaan Sebelumnya dari CV?

1. Putuskan apa yang perlu

Saat memutuskan apakah akan menyertakan riwayat pekerjaan tersebut di CV Anda, pertanyaan kunci untuk ditanyakan pada diri Anda adalah ‘apakah ini relevan dengan pekerjaan yang saya inginkan sekarang?‘ Dan, ‘sudah berapa lama saya melakukan pekerjaan ini?

Biasanya, cukup menjelaskan secara mendetail tentang pekerjaan yang anda mulai selama 10 tahun terakhir. Jika Anda ingin melanjutkan di jalur karier yang sama, kemungkinan Anda dapat meringkas pekerjaan Anda sebelumnya atau menghapusnya.

Ringkasan yang merinci mulai dari jabatan pekerjaan, nama perusahaan dan tanggal, memungkinkan perekrut untuk melihat dengan cepat dan mudah bagaimana Anda telah maju melalui karir Anda, tanpa membahas detail yang tidak perlu.

Namun dalam beberapa keadaan, ringkasan mungkin tidak sesuai. Tidak ada kewajiban untuk memasukkan setiap detail kehidupan Anda di CV. Selain itu, Anda dapat menghapus pekerjaan dari CV Anda jika itu memungkinkan Anda menjual diri Anda lebih baik kepada pemberi kerja.

Orang-orang yang mungkin mendapat manfaat dari pendekatan ini termasuk mereka yang khawatir tentang diskriminasi usia, mereka yang awal karirnya tidak relevan dengan keinginan mereka saat ini, atau mereka yang sering mendapatkan pekerjaan.

2. Bersikaplah selektif tentang pekerjaan mana yang akan dimasukkan (dan detailnya)

Jika Anda baru-baru ini mendapatkan pekerjaan dan sering melompat, atau memiliki beberapa pekerjaan serupa di tingkat yang sama, ada baiknya Anda mengelompokkan beberapa posisi bersama dalam satu judul untuk menghindari duplikasi.

Misalnya, seseorang yang telah bekerja dengan posisi sementara dan sekarang ingin menetap di posisi permanen tidak perlu mencantumkan setiap pekerjaan sementara.

Tanggal mulai dan berakhir, jabatan, nama agensi, dan deskripsi yang mencakup tanggung jawab utama yang dilakukan selama periode tersebut akan menghilangkan detail yang berulang.

Terkadang Anda mungkin ingin mundur selangkah dalam karier Anda, misalnya jika Anda mendekati masa pensiun atau kembali dari cuti melahirkan.

Dan itu berarti Anda mungkin mencari pekerjaan yang menurut Anda terlalu memenuhi syarat. Anda mungkin tergoda untuk mengubah CV Anda untuk menunjukkan relevansi Anda.

Tapi, sebelum Anda menghapus pekerjaan dari CV Anda sama sekali, mungkin saja Anda berfokus pada keterampilan yang dapat dimasukan. Memperhatikan detail yang Anda sertakan dalam deskripsi setiap posisi dapat mencegah Anda tampil terlalu memenuhi syarat. tanpa meninggalkan celah pada CV anda.

3. Percayai penilaian Anda

Tentu saja, mungkin ada alasan lain mengapa Anda ingin menghilangkan pekerjaan dari CV Anda. Mungkin Anda meninggalkan istilah yang buruk, itu tidak berhubungan dengan keinginan Anda saat ini atau Anda tidak tinggal lama.

Tidak apa-apa!

CV harus menjual Anda. Jadi, jika menurut Anda mencantumkan pekerjaan tertentu akan merugikan, Anda tidak perlu menyebutkannya sama sekali.

Namun dalam kasus ini, Anda harus bersiap untuk menjelaskan jeda waktu dalam pekerjaan. Anda perlu menyebutkan sesuatu yang positif tentang waktu ini jika perekrut meminta Anda menjelaskan celah selama wawancara.

Baca juga: Cara Memasukan Soft Skill dalam CV

4. Aturan emas jika Anda ingin menghapus pekerjaan dari CV Anda

Jika pekerjaan itu tidak relevan, berikan alasan Anda untuk menyertakannya. CV Anda adalah dokumen branding pribadi Anda. Jadi, pastikan semua informasi yang dikandungnya menyoroti nilai Anda bagi perusahaan.

Pertanyakan dimasukkannya pekerjaan yang tidak memberikan kontribusi positif pada cerita Anda, dan mengubah bingkai atau menghapusnya sepenuhnya. Jauh lebih baik untuk menghapus pekerjaan yang tidak relevan untuk menciptakan lebih banyak ruang untuk pekerjaan yang penting.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!