Cara Menulis CV yang Mengesankan Atasan

Bagaimana Cara Menulis CV yang Mengesankan Atasan? Jika Anda berharap mendapatkan pekerjaan baru yang menarik, Anda harus memahami cara menulis CV Anda. Bagaimanapun, itu adalah hal pertama yang akan dilihat atasan tentang Anda. Dan penting untuk melakukannya dengan benar.

Mengapa? Bayangkan ini: Anda sedang mencari pekerjaan terkenal yang dapat mengirim karier Anda ke bulan. Akhirnya, Anda menemukan posisi yang sesuai dengan keahlian Anda. Lebih baik lagi, ia menawarkan lebih banyak fasilitas, seperti penawaran kerja dari Google dan Microsoft.

Cara Menulis CV yang Mengesankan Atasan

Jadi, Anda mulai menyesuaikan CV Anda dengan deskripsi pekerjaan dan dengan terengah-engah mengirimkan lamaran Anda. Lima minggu kemudian, Anda masih menunggu panggilan kembali dan terus berputar ke lingkaran pengangguran.

Tapi kenapa bisa seperti itu? Singkatnya, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan itu sangat ketat. Anda melawan 250+ kandidat dan CV Anda tidak menonjol.

Namun, jangan stres. Anda akan mempelajari cara menulis CV Anda dengan luar biasa, sehingga langsung menarik perhatian perekrut sejak awal.

Cara Menulis CV yang Mengesankan Atasan

1. Tonjolkan pengalaman dengan profil pribadi

Sapa Scarlett; manajer HRD yang sedang mencari bakat bintang. Di sampingnya adalah Mac lama yang penuh dengan lamaran dari pencari kerja (267 pelamar). Sayangnya, Scarlett tidak punya waktu untuk membaca semuanya. Sekilas di sini, sekilas ke sana dan di CV tidak akan semua dibaca bagi sebagian besar lamaran masuk.

Tapi, ketika Scarlett mengambil CV Anda, pupil matanya membesar karena gembira. Faktanya, dia merasa telah menemukan kandidat yang tepat yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan utamanya.

Apa yang membantu Anda mengacaukan persaingan? profil pribadi CV Anda tentu saja. Ini adalah cara terbaik untuk menonjolkan CV Anda dan berfungsi sebagai cuplikan pencapaian karier Anda yang paling signifikan.

Butuh contoh nyata profil pribadi pada CV?

Customer service professional  yang berdedikasi dan ceria dengan pengalaman 3+ tahun membantu pelanggan menyelesaikan masalah produk. Bersemangat untuk mendukung XYZ dalam menciptakan layanan online yang sempurna dengan memberikan dukungan pelanggan yang canggih. Dalam posisi sebelumnya, menerima peringkat positif 97,6% dan mempertahankan retensi pelanggan untuk panggilan reguler saya 10% di atas rata-rata perusahaan.

Apa sebenarnya yang membuat contoh profil pribadi CV ini efektif? Singkatnya, ini menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat kuat yang dapat membuktikannya dengan pencapaian terukur dari posisi sebelumnya. Itu cukup untuk membuat perekrut berusaha keras untuk menelepon Anda.

Berikut adalah rincian ringkasan CV yang sempurna

  1. Mulailah dengan sifat yang kuat (g., Ceria, motivasi diri)
  2. Buat daftar jabatan Anda
  3. Berikan pengalaman kerja bertahun-tahun
  4. Masukan nama perusahaan
  5. Katakan bagaimana Anda akan membantu calon perusahaan mencapai tujuan mereka
  6. Sorot pencapaian utama Anda dari posisi sebelumnya

Tips: Saat Anda menulis CV Anda, selalu sesuaikan ringkasan CV dengan deskripsi pekerjaan. Jika tidak, dampaknya akan sama seperti lalat di depan kaca .

2. Masukkan tujuan CV

Profil pribadi CV sangat bagus jika Anda telah memiliki pengalaman dan memiliki pencapaian yang dapat diukur. Tetapi bagaimana jika Anda adalah kandidat tingkat pemula atau ingin mengubah karier yang tidak memiliki banyak pengalaman?

Saat itulah tujuan CV masuk. Ini adalah pernyataan awal sepanjang dua hingga tiga kalimat yang menggambarkan tujuan karier Anda dan menunjukkan keterampilan dan hasrat Anda.

Ringkasan CV menyoroti pengalaman Anda sebelumnya di posisi yang sama dan dengan demikian membuktikan bahwa Anda dapat melakukan pekerjaan itu dengan mudah. Sangat ideal jika Anda memiliki pengalaman relevan selama 2+ tahun.

Sebaliknya, tujuan CV menekankan pada keterampilan relevan yang telah Anda kuasai sejauh ini dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan nilai bagi bisnis. Ini sempurna untuk kandidat tingkat pemula, fresh graduate, atau mengubah karier.

Di bawah ini adalah contoh tujuan yang dapat Anda gunakan saat membuka CV:

Lulus pada tahun 2020 dengan IPK 3.52 di bidang Administrasi Bisnis. Berusaha mengisi posisi sebagai Asisten Brand di XYZ. Bersemangat untuk memanfaatkan keterampilan analisis dan manajemen data yang kuat untuk membantu XYZ mengatasi tantangan yang akan datang.

Lihat? Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman profesional, tujuan CV yang ditulis dengan baik dapat membuat perekrut ingin segera menghubungi anda.

Baca juga: Cara Memasukan Soft Skill dalam CV

Beginilah cara Anda menulis

  1. Seperti profil pribadi CV, mulailah dengan karakter yang kuat
  2. Sebutkan pendidikan Anda atau jabatan Anda saat ini (jika Anda ingin mengubah karier atau kandidat tingkat pemula)
  3. Soroti keterampilan paling relevan yang diinginkan pemberi kerja (buka iklan pekerjaan untuk melihat apa itu)
  4. Masukan nama perusahaan dan posisi yang Anda lamar
  5. Katakan bagaimana Anda akan membantu perusahaan

Ingat, seperti ringkasan CV, Anda harus selalu menyesuaikannya dengan deskripsi pekerjaan. Tujuan CV umum tidak akan berhasil.

3. Buka CV Anda dengan baik untuk mendapatkan pekerjaan

Itu dia. Beberapa cara jitu untuk mengatasi persaingan dan menarik perhatian perekrut.

Sekarang, bagaimana pengalaman Anda menggunakan profil pribadi CV atau tujuan CV?

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!