Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi

Bagaimana Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi? Salah satu persyaratan yang digunakan untuk melamar kerja yaitu curriculum vitae atau sering disebut dengan CV. Dalam membuat CV yang berisi informasi mengenai data diri tentu harus dibuat semenarik mungkin.

Namun, terkadang masih banyak yang kebingungan untuk membuat CV. Oleh karena itu jika kamu ingin tahu cara membuat CV di HP yang mudah, berikut ulasannya.

Apa Saja Isi CV yang Harus dimuat?

Untuk cara membuat CV di HP dengan aplikasi tentunya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Mulai dari profil, garis besar kehidupan, sampai pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan harus tergambarkan di dalamnya. Karena melalui CV inilah, para HRD kan menyeleksi kamu terlebih dahulu untuk mengetahui kompetensi para pelamar.

Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi

Namun, sering kali CV tidak terbaca dengan seksama oleh perusahaan karena kurang menarik dan informasi yang dimuat kurang lengkap. Oleh karena itu, ada cara tepat untuk membuat CV lebih menarik di mata HRD dan memperbesar peluang kamu bisa bekerja di perusahaan impian.

CV akan lebih baik jika hanya berisikan satu lembar saja, tetapi sudah mencangkup semua informasi penting yang sekiranya membantumu dipertimbangkan. Ketika kamu membuat CV, konten yang harus ada di dalamnya meliputi data diri, pendidikan, personalitas, keterampilan, dan pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan.

Pada umumnya, susunan membuat CV harus dimulai dari header. Di bagian tersebut harus berisikan informasi kontak pribadi, seperti nama, nomor telepon, alamat rumah dan alamat email. Setelah membuat keterangan tersebut, kamu harus mencantumkan profil personal. Kamu bahkan bisa menggunakan aplikasi dengan panduan cara membuat CV di HP melalui internet.

Selain itu, bagi yang sudah pernah bekerja, kamu juga bisa mencantumkan pengalaman di CV. Namun untuk fresh graduate, mungkin dapat mengisinya dengan pengalaman organisasi atau magang. Hal tersebut akan memberi nilai tambah jika dilihat oleh HRD suatu perusahaan.

Tidak kalah pentingnya dengan profil pribadi, kamu juga harus mencantumkan riwayat pendidikan. Terutama pendidikan terakhir beserta nilai Ujian Nasional (UN) atau nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Jika sudah mencantumkan informasi tersebut, lengkapi dengan kemampuan yang kamu miliki. Pilihlah yang sekiranya berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Tips Sebelum Membuat CV di Smartphone

Sebelumya mengetahui cara membuat CV di HP dengan aplikasi, dan juga selain isi yang menjadi aspek penting dalam pembuatan CV, desain juga harus dibuat semenarik mungkin. Jangan sampai format yang digunakan seperti laporan esai yang hanya ada tulisan dan warna hitam. Kamu harus membuat CV lebih berwarna, namun masih terlihat profesional dan tidak terlalu berlebihan.

Font atau tipe tulisan yang umum digunakan dalam membuat CV adalah Tahoma, Helvetica, Times, New Roman, Bookman Old Style, atau Arial. Disarankan untuk tidak menggunakan font yang berlebihan seperti Comic Sans atau lainnya. Hal ini akan membuat kamu dinilai tidak serius untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa melihat panduan cara membuat CV di HP jika kesulitan menyusunnya.

Ukuran ideal font yang harus diaplikasikan ke CV adalah 11 atau 12. Untuk bagian header, gunakan ukuran font yang lebih besar sekitar 14 atau 16. Selain itu, pengaturan margin juga tidak kalah pentingnya. Jadi, aturlah serapi mungkin secara terstruktur agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Jika kamu melamar ke perusahaan yang sudah multinasional, ada baiknya jika menggunakan bahasa asing. Sering kali CV yang menggunakan Bahasa Inggris memiliki daya tarik tersendiri di mata HRD setiap perusahaan. Namun, perhatikan penggunaan tata bahasa yang formal dengan benar.

Jika saat ini kamu belum lancar berbahasa asing, ada baiknya untuk mengikuti kursus guna mendukung karir ke depannya. Kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kelas bahasa asing. Tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan keahlian khusus untuk bisa berbahasa asing.

Tidak berhenti sampai di situ saja, cobalah untuk menyisipkan akun sosial media di CV. Akun yang bisa ditulis seperti Facebook, Linkedln, atau Instagram. Jika kamu masih kebingungan menyusunnya, kamu bisa menggunakan panduan cara membuat CV di HP. Usahakan untuk membuat laman sosial anda lebih menarik. Dengan begitu HRD akan lebih bisa menilai kepribadian yang kamu miliki lebih jauh.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memiliki sebuah akun dan dicantumkan di CV. Pastikan kamu tidak pernah memposting hal yang melanggar hukum atau berbau SARA. Hal tersebut justru akan membuat kesan kamu menjadi lebih buruk dan tidak baik di mata HRD.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (Template CV) dan Menulis Surat Lamaran

Cara Membuat CV dengan Mudah di HP

Setelah kamu mengetahui beberapa aspek penting dalam pembuatan CV terkait isi dan tipsnya. Langkah selanjutnya adalah membuat desain yang menarik. Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki komputer atau laptop untuk menyusun CV-mu? Atau bahkan laptop yang kamu miliki tiba – tiba rusak atau error padahal kamu butuh cepat?

Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi

Jangan khawatir, kamu bisa menyusunnya menggunakan HP. Karena disini kami akan memberikan cara membuat CV di HP dengan Aplikasi dan ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV secara gratis hanya lewat ponsel pintar. Aplikasi tersebut meliputi Resumaker, Canva, Intelligent CV, dan Visual CV. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Pasalnya, setiap aplikasi juga memiliki karakteristik tersendiri untuk pembuatan desain CV yang menarik. Jika kamu ingin mengetahui cara membuat CV di HP secara mudah, solusinya adalah menggunakan Canva. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan banyak template gratis yang bisa digunakan.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih satu dari berbagai template CV gratis. Kemudian, edit informasi yang ada secara langsung sesuai yang ada pada dirimu. Kamu juga bisa menyusun sendiri CV berdasarkan selera dan keinginan. Setelah selesai, unduh dan simpan berkas CV yang sudah kamu buat.

Selain Canva, aplikasi yang memiliki desain menarik adalah Intelligent CV. Tampilan aplikasinya yang sederhana memudahkan kamu untuk menggunakan aplikasi ini. Bahkan kamu bisa mengalihkan bahasanya jika bingung dengan bahasa Inggris. Namun, ada yang berbeda dari aplikasi yang satu ini.

Jika sebelumnya aplikasi Canva menuntut kamu untuk memilih template terlebih dahulu baru mengisi data diri, maka di aplikasi Intelligent CV kamu harus melakukan sebaliknya. Identitas yang perlu diisi adalah pendidikan, keahlian, pengalaman kerja hingga referensi atau rujukan. Barulah kamu bisa memilih template dan mengunduhnya lewat HP.

Untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan besar, akan lebih baik menggunakan aplikasi Visual CV dan Resume Maker. Pasalnya, tampilan desain di sini lebih formal dan isiannya lebih detail. Seperti cara membuat CV di HP sebelumnya, kamu harus memilih template yang diinginkan, kemudian mengisi data diri yang sesuai.

Inti dari sebuah CV ini merupakan rangkuman dari diri kamu yang digunakan untuk mengenalkan diri kepada perusahaan. Usahakan membuat CV semaksimal mungkin agar bisa meraih pekerjaan yang diminati. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang sudah canggih dengan menggunakan aplikasi yang ada di ponsel pintar untuk menyusun CV.

Pembuatan Curriculum Vitae atau CV yang baik tentu akan berpengaruh dalam mendapatkan pekerjaan yang telah diimpikan. Sayangnya, tak sedikit para pelamar pekerjaan yang merasa kebingungan ketika membuat CV. Guna mengetahui cara membuat CV di HP dengan Aplikasi, berikut aplikasi untuk membuat CV di smartphone yang akan semakin memudahkan pencari kerja.

Daftar Aplikasi Pembuat CV Di Smartphone

1. Aplikasi Resume Builder

Jika anda sudah merasa bosan terhadap desain CV polos yang monoton, aplikasi yang satu ini menghadirkan 20 pilihan template dengan desain kreatif yang bisa mengombinasikan warna dan layout yang berbeda.

Tak hanya itu, anda juga bisa menambahkan foto pada CV yang akan dibuat. Bahkan, kualitas foto yang telah anda tambahkan tidak akan berkurang sedikit pun.

Seusai membuat kreasi biodata dan riwayat diri, pengguna bisa dengan mudah membagikannya dalam bentuk PDF melalui Bluetooth, WhatsApp, Email, Line dan media sosial lainnya.

Yang lebih menarik, anda bisa membuat riwayat hidup secara offline alias tanpa akses internet. Aplikasi smartphone yang tersedia secara gratis ini telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta orang.

2. Free Resume App

Aplikasi pembuat CV ini memiliki rating 4.6 bintang di Play Store. Editing CV ini dapat diunduh secara gratis, namun anda juga bisa mengunduh versi premiumnya untuk menghilangkan watermark pada CV. Free Resume App yang merupakan aplikasi untuk membuat cv di smartphone juga dibekali dengan fitur menarik layaknya editing CV profesional.

Aplikasi yang sangat praktis dapat memungkinkan anda untuk membuat dan mengubah Cv dalam waktu singkat. Para pengguna juga akan ditawarkan beragam template kekinian yang bisa menjadi nilai tambah surat lamaran pekerjaan. Selain tersedia di Play Store, anda juga bisa melakukan editing CV online dengan mengunjungi situs resmi yang sudah disediakan.

3. Editing CV Mobile

CV Mobile digadang gadang sebagai aplikasi editing CV yang memiliki fitur dan tampilan yang paling modern dan kekinian. Sejak membuka halaman pertama, anda akan ditampilkan dengan kesan modern dan minimalis yang dapat memudahkan para penggunanya untuk menyusun CV dalam waktu singkat.

CV Mobile memiliki fitur duplikat dan sistem edit informasi sehingga anda tak perlu memasukkan data berulang kali. Sebagai informasi, aplikasi yang satu ini disediakan khusus iOS dan belum tersedia untuk android.

Namun anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Namun, melalui aplikasi CV Mobile anda akan mendapatkan pengalaman membuat CV dengan praktis dan mudah.

4. Aplikasi CV Writer

Aplikasi pembuat CV yang satu ini menawarkan 16 pilihan template yang bisa digunakan dengan mudah. Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi untuk membuat cv di smartphone ini, salah staunya ialah banyaknya pilihan font serta adanya fitur spellcheck yang berfungsi untuk mengeja tulisan yang benar. Jadi, penulisan riwayat hidup anda akan terjamin dan terhindar dari salah ejaan.

Tak hanya bisa digunakan untuk membuat riwayat hidup saja, aplikasi ini juga menyediakan tips seputar wawancara atau interview kerja yang bisa mempermudah penggunanya sebelum menghadapi tes wawancara.

Aplikasi ini juga menyediakan cover letter yang akan sangat membantu penggunanya untuk mengkreasikan cover letter yang dengan apik.

CV Writer dapat diunduh untuk iOS dan Android secara gratis. Namun, jika anda ingin lebih mengkreasikan dan mendapat fitur terbaik tanpa kendala, maka perlu untuk membayar layanan tersebut.

Biasanya, aplikasi ini lebih dikenal dengan nama Resume Builder yang terdapat di Play Store. Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh aplikasi tersebut dan rasakan kecanggihannya.

5. VisualCV Resume Builder

Aplikasi editing CV ini menyediakan beragam pilihan template mulai dari yang paling simple hingga paling modern yang cocok untuk berbagai jenis pekerjaan.

Aplikasi VisualCV juga dapat digunakan untuk mengedit riwayat hidup dengan format PDF hingga Word. Selain dapat mengedit CV, aplikasi untuk membuat cv di smartphone ini juga menyediakan fitur pemilihan warna dan font.

Apakah anda tak memiliki waktu yang banyak untuk memasukkan informasi satu per satu? Jangan khawatir, aplikasi editing ini juga bisa membaca informasi melalui LinkedIn secara otomatis.

Anda bisa langsung menyimpan serta membagikan CV ke dalam bentuk PDF atau Word. VisualCV juga menawarkan layanan berbayar untuk mendapatkan domain personal, template, statistik, dll.

6. Website Dan Aplikasi Canva

Bagi anda yang sudah familier di bidang desain, maka tentunya anda sudah mengetahui aplikasi ini. Canva menyediakan beragam proyek desain yang salah satunya ialah menyusun dan membuat CV.

Melalui aplikasi ini, anda bisa membuat desain CV yang tampak seperti profesional. Meskipun anda belum memiliki kemampuan desain, aplikasi ini bisa dijadikan referensi.

Ada banyak sekali template biodata diri yang bisa dipilih tanpa berbayar, alias gratis. Dengan demikian, anda tak perlu lagi membuat layout dari aplikasi lainnya.

Setelahnya, anda hanya perlu mengisi daftar isian yang tercantum di aplikasi tersebut. Misalnya, nama, tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman, dan lain lain. Aplikasi ini juga bisa diakses melalui web dan aplikasi secara gratis.

Untuk elemen dan template aplikasi untuk membuat cv di smartphone ini , anda bisa mendapatkannya dengan cara berlangganan Canva Premium dengan cara memasukkan kredit card yang digunakan.

Setelahnya, anda bisa melakukan editing CV dengan template dan layout terbaru dari Canva. Anda juga bisa memilih beragam desain dari modern hingga klasik melalui aplikasi tersebut.

7. Easy Resume Builder

Sesuai dengan namanya, aplikasi editing CV ini dapat membuat resume tentang diri anda secara mudah dan cepat. Bagi anda yang baru pertama kali membuat CV, Easy Resume Builder dapat dijadikan sebagai referensi platform pembuat resume riwayat hidup. Keunggulan utama dari aplikasi ini ialah, memiliki fitur interface dan User Friendly sehingga mudah dioperasikan.

8. Pathsource Resume

Salah satu aplikasi editing CV yang mendapatkan rating berupa lima bintang di App Store bernama Pathsource Resume. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk memilah desan yang temanya bisa disesuaikan dengan berbagai jenis pekerjaan. Dengan interface yang sangat mudah dipahami, aplikasi ini bisa dengan mudah dioperasikan bahkan oleh orang awa, sekalipun.

Pathsource juga menyediakan fitur evaluasi CV dari pihak yang profesional. Dengan aplikasi untuk membuat cv di smartphone ini, CV anda akan terjamin dari inkonsistensi, kesalahan ketik, dan masalah lain yang dapat berakibat fatal ketika anda mengirimkannya. Dengan biodata diri yang dibuat sekreatif mungkin, perekrut akan lebih tertarik untuk mengenal anda lebih dalam.

Di era yang semakin canggih ini, banyak bermunculan teknologi yang semakin memudahkan para penggunanya. Salah satunya ialah teknologi aplikasi pembuat CV. Mulai dari Resume Builder hingga Pathsource Resume, semuanya memiliki kelebihannya masing masing. Bahkan, sekarang ini anda bisa membuat riwayat hidup hanya dengan bantuan smartphone saja.

Sekian mengenai artikel tentang Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi, semoga bermanfaat

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!