Jurusan yang Peluang Kerjanya banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Jurusan apa yang Peluang Kerjanya banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang? Ketika hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, biasanya siswa akan dibingungkan dengan pilihan jurusan yang akan diambil. Hal ini perlu pertimbangan matang, karena bidang ilmu yang kelak kamu jalani akan menentukan karir di masa depan. Ingin tahu apa saja jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Yuk, intip ulasan berikut ini.

Jurusan Dengan Prospek Baik Di Masa Mendatang

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan yang Peluang Kerjanya banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Setelah dibingungkan dengan berbagai ujian kelulusan, siswa SMA yang hendak melanjutkan kuliah biasanya akan mulai dilanda dilemma terkait jurusan apa yang hendak diambil. Hal ini bukan masalah sepele, bahkan dibutuhkan pertimbangan dan diskusi yang matang. Pasalnya, bidang keilmuan yang diambil bisa menentukan karir di masa depan.

Jurusan bergengsi cenderung dipilih karena dirasa mampu membawa ke masa depan yang lebih cerah. Padahal, terkadang juga ada bidang ilmu yang jarang dipilih orang, namun bisa memberikan prospek yang menjanjikan. Oleh karena itu, sebelum mulai mendaftar kuliah, carilah info terkait peluang kerja jurusan yang hendak kamu jalani. Jangan sampai salah pilih dan menyesal.

Kedokteran menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Memang untuk mengenyam bidang keilmuan ini membutuhkan banyak biaya, meskipun begitu tak sedikit lulusan SMA yang memilih jurusan tersebut. Diantara banyak alasan, salah satu yang mendasarinya adalah karena kedokteran dirasa cukup stabil dalam hal perekonomian.

Jadi, wajar jika peminat jurusan satu ini cenderung meningkat. Bahkan kedokteran selalu menjadi primadona utama di semua Universitas, baik negeri maupun swasta. Seperti yang diketahui, kesehatan merupakan hal yang penting. Sehingga, kehadiran dokter untuk menolong orang sakit sangat diperlukan. Jadi, bisa dikatakan jurusan ini mempunyai prospek baik di masa depan.

2. Jurusan Teknik

Selain kedokteran, teknik juga menjadi jurusan yang populer di hampir tiap perguruan tinggi. Hal ini karena, gelar teknik sangat dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan dan karir. Disamping itu, permintaan akan lulusan teknik juga mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Jadi, bisa dikatakan jika teknik menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Dalam jurusan ini dibagi menjadi beberapa cabang keilmuan, antara lain teknik mesin, elektro, sipil, informatika, perminyakan dan pertambangan, kimia, dan masih banyak lainnya. Pada teknik mesin, kamu akan mempelajari pengaplikasian ilmu fisika dalam desain mesin, manufaktur, analisa mesin, serta pemeliharaan mekanik lainnya.

Sedangkan teknik elektro mempelajari bidang ilmu tentang kelistrikan. Prospek kerja jurusan ini juga tergolong cukup luas, mulai dari perusahaan perlengkapan listrik, konsultasi listrik, hingga perusahaan pembangkit tenaga listrik. Adapun jurusan teknik sipil lebih berfokus dalam mempelajari perencanaan serta perancangan infrastruktur public.

Teknik sipil juga mempunyai peluang kerja yang menjanjikan. Lulusan dari bidang keilmuan ini bisa menggeluti karir sebagai surveyor kontrol bangunan, kontrol gedung, jalanan, dan masih banyak lainnya. Hampir semua jurusan teknik mempunyai prospek yang baik untuk masa depan. Pasalnya, seiring berkembang waktu teknologi pun semakin maju, sehingga membutuhkan ahli bidang ini.

3. Jurusan Sastra Inggris

Dari berbagai bidang keilmuan lainnya, sastra inggris juga menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Sayangnya, entah mengapa peminat bidang ilmu tersebut masih tergolong sedikit. Padahal, banyak prospek kerja menjanjikan dengan nilai tinggi, misalnya saja sebagai ahli bahasa atau penerjemah.

Tak hanya itu saja, lulusan sastra inggris juga bisa membuka kursus bahasa, yang semakin banyak dicari orang di masa modern. Selain itu, dari dunia pariwisata juga membutuhkan kehadiran ahli sastra ini sebagai pemandu turis dari luar negeri yang berwisata di Indonesia. Dalam bidang bisnis, para lulusan juga dibutuhkan dalam bidang ekspor dan impor barang.

Di bidang percetakan, alumni Sastra Inggris juga akan dilirik untuk menjadi penulis maupun sebagai editor. Menariknya lagi, mengambil jurusan tersebut memungkinkan kamu dapat bekerja di kedutaan luar negeri. Melihat banyaknya prospek kerja yang menguntungkan ini, tak ada salahnya kamu memasukkan bidang keilmuan ini di daftar jurusan kuliah.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Bidang keilmuan satu ini menjadi salah satu cakupan ilmu sosial yang menarik. Jurusan ilmu komunikasi juga turut serta memberikan peluang kerja yang baik di masa depan. Perlu kamu tahu, jurusan tersebut merupakan induk dari ilmu jurnalistik, periklanan, hubungan masyarakat, dan sebagainya yang berhubungan dengan komunikasi.

Pada bidang ilmu ini, kamu akan mempelajari berbagai sistem penyampaian pesan yang efektif dan tepat sasaran. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang pemanfaatan teknologi dan inovasi yang baru, sesuai dengan perkembangan zaman. Seperti yang diketahui, trend dan teknologi akan terus berkembang, sehingga orang ahli di bidang ilmu komunikasi akan terus dibutuhkan.

5. Jurusan MIPA (Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Bidang keilmuan MIPA juga menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Banyak profesi yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan satu ini, misalnya saja guru. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di perusahaan yang membutuhkan jasa akuntansi. Mengingat matematika merupakan ilmu dasar, jadi setiap tahun pasti akan dibutuhkan.

Menariknya lagi, mempelajari bidang keilmuan ini ini juga memungkinkan kamu untuk menjadi peneliti. Dalam sebuah perusahaan tertentu kamu bisa mengambil peran sebagai quality control. Masih banyak peluang kerja yang bisa digeluti oleh lulusan dari jurusan MIPA. Mengingat, setiap tahunnya akan banyak perusahaan yang membutuhkan ilmu tersebut.

6. Jurusan Ilmu Komputer

Di era modern ini, sebagian besar kegiatan manusia didukung dengan perangkat digital, misalnya saja komputer. Hal inilah yang mempengaruhi besarnya peluang kerja yang dimiliki oleh jurusan ilmu komputer. Bahkan, permintaan ahli komputer di perusahaan atau lembaga kerja cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Umumnya, jurusan ini dibedakan menjadi beberapa spesialisasi bidang keilmuan. Namun, yang dirasa paling populer adalah video game & multimedia, sistem informasi dan data science. Pada video game & multimedia, kamu bisa berkarir menjadi pengembang game online maupun website. Mahasiswa sistem informasi akan berpeluang untuk kerja di bidang jaringan.

Baca juga: Tips Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

7. Jurusan Psikologi

Peluang lapangan kerja untuk lulusan psikologi tergolong cukup luas. Di bidang psikologi klinis, kamu bisa menjadi seorang , konselor psikologis, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk psikologi industri, kamu bisa menjadi koterapisnselor perusahaan, HRD, dan sebagainya. Melihat prospeknya, kamu bisa memasukkan keilmuan ini dalam daftar jurusan kuliah.

Sebenarnya, bidang keilmuan ini tidak selalu berhubungan dengan orang yang mempunyai gangguan jiwa. Justru, dalam jurusan tersebut kamu akan mempelajari seputar perilaku manusia. Sehingga, bisa dikatakan jika bidang ini menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Menentukan jurusan untuk kuliah memang membingungkan dan perlu pertimbangan yang matang. Beberapa jurusan dengan peluang kerja banyak di masa depan tersebut bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Pastikan kamu memilih bidang kuliah sesuai dengan minat, dan tak lupa pastikan jurusan tersebut mempunyai prospek yang baik di waktu mendatang.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!