Pekerjaan Baru di Era New Normal

Apa Pekerjaan Baru di Era New Normal? Hadirnya wabah virus corona memang telah mengakibatkan banyak perubahan di dunia, termasuk dalam berbagai sektor industri. Bahkan beberapa bisnis pun terpaksa harus gulung tikar karena pandemi.

Uniknya, di masa new normal ini sekarang mulai bermunculan pekerjaan baru yang banyak dibutuhkan. Penasaran ? Yuk intip daftar pekerjaan baru di era new normal berikut.

Daftar Pekerjaan di Era New Normal

1. Digital Marketing

Pekerjaan Baru di Era New Normal

Era pandemi virus corona membuat semua kegiatan menjadi serba online, mulai dari sekolah, kerja, dan lain sebagainya. Hal ini juga berpengaruh pada berbagai bisnis yang ada, dimana mereka jadi dituntut agar mampu tetap mempromosikan produk kepada konsumen. Maka cara yang paling tepat adalah digital marketing.

Terlebih saat ini perkembangan teknologi dan internet semakin berkembang dengan pesat. Maka kesadaran dari masyarakat untuk mengetahui digital marketing juga semakin luas.

Meski digital marketing sebenarnya sudah ada dari beberapa tahun silam, namun penggunaannya masih sangat terbatas seperti televisi dan radio.

Namun saat ini media yang bisa digunakan untuk digital marketing menjadi amat beragam, seperti promosi dari media sosial, SEO, email marketing, billboard elektronik, mobile marketing, dan lain sebagainya.

Syarat dari pekerjaan ini yaitu minimal kamu harus bisa mengoperasikan media sosial, serta paham mengenai teknik copy writing.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021

2. Developer Aplikasi dan Web

Pekerjaan baru di era new normal yang banyak dibutuhkan berikutnya yaitu developer aplikasi dan web. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa masa pandemi serta perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, membuat semua hal menjadi serba online. Oleh sebab itu kehadiran website menjadi sangat penting untuk para pelaku usaha.

Situs web ini bisa dijadikan sebagai salah satu media digital marketing yang efisien. Selain itu pengguna smartphone di dunia juga semakin banyak, bahkan kini setiap orang rasanya wajib untuk memiliki minimal satu ponsel pintar.

Dimana pada smartphone tersebut tentu para pengguna membutuhkan aplikasi, baik untuk hiburan atau memudahkan komunikasi dan pekerjaan mereka.

3. Basic IT Support

Masih seputar era digital yang semakin berkembang di tengah new normal, muncul pekerjaan baru yakni pada bidang IT Support.

IT Support sendiri merupakan dukungan teknis layanan yang diberikan oleh perusahaan (terutama pada bidang IT), untuk membantu customer dalam pemakaian, konfigurasi, serta troubleshooting.

Jadi secara sederhana, IT Support ini dapat dikatakan sebagai seorang teknisi yang ada di organisasi atau perusahaan. Dimana tugasnya adalah bertanggung jawab penuh mengenai apapun yang berhubungan dengan teknologi di perusahaan.

Sekarang hampir semua perusahaan menggunakan perangkat komputer, sehingga peran para IT Support menjadi sangat dibutuhkan.

4. Machine Learning

Kamu mungkin masih asing dengan istilah machine learning, ini merupakan pekerjaan baru di era new normal. Secara garis besar, machine learning adalah orang yang dapat mengoperasikan cabang aplikasi dari artificial intelligence.

Dimana fokusnya yaitu pada pengembangan sebuah sistem, yang tidak harus diprogram berulang kali oleh manusia.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi machine learning engineer, maka terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya yaitu menguasai matematika khususnya algoritma, memahami dasar dasar dari ilmu komputer, mampu menganalisis data dalam jumlah besar secara menyeluruh, serta dapat bekerja sama dengan para data engineer.

5. Cyber Security

Pekerjaan Baru di Era New Normal

Karena dunia internet juga semakin tumbuh dengan baik di era new normal ini, pekerjaan baru seperti cyber security juga turut muncul.

Cyber security merupakan aktivitas pengamanan serta melindungi informasi, demi mencegah terjadinya cyber attack atau cyber crime. Ada 3 tugas utama dari cyber security yakni analis keamanan, spesialis forensik, dan meretas.

Pekerjaan ini sangat logis dan tepat, mengingat bahwa kini hampir semua sektor industri telah dilakukan secara digital. Bila kamu tertarik menggeluti pekerjaan cyber security, kamu harus memiliki beberapa skill di antaranya bisa mendeteksi intrusi, menganalisis malware, paham mengenai programming, dan memiliki keterampilan enkripsi dalam melindungi data yang ada.

6. RPA atau Robotic Process Automation

RPA adalah software robot yang kini menjadi salah satu pekerjaan baru di era new normal yang banyak dicari. Jika kamu bisa membuat RPA, maka pekerjaan tersebut akan dihargai dengan tinggi.

Sebab RPA ini dapat meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan akurat, agar human error bisa diminimalisir.

Beberapa perusahaan atau instansi yang umumnya menggunakan dan membutuhkan software robot ini yaitu jasa keuangan, layanan kesehatan, telekomunikasi, dan pemerintahan untuk melayani masyarakat.

Software ini bisa digunakan melalui aplikasi atau sistem, dan apabila tugas sudah selesai dikerjakan maka bisa langsung melakukan log out dari aplikasi tersebut.

7. Analisis Data

Semakin tingginya kebutuhan praktisi data di zaman sekarang ini, membuat profesi analisis data atau data analyst menjadi banyak diminati.

Sesuai dengan namanya, tugas utama dari seorang data analyst yakni menganalisis data, serta memahami asal usul dari data tersebut. Namun untuk menjabat profesini ini, hanya memiliki kemampuan analisa yang baik saja tidaklah cukup.

Setidaknya minimal kamu harus memiliki tiga kemampuan yaitu keterampilan analisis, menilai bisnis, dan komunikasi. Sebab data data dari perusahaan akan digunakan sebagai acuan dalam mengedepankan bisnis, jadi kamu dituntut untuk memiliki kemampuan menilai bisnis yang baik. Sedangkan kemampuan komunikasi ini digunakan untuk penyampaian data ke pihak perusahaan/klien.

Para pakar menyebutkan bahwa pekerjaan baru di era new normal satu ini merupakan profesi masa depan. Diperkirakan oleh World Economic Forum, ke depannya profesi data analyst ini akan menjadi favorit di seluruh dunia.

Karena tergolong baru, tentu gaji yang ditawarkan untuk jenis pekerjaan ini juga tidak sedikit, dan sangat menarik.

Baca juga: Pentingnya Analytical skills untuk Mendapatkan Pekerjaan

8. Keterampilan Manajemen Proyek

Pekerjaan Baru di Era New Normal

Pada hakikatnya, manajemen proyek merupakan sebuah teknik alat bantu yang bisa digunakan untuk aktivitas proyek. Alat bantu ini dilakukan agar syarat serta kebutuhan dari proyek dapat terpenuhi dengan baik.

Syarat untuk menjadi manajemen proyek ini adalah harus memiliki leadership yang baik, kemampuan komunikasi, koordinasi, serta merencanakan suatu pekerjaan.

Jika kamu tertarik pada pekerjaan ini, nantinya kamu akan melakukan tugas seperti melakukan survey atau riset pasar, membuat merek bagi produk dagang, mengurus perizinan domisili untuk perusahaan, mengikuti atau mengadakan penyuluhan serta pelatihan yang berkaitan dengan produk, serta menguji produk di laboratorium.

Apabila perusahaan tempat kamu bekerja bergerak pada bidang industri pangan, maka sebagai manajemen proyek kamu juga wajib untuk memikirkan kemasan yang menarik dan eye catching.

Agar produk dari perusahaan bisa diterima oleh masyarakat secara luas. Meski nampak memiliki jobdesk yang banyak, pekerjaan baru di era new normal ini menjadi banyak diminati.

Masa pandemi memang membuat banyak orang kesulitan, meski begitu memasuki era new normal seperti sekarang ini membuat beberapa gerbang pekerjaan baru mulai terbuka. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu, baik yang sebelumnya kehilangan pekerjaan karena covid 19 atau bagi kamu yang merupakan para fresh graduated.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!