Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Apa Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021? Pendaftaran ujian masuk calon pegawai negeri sipil kabarnya akan dibuka pada Maret 2021. Para calon pelamar dapat mengakses pendaftarannya secara daring di website yang dikelola oleh BKN.

Ada banyak dokumen yang perlu kamu siapkan mulai sekarang, agar lebih mudah diunggah ke portal SSCAN nantinya. Untuk lebih jelas simak ketentuan dan syarat pendaftaran CPNS yang harus diketahui.

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

1. WNI dan Terdaftar di Data Sensus

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Bagi kamu yang berminat mendaftar CPNS, pastikan per Maret 2021 usiamu genap 18 tahun. Pasalnya pihak BKN memberikan syarat bahwa calon pendaftar berada pada rentang usia 18-35 tahun.

Disesuaikan dengan instansi tempatmu mengajukan pendaftaran sebagai pegawai negeri sipil. Dengan begitu, lembaga tersebut akan mempertimbangkan diterima atau ditolak.

Selain itu, calon perseta haruslah warga negara Indonesia dan sudah memiliki KTP. Namanya terdaftar secara resmi di data sensus, sekaligus data diri lainnya.

Meskipun kamu tinggal di Indonesia dalam jangka waktu lama, namun jika status kependudukanmu masih milik negara lain, maka tidak diizinkan oleh pihak penyelenggara tes untuk lolos ke tahap selanjutnya.

2. Tidak Memiliki Catatan Kriminal

Penting bagi bakal peserta tes CPNS bersih dari tindakan kriminal apapun, atau tidak pernah terlibat dengan kasus hukum. Mengingat bahwa ujian masuk tersebut adalah tes seleksi untuk calon pegawai pemerintahan.

Wajar apabila pesertanya tidak pernah bersinggungan dengan masalah kriminal. Terlebih lagi warga negara yang pernah berusan dengan catatan resmi kepolisian.

Salah satu ketentuan dan syarat pendaftaran CPNS yang harus diketahui ini tidak dapat dimanipulasi. Ketika mendaftar kamu akan diminta untuk melampirkan surat keterangan bebas kriminal dari kepolisian terdekat.

Surat tersebut bersifat legal dan bernilai hukum karena ditandatangani oleh kepala polisi setempat. Sehingga tidak dapat dipalsukan oleh pihak manapun.

Bagi siapa saja yang berani memalsukan surat keterangan tersebut, berarti siap dijerat dengan pasal-pasal hukum yang berlaku.

Akan ada sanksi dari kepolisian melalui pengadilan jika ada yang memanipulasi dokumen negara. Maka dari itu, sebelum mendaftar CPNS pastikan bahwa dirimu bersih dari segala tidakan pidana.

3. Tidak Pernah Terlibat Kasus Narkotika

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Salah satu syarat tes masuk CPNS ialah tidak perrnah terlibat dalam kasus narkoba. Baik sebagai pemakai ataupun pengedar, calon pendaftar harus bersih dari keduanya.

Biasanya kamu akan dimintai surat keterangan bebas narkoba dari  Polres terdekat. Surat tersebut dikeluarkan secara resmi oleh BNN, dan memiliki legalitas hukum yang kuat.

Ketentuan dan syarat pendaftaran CPNS yang harus diketahui calon peserta ini, wajib untuk dipenuhi di awal pendaftaran. Mengingat bahwa calon pegawai negara harus bersih dari jejak kriminal apapun.

Karena nama baik instansi berada di tangan para karyawannya, otomatis di awal seleksi sudah selektif dalam mencari bibit unggul.

4. Tidak Terikat Sebagai PNS, TNI/POLRI, atau Sekolah Dinas

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021 selanjutnya adalah calon peserta bukanlah seseorang yang masih menjabat sebagai pegawai negara. Dalam artian kamu tidak memiliki ikatan kerja apapun sebagai pengabdi negara.

Sebab pihak penyelenggara tidak mengizinkan pendaftar yang mempunyai double kepegawaian. Termasuk bila kamu seorang lulusan dari sekolah dinas, yang mana otomatis menduduki instansi pemerintahan tertentu.

5. Perguruan Tinggi Terdaftar di BAN-PT

Bagi calon pendaftar yang berasal dari lulusan perguruan tinggi, baiknya kampus sudah terakreditasi dalam BAN-PT. Ketentuan dan syarat pendaftaran CPNS yang harus diketahui ini, berkaitan dengan status kelulusan para mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi tersebut. Biasanya pihak penyelenggara akan melacak berdasarkan nama universitas yang dicantumkan.

Disamping itu lulusan perguruan tinggi negeri harus memiliki IPK minimal 2,75. Sedangkan untuk lulusan universitas swasta standar IPK minimal 3,00. Ketentuan ini sebagai syarat awal lolos tahapan seleksi CPNS.

Bagaiamanapun instansi juga menginginkan karyawan yang memiliki intelektual. Selain itu, mempunyai keahlian yang sesuai dengan bidang yang sedang dibutuhkan.

6. Punya Kualifikasi Pendidikan Sesuai Bidang

Pada Maret 2021 mendatang akan dibuka sejumlah formasi untuk mengisi kekosongan pemerintahan. Masing-masing instansi memiliki kualifikasi pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan bidang.

Misalnya di Kementerian Perekonomian berarti tenaga kerja yang dibutukan ialah berasal dari lulusan ekonomi atau linear bidangnya.

Ketentuan dan syarat pendaftaran CPNS yang harus diketahui ini seolah sudah menjadi ketetapan mutlak. Bagaiamanapun calon peserta ini nantinya yang akan mengisi tata pemerintahan.

Tentu membutuhkan keahlian yang sekiranya tidak akan merugikan negara. Maka dari itu, kamu perlu menimbang apa posisi yang sesuai dengan jurusan pendidikan yang pernah kamu ambil.

Tidak hanya berlaku bagi lulusan universitas saja, namun lulusan SMA juga mendapatkan kesempatan yang sama. Beberapa instansi akan ada yang membuka lowongan untuk para lulusan SMA.

Jadi tidak ada ketimpangan dalam tes seleksi CPNS kali ini, asalkan jabatan yang diincar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang pernah ditempuh.

7. Menguasai Bahasa Inggris dan Punya Skor TOEFL

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Di era digital seperti ini, kemampuan Bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan. Sebab zamannya sudah mulai global, termasuk lingkup kerja yang mungkin saja bersentuhan dengan negara asing.

Maka dari itu instansi sudah menyaring para pegawainya sejak awal, tujuannya agar lebih siap ketika nantinya pekerjaan berhubungan dengan warga asing.

Oleh sebab itu, ketentuan dan syarat pendaftaran CPNS yang harus diketahui ialah memiliki skor TOEFL minimal 450. Angka tersebut setara dengan TOEIC minimal 405, atau nilai IELTS setidaknya 5,5.

Kamu bisa melaksanakan tes TOEFL pada lembaga tertentu, yang mana mempunyai akreditasi legal. Selain itu, sertifikat tes TOEFL berlaku untuk dua tahun lamanya.

8. Bersedia Mengabdi dan Tidak Mengajukan Pindah

Sebagai pegawai negara, tentunya kamu akan diminta untuk mengabdi sampai masa pensiun tiba. Kamu akan berada di bidang yang sama dalam jangka waktu lama, sehingga akan muncul rasa jenuh di kemudian hari.

Maka dari itu, sebelum mengajukan pendaftaran pikirkan terlebih dahulu baik dan buruknya. Jangan sampai kamu merasa salah pilihan dan ingin mengundurkan diri secepat mungkin.

Kamu diberi waktu minimal 10 tahun pasca TMT CPNS, untuk beradaptasi terhadap lingkungan kerja. Selama kurun waktu tersebut kamu tidak diperbolehkan mengajukan pindah.

Terhitung sejak diterima menjadi pegawai negara sipil, maka kamu sepenuhnya mengabdi kepada negara. Memberikan pelayanan terbaik untuk warga negara Indonesia dan tata pemerintahan.

9. Tidak Bertato dan Tidak Bertindik

Layaknya pegawai pada umumnya, kamu harus berpenampilan rapi dan enak dipandang. Jadi syarat peserta CPNS tidak boleh bertato maupun memakai tindik.

Jika sebelumnya kamu memakai atribut tersebut, maka segera lepas dan bersihkan sampai tak bersisa. Sebab kamu harus membuat citra pegawai yang baik, agar masuk kualifikasi dari para instansi.

Tes CPNS kabarnya akan dilaksanakan pada Maret 2021, dan membuka peluang di beberapa formasi. Kali ini kamu harus mempersiapkan diri dengan baik, mengingat di tahun 2020 tidak dibuka pendaftaran.

Jadi otomatis sainganmu akan lebih banyak di seleksi CPNS nantinya. Maka siapkan dokumen yang dibutuhkan sejak awal dan pelajari apa saja ketentuan serta syaratnya. Selamat berjuang!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!