Cara Membuat Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)

Bagaimana Cara Membuat Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)? Para pejuang amplop coklat umumnya diminta melengkapi sejumlah berkas penting ketika melamar suatu pekerjaan, tidak terkecuali Kartu Pencari Kerja.

Sebab ada beberapa instansi atau perusahaan swasta yang memintamu membawa kartu berwarna kuning tersebut sebagai salah satu persyaratan administrasinya. Namun bagaimana cara membuat kartu kuning ? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Kartu Kuning

1. Persyaratan Buat Kartu Pencari Kerja

Cara Membuat Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)

Pembuatan kartu kerja terbilang cukup mudah. Kamu hanya diminta datang secara langsung menuju Kantor  Dinas Tenaga Kerja yang berasal dari daerah asal.

Sedangkan bagi mereka yang berhalangan datang secara langsung, kini sudah tersedia pendaftaran online yang siap membantu. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum membuatnya.

Dalam persyaratan tersebut dijelaskan bahwa para pencari kerja wajib mempersiapkan sejumlah dokumen penting. Mulai dari fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang sudah terlegalisir dan tidak lupa membawa ijazah asli sebagai langkah antisipasinya, fotokopi akta kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi KTP atau SIM, serta dua lembar foto berukuran 3×4.

Foto yang digunakan harus memenuhi syarat yakni berpakaian rapi dan formal, wajah terlihat dengan jelas, latar belakang foto berwarna merah, dan lain sebagainya.

Dan perlu diingat bahwa persyaratan yang harus dipenuhi tergantung dari kebijakan dari Kantor Dinas Ketenagakerjaan asal daerah masing masing. Namun secara keseluruhan sudah tertulis sebelumnya.

2. Syarat Buat Pencari Kerja untuk Bekerja di Luar Negeri

Jika sebelumnya telah mengupas persyaratan membuat Kartu Pencari Kerja di dalam negeri, bagaimana dengan mereka yang tertarik mengadu nasib di negeri orang ?

Perlu diingatkan kembali bahwa pembuatan kartu berwarna kuning ini hanya berlaku bagi pelamar kerja di dalam negeri saja. Sebab pembuatan KTKLN sedikit berbeda dibandingkan dengan Kartu Pencari Kerja di dalam negeri.

Ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi apabila hendak bekerja di luar negeri. Persyaratan tersebut menyebutkan bahwa kamu harus berumur 18 tahun khusus untuk sektor formal, sedangkan minimal berumur 21 tahun apabila hendak melamar kerja di sektor informal. Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi dokumen penting sebagai penunjangnya.

Dokumen yang harus dipersiapkan antara lain fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi Kartu Keluarga (KK), 3 lembar pas foto berwarna berukuran 3×4, serta fotokopi surat izin bekerja ke luar negeri yang bisa didapatkan dari orang tua atau pasangan resmi Anda lalu dibubuhi dengan tanda tangan asli sebagai pelengkapnya.

Meski dokumen yang harus dipersiapkan sedikit berbeda, namun secara keseluruhan proses pembuatan kartu kerja di dalam negeri dan luar negeri hampir serupa.

Sebab para pencari kerja yang sudah melengkapi persyaratan akan diminta datang ke Disnaker terdekat, untuk menyerahkan semua dokumen yang diminta ketika hendak membuat Kartu Pencari Kerja Luar Negeri (KTKLN).

3. Cara Buat Kartu Pencari Kerja di Disnaker

Setelah semua dokumen yang diminta telah dilengkapi sempurna, kini saatnya untuk menerapkan cara membuat kartu kuning dengan menyerahkannya pada Disnaker.

Selanjutnya tunggu beberapa menit hingga petugas memanggil namamu. Sebelum mendapatkannya, petugas memberikan pertanyaan terkait keperluan membuat kartu berwarna kuning tersebut.

Merasa menjawab semua pertanyaan dengan baik, petugas akan memintamu mengisi data di lembaran kartu berwarna kuning sesuai dengan dokumen yang telah dilampirkan sebelumnya.

Selanjutnya tempelkan foto dan bubuhi dengan tanda tangan pada bagian yang telah tersedia. Setelahnya serahkan kembali kartu tersebut kepada petugas untuk dilakukan pengecekan ulang.

Pengecekan ulang dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan dalam pendataan. Setelahnya petugas menandatangani kartu tersebut dan dilengkapi dengan stempel.

Ketika kartu sudah berhasil didapatkan, kini saatnya untuk memfotokopinya untuk proses legalisir. Jumlah fotokopi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, namun tidak ada salahnya fotokopi lebih sebagai antisipasi.

4. Cara Buat Kartu Pencari Kerja Secara Online

Bagi calon pelamar kerja yang tidak memiliki kesempatan untuk hadir langsung di Disnaker, kini sudah dimudahkan dengan adanya cara buat kartu pencari kerja yang bisa dilakukan secara online. Caranya cukup mudah, dimana kamu hanya perlu masuk ke laman resmi Dinas Ketenagakerjaan http://infokerja.naker.go.id.

Kemudian masuk ke menu daftar dan mulailah mengisi identitas diri untuk membuat akun terlebih dahulu mulai dari nama, user id, nomor telepon, hingga kata sandi.

Selanjutnya kamu akan diminta mengisi data diri mulai dari nama akun, pekerjaan, keterampilan, pendidikan, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menambahkan pas foto berukuran 3×4 sebagai langkah terakhirnya.

Ikuti instruksi yang diberikan dan pastikan tidak ada satupun data yang lupa terisi sebelum menekan tombol save atau simpan. Data yang telah tersimpan secara otomatis masuk dalam memori Disnaker.

Kemudian kamu hanya perlu datang ke kantor Disnaker yang ada di daerahmu untuk mengambil kartu pencari kerja yang sudah dilegalisasi.

Usai mendapatkan kartu, cobalah periksa dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan pendataan. Setelahnya penting untuk melihat batas masa berlakunya agar bisa menggunakanya dengan efektif sesuai target yang diinginkan.

Umumnya kartu ini hanya berlaku selama 2 tahun terhitung sejak pembuatan. Sedangkan legalisirnya hanya berlaku 6 bulan saja.

Dengan kata lain, kamu perlu melaporkannya setiap 6 bulan sekali jika masih belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Khusus bagi mereka yang sudah berhasil dapatkan pekerjaan impiannya, otomatis kartu tersebut harus dikembalikan kepada kantor Disnaker terhitung sejak 1 minggu bekerja di perusahaan atau instansi tersebut.

5. Persyaratan Perpanjangan Kartu Pencari Kerja

Bagi mereka yang masih berusaha mencari pekerjaan namun sudah pernah membuat kartu kerja, maka perlu melakukan perpanjangan.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk perpanjangan yaitu fotokopi kartu pencari kerja yang lama, fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir, serta 2 lembar pas foto berwarna ukuran 3×4.

6. Biaya Buat Kartu Pencari Kerja

Para calon pencari kerja mungkin berpikir untuk mempersiapkan sejumlah dana untuk proses pembuatan kartunya. Sebenarnya persiapan tersebut tidak diperlukan, karena keseluruhan proses pembuatannya tidak akan dipungut biaya sedikitpun alias gratis.

Pemerintah melakukannya demi memudahkan para pencari kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Proses pembuatannya cukup mudah dan tidak dikenai biaya sedikitpun. Sehingga kamu perlu menaruh curiga terhadap oknum kurang bertanggung jawab, yang justru meminta sejumlah uang agar proses pembuatan kartu khusus mencari kerja bisa segera diproses dan mendapatkan legalisir. Sebab ada kemungkinan kamu telah menjadi korban penipuan tanpa disadari.

Baca juga: Cara Membuat SKCK Untuk Daftar Gojek Dan Uber

7. Manfaat Membuat Kartu Pencari Kerja

Para pencari kerja akan mendapatkan segudang manfaat ketika membuat kartu berwarna kuning tersebut. Sebab pihak Disnaker siap menghubungi dan memberikan informasi terkait dengan lowongan pekerjaan yang sudah masuk. Inilah mengapa calon pekerja harus memahami cara membuat kartu kuning dengan benar.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melamar sebuah pekerjaan di tempat impian. Selain memiliki kemampuan atau skill yang dibutuhkan, tentu saja kamu perlu mempersiapkan sejumlah dokumen penting mulai dari ijazah hingga kartu pencari kerja. Dengan melengkapi semua persyaratan, diharapkan para pelamar dapat masuk ke tahapan selanjutnya.

Sekian artikel mengenai Cara Membuat Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!