Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

Apa Link Untuk Mendaftar CPNS 2021? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mendambakan posisi pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tidak heran jika setiap pendaftaraan CPNS dibuka selalu ramai peminatnya.

Pada tahun 2021 ini pemerintah kembali membuka peluang bagi putra-putri bangsa. Kamu bisa mencari informasinya mulai sekarang, berikut ini ada link untuk mendaftar CPNS 2021.

Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

1. Pahami Persyaratan Umum untuk Peserta CPNS 2021

Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

Seleksi CPNS terakhir kali diadakan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2019. Pada tahun 2020 tidak ada penyelengaraan tes CPNS karena adanya pandemi corona.

Sehingga proses penyeleksian terhambat, bahkan hasil akhir peserta tahun 2019 berhenti di tengah jalan. Alhasil di tahun 2020 pemerintah masih harus menuntaskan tanggungan proses seleksi yang masih menggantung.

Kemudian pemerintah mengumumkan terkait penyelenggaraan tes CPNS 2021. Pihak panitia menyatakan bahwa pendaftaran akan diadakan sekitar bulan Maret nanti.

Mumpung masih cukup waktu yang tersisa, kamu bisa mempersiapkannya sejak dini. Salah satunya mempelajari soal-soal yang akan diujikan, serta memahami bagaimana cara menjawab soal dengan cepat.

Menurut kabar yang beredar, untuk tahun ini pemerintah membuka formasi kurang lebih satu juta. Namun sampai hari ini belum diketahui kepastiannya, sebab pihak penyelenggara masih memastikan kekosongan kursi di dalam instansi.

Waktu untuk menanti pengumuman jumlah formasi ini bisa kamu manfaatkan untuk persiapan berkas-berkas, yang sekiranya dibutuhkan.

Informasi terkait beberapa berkas dan ketentuan yang harus dipenuhi harus kamu ketahui lebih awal. Mengingat bahwa kemungkinan jumlah pendaftar akan membludak tahun ini, maka penting untuk memahami detail informasinya.

Meskipun belum ada rilis pengumuman resminya, kamu bisa menjadikan ketentuan dalam CPNS 2019 sebagai acuan.

Setidaknya kamu paham terlebih dahulu beberapa ketentuan umum yang diajukan. Pertama kamu harus memastikan bahwa status kewarganegaraan sebagai warga negara Indonesia.

Selanjutnya pastikan usia kamu berada di rentang 18 hingga 35 tahun. Ketentuan usia ini bisa berbeda setiap instansinya, tergantung formasi yang dibutuhkan dan sedang anda lamar.

Ketiga, peserta CPNS 2021 bukan dari anggota partai politik dan tidak pernah terlibat dalam politik praktis. Ketentuan berikutnya peserta harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Kamu bisa mempersiapkannya dengan rajin olahraga dan mengatur gaya hidup serta pola makan sehat. Sehingga mejelang tes kesehatan nantinya kamu siap melalui berbagai rangakainnya.

Keempat, pihak penyelenggara menyertakan kualifikasi khusus pendidikan sesuai dengan formasi yang dibutuhkan. Hal ini dibuktikan pada saat pendaftaran dengan melampirkan ijazah serta transkrip nilai.

Untuk itu kamu disarankan untuk mempersiapkannya sejak awal, jadi apabila ada kekurangan dari salah satu kedua berkas tersebut, kamu bisa langsung mengonfirmasinya.

Baca juga: Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS yang Harus Diketahui

2. Formasi Khusus yang Ditetapkan Pihak Penyelenggara

Beberapa ketentuan umum yang disepakati memang wajib dipenuhi oleh semua pelamar CPNS 2021. Namun ada formasi khusus yang membutuhkan dokumen tambahan sebagai bukti saat pendaftaraan.

Contohnya formasi khusus Putra-Putri Papua dan Papua Barat, yang pendaftarnya harus melampirkan akta kelahiran asli, KTP asli orang tua kandung, dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.

Ada pula formasi khusus lulusan terbaik atau cumclaude, yang menyertakan sertifikat akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dari kampus yang bersangkutan.

Berikutnya ada formasi diaspora dan formasi tenaga keamanan siber. Kamu bisa mencari apa saja dokumen yang perlu disertakan dengan mengakses link untuk mendaftar CPNS 2021.

Sedangkan formasi khusus disabilitas juga wajib menyertakan dokumen tambahan untuk pendaftaran seleksi CPNS 2021. Kamu perlu melampirkan surat keterangan asli dari dokter, mengenai kondisi disabilitas yang dialami. Sama seperti pelamar lainnya, calon peserta formasi khusus ini berarti akan melalui rangkaian kesehatan yang resmi.

3. Pahami Alur Pendaftaran CPNS 2021

Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

Pada dasarnya Pegawai Negeri Sipil merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun bukan berarti semua ASN mempunyai status sebagai PNS. Ada pula pegawai pemerintahan yang melalui jalur Perjanjian Kerja (PPPK).

Kedua seleksi ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kamu juga bisa mengakses informasinya melalui laman resmi yang disediakan.

Bukan hanya PPPK dan seleksi CPNS bersama yang informasinya bisa diakses melalui laman resmi pihak penyelenggara, terdapat seleksi CPNS melalui pendidikan kedinasan.

Khusus jalur pendidikan kedinasan ada jenjang sekolah yang perlu ditempuh. Setelah menyelesaikan masa pendidikan barulah lulusan ini ditempatkan pada instansi tertentu yang membutuhkan.

Jika kamu sudah mengetahui mana jalur seleksi yang kamu tempuh, langsung buka website resminya https://sscn.bkn.go.id/ untuk login. Untuk melakukan login pelamar harap membuka laman SSCASN terlebih dahulu.

Kamu dapat memilih menu di panel atas dengan tulisan Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Didalamnya kamu akan diarahkan oleh BKN kamu perlu mengisi kolom apa saja.

Pada alur pendaftaran ini penting untuk kamu perhatikan dan sungguh dipahami. Karena kolom-kolom yang perlu diisi butuh ketelitian tinggi.

Sekali kamu salah input maka akan bermasalah pada tahapan yang selanjutnya. Apalagi pesertanya mungkin mencapai ribuan bahkan jutaan. Jadi pahami detail apa saja yang perlu diisi, serta berkas-berkas yang wajib dicantumkan.

Setelah kamu tahu link untuk mendaftar CPNS 2021, kamu langsung pilih menu SSCN. Klik tombol Daftar Sekarang lalu kamu akan diarahkan ke laman resmi pendaftaran milik BKN.

Buat akun SSCN dengan email yang masih aktif, masukkan NIK dan nomor KK. Jika kamu pernah daftar CPNS 2019 bisa pakai akun yang lama. Buat password yang mudah kamu ingat karena akan diperlukan selama proses seleksi.

Selanjutnya login kembali dengan NIK dan password yang sudah kamu daftarkan. Lakukan konfirmasi kebenaran data KTP, dengan swafoto sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.

Isi kolom yang diminta dengan sebenar-benarnya, seperti biodata, jabatan, hingga pilihan informasi. Kemudian unggah dokumen persyaratan sesuai dengan formasi yang kamu pilih.

Jangan lupa unggah foto formal dengan latar belakang merah dan ukuran yang diminta. Setelah itu kamu diminta isi kolom pertanyaan pengaman serta jawabannya. Pertanyaan ini bisa kamu simpan untuk login nanti.

Setelah masukkan kode captcha, pastikan semua data yang kamu masukkan sudah valid dan benar. Lalu pilih menu Cetak Informasi Pendaftaran sebagai bukti sudah buat akun SSCN.

Pasca melakukan konfirmasi pendaftaran dan cetak Kartu Pendaftaran, maka panitia akan melakukan verifikasi data. Kamu akan melalui seleksi administrasi yang akan diumumkan beberapa waktu berikutnya.

Kamu juga diberi hak untuk menyampaikan klarifikasi data ketika masa sanggah. Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi barulah kamu mengikuti tes selanjutnya.

Selama rentang waktu menunggu pengumuman seleksi administrasi, kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar soal-soal CPNS. Mulailah mengenal terlebih dahulu jenis tes apa saja yang nantinya diujikan.

Setelah itu atur waktu untuk berlatih soal-soal agar kamu tidak panik saat menghadapi tes sesungguhnya.

Seleksi CPNS 2021 yang akan dibuka sekitar bulan Maret mendatang sudah ditunggu-tunggu oleh para calon pelamar. Kali ini kemungkinan besar pesertanya akan membludak dibandingkan tahun 2019.

Hal tersebut karena pada tahun 2020 pemerintah tidak membuka pendaftaran. Maka dari itu kamu mempunyai kesempatan untuk meraih pekerjaan impian dan menggapai masa depan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!